Sukses

8 Penyebab Selulit dan Cara Mengatasinya, Bisa pakai Bahan Alami

Liputan6.com, Jakarta Penyebab selulit sangat beragam, mulai dari kebiasaan yang tidak sehat hingga hormon dalam tubuh yang berlebihan. Selulit sendiri merupakan salah satu masalah pada bagian permukaan kulit yang sering ditemui di panggul, paha, perut, pantat dan lengan.

Selulit pada permukaan kulit akan terlihat seperti garis garis yang pecah, atau juga seperti kulit jeruk. Hal ini karena selulit memutus ikatan antara kolagen dan elastin pada kulit. Penyebab selulit secara pastinya adalah karena adanya penumpukan lemak dibawah kulit yang dapat disebabkan oleh berbagai macam faktor.

Faktor penyebab selulit pada kulit, dapat disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat, penambahan berat badan yang cepat, kelainan genetika dan masih banyak lagi. Menjadi suatu kondisi yang membuat banyak orang tidak percaya diri, terdapat beberapa cara untuk mengatasi selulit yang bisa dilakukan.

Untuk informasi lebih lengkapnya, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber pada Senin (26/9/2022). Tentang pengertian selulit, faktor penyebab selulit dan cara mengatasinya.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 5 halaman

Selulit Adalah

Selulit

Jika anda memiliki kulit yang tidak rata dengan tekstur yang berada di pinggul, paha, atau pantat anda, maka hal tersebut merupakan tanda dari selulit. Selulit terjadi ketika kulit di atas area lemak tertentu ditarik ke bawah ke jaringan yang lebih dalam oleh pita jaringan ikat. Yang kemudian menciptakan permukaan yang tidak rata pada kulit.

Selulit umumnya ditemukan pada bagian tubuh panggul, paha, perut, pantat, lengan dan payudara. Selulit mempengaruhi wanita lebih banyak daripada pria karena perbedaan distribusi lemak, otot, dan jaringan ikat. Diperkirakan mempengaruhi 80 hingga 90 persen perempuan dalam derajat yang berbeda-beda.

Selulit dibagi menjadi beberapa kelas tergantung pada tingkat keparahannya, selulit dapat diklasifikasikan ke dalam kelompok atau tingkatan berikut ini:

Grade 0: Tidak ada lesung pipit saat diberi tekanan.

Grade 1: Lesung pipit saat diberi tekanan.

Derajat 2: Lesung pipit terlihat saat berdiri, tetapi tidak terlihat saat berbaring.

Derajat 3: Lesung pipit terlihat saat berdiri dan berbaring.

3 dari 5 halaman

Penyebab Selulit

Penyebab Selulit

Penyebab selulit yang utama adalah karena adanya penumpukan lemak di bawah kulit. Beberapa wanita lebih cenderung untuk mengalami selulit daripada pria. Jumlah selulit yang anda miliki dan seberapa terlihat itu dapat didasarkan pada gen, persentase lemak tubuh, dan usia anda. Ketebalan kulit anda juga mempengaruhi penampilan selulit.

Orang-orang dari semua jenis tubuh dan berat badan bisa mendapatkan selulit. Namun wanita lebih mungkin mengalaminya, hal ini karena distribusi lemak pada wanita lebih terlihat dibandingkan pada pria. Serat kolagen antara kulit dan otot memisahkan lemak di bawahnya menjadi beberapa kantong. Selulit bisa menjadi lebih terlihat seiring bertambahnya usia dan kulit anda menjadi lebih tipis dan kehilangan elastisitas.

Hal ini kemudian memperlihatkan jaringan ikat yang bergelombang di bawahnya. Selulit dapat disebabkan oleh beberapa faktor, baik internal maupun eksternal yaitu:

1.  Hormon

2. Diet yang buruk

3. Gaya hidup yang tidak sehat

4. Akumulasi racun dalam tubuh

5. Genetika

6. Penambahan berat badan

7. Tubuh yang tidak aktif

8. Kehamilan

4 dari 5 halaman

Cara Mengatasi Selulit dengan Pengobatan Rumahan

Cara Mengatasi Selulit dengan Pengobatan Rumahan

Ada beberapa pengobatan rumahan yang populer digunakan untuk mengobati selulit. Pengobatan rumahan ini dapat digunakan sebagai bagian dari rutinitas perawatan diri untuk mengikuti perbaikan gaya hidup dan kebiasaan olahraga.

1. Olahraga

Olahraga dapat membantu anda mengurangi lemak tubuh, yang dapat membantu membuat selulit kurang terlihat. Pilih program latihan yang menggabungkan latihan aerobik dan latihan kekuatan. Ini akan membantu anda membakar lemak tubuh, dan mengencangkan serta membentuk otot anda. Tubuh yang lebih berotot akan terlihat dan terasa lebih halus dan kencang.

 

2. Menyikat kering

Teknik ini dikatakan dapat merangsang aliran darah dan getah bening, mengangkat sel kulit mati, dan merangsang pertumbuhan sel baru. Ini dapat mendukung detoksifikasi dan merangsang sistem saraf anda.

Gunakan loofah tumbuhan alami atau sikat tubuh untuk menghaluskan kulit kering dengan lembut hingga lima menit. Anda bisa mulai dari kaki dan bergerak ke atas. Gunakan sapuan cairan yang panjang atau gerakan melingkar. Ini paling baik dilakukan sebelum mandi atau mandi.

 

3. Ampas kopi

Menggunakan bubuk kopi sebagai eksfoliasi adalah cara yang populer untuk menghilangkan sel-sel mati, mendorong pertumbuhan sel baru, dan mengencangkan kulit. Anda bisa menggunakan ampas kopi sendiri atau dicampur dengan minyak kelapa, minyak zaitun, atau gula.

Gosok dengan lembut di atas area yang terkena selama beberapa menit. Anda juga dapat mencoba meninggalkan campuran pada kulit anda selama 10 menit sebelum membilasnya. Bubuk kopi dapat mengurangi benjolan, merangsang sirkulasi darah, dan meningkatkan aliran getah bening.

 

4. Cuka sari apel

Cara mengatasi selulit yang berikutnya adalah dengan konsumsi cuka sari apel. Mengkonsumsi cuka sari apel dapat membantu menurunkan berat badan. Minum satu sendok makan cuka sari apel yang diencerkan tiga kali sehari. Atau gunakan larutan cuka sari apel dan air dengan perbandingan yang sama dan oleskan ke kulit anda.

 

5. Perubahan gaya hidup

Diet anda dapat mempengaruhi selulit, jadi penting untuk makan makanan yang seimbang dan sehat. Diet sehat juga dapat membantu anda mempertahankan berat badan yang sehat. Kurangi makanan olahan dan tinggi gula yang dapat menyebabkan penumpukan racun dan lemak dalam tubuh, serta tingkatkan asupan serat.

Dehidrasi dapat membuat selulit lebih terlihat. Air membilas tubuh anda dan menghilangkan racun yang dapat menyebabkan selulit. Disarankan untuk minum setidaknya sembilan gelas air setiap hari. Detoksifikasi tubuh juga dapat membantu meminimalkan selulit dengan mengurangi racun yang tersimpan yang berkontribusi terhadap selulit.

5 dari 5 halaman

Cara Mengatasi Selulit dengan Prosedur Medis

Cara Mengatasi Selulit dengan Prosedur Medis

Prosedur medis juga dapat dijadikan salah satu pilihan untuk menghilangkan selulit. Prosedur medis ini harus dilakukan oleh dokter kulit profesional. Penyedia layanan kesehatan anda dapat membantu anda menentukan perawatan mana yang terbaik untuk anda.

1. Cryolipolysis

Cryolipolysis atau CoolSculpting, adalah prosedur non invasif yang menghilangkan selulit dengan membekukan sel-sel lemak di bawah kulit. Hal ini menyebabkan sel-sel lemak pecah dan isinya diserap oleh tubuh. Beberapa perawatan diperlukan untuk melarutkan satu inci lemak. Mungkin diperlukan tiga hingga empat bulan untuk melihat pengurangan selulit yang nyata.

 

2. Ultrasound

Ultrasound adalah prosedur non-invasif yang menggunakan gelombang suara untuk menargetkan dan menghilangkan lemak di perut dan paha. Hasil memakan waktu dua atau tiga bulan. Anda disarankan untuk menggabungkan ultrasound dengan perawatan selulit lainnya. Anda mungkin juga dapat menggunakan ultrasound untuk mengukur efektivitas perawatan selulit lainnya.

 

3. Cellfina

Cara mengatasi selulit secara medis yang berikutnya adalah dengan prosedur Cellfina. Cellfina adalah prosedur non bedah, yang mana selama prosedur, jarum digunakan untuk memecahkan pita keras di bawah kulit untuk menghilangkan selulit di paha dan bokong. Hasil dapat dilihat hanya dalam tiga hari dan dapat bertahan hingga tiga tahun.

 

4. Terapi gelombang akustik

Perawatan ini dikembangkan untuk mengurangi selulit. Ia bekerja dengan menggetarkan jaringan ikat di area tubuh yang rentan terhadap selulit. Ini membantu merangsang dan meningkatkan produksi kolagen, memperbaiki penampilan, tekstur, dan elastisitas kulit. Beberapa perawatan diperlukan untuk melihat hasilnya.

 

5. Perawatan laser dan frekuensi radio

Terapi medis ini menggunakan pijat jaringan dengan kombinasi teknologi frekuensi radio, sinar inframerah, dan energi laser dioda untuk mengobati selulit. Panas dan penyedotan juga dapat digunakan.

Selulase adalah salah satu jenis perawatan laser yang memecah pita keras di bawah kulit yang membuat selulit terlihat. Ini juga dapat menebalkan kulit anda. Perbaikan terlihat setelah serangkaian perawatan, dan bisa bertahan enam bulan atau lebih.

 

6. Endermologie

Endermologie adalah perawatan spa di mana anda menerima pijatan dalam saat kulit anda diangkat dengan alat seperti vakum. Anda memerlukan beberapa sesi untuk melihat hasilnya, yang dapat bertahan hingga 12 bulan. Beberapa memar mungkin terjadi selama prosedur ini dilakukan.

 

7. Mikrodermabrasi

Perawatan ini menggunakan aluminum oksida atau kristal garam untuk pengelupasan kulit. Partikel-partikel kecil ini dengan lembut mengelupas kulit yang menua dan merangsang sel-sel kulit baru. Anda akan memerlukan beberapa perawatan untuk mendapat hasil maksimal.

 

Demikian informasi tentang penyebab selulit yang bisa dialami oleh wanita maupun pria, selain memahami penyebab selulit, penting juga untuk mengetahui cara mengatasinya untuk dapat mengembalikan rasa percaya diri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.