Sukses

Smash adalah Teknik dalam Permainan Bulu Tangkis, Simak Cara Melakukannya

Liputan6.com, Jakarta - Smash adalah pukulan menukik tajam yang sering digunakan dalam berbagai olahraga dengan pukulan, seperti bulu tangkis dan voli. Dalam permainan bulu tangkis atau badminton, smash adalah pukulan dengan raket kepada lawan untuk mencetak poin kemenangan.

Liputan6.com lansir dari berbagai sumber, olahraga bulu tangkis harus diisi dengan smash karena ini kunci dari kemenangan dalam permainan. Smash adalah dalam permainan bulu tangkis mengandalkan otot bahu dan lengan untuk menciptakan pukulan keras.

Cara melakukan smash adalah ada empat yang perlu diketahui. Mulai dari cara melakukan smash dengan penuh, smash dengan potong, the head smash, dan backhand smash. Itulah penjelasan singkat tentang smash adalah dalam permainan bulu tangkis.

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang smash adalah teknik dalam permainan bulu tangkis dan cara melakukannya, Senin (26/9/2022).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Smash adalah dalam Permainan Bulu Tangkis

Memahami dalam permainan bulu tangkis, smash adalah pukulan yang dilakukan dengan alat. Tujuan utama dari melakukan smash adalah dalam permainan bulu tangkis, menyerang lawan untuk bisa mencetak poin kemenangan.

Pada permainan bulu tangkis, smash adalah dilakukan dengan menggunakan kekuatan otot bahu dan lengan. Adanya kekuatan otot dan lengan ini nantinya yang akan memengaruhi laju atau kecepatan suttlecock.

Dalam buku berjudul Mengenal Olahraga Bulu Tangkis: Tahapan Menuju Kemajuan (2020) oleh Tri Hadi Karyono, pukulan dalam permainan bulu tangkis seperti smash adalah berupa pukulan overhead untuk mengarahkan suttlecock secara tajam dengan kekuatan penuh.

Smash adalah dalam bulu tangkis ini berupa pukulan keras menukik dan mematikan untuk mengalahkan lawan. Pemain dengan keterampilan smash adalah akan mudah memenangkan pertandingan.

3 dari 4 halaman

Cara Memegang Raket untuk Melakukan Smash

Apabila ingin menguasai smash dalam permainan bulu tangkis, ketahui terlebih dahulu cara memegang raket dan suttlecock yang benar untuk menciptakan pukulan menukik tajam.

Liputan6.com lansir dari berbagai sumber, cara memegang raket untuk melakukan smash adalah dengan forehand grip ataupun backhand grip. Begini cara memegang raket yang dimaksudkan:

Forehand Grip:

1. Raket harus dipegang seolah-olah pemain itu berjabatan tangan dengan ringan. Memegangnya harus dilakukan dalam posis miring.

2. Gunakan tiga jari (jari tengah, jari manis, dan jari kelingking) untuk menggenggam raket, sedangkan jari telunjuk ditempatkan agak terpisah dari ketiga jari tersebut.

3. Selanjutnya pada saat memegang bagian pegangan raket, pastikan ibu jari dan telunjunk membentuk celah berbentuk huruf V.

Backhand Grip:

1. Pegang raket seperti pada pegangan forehand.

2. Putar raket berlawanan arah jarum jam sehingga bentuk V bergerak ke kiri.

3. Tempatkan ibu jari pada bevel belakang pegangan untuk pengungkitan dan kekuatan yang lebih besar.

4. Pegangan raket juga harus diletakkan dengan longgar di jari-jari.

Smash Grip:

1. Saat melakukan smash pastikan kondisi tangan dalam keadaan rileks, karena hal tersebut dapat membuat tubuh memaksimalkan kekuatan pergelangan tangan saat melakukan smash.

2. Gunakan jari untuk memegang raket dengan erat. Pastikan genggaman saat melakukan smash dalam keadaan suttlecockoh dan sesuai dengan tempat berdiri serta arah shuttlecock yang dituju.

3. Melakukan smash dapat dengan loncat atau tidak, sesuaikan kondisi di lapangan dan gaya bermain.

4. Ketika Sudah siap dan shuttlecock sudah datang lakukan smash dengan memaksimalkan kekuatan pergelangan tangan, lengan dan tubuh. Arahkan pada daerah yang kosong atau tempat yang sulit dijangkau oleh lawan.

4 dari 4 halaman

Cara Melakukan Smash dalam Bulu Tangkis

Apabila sudah memahami cara memegang raket yang benar untuk melakukan smash, kemudian pahami cara melakukan smash dalam bulu tangkis. Liputan6.com lansir dari berbagai sumber, ada empat cara melakukan smash dalam bulu tangkis, ini penjelasannya:

1. Smash Penuh

Smash penuh adalah cara melakukan smash dengan mengayunkan pukulan-pukulan raket yang perkenaannya tegak lurus antara daun raket dengan datangnya suttlecock sehingga pukulan itu dilakukan dengan tenaga penuh.

Smash penuh adalah cara melakukan smash yang pada umumnya harus dilakukan sepanjang garis tertuju penuh badan lawan. Posisi yang tepat akan menghasilkan smash yang kuat. Oleh karena itu, pukulan ini harus dapat mematikan lawan.

2. Smash Potong

Smash potong adalah cara melakukan smash dengan pukulan pada saat impact atau perkenaannya antara ayunan raket dan penerbangan suttlecock. Dilakukan dengan cara dipotong atau diiris dengan kecepatan jalannya suttlecock agak kurang cepat tetapi daya luncurnya lebih tajam.

Smash potong adalah cara melakukan smash dengan pukulan yang kurang begitu kencang dan tidak menggunakan tenaga penuh, tetapi lebih terarah dan tajam. Pukulan smash potong umumnya dilakukan secara menyilang atau cross smash.

3. Smash The Head Smash

Smash the head smash adalah cara melakukan smash dengan pukulan pada posisi tertentu lawan dapat mengembalikan smash dengan pukulan lob ke posisi backhand atau pengembalian servis ke arah bagian kiri lapangan. Gerakannya, miringkan badan ke kiri dan putarlah lengan di atas kepala untuk memukul suttlecock meluncur di sebelah kiri.

4. Backhand Smash

Backhand smash adalah cara melakukan smash dengan dari sebelah kiri dan mengutamakan keterampilan pergelanggan tangan. Ini paling tepat untuk menyambar suttlecock yang meluncur tanggung di dekat net.

Gerakan smash ini mudah dimatikan dengan cukup menggunakan keterampilan pergelangan tangan yang cepat dan tidak perlu memukulnya dengan sekuat tenaga.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.