Sukses

22 Tempat Wisata di Probolinggo yang Menarik dan Unik, Sejarah Hingga Alam

Tempat wisata di Probolinggo ada beragam, mulai pantai, air terjun, pegunungan, dan bangunan bersejarah.

Liputan6.com, Jakarta Tempat wisata di Probolinggo memiliki daya tarik yang unik dan menarik untuk dikunjungi. Kabupaten Probolinggo merupakan salah satu kabupaten yang terletak di wilayah Tapal Kuda, Jawa Timur. Kota ini terletak 100 KM di sebelah tenggara kota Surabaya. 

Tempat wisata di Probolinggo ada beragam, mulai pantai, air terjun, pegunungan, dan bangunan bersejarah. Tempat wisata di Probolinggo terkenal dengan pemandangan alamnya yang indah dan eksotis. Hal ini karena kota ini dikelilingi oleh pegunungan Tengger, Gunung Semeru, dan Gunung Argopuro.

Selain itu, tempat wisata di Probolinggo juga ada destinasi baru yang akan membuat anda berdecak kagum, sebab fenomena alamnya yang terkesan sangat ajaib. Fenomena alam tersebut berada di Desa Sumberbulu berupa sumur di dalam sungai.

Berikut ini Liputan6.com ulas mengenai tempat wisata di Probolinggo yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Senin (26/9/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Tempat Wisata di Probolinggo yang Menarik dan Unik

1. Candi Jabung

Tempat wisata di Probolinggo yang menarik dan unik adalah Candi Jabung. Candi Jabung terletak di Desa Jabung, Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo. Candi Jabung adalah salah satu candi Hindu peninggalan kerajaan Majapahit. Meski hanya terbuat dari batu bata merah, bangunan candi ini masih berdiri kokoh hingga saat ini. Arsitektur Candi Jabung sangat menarik dan hampir serupa dengan Candi Bahal yang ada di Sumatera Utara, terdiri dari bagian batur, kaki, tubuh dan atap.

2. Benteng Mayangan

Selanjutnya, tempat wisata di Probolinggo adalah Benteng Mayangan. Benteng Mayangan merupakan sebuah bangunan peninggalan penjajahan Belanda yang digunakan sebagai menara untuk mengintai di kawasan laut dan sekitarnya. Benteng yang letaknya sekitar 1 km di sebelah selatan pelabuhan Tanjung Tembaga ini menyimpan sejarah masa penjajahan. Bangunan Benteng Mayangan sempat terbengkalai dan kondisinya tak terawat. Namun, kini sudah lebih tertata dan terawat. Bahkan kini terdapat sebuah kafe yang bisa dijadikan tempat beristirahat setelah berkeliling di dalam Benteng.

3. Candi Kedaton

Selanjutnya, tempat wisata di Probolinggo adalah Candi Kedaton. Candi Kedaton merupakan candi hindu yang terletak di Dusun Lawang Kedaton, Desa Andung Biru, Kecamatan Tiris, Kabupaten Probolinggo. Candi ini berasal dari masa akhir Kerajaan Majapahit sekitar abad ke 14. Pada tangga Candi Kedaton tertulis angka sekitar tahun 1292 Saka (1370 Masehi).

Pada Candi berbahan batu andesit ini juga terdapat relief yang bercerita tentang kisah Arjunawiwaha di sisi Barat, kisah Garudeya di sisi Selatan, dan kisah Bhomantaka di sisi timur. Bangunan Candi Kedaton masih berdiri kokoh hingga saat ini meski sudah berusia ratusan tahun.

4. Museum Dr. Mohamad Saleh

Museum Dr. Mohamad Saleh terletak di Jalan Dr. Mohamad Saleh,Probolinggo. Museum ini dulunya merupakan rumah dokter pribumi pertama di Probolinggo yakni Dr. Mohamad Saleh. Di rumah ini dahulu pemuda dari berbagai suku sering berkumpul untuk berdiskusi bersama Dr. Mohamad Saleh, yang merupakan salah satu pendiri Boedi Oetomo. Karena hal tersebut, rumah ini sering disebut sebagai Rumah Bhinneka Tunggalika.

Museum ini menyimpan koleksi berbagai peralatan medis yang sering digunakan pada masa penjajahan Belanda, seperti peralatan bedah, peralatan pelayanan kesehatan, meja otopsi dan lain sebagainya. Dengan demikian, pengunjung dapat mengetahui seperti apa pelayanan kesehatan pada masa penjajahan Belanda.

3 dari 7 halaman

Tempat Wisata di Probolinggo yang Menarik dan Unik

5. Museum Probolinggo

Museum Probolinggo merupakan salah satu tempat wisata di Probolinggo yang menyimpan peninggalan masa lalu Probolinggo seperti artefak, uang kertas Probolinggo, replika patung, benda-benda pusaka hingga beberapa foto Probolinggo pada masa lampau. Museum yang terletak di Jalan Suroyo, Kota Probolinggo ini memiliki arsitektur bangunan khas peninggalan Belanda.

Museum ini dulunya merupakan sebuah gedung Societiet Gebow Harmony yang digunakan sebagai tempat berkumpulnya orang-orang Belanda untuk kegiatan hiburan seperti main bilyard, berinteraksi, berdansa dan lain sebagainya. Dengan memiliki berbagai koleksi benda-benda peninggalan sejarah, Museum Probolinggo sangat tepat untuk anda yang ingin mengetahui seperti apa Kota Probolinggo pada masa lampau.

6. Air Terjun Madakaripura

Tempat wisata di Probolinggo yang lainnya adalah Air Terjun Madakaripura. Berlokasi di daerah Sapih, Branggah, Kecamatan Lumbang, tempat wisata ini merupakan air terjun tertinggi kedua yang ada di Pulau Jawa. Jadi tak heran jika tempat wisata ini menjadi primadona di Probolinggo.

Letaknya berada di kawasan lereng Gunung Bromo, dan memiliki ketinggian mencapai 200 meter. Air terjun ini berada di ujung lembah yang sempit dan berbentuk ceruk serta dikelilingi tebing curam. Beberapa orang menyebutnya air terjun ini sebagai air terjun abadi, karena air yang dialirkan cukup melimpah dan tidak pernah berkurang.

7. Gili Ketapang

Tempat wisata di Probolinggo yang selanjutnya adalah Gili Ketapang. Bagi sebagian orang, nama Gili Ketapang mungkin sudah tidak asing lagi. Objek wisata yang satu ini memiliki pesona alam yang sudah banyak dikenal. Tempat ini memiliki pemandangan bawah laut yang eksotis, sehingga Anda bisa menikmatinya dengan melakukan kegiatan snorkeling. Selain itu, Anda juga bisa camping serta menjelajahi area sekitar dengan menggunakan perahu.

8. Sumur di Atas Sungai

Berada di Desa Sumberbulu, Kecamatan Tegalsiwalan, Kabupaten Probolinggo, sumur di atas sungai ini sempat menggegerkan masyarakat setempat dan bikin heboh di jagat maya. Tempat wisata di Probolinggo ini memiliki daya tarik berupa sumur berdiameter sekitar 4 meter dengan kedalaman 5 meter yang berada di tengah sungai tersebut. Dari atas akan terlihat bahwa sumur itu menyedot semua air yang mengalir namun tak kunjung habis.

4 dari 7 halaman

Tempat Wisata di Probolinggo yang Menarik dan Unik

9. Gunung Argopuro

Tempat wisata di Probolinggo yang selanjutnya adalah Gunung Argopuro. Di wilayah Probolinggo, Lumajang, Jember, Bondowoso, dan Situbondo, berdirilah sebuah gunung setinggi 3.088 mdpl yang disebut Gunung Argopuro. Bagian dari Pegunungan Iyang ini memiliki beberapa puncak. Puncak paling tinggi dan terkenal adalah Puncak Rengganis, yang dipercaya dulunya sebagai kediaman Dewi Rengganis, putri Raja Brawijaya.

Gunung Argopuro menjadi tantangan tersendiri bagi para pendaki. Jalur trekking gunung ini cukup panjang dan berat. Namun, keindahan alam berupa hutan dan mata air tersembunyi bisa membuat Anda lupa sejenak dengan pendakian. Selain itu, terdapat situs bersejarah di sini berupa puing-puing candi, kolam, dan pura.

10. Pantai Bentar

Tempat wisata di Probolinggo selanjutnya adalah Pantai Bentar. Bagi masyarakat Jawa Timur yang berada tak jauh dari Probolinggo sepertinya sudah tidak asing lagi ketika mendengar nama Pantai Bentar. Berjarak sekitar 10 km dari pusat kota Probolinggo, Anda bisa mencapai tempat wisata ini dengan memakan waktu sekitar 25 menit saja. Di tempat wisata ini, tersedia spot foto cantik yang bisa menjadi penghias pada postingan media sosial Anda.

11. Gunung Bromo

Salah satu tempat wisata di Probolinggo yang tak bisa dilewatkan adalah Gunung Bromo. Gunung Bromo adalah ikon wisata Jawa Timur. Letaknya meliputi empat wilayah, yakni Probolinggo, Malang, Lumajang, dan Pasuruan. Gunung berapi aktif setinggi 2.392 mdpl ini menyuguhkan lanskap yang fantastis. Ngarai dan lembah di sekitar gunung tampak elok, terlebih dengan hamparan pasir seluas 10 km. Anda bisa menikmati kecantikan Gunung Bromo di view point yang sudah tersedia.

12. Kebun Teh Tiris

Selanjutnya, tempat wisata di Probolinggo adalah Kebun Teh Tiris. Kebun teh ini merupakan destinasi wisata di Probolinggo yang terkenal akan keindahan hamparan perkebunan teh. Perkebunan ini menampilkan pemandangan yang hijau serta udara yang sejuk dari kebun teh tersebut. Selain itu, aroma khas dari tanaman teh juga menjadi salah satu daya tarik tersendiri.

5 dari 7 halaman

Tempat Wisata di Probolinggo yang Menarik dan Unik

13. Ranu Segaran

Masih belum puas menikmati indahnya kabupaten Probolinggo, anda bisa lanjutkan perjalanan anda ke obyek wisata Ranu Segaran yang lokasinya tidak jauh dari Danau Agung dan Pemandian Air Panas Desa Tiris. Anda juga akan merasakan kesejukan danau dengan perpaduan tebing batuan di sebagian sisi danau, dan adanya pepohonan yang tumbuh lebat di sekeliling danau yang mampu melepas penat Anda.

14. Danau Taman Hidup

Tempat wisata di Probolinggo yang selanjutnya adalah Danau Taman Hidup. Di lereng Gunung Argopuro, ada sebuah danau yang eksotis. Pemandangannya cantik, masih sangat alami. Danau ini dikelilingi perbukitan yang hijau, dengan rumput-rumputan di area daratnya. Orang-orang percaya bahwa danau yang masih sangat asri ini dulunya dipakai sebagai tempat pemandian Dewi Rengganis dan dayang-dayangnya. Tempat ini sangat cocok untuk berkemah. Biasanya, menjadi tempat favorit para pendaki beristirahat. Jika Anda datang ke sini, Anda berkesempatan untuk melihat berbagai satwa liar.

15. Air Terjun Watu Lawang

Tempat wisata di Probolinggo yang selanjutnya adalah Air Terjun Watu Lawang. Dua tebing besar mengapit sebuah air terjun menakjubkan di Ngepung, Sukapura. Namanya Air Terjun Watu Lawang. Diberi nama begitu karena Anda akan mendapati tebing besar tadi menyerupai sebuah lawang dalam bahasa Jawa, artinya pintu. Jadi, watu lawang bermakna pintu batu.

Kecantikan tempat ini benar-benar memukau. Udaranya sejuk, airnya terasa dingin dan menyegarkan. Tempat yang sempurna untuk melepaskan rasa penat Anda. Pepohonan nan hijau semakin menyempurnakan mahakarya Tuhan ini.

16. Air Terjun Triban

Tempat wisata di Probolinggo yang selanjutnya adalah air terjun Triban. Potensi wisata air terjun di Probolinggo ternyata cukup banyak. Di Ngepung, ternyata ada sebuah air terjun yang masih belum terjamah banyak orang.

Air Terjun Triban namanya. Meski tingginya hanya sekitar 5 meter, air terjun ini sangat menawan. Airnya segar, udara sekitarnya pun sejuk karena alamnya masih asri. Di sini, Anda bisa mandi dan bermain air. Kedalaman kolam penampung air terjun ini sekitar 3-5 meter.

6 dari 7 halaman

Tempat Wisata di Probolinggo yang Menarik dan Unik

17. Air Terjun Kedung Amis

Tempat wisata di Probolinggo yang selanjutnya adalah air terjun Kedung Amis. Satu lagi surga tersembunyi berupa air terjun untuk membuang jauh-jauh kebosanan kala liburan. Namanya Air Terjun Kedung Amis yang letaknya di Ngepung, Sukapura.

Objek wisata ini letaknya tak jauh dari Air Terjun Watu Lawang. Air terjun ini tidak begitu tinggi, tapi tetap terlihat indah. Apalagi, tempat di sekitarnya masih asri. Aliran air terjun ini nantinya akan terbagi menjadi dua, yakni ke Air Terjun Watu Lawang dan Air Terjun Sumber Pakis II.

18. Air Terjun Umbulan

Tempat wisata di Probolinggo yang lainnya adalah Air Terjun Umbulan. Berada tidak jauh dari Madakaripura, Anda akan mendapatkan suasana sejuk dari tempat ini. Perasaan tenang dan rileks akan Anda dapatkan dari tempat wisata ini. Namun sebelumnya, Anda juga perlu menyiapkan kondisi tubuh yang fit terlebih dahulu.

19. Pantai Duta

Tempat wisata di Probolinggo berikutnya adalah Pantai Duta. Awalnya, pemerintah setempat ingin mempromosikan tempat ini sebagai mangrove center. Daya tarik Pantai Duta sendiri bisa Anda saksikan melalui postingan media sosial tentang pantai ini yang sempat viral. Di pantai ini, Anda bisa menikmati pemandangan sunset yang indah dan eksotis, dan akan terlihat di bagian paling timur Probolinggo.

7 dari 7 halaman

Tempat Wisata di Probolinggo yang Menarik dan Unik

20. Padang Rumput Savana

Tempat wisata di Probolinggo yang selanjutnya adalah Padang Rumput Savana. Sebuah padang hijau membentang luas dengan bukit-bukit adalah pesona yang ditawarkan Padang Rumput Savana, yang ada di sebelah selatan Gunung Bromo. Keberadaan bukit-bukitnya yang mirip latar di sebuah acara anak-anak membuat tempat ini kerap disebut Bukit Teletubbies. Namun, beberapa orang juga menyebutnya Lembah Jemplang.

Anda bisa berjalan kaki atau menyewa mobil jeep untuk bisa sampai ke sini. Mintalah pengemudi untuk mengantar Anda ke Puncak Penanjakan atau Bukit Kingkong sehingga Anda bisa menikmati keindahan dan kesejukan tempat wisata ini.

21. Bukit Bentar

Tempat wisata di Probolinggo yang lainnya adalah Bukit Bentar. Destinasi ini sering dimanfaatkan sebagai spot foto, tempat wisata ini juga sering disebut dengan bukit selfie. Namun, untuk mendapatkan hasil foto yang keren dari tempat ini, perlu perjuangan untuk bisa ke Bukit Bentar.

Pemandangan alam beserta hamparan suasana desa akan menjadikan foto Anda tampak lebih cantik. Tempat wisata ini berada di Jalan Panglima Sudirman, Desa Curahsawo. Anda bisa melihat matahari yang terbenam di belakang bukit dengan pancaran cahaya yang berwarna kuning.

22. Patung Kuda Cipta Wilaha

Tempat wisata di Probolinggo yang lainnya adalah Patung Kuda Cipta Wilaha. Tempat ini merupakan tempat yang cocok untuk berfoto, karena terdapat Patung Kuda Cipta Wilaha. Dengan latar patung kuda raksasa ini, akan memberikan hasil foto yang keren dan unik. Selain itu, patung kuda terbesar kedua di dunia ini juga dapat Anda naiki, dan tentu saja, keindahan pemandangan yang didapat juga ikut meningkat. Pesona pantai utara beserta hutan bakau yang eksotis merupakan tawaran terbaik yang akan Anda dapatkan dari tempat wisata ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.