Sukses

11 Penyebab HP Sering Mati Hidup dan Cara Mengatasinya

Liputan6.com, Jakarta Handphone atau telepon merupakan salah satu perangkat komunikasi yang digemari banyak orang. Hampir tidak ada orang yang tidak memiliki handphone. Handphone terus berkembang, baik secara fisik maupun kemampuan internal.

Handphone yang mulai serba guna ini menjadi semakin digemari oleh banyak orang. Akan tetapi, bukan berarti handphone lepas dari kekurangan. Terkadang dalam penggunaannya, handphone juga bisa membuat kesal. Hal tersebut tentu bukan karena tidak ada sebab.

Misalnya saja handphone yang sedang digunakan oleh Anda secara tiba-tiba mati, hidup lalu mati lagi tidak jarang membuat frustasi. Penyebab HP sering mati hidup seperti itu perlu diketahui agar dapat mencegah dan bahkan meminimalisir dampak kerusakan yang merugikan pada perangkat seluler Anda.

Masalah perangkat seluler yang sering mati hidup dengan sendirinya merupakan salah satu gangguan pada perangkat seluler yang cukup mengesalkan. Apalagi jika terjadi dalam jangka waktu yang cukup lama secara berulang. Penyebab hp sering mati hidup ini juga kadang membingungkan pengguna. Agar Anda tidak bingung lagi ketika handphone mati hidup, berikut liputan6 rangkum dari Carlcare Service dan berbagai sumber lainnya tentang penyebab hp sering mati hidup dan cara mengatasinya, pada Selasa (27/9/22) :

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Penyebab Handphone Sering Mati Hidup

1. Masalah Baterai

Masalah pertama yang mungkin menjadi penyebab hp sering mati hidup adalah karena baterai yang digunakan. Anda perlu untuk mengecek persentase baterai Anda, jika baterai Anda lemah, maka segera hubungkan dengan penghubung daya hingga terisi penuh kembali. Hal tersebut karena ponsel Anda membutuhkan sejumlah daya untuk melakukan pekerjaannya. Jika kemudian ternyata baterai Anda sudah tidak dapat diisi dayanya, maka lebih baik bagi Anda untuk menggantinya. Baterai yang tidak akan dapet memuat fir di telepon.

2. Komponen yang Saling Bertentangan

Cara paling sederhana untuk mengatasi penyebab hp sering mati hidup selanjutnya adalah dengan memulai ulang hp. Hp Anda mungkin sering memulai ulang secara terus menerus karena beberapa komponen ada yang bertentangan, maka dengan reboot diharapkan dapat memperbaiki hal tersebut.

3. Masalah Kompatibilitas Perangkat Lunak atau Aplikasi

Penyebab terus memulai ulang selanjutnya dapat disebabkan karena kompatibilitas perangkat lunak. Misalnya, terdapat aplikasi yang tidak mendukung versi OS terbaru dan karena tidak cocok, maka telepon akan mati dan hidup dengan sendirinya. Penyebab hp sering mati hidup juga mungkin karena aplikasi yang berat. Aplikasi yang berat seringkali membutuhkan lebih banyak daya prosesor dan baterai sehingga dapat menyebabkan sistem hang atau perangkat mati tiba-tiiba. Solusi untuk mengatasi masalah tersebut dapat dicoba dengan menghapus atau membekukan aplikasi yang mungkin menjadi penyebabnya.

Anda juga dapat me-reboot telepon Anda dalam mode aman untuk mengetahui apakah suatu aplikasi menjadi penyebab masalah atau tidak. Anda dapat melakukannya dengan menekan lama tombol daya (8-10 detik) lalu shutdown atau pada ponsel dengan mereka tertentu, Anda perlu menekan beberapa saat logo HIOS atau XOS lalu ketuk OK.

4. Penggunaan CPU yang Berlebihan

CPU yang bekerja secara berlebihan saat menangani aplikasi di latar belakang juga dapat menjadi penyebab hp sering mati hidup. Telepon Anda mungkin mati untuk mengatur ulang CPU. Jika ini terjadi ketika Anda menginstall beberapa aplikasi baru, maka lebih baik untuk menghapusnya.

5. Pengaturan Ulang Mandiri

Telepon Anda mungkin mati untuk memuat ulang memori. Hal tersebut terjadi ketika ponsel terus menerus digunakan dalam jangka waktu yang tidak sebentar. Cara mengatasi penyebab hp sering mati hidup yang satu ini adalah dengan me-restart hp secara berkala, misalnya setiap tiga hingga empat hari untuk meluangkan memori.

3 dari 4 halaman

Penyebab Handphone Sering Mati Hidup

6. On and Off yang Terjadwal

Selain karena baterai yang rata atau rusak, pengaturan tertentu dan masalah perangkat lunak juga dapat menjadi penyebab hp sering mati hidup dengan sendirinya. Pengaturan ini, misalnya Scheduled Power On/Off. Anda perlu memastikan kembali tentang pengaturan perangkat yang seperti ini. Fitur ini merupakan fitur yang memungkinkan Anda menyesuaikan kapan telepon Anda hidup dan mati pada suatu waktu. Cara yang dapat Anda lakukan, misalnya dengan membuka pengaturan pada telepon, lalu pilihlah daya terjadwal aktif/mati (atau apapun sebutannya dalam ponsel Anda). Setelah itu lihatlah jika ada yang aktif, lalu matikan atau sesuaikan sesuai dengan kebutuhan.

7. Rendahnya Ruang Penyimpanan

Ruang penyimpanan yang rendah, penggunaan CPU yang berlebihan dan banyaknya proses di latar belakang sangat mungkin menjadi penyebab hp sering mati hidup atau terus me-restart tanpa batas waktu. Oleh karena itu cara terbaik yang dapat Anda lakukan adalah dengan menghapus aplikasi yang jarang dipakai, menghapus file yang terlalu besar dan yang sudah tidakj berguna dan sebagainya.

8. Tombol Daya Macet atau Rusak

Setelah membahas tentang kemungkinkan perangkat lunak sebagai penyebab hp sering mati hidup, maka selanjutnya mungkin karena perangkat keras telepon. Tidak sedikit smartphone Android yang dapat dimatikan hanya dengan menekan tombol daya selama beberapa detik (8-10). Jadi, jika tombol daya tersebut rusak atau macet maka akan menyebabkan telepon memulai ulang secara terus menerus.

Hal yang dapat Anda lakukan jika keadaan menjadi begini adalah dengan melepaskan penutup ponsel Anda lalu nyalakan. Kemudian, Anda perlu menunggu beberapa menit untuk mengetahui apakah telepon memulai ulang. Jika tidak, maka casing atau penutup telepon Anda menahan tombol daya dan lebih baik Anda mengganti casing tersebut. Jika hal tersebut masih tidak mengatasi masalah, maka Anda dapat mencoba untuk menekan beberapa kali tombol daya, apakah clicky atau macet dan apakah membuat layar menjadi hidup atau malah mati. Jika demikian, tombol daya tidak berfungsi dengan semestinya maka lebih baik Anda membawanya ke pusat layanan.

4 dari 4 halaman

Penyebab Handphone Sering Mati Hidup

9. Bug Firmware

Bug firmaware merupakan kesalahan perangkat lunak yang dapat menyebabkan hp anda mati hidup tak beraturan. Hal ini juga memungkinkan sistem telepon menjadi tidak stabil dan muncul masalah lainnya pada telepon. Oleh karena itu, Anda perlu menginstall versi terbaru dari telepon Anda atau melakukan pembaruan sistem. Anda bisa mencobanya dengan membuka aplikasi pengaturan, lalu pilih pembaruan perangkat lunak. Pilih periksa pembaruan, unduh dan instal pilihan yang tersedia lalu tunggu beberapa saat.

10. Telepon Terlalu Panas

Penyebab hp sering mati hidup juga dapat berasal dari hp yang terlalu panas. Menggunakan handphone dalam waktu lama akan membuat perangkat panas dan mungkin merusak beberapa komponen. Oleh karena itu, solusi yang terbaik Anda menghentikan pemakaian telepon untuk mendinginkan perangkat selama beberapa waktu.

11. Masalah CKT Telepon Internal

Masalah CKT telepon internal dapat menjadi penyebab hp sering mati hidup. Jika hal tersebut terjadi, maka Anda tidak dapat mengatasinya di rumah dan solusi yang lebih baik adalah dengan mengunjungi pusat layanan terdekat untuk mengganti CKT tersebut.

 

Reporter magang : Friska Nur Cahyani

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.