Sukses

8 Cara Menjadi Pintar yang Menyenangkan, Salah Satunya Main Game

Liputan6.com, Jakarta Tidak ada jalan pintas untuk mencapai tujuan, termasuk cara menjadi pintar tanpa belajar. Jika ada jalan pintas mengenai cara menjadi pintar, hasilnya tidak akan terlalu bagus.

Dengan kata lain, satu-satunya cara menjadi pintar adalah belajar. Namun penting untuk ditekankan, belajar tidak harus duduk membaca buku atau mengerjakan soal-soal latihan. Ada banyak cara menjadi pintar tanpa harus belajar dengan cara seperti itu.

Penting untuk ditanamkan dalam pikiran baik-baik. Yang pertama, cara menjadi pintar satu-satunya adalah belajar. Yang kedua, belajar bisa dilakukan dengan berbagai cara, tidak harus dengan duduk dan membaca buku atau mengerjakan latihan sosial.

Memilih metode belajar yang tepat adalah langkah pertama untuk dalam cara menjadi pintar yang tidak membosankan dan menyenangkan. Metode belajar yang tepat biasanya terkait dengan kebiasaan dan kelebihan seseorang dalam memanfaatkan panca indranya.

Beberapa orang mungkin merasa bahwa cara menjadi pintar yang efektif adalah membaca buku. Namun, beberapa lainnya mungkin menganggap bahwa membaca buku adalah kegiatan yang menjemukan. Oleh karena itu, penting untuk menemukan metode belajar yang tepat, karena setiap orang punya gaya belajar yang berbeda.

Dalam artikel ini akan dijelaskan mengenai sejumlah cara menjadi pintar meski tanpa harus membaca buku. Berikut adalah sejumlah cara menjadi pintar tanpa baca buku, seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (27/9/2022).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 7 halaman

Main Video Game

Sampai saat ini mungkin banyak orang masih menganggap bahwa video game merupakan hal yang hanya membuang-buang waktu. Padahal tidak begitu, atau setidaknya tidak setiap video game membuang-buang waktu dan tidak bermanfaat.

Kenyataannya, bermain video game adalah salah satu cara menjadi pintar yang sangat menyenangkan. Dikutip dari Solution With Rush, penelitian menunjukkan bahwa orang yang sering bermain video game aksi memiliki peningkatan persepsi dan kognisi.

Sebuah penelitian dari Amerika Serikat menyimpulkan bahwa bermain video game aksi, seperti Call Of Duty atau Halo, dapat membantu meningkatkan kemampuan visual dan kognisi seseorang.

Manfaat dalam meningkatkan kemampuan persepsi dan kognisi dapat diperoleh ketika bermain video game berjenis first-person shooters. Game jenis ini dapat memicu perkembangan fleksibilitas kognitif yang lebih besar karena respons cepat yang diperlukan terhadap rangsangan visual atau auditif. Para ilmuwan menyimpulkan bahwa indera penglihatan dapat dilatih melalui permainan video game.

Penelitian lain menyebutkan bahwa video game bertema real life bahkan dapat membantu memperlambat kehilangan memori pada orang dewasa yang lebih tua. Namun penelitian lain menunjukkan bahwa bermain Super Mario selama periode waktu enam bulan meningkatkan fungsi otak.

Selain dapat meningkatkan kemampuan otak, video game juga bermanfaat untuk meningkatkan suasana hati dan mengurangi stres. Di luar dugaan, bermain video game ternyata juga dapat meningkatkan kesehatan fisik. Dengan kata lain, dapat disimpulkan bahwa main video game selain menjadi cara menjadi pintar yang menyenangkan, namun juga dapat mengurangi stres dan menjaga kesehatan.

Meski memiliki manfaat dalam meningkatkan kemampuan otak, namun jangan terlalu lama bermain video game. Selain menghabiskan waktu, terlalu lama bermain video game hanya akan menghilangkan dampak positifnya. Ada beberapa efek negatif pada emosi, perilaku, dan kesehatan fisik dari bermain video game secara berlebihan. Penelitian juga menunjukkan bahwa bermain video game dalam waktu lama terutama di malam hari dapat memengaruhi tidur dan kemampuan kognitif setelah bangun tidur.

3 dari 7 halaman

Mind Mapping

Cara menjadi pintar yang menyenangkan lainnya adalah dengan membuat mind mapping. Mencatat adalah cara yang umum dilakukan siswa dalam merangkum hal-hal penting yang dipelajari di sekolah. Namun ada cara yang lebih menyenangkan daripada membuat catatan.

Tentu saja, catatan akan sangat berguna untuk mengingat kembali materi pelajaran di sekolah. Dengan mencatat, secara tidak langsung kita telah membaca ulang materi sebanyak tiga kali. Pertama ketika melihat tulisan di papan tulis, ketika mencatat, dan memastikan catatan kita sudah benar.

Namun bagi sebagian besar orang mungkin mencatat adalah kegiatan yang sangat menjemukan. Namun tenang, ada cara lain yang lebih menyenangkan daripada mencatat, yakni dengan membuat mind mapping.

Alih-alih membuat catatan, mind mapping adalah metode seperti mencatat, hanya saja dengan melibatkan gambar-gambar. pemikiran visual semacam ini dapat membantu memasukkan informasi ke dalam otak dengan lebih mudah.

Jika Anda mencoba mengingat materi pelajaran, cobalah membuat mind mapping. Ini adalah teknik hebat yang akan memudahkan dalam belajar untuk ujian atau mempelajari sesuatu yang baru.

Studi menunjukkan bahwa sebagian besar informasi yang dikirimkan ke otak adalah visual. Faktanya, otak kita memproses visual 60.000 lebih cepat daripada teks. Jadi jika Anda ingin meningkatkan kemampuan belajar Anda, cobalah untuk mengganti catatan dengan mind mapping.

Mind mapping adalah cara menjadi pintar tanpa harus membaca buku catatan dan buku cetak, yang sering membuat kita merasa bosa dan mengantuk.

4 dari 7 halaman

Permainan Kata-Kata

Cara menjadi pintar lain yang menyenangkan untuk dilakukan adalah bermain sejumlah permainan kata-kata. Permainan kata-kata jelas bermanfaat dalam meningkatkan kemampuan verbal dan menambah kosa kata.

hampir setiap jenis permainan kata-kata memiliki manfaat tersebut. Setidaknya ada beberapa jenis permainan kata-kata yang bisa Anda coba sebagai cara menjadi pintar yang menyenangkan, antara lain, teka-teki silang dan scrambles.

Teka-teki silang adalah teka-teki kata yang terdiri dari kotak kotak hitam dan putih, di mana Anda perlu menempatkan kata-kata yang cocok secara vertikal dan horizontal di kotak kosong. Ini bisa menjadi cara yang luar biasa untuk melatih otak Anda.

Scrambles adalah teka-teki di mana Anda harus mengatur ulang daftar huruf untuk membentuk sebuah kata. Ini adalah cara lain yang baik untuk melatih otak Anda dan meningkatkan kosakata Anda, karena memaksa Anda untuk melihat dari dekat kata tertentu dan memecahnya menjadi komponen yang paling sederhana.

5 dari 7 halaman

Bermain Musik dan Teknik Visualisasi

Bermain Musik

Menemukan hobi kreatif baru juga bisa sangat bermanfaat bagi otak Anda. Bayangkan Anda sedang membangun sesuatu dengan tangan Anda sendiri dan kemudian memikirkan cara terbaik untuk melakukannya.

Hobi kreatif membutuhkan banyak imajinasi dan pemikiran kritis, yang sangat merangsang otak Anda. Ada banyak hobi yang berbeda di luar sana, jadi jangan takut untuk mencoba sesuatu yang baru.

Bermain alat musik bisa menjadi salah satu cara menjadi pintar. Selain karena itu menyenangkan, bermain musik juga baik untuk otak Anda. Bagian terbaik tentang bermain musik adalah Anda terus-menerus melatih ingatan Anda tanpa menyadarinya.

Teknik Visualisasi

Cara menjadi pintar lainnya adalah berlatih teknik visualisasi. Namun untuk mendapatkan hasil yang maksimal, teknik ini harus dilatih setiap hari. Setelah menguasainya, teknik ini dapat membantu Anda dengan memudahkan kegiatan sehari-hari Anda.

Tujuannya adalah untuk mulai memvisualisasikan hal-hal kecil sebelum terjadi sehingga otak Anda terprogram dengan cara ini. Setelah mulai melakukannya secara otomatis, Anda akan melihat hasil yang bagus dan merasa lebih santai karena Anda telah membayangkan prosesnya.

6 dari 7 halaman

Mendengarkan Podcast

Mendengarkan podcast adalah salah satu cara menjadi pintar tanpa harus membaca buku dan catatan. tentu saja ini tergantung dengan isi podcastnya. Manfaat podcast yang pertama ialah dapat memberikan informasi karena ada banyak konten yang membahas berbagai macam aspek. Mulai dari yang ringan pembahasannya seperti, kehidupan dan percintaan hingga yang berat seperti self-improvement dan bisnis.

Manfaat mendengarkan podcast adalah melatih imajinasi kamu pada saat mendengarkan. Podcast biasanya disajikan dalam bentuk audio atau rekaman saja walaupun ada beberapa juga yang menyediakannya dalam bentuk video di youtube.

Manfaat dari mendengarkan podcast adalah dapat melatih stimulasi otak hal ini sesuai dengan yang disarankan oleh situs-situs edukasi. Kemampuan otak dalam berimajinasi saat mendengarkan podcast biasa disebut dengan ‘brain gym’. Karena pada umumnya podcast tidak memiliki visual, otak kita akan lebih fokus pada indera pendengaran dalam menggali informasi.

Dari sejumlah manfaat podcast tersebut, dapat dipahami bahwa mendegarkan podcast dapat menjadi salah satu cara menjadi pintar yang menyenangkan.

7 dari 7 halaman

Bersosialisasi dan Menulis Jurnal

Berosisalisasi

Selain dapat menambah jaringan, bersosialisasi juga memiliki manfaat dalam mencerdaskan otak, terutama dalam menambah wawasan. Dengan kata lain, ini bisa menjadi salah satu cara menjadi pintar tanpa harus duduk diam dan membaca buku.

Ketika bersosialisasi atau bergaul dengan orang lain, pastinya akan ada interaksi, obrolan, dan tentunya pertukaran informasi. Dalam interaksi inilah otak akan dilatih untuk menangkap informasi dalam obrolan. Selain itu, karena obrolan selalu berjalan secara dua arah, bersosial dan bergaul juga melatih otak merangkai kata agar informasi yang ada di otak kita dapat diwujudkan dalam bentuk kata-kata sehingga dapat dipahami oleh orang lain. Dengan kata lain, bersosialisasi dapat menjadi salah satu cara menjadi pintar tanpa harus duduk diam dan membaca buku atau catatan.

Menulis Jurnal

Menulis jurnal bisa menjadi salah satu cara menjadi pintar yang lain. Ini adalah salah satu cara yang bagus untuk melatih kemampuan kita dalam mewujudkan gagasan-gagasan yang ada di kepala, baik itu tentang ide-ide, pengalaman yang mengesankan, dan perasaan. Menulis akan meningkatkan kemampuan otak dalam hal penguasaan bahasa hingga memperbaiki memori.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.