Sukses

12 Objek Wisata Malang Dekat Stasiun, Cocok untuk Transit atau Liburan Singkat

Liputan6.com, Jakarta Malang memang merupakan daerah yang menarik untuk dikunjungi karena memiliki suasana yang sejuk. Apalagi objek wisata Malang juga cukup terkenal, tidak hanya di antara para wisatawan domestik, melainkan juga terkenal hingga ke seluruh dunia.

Namun bagi orang-orang yang tidak tinggal di Jawa Timur mungkin harus meluangkan banyak waktu untuk bisa menikmati berbagai objek wisata Malang. Anggapan itu memang tidak sepenuhnya salah. Namun sebenarnya Anda tetap bisa menghabiskan waktu luang yang singkat dengan menikmati sejumlah objek wisata Malang.

Tentu jika hanya punya waktu singkat, wisatawan tidak bisa menikmati seluruh objek wisata Malang. Namun bukan berarti tidak bisa. Meski hanya memiliki waktu dua sampai tiga hari, objek wisata Malang tetap bisa dinikmati.

Tentu ada beberapa syarat ideal untuk sebuah objek wisata Malang dapat dikunjungi bagi Anda yang hanya punya waktu luang yang singkat. salah satu syarat tersebut adalah, harus dekat dengan stasiun, terutama jika berencana pergi ke Malang dengan menggunakan kereta api.

Lagi pula, sejumlah serangkaian destinasi ini juga tidak kalah menarik dengan objek wisata malang yang jauh dari stasiun. Justri ini bisa menjadi langkah awal yang menarik untuk mengawali eksplorasi Anda di Malang.

Berikut adalah sejumlah rekomendasi objek wisata Malang yang dekat dengan stasiun, seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (27/9/2022),

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 7 halaman

Taman Taman Trunojoto dan Museum Juang 45

1. Taman Trunojoyo

Taman Trunojoyo berlokasi di Jl. Trunojoyo, Klojen, Kec. Klojen, Kota Malang. Itu artinya hanya kurang dari satu kilometer dari Stasiun Kereta Api Kota Baru Malang. dengan kata lain, untuk mencapai objek wisata Malang yang satu ini, Anda tidak perlu menggunakan kendaraan. Anda cukup berjalan kaki selama beberapa menit untuk bisa menikmati suasananya sejuk dan rindang di Taman Trunojoyo. Taman yang ditandai dengan tiga patung singa berukuran raksasa ini punya air mancur, permainan anak, dan perpustakaan kecil.

2. Monumen Juang 45

Monumen Juang 45 Malang berlokasi di Jl. Kertanegara, Klojen, Kec. Klojen, Kota Malang. Itu hanya berjarak kurang dari 100 meter dari Stasiun Kereta Api Kota Baru Malang. Dengan kata lain, Anda tidak perlu menggunakan kendaraan dan hanya perlu berjalan kaki saja dari stasiun.

Objek wisata Malang ini punya sebutan lain yakni Patung Buto, yang artinya patung raksasa. Monumen ini menggambarkan perjuangan warga Malang dalam mengalahkan kezaliman penjajah. Kalau sore hari, biasanya titik patung buto juga dijadikan tempat beraktivitas komunitas anak muda.

3 dari 7 halaman

Alun-Alun Tugu dan Tarekot

3. Alun-Alun Tugu

Alun-Alun Tugu Malang berlokasi di Jl. Tugu, Kidul Dalem, Kec. Klojen, Kota Malang. Itu juga tidak jauh dari Stasiun Kereta Api Kota Baru Malang, bahkan kurang dari 500 meter.

Objek wisata Malang ini memiliki tugu menjulang yang dikelilingi kolam teratai. Bangunan balai kota, gedung DPRD, dan Hotel Tugu yang mengelilinginya menawarkan pemandangan tata kota peninggalan zaman kolonial yang indah.

4. Taman Rekreasi Kota (Tarekot)

Tarekot berlokasi di Jl. Mojopahit, Kidul Dalem, Kec. Klojen, Kota Malang. Anda hanya cukup berjalan kaki selama 15 untuk dapat mencapai objek wisata Malang ini. Jika Anda sempat mengunjungi Alun-Alun Tugu, berarti Anda tidak perlu berjalan jauh lagi, karena Tarekot hanya berada tak jauh dari sana. Taman hiburan rakyat ini menawarkan suasana asri dengan pemandangan sungai di pusat kota.

4 dari 7 halaman

Kayu Tangan dan Alun-Alum Malang

5. Kayutangan

Objek wisata Malang yang tak jauh dari stasiun lainnya adalah Kayutangan. Daya tarik dari objek wisata Malang ini adalah suasananya yang bernuansa seperti kota lama. Di sana Anda dapat menemukan banyak toko kuno yang dipertahankan bentuknya. Kawasan ini juga kerap dijadikan lokasi foto kekinian oleh anak muda Malang.

6. Alun-Alun Malang

Objek wisata Malang yang dekat dengan stasiun lainnya adalah Alun-Alun Malang. Objek wisata Malang ini berlokasi di Jl. Merdeka Selatan, Kidul Dalem, Kec. Klojen, Kota Malang. Tempat ini merupakan landmark kota Malang Biasanya alun-alun digunakan untuk menikmati suasana sore oleh warga Malang. Pada malam hari, tak sedikit komunitas atau seniman yang unjuk kebolehan di sana.

5 dari 7 halaman

Masjid Jami' dan Kampung Biru Arema

7. Masjid Agung Jami' Malang

Tidak jauh dari Alun-alun Malang, Anda bisa mengunjungi Masjid Agung Jami' Malang. Bangunan yang sudah berusia lebih dari seabad ini merupakan salah satu bangunan bersejarah yang menjadi kebanggaan warga Malang.

Masjid ini merupakan simbol kerukunan umat beragama bersama GPIB Immanuel yang juga sudah berumur. Pengurus kedua tempat ibadah biasa saling membantu saat ibadah hari raya kedua agama yang diselenggarakan di sana.

8. Kampung Biru Arema

Kampung Biru Malang berlokasi di Kidul Dalem, Kec. Klojen, Kota Malang. Objek wisata Malang ini hanya berjarak 650 meter dari Stasiun Malang. Kampung Biru Arema sebenarnya adalah pemukiman di bantaran Sungai Brantas. Uniknya, pemukiman di bawah jembatan ini dicat dengan warna biru seperti Juzcar (Spanyol) dan Jodhpur (India). Yang jelas kampus ini memiliki warna yang menarik untuk dijadikan latar belakang foto Anda.

6 dari 7 halaman

Kampung Tridi dan Klenteng En Ang Kiong

9. Kampung Warna-Warni dan Kampung Tridi Jodipan

Tak jauh dari Kampung Biru Arema, masih ada satu pemukiman yang tak kalah menarik untuk dikunjungi. Objek wisata Malang ini tak lain adalah Kampung Warna-Warni dan Kampung Tridi. Jika Kampung Biru Arema adalah pemukiman yang berwarna biru, objek wisata Malah yang satu ini lebih berwarna lagi.

10. Klenteng Eng An Kiong

Objek wisata Malang yang dekat stasiun lainnya adalah Klenteng Eng An Kiong. Ini adalah tempat ibadah sekaligus objek wisata religi yang boleh didatangi siapa saja.

Di sini pengunjung diperkenankan mengambil beberapa foto. Tidak hanya itu, kantin di klenteng ini punya banyak menu yang makanan enak yang layak untuk dicoba, mulai dari rujak cingur, es kolak, cwimie, sampai heci ayam.

7 dari 7 halaman

Taman Kunang-Kunang dan Brawijaya Edupark

11. Taman Kunang-Kunang

Taman Kunang-Kunang berlokasi di Jalan Jakarta Oro-oro Dowo, Penanggungan, Kec. Klojen, Kota Malang. Daya tarik dari objek wisata Malang ini adalah adanya lampu LED yang ditata sedemikian rupa, sehingga dapat menciptakan suasana malam bercahaya layaknya diterangi oleh gerombolan kunang-kunang.

Karena itu, keindahan objek wisata Malang ini baru tampak ketika menjelang malam, sekitar pukul 19.00 sampai dengan pukul 22.00 WIB.

12. Brawijaya Edupark Senaputra

Brawijaya Edupark Senaputra terletak tidak jauh dari Alun-Alun Tugu dan Alun-Alun Kota Malang. Lokasinya sangat strategis dan tentunya mudah diakses dari Stasiun Malang Kota Baru. Ruang terbuka hijau yang juga menjadi taman bermain anak ini ramai dikunjungi terutama pada libur akhir pekan.

Ini adalah objek wisata Malang yang cocok untuk dikunjungi ketika Anda bepergian membawa serta keluarga dan anak-anak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.