Sukses

10 Cara Mendapatkan Anak Kembar, Perhatikan Kondisi Tubuh dan Konsumsi Makanan

Liputan6.com, Jakarta Cara mendapatkan anak kembar tentunya perlu dipersiapkan dengan matang. Berbagai perencanaan perlu dilakukan mulai dari sebelum hamil hingga masa kehamilan perlu benar-benar diperhatikan. Selain itu, suami dan istri tentunya harus mempersiapkan mental terlebih dahulu.

Kesiapan suami dan istri untuk memiliki sepasang bayi tentunya perlu diperhatikan juga. Terutama bagi ibu yang akan memakan waktu lebih banyak untuk mengurus bayi. Cara mendapatkan anak kembar dipengaruhi oleh berbagai macam faktor.

Salah satu faktornya adalah adanya riwayat anak kembar dalam keluarga. Jika dalam keluarga kamu, entah itu dari keluarga istri atau suami terdapat riwayat kembar, maka peluang untuk bisa memiliki anak kembar akan jauh lebih tinggi. Peluang tersebut akan lebih besar lagi jika riwayat anak kembar dimiliki dari keluarga istri. Hal ini terjadi karena genotip ibu jauh lebih berperan karena adanya ovulasi ganda yang diturunkan.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (27/9/2022) tentang cara mendapatkan anak kembar.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Cara Mendapatkan Anak Kembar

Mengonsumsi Asam Folat

Cara mendapatkan anak kembar pertama adalah mengonsumsi asam folat. Asam folat berfungsi untuk membantu proses ovulasi. Proses ovulasi akan meningkat sehingga peluang memiliki anak kembar lebih besar. Konsumsilah makanan yang mengandung asam folat tinggi seperti ikan laut, sayuran hijau, brokoli. Bisa juga didapatkan dengan mengonsumsi suplemen asam folat. 

Hamil Ketika Menyusui

Cara mendapatkan anak kembar berikutnya adalah hamil saat menyusui. Ketika menyusui, kadar prolaktin dalam tubuh istri tinggi. Hal ini menjadi momen penting ketika kamu merencanakan untuk memiliki anak kembar. Rencanakan membuat anak ketika istri sedang menyusui, atau siklus menstruasi telah normal usai melahirkan.

Mengonsumsi Produk Susu

Perempuan yang mengonsumsi produk susu dan olahannya terutama susu sapi memiliki peluang lima kali lebih besar untuk memiliki anak kembar. Hal ini disebabkan karena hormon yang dibawa susu sapi ternyata bisa meningkatkan kesuburan, sehingga mudah hamil anak kembar. Jadi, kamu juga bisa menerapkan cara membuat anak kembar laki-laki dan perempuan satu ini.

3 dari 4 halaman

Cara Mendapatkan Anak Kembar

Istri Harus Memiliki Berat Badan yang Ideal

Istri harus memiliki berat badan yang ideal terlebih dahulu sebagai cara mendapatkan anak kembar. Sebelum merencanakan kehamilan, ada baiknya kamu cek dulu apakah berat badan ideal atau tidak. Jika berat badanmu tergolong kurus maka peluang memiliki anak kembar akan menjadi kecil.

Selain itu, menaikkan berat badan adalah salah satu saran yang akan diberikan dokter jika kamu ingin hamil anak kembar. Penelitian juga menunjukkan bahwa kenaikan berat badan bisa memperbesar kesempatan hamil anak kembar karena kesuburan area reproduksi juga bertambah. Wanita dengan berat badan lebih (BMI 30) punya potensi lebih besar hamil anak kembar dibanding yang kurus. Begitu pula wanita yang tinggi, punya kesempatan hamil anak kembar lebih besar dibanding wanita berbadan pendek.

Mengonsumsi Ubi

Ubi mampu merangsang sel telur agar berbuah dan matang lebih cepat serta berbuah lebih dari satu. Dengan demikian peluang memiliki anak kembar akan lebih besar. Sering-seringlah mengonsumsi ubi agar sebagai cara mendapatkan anak kembar.

Istri Mengonsumsi Suplemen Kesuburan

Cara mendapatkan anak kembar berikutnya yaitu istri mengonsumsi suplemen kesuburan. Mengonsumsi suplemen kesuburan tentu akan membantumu meningkatkan peluang memiliki anak kembar. Obat kesuburan dapat meningkatkan peluang agar seorang perempuan menghasilkan lebih dari satu telur selama ovulasi.

4 dari 4 halaman

Cara Mendapatkan Anak Kembar

Hamil di Usia 35 Tahun ke Atas

Penelitian menunjukkan bahwa istri yang hamil pada usia 35 tahun ke atas memiliki peluang yang lebih banyak untuk memiliki anak kembar dibandingkan dengan perempuan yang hamil usia 35 tahun ke bawah. Hal ini menjadi salah satu cara mendapatkan anak kembar yang perlu diperhatikan pula.

Suami Mengonsumsi Tiram

Tidak hanya istri saja yang harus mengatur makanannya, suami juga harus memperhatikan makanannya. Suami bisa mengonsumsi tiram sebagai salah satu cara mendapatkan anak kembar. Di dalam tiram terdapat kandungan zinc yang tinggi sehingga mampu menyehatkan dan memperbanyak produksi sperma pada suami, sehingga menyebabkan gerakan sperma saat menuju sel telur akan lebih cepat. Gerakan sperma yang cepat inilah yang akan memperbesar peluang untuk membuahi dua sel telur.

Istri dan Suami Mengonsumsi Kecambah

Sering mengonsumsi kecambah dalam jumlah banyak dapat membantu kamu untuk memiliki anak kembar. Hal ini disebabkan karena kecambah mengandung asam folat dan zat besi yang tinggi. Kandungan ini penting dan berguna untuk meningkatkan kualitas sperma ataupun sel telur.

Metode Shettles

Metode Shettles telah ada sejak tahun 1960-an sebagai cara membuat anak kembar dengan tingkat keberhasilan mencapai 75%. Metode yang ditemukan oleh Dr Shettles ini menjelaskan bahwa faktor yang paling penting dalam penentuan jenis kelamin adalah waktu berhubungan seksual dan kromosom pembawa sperma.

Sperma penentu jenis kelamin laki-laki berenang lebih cepat namun bertahan dalam jangka waktu yang lebih pendek. Sementara sperma penentu jenis kelamin perempuan lebih kuat dan tangguh namun berenang lebih lambat. Selain itu cara membuat anak kembar dengan metode ini menyarankan untuk melakukan hubungan seksual 2-4 hari sebelum masa ovulasi terjadi. Sehingga ketika ovulasi terjadi, maka yang terjadi hanyalah proses membuahi sel telur saja.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.