Sukses

11 Manfaat Video Game untuk Kehidupan Sehari-hari, Termasuk dalam Pekerjaan

Liputan6.com, Jakarta Banyak orang sampai saat ini masih berpikir bahwa video game lebih banyak memiliki dampak negatif daripada positifnya. Pada tidak selalu seperti itu. Kenyataannya ada banyak manfaat dari video game, termasuk dalam meningkatkan kecerdasan otak.

Tidak hanya sebagai meningkatkan kemampuan kognitif, video game bahkan menuntut pemain untuk memiliki skill problem solving. Manfaat video game bahkan juga dapat membantu melatih logika atau nalar.

Meski demikian, bukan berarti sederet manfaat game yang akan diulas dalam artikel ini, tidak seharusnya menjadi alasan untuk menghabiskan berjam-jam hanya untuk bermain video game. Terlalu lama bermain video game justru akan memberikan dampak yang sebaliknya.

Alih-alih mendapatkan manfaat video game, terlalu lama ermain justru dapat berakibat buruk, termasuk bagi kesehatan. Selain itu, ada beberapa efek negatif pada emosi dan perilaku. Penelitian juga menunjukkan bahwa bermain video game dalam waktu lama terutama di malam hari dapat memengaruhi tidur dan kemampuan kognitif setelah bangun tidur.

Oleh karena itu, penting untuk membatasi waktu bermain video game agar mendapatkan manfaat video game yang positif. Berikut adalah sederet manfaat video game, seperti yang sudah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (27/9/2022).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 7 halaman

Meningkatkan Kemampuan Kognitif

Manfaat video game yang pertama adalah dapat meningkatkan kemampuan kognitif. Bermain video game dapat meningkatkan kemampuan kognitif, terutama soal konsentrasi dan kemampuan visuospasial Anda.

Kemampuan visuospasial adalah kemampuan untuk mengenali dan mengingat objek dan hubungan antara objek tersebut. Keterampilan ini sangat penting untuk tugas sehari-hari seperti mengemudi, menemukan jalan di kota, atau memahami peta atau objek di sekitar Anda.

Kemampuan spasial juga penting dalam beberapa bidang studi, antara lain matematika, ilmu alam, teknik, meteorologi, dan arsitektur.

Ini adalah salah satu efek positif utama dari video game yang mungkin bermanfaat bagi pelajar dan profesional, tetapi juga akan bermanfaat bagi para gamer dalam kehidupan sehari-hari.

3 dari 7 halaman

Melatih Skill Problem Solving dan Logika

Sebuah studi yang dilakukan pada 2015 oleh tim peneliti Australia dan Cina menunjukkan bahwa manfaat video game antara lain dapat meningkatkan skill problem solving dan logika. Ini tidak lepas dari jenis game yang dimainkan.

Jenis game yang dapat meningkatkan kemampuan problem solving dan penalaran atau logika adalah jenis-jenis game yang membutuhkan banyak perencanaan, pemikiran strategis, dan menggunakan logika untuk mencapai tujuan dalam game.

Dengan begitu, para gamer yang memainkan jenis video game tersebut akan terbiasa untuk menggunakan otaknya sehingga berkontribusi pada perkembangan di area otak yang didedikasikan untuk pemecahan masalah dan logika.

4 dari 7 halaman

Meningkatkan Koordinasi dan Multitasking

Meningkatkan Koordinasi Mata dan Tangan

Manfaat video game lain salah satunya adalah meningkatkan koordinasi antara mata dan tangan. Sebuah studi dari University of Toronto pada tahun 2014 menemukan bahwa orang yang bermain game secara teratur memiliki keterampilan sensorimotor yang lebih baik daripada mereka yang tidak bermain video game.

Keterampilan ini adalah kunci untuk pembelajaran yang lebih cepat dan adopsi tugas yang memerlukan koordinasi tangan ke mata, seperti bersepeda, mengetik, atau tugas lain yang mengharuskan Anda mengoordinasikan gerakan tangan dengan gerakan mata Anda.

Meningkatkan Kemampuan Multitasking

Video game telah terbukti dapat meningkatkan kemampuan multitasking. Ini adalah salah satu manfaat video game paling penting, karena memberi Anda kemampuan untuk melakukan tugas harian Anda dengan lebih baik dan lebih efisien, dan juga menyelesaikan banyak tugas pada saat yang bersamaan.

Banyak game memaksa pemain untuk melakukan beberapa tugas secara bersamaan terutama game aksi. Misalnya, Anda harus melihat musuh di layar, memantau kesehatan, amunisi, dan statistik lainnya, serta menggerakkan karakter Anda. Anda mungkin juga berbicara di mikrofon dengan rekan tim dan teman Anda. Dengan semua aksi serba cepat dan hiper-stimulasi yang disediakan game modern, para gamer dapat meningkatkan kemampuan multitasking mereka.

5 dari 7 halaman

Pengambilan Keputusan dan Prososial

Pengambilan Keputusan yang Lebih Cepat dan Akurat

Peneliti dari University of Rochester menemukan bahwa manfaat video game dapat membantu Anda membuat keputusan lebih cepat dan lebih akurat, yang dapat diterjemahkan ke dalam kemampuan pengambilan keputusan yang lebih baik dalam kehidupan nyata.

Studi ini juga menemukan bahwa jika Anda bermain game aksi, khususnya, Anda cenderung membuat keputusan yang lebih cepat dan lebih akurat daripada non-gamer. Kemampuan dalam mengambil keputusan dengan cepat dan akurat tentunya sangat penting di bidang pekerjaan di mana pengambilan keputusan yang cepat sangat penting seperti di medan perang, atau di rumah sakit, dan para gamer siap untuk membuat keputusan ini lebih cepat dan lebih akurat.

Meningkatkan Perilaku Prososial

Meskipun bermain game secara berlebihan bisa membuat seseorang antisosial, ada banyak game di luar sana yang mempromosikan aspek sosial dari game. Beberapa permainan melibatkan kerja sama dengan pemain lain dan berbicara dengan mereka melalui teks atau suara, yang dapat meningkatkan kemampuan Anda untuk bekerja dengan orang lain dan memiliki interaksi sosial yang lebih baik, bahkan saat bermain game.

Aspek sosial dari game juga telah berkembang lebih dari sekadar bermain game prososial. Misalnya, game mungkin menjadi topik percakapan yang populer di kalangan siswa di sekolah. Meskipun game semakin bersifat sosial, penting untuk menjaga keseimbangan interaksi tatap muka dan persahabatan di dunia nyata.

6 dari 7 halaman

kemampuan Penglihatan dan Penyelesaian Tugas

Meningkatkan Kemampuan Penglihatan

Ini adalah manfaat video game yang cukup mengejutkan, karena ternyata video game dapat meningkatkan kemampuan penglihatan. Sebuah studi dari tahun 2012 yang dilakukan oleh Timothy J Wright dan Daniel P Blakely menemukan bahwa orang yang bermain game dapat melihat lebih detail.

Manfaat video game ini biasanya diperoleh ketika bermain game first-person shooter. Sebab, game jenis ini gamer dituntut untuk dapat untuk melihat lebih detail di berbagai sudut. Kemampuan ini dikaitkan dengan keterampilan sehari-hari seperti mengemudi.

Namun penting juga untuk penting untuk mengistirahatkan mata. Idealnya mata harus diistirahatkan selama beberapa menit setiap jam penggunaan, karena screen-time yang berlebihan dapat menyebabkan iritasi mata dan ketegangan mata.

Penyelesaian Tugas Lebih Cepat dan Akurat

Manfaat video game dapat meningkatkan kemampuan seseorang untuk menyelesaikan tugas lebih cepat dan dengan akurasi yang lebih tinggi. Sebuah studi pada 2007 menemukan bahwa ahli bedah yang bermain video game di masa lalu atau baru-baru ini memiliki kesalahan 37% lebih sedikit dan menyelesaikan tugas 27% lebih cepat daripada non-gamer.

Akurasi mereka juga meningkat seiring dengan lebih banyaknya waktu bermain. Studi ini menemukan bahwa bahkan dengan waktu bermain yang lebih sederhana (3 jam seminggu), gamer bekerja lebih baik daripada non-gamer.

Studi ini menunjukkan bahwa para gamer dapat bekerja lebih baik, terutama untuk mengerjakan tugas-tugas yang membutuhkan kecepatan, akurasi, dan koordinasi tangan ke mata.

7 dari 7 halaman

Kerja Sama Tim dan Manfaat Lain

Kerja Sama Tim

Manfaat video game lainnya adalah dapat meningkatkan kemampuan dalam melakukan kerja sama tim. Ini karena kebanyakan game sekarang telah mengedepankan aspek sosial, selain itu misi-misi yang diberikan dalam game banyak yang perlu diselesaikan dengan cara kerja sama tim.

Beberapa game populer yang menuntut kerja sama tim antara lain adalah i tujuan permainan. Beberapa game yang lebih populer termasuk Team Fortress 2, Roblox, League of Legends, Dota 2, Counter Strike, Rocket League dan beberapa lainnya.

Manfaat Lainnya

Selain semua efek positif utama dari video game, ada juga beberapa efek lain yang dilaporkan banyak gamer, antara lain sebagai berikut:

a. Melalui video game, banyak orang dapat belajar bahasa Inggris lebih cepat.

b. Beberapa video game mengharuskan pemain untuk menyelesaikan serangkaian tugas untuk dapat menyelesaikannya, yang berarti manfaat video game dapat membangun ketekunan.

c. Manfaat video game juga dapat meningkatkan konsentrasi lebih baik dan lebih lama.

d. Manfaat video game lainnya termasuk pengenalan pola yang lebih baik, pemikiran strategis, kemampuan mengambil risiko, dan manajemen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.