Sukses

16 Wisata di Belitung yang Indah dan Memukau, Tak Melulu Pantai Saja

Liputan6.com, Jakarta Wisata di Belitung terkenal dengan panorama alamnya yang indah dan memukau. Belitung merupakan salah satu pulau besar di Bangka Belitung. Pulau Belitung ini terkenal sekali dengan pesona pantainya.

Bagi anda yang sedang berkunjung ke pulau Belitung dan bosan dengan pantai harus coba tempat wisata di Belitung dan sekitarnya selain pantai. Setiap spot tempat wisata di Belitung memberikan kesan yang menyenangkan dan seru saat diekplor.

Tempat wisata di Belitung selain pantai adalah Pagoda Tri Agung, Danau Koalin, Bukit Pangkuan, hingga Museum Timah. Tak hanya itu, masih banyak tempat wisata di Belitung selain pantai yang menawarkan spot menarik dan unik.

Berikut ini Liputan6.com ulas mengenai tempat wisata di Belitung yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Selasa (27/9/2022).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 5 halaman

Tempat Wisata di Belitung yang Indah dan Memukau

1. Danau Kaolin

Tempat wisata di Belitung yang pertama adalah Danau Kaolin. Danau ini memiliki warna daratan yang putih bersih dan air yang berwarna biru menyala. Danau Kaolin terbentuk dari bekas tempat pertambangan Kaolin yang telah ditinggalkan dan alam menyempurnakan dengan keindahannya. Kaolin sendiri merupakan mineral sebagai bahan industri seperti kosmetik, kertas, makanan, dan pasta gigi.

Terletak di Desa Air Raya, Tanjung Pandan, danau ini cocok buat anda yang mencari spot foto instagenic. Selain itu, anda juga bisa berenang di sini. Kandungan mineralnya dapat menyerap minyak berlebih dan membuat kulit anda menjadi halus.

2. Museum Kata Andrea Hirata

Tempat wisata di Belitung yang berikutnya adalah Museum Kata Andrea Hirata. Museum Kata Andrea Hirata ini merupakan museum literature pertama yang ada di Indonesia. Di museum ini anda bisa melihat koleksi film Laskar Pelangi dan juga berbagai karya dari Andrea Hirata.

3. Pantai Tanjung Tinggi

Tempat wisata di Belitung yang lainnya adalah Pantai Tanjung Tinggi. Pantai ini terkenal sebagai salah satu lokasi syuting untuk film Laskar Pelangi. Pantai ini terletak di sebelah utara Belitung, tepatnya 37 km dari kota Tanjung Pandan. Pantai ini identik dengan pasirnya yang putih, air laut yang jernih, dan batu granit super besar. Ombak di pantai ini juga relatif tenang. Jadi anda bisa berenang tanpa harus takut terbawa ombak.

4. Batu Mentas

Tempat wisata di Belitung lainnya ada Batu Mentas. Merupakan bagian dari kawasan Hutan Lindung Wisata Alam Gunung Tajam. Di sini anda bisa merasakan sejuknya hawa pegunungan dan menikmati asrinya hutan yang hijau. Terletak di Desa Kelekak Datuk, Kecamatan Badau, Belitung Barat, di sini menyimpan hewan endemik Belitung. Tak hanya itu, di Batu Mentas ini juga memiliki kawasan konservasi Tarsius.

3 dari 5 halaman

Tempat Wisata di Belitung yang Indah dan Memukau

5. SD Laskar Pelangi

Tempat wisata di Belitung yang berikutnya adalah SD Laskar Pelangi. Bangunan ini awalnya dibuat guna dijadikan sebagai tempat lokasi syuting untuk film Laskar Pelangi. SD Muhammadiyah Gantong yang sesungguhnya sudah tidak ada, dulu lokasinya terletak di pinggir pantai Belitung Timur. Namun sekarang sudah dibangun dengan megah. Sutradara Riri Riza membuat replika SD ini lengkap dengan pasir pantai putihnya.

6. Pulau Lengkuas

Pulau ini terletak di sebelah utara pulau Belitung. Untuk menuju ke sini, anda hanya perlu menempuh jarak sekitar 30 menit dengan menyebrangi pulau ini. Pulau ini identik dengan mercusuar yang menjulang tinggi di tengah-tengah pulau. Keberadaan mercusuar ini sudah ada sejak tahun 1882. Dari atas mercusuar ini kamu bisa menikmati pemandangan indahnya pantai-pantai di Belitung dari ketinggian.

7. Pagoda Vihara Puri Tri Agung

Pagoda vihara adalah tempat wisata di Belitung yang indah dan memukau. Memiliki arsitektur bangunan yang menawan, pura yang baru diresmikan berdiri pada 2015 lalu makin dikenal luas di kalangan wisatawan. Lokasi tempat wisata di Belitung ini berada di Kota sungailiat, Kabupaten Bangka, tepatnya di dalam kawasan Pantai Tikus menjadi alasan lain mengapa bangunan pagoda ini menjadi sangat dikenal. Dari atas tempat wisata di Belitung seperti pagoda ini, wisatawan bisa melihat keindahan Pantai Tikus yang memiliki garis pantai yang panjang, selain juga pasir lembut dan airnya yang jernih.

8. Bukit Pangkuan

Bukit pangkuan adalah tempat wisata di Belitung yang indah dan memukau. Bukit Pangkuan sebuah tempat agrowisata yang cocok dikunjungi oleh keluarga karena ada banyak hal menarik yang bisa dieksplor.

Ini merupakan tempat wisata di Belitung berupa agrowisata, setiap pengunjung diajak untuk memanen setiap buah yang telah siap. Mulai dari kelengkeng, rambutan, melon, jambu, hingga sirsak, semuanya bisa ditemukan jika berkunjung ke Bukit Pangkuan.

4 dari 5 halaman

Tempat Wisata di Belitung yang Indah dan Memukau

9. Museum Timah

Museum timah adalah tempat wisata di Belitung yang indah dan memukau. Resmi dibuka pada 1997 oleh PT Timah Tbk, museum ini menyimpan tentang seluk beluk masalah pertambangan timah di Indonesia, khususnya di Bangka Belitung.

Museum Timah sebagai tempat wisata di Belitung, menyimpan berbagai koleksi benda. Mulai dari alat proses penambangan timah, baik yang tradisional maupun modern, hingga berbagai foto dokumentasi tentang pertimahan di Indonesia.

10. Red Hill, Danau Ampar

Danau ampar adalah tempat wisata di Belitung dan Bangka selain pantai yang wajib dikunjungi. Tak hanya pantai yang memukau, saat berkunjung ke Pulau Bangka. Ada pula yang disebut "Red Hill" di sekitar Danau Ampar, Kabupaten Bangka. Panorama bebatuan dengan warna merah bata sungguh menakjubkan. Serunya lagi, terdapat danau ampar di tengah bebatuan merah bata tersebut.

11. Danau Open Pit

Danau open pit adalah tempat wisata di Belitung yang indah dan memukau. Di Kepulauan Belitung memang terkenal dengan kawasan galian tambang timah. Beberapa danau bekas galian yang berupa kawah itu memiliki warna yang menarik sehingga kerap dijadikan destinasi wisata.

Danau ini merupakan salah satu kawasan bekas galian tambang timah di daerah Belitung Timur yang memiliki kawah besar berwarna hijau dan gua bekas penambangan. Danau Open Pit juga masuk dalam bagian Geopark Belitung.

12. Pantai Tanjung Kelayang

Satu lagi destinasi wisata Belitung yang menawarkan panorama khas pantai-pantai di Belitung yang ekstois yaitu Pantai Tanjung Kelayang. Pantai yang berada di sebelah utara dari Pulau Belitung ini memiliki dua bagian pantai yang menawarkan dua panorama indah yang berbeda.

Pada sisi barat objek wisata di Belitung ini dipenuhi gugusan batu granit raksasa yang menawarkan panorama indah yang juga instagramable, sedangkan pada sisi timur pantai lebih didominasi hamparan pasir putih dan halus yang cocok untuk Anda bersantai sembari menikmati semilir angin di pantai.

5 dari 5 halaman

Tempat Wisata di Belitung yang Indah dan Memukau

13. Pantai Punai

Tempat wisata di Belitung yang berikutnya adalah Pantai Punai yang berada di desa Tanjung Kelumpang. Sama sepertinya objek wisata di Belitung lainnya, di pantai ini juga terdapat batu-batuan granit.

Dari pantai ini, Anda juga bisa menyebrang ke sebuah pulau kecil dengan berjalan kaki di perairan dangkal. Pulau ini sendiri dahulu merupakan habitat dari burung Punai sehingga dikenal dengan nama Pulau Punai. Suasana yang tenang dan ombak yang tidak besar membuat objek wisata Belitung satu ini sangat pas untuk Anda yang tengah mencari "me time" dan jauh dari keramaian.

14. Gunung Burung Mandi

Tempat wisata di Belitung yang indah dan memukau lainnya adalah Gunung Burung Mandi. Daya tarik dari tempat wisata satu ini adalah karena di dekat gunung yang indah, disuguhi pemandangan pantai yang tidak kalah menarik.

Pantai tersebut juga dinamakan dengan Burung Mandi yang memiliki hamparan pasir putih sangat luas. Di sekeliling pantai terdapat ratusan jenis pohon pinus yang siap membuat suasana menjadi sangat teduh, Anda bisa mengambil foto yang instagramable di dekat pantai ini.

15. Bukit Berahu

Jika Anda ingin menikmati waktu lebih santai namun ingin tetap bisa menikmati indahnya alam di Belitung, Bukit Berahu bisa Anda jadikan  sebagai pilihan destinasi wisata di Belitung. Kawasan ini sudah memiliki berbagai fasilitas mulai dari restoran dan juga villa untuk bermalam lengkap dengan sarana rekreasi seperti kolam renang.

16. Bukit Peramun

Tempat wisata di Belitung yang indah dan memukau berikutnya adalah Bukit Peramun. Bukit Peramun adalah sebuah destinasi wisata yang terkenal dengan pemandangan dan satwa endemiknya. Pemandangan yang dilihat di sini adalah hamparan pepohonan hijau dengan berbagai fasilitas menarik. Salah satunya adalah jembatan merah yang menjadi alat penyeberangan menuju desa sebelah, mobil terbang, dan lainnya. Tempat wisata di Belitung ini juga memiliki satwa endemik yaitu Tarsius. Hewan mungil lucu bermata besar ini dapat Anda temukan jika berkunjung ke sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.