Sukses

Kebun Wisata Pasir Mukti yang Wajib Dikunjungi, Menawarkan Wahana dan Paket Liburan Seru

Liputan6.com, Jakarta Bagi Anda yang ingin menghabiskan waktu liburan bermanfaat dengan keluarga, maka dengan mengunjungi kota Bogor merupakan langkah yang tepat. Tak akan seru jika Anda tidak mampir ke Kebun Wisata Pasir Mukti, yang terletak di Citeureup, Bogor. Lokasi wisata ini memiliki jarak tempuh yang tidak begitu jauh, hanya memakan waktu sekitar 60 menit saja dari pusat kota Jakarta.

Saat berkunjung ke Kebun Wisata Pasir Mukti, Anda akan melihat panorama khas pedesaan yang akan terasa jauh berbeda dengan kehidupan perkotaan. Pengunjung juga akan melihat aktivitas pengelola serta turun tangan langsung melakukan aktivitas menanam padi.

Tempat wisata ini akan sangat cocok untuk mengisi waktu libur akhir pekan dan akhir tahun bersama keluarga. Kebun Wisata Pasir Mukti merupakan salah satu destinasi wisata edukasi yang menarik, dan jangan khawatir karena di sini juga tersedia wahana permainan yang bisa dinikmati, selain itu Anda juga bisa belajar aktivitas pertanian saat berkunjung ke sini.

Berikut ini kebun wisata pasirmukti yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (28/9/2022). 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 5 halaman

Mengenal Kebun Wisata Pasir Mukti

Awal berdiri kebun wisata pasirmukti ini karena ibu Emily Turangan Senduk yang merupakan lulusan dari Fakultas Pertanian, Universitas Gadjah Mada pada tahun 1979. Kecintaan terhadap tanaman membuatnya mulai mengembangkan hobi bercocok tanam bunga anggrek, di Desa Pasirmukti, Citeurep, Kabupaten Bogor. 

Kecintaan Emily Turangan terhadap tanaman, membuatnya bercocok tanam dan memperbanyak anggrek. Aktivitas yang dilakukan ini juga sejalan dengan tingkatan produktivitas serta pemberdayaan. Pada 17 tahun lalu lahan yang luasnya kurang lebih mencapai 20 hektar ini tidak legi berfungsi sebagai lahan hobi, namun dikelola secara profesional di bawah naungan PT. Kebun Pasirmukti. 

Tempat yang luas kebun mencapai 5 hektar dan 15 hektar mulai dikembangkan sebagai area bisnis agrowisata yang memiliki tujuan yaitu memperkenalkan dunia pada visi pertanian kepada masyarakat umum, terutama bagi generasi muda. Sedikit demi sedikit, lahan tempatnya berkebun diperluas dengan cara membeli lahan pertanian dari petani sekitar. Hingga sekarang tempat ini menjelma menjadi tempat rekreasi dan telah dibukan untuk masyarakat umum. 

3 dari 5 halaman

Wahana Permainan

Adapun wahana permainan yang bisa dinikmati ketika berkunjung ke Kebun Wisata Pasir Mukti adalah:

1. Memancing Ikan

Saat berkunjung ke sini, tersedia tempat untuk memancing ikan, sehingga pengunjung akan bisa melakukan interaksi dengan ikan-ikan kecil. Tentu saja pengunjung juga bisa menangkapnya, serta boleh dibawa pulang. Metode penangkapan ikan di sini juga ada beragam, baik itu dengan alat pancing biasa atau menggunakan jaring ikan.

2. Kolam Lumpur

Selain memancing ikan, pengunjung juga bisa menikmati kolam lumpur yang tentu saja bisa digunakan untuk bermain. Bermain lumpur dan bermain perang bantal di atas bambu kolam yang berlumpur merupakan salah satu aktivitas liburan yang seru. Bagi orang tua yang ingin anaknya bermain di sini, pastikan membawa baju ganti ya, agar si kecil bisa lebih puas bergulat dengan lumpur tanpa takut kotor.

3. Melukis Capin

Tempat ini juga sebagai salah satu sarana edukasi, karena sebelum menanam padi juga akan didapatkan di sini. Pengunjung akan diajak untuk terlibat langsung melukis di atas media berupa caping. Topi yang biasa digunakan untuk beraktivitas di sawah, dengan hal ini maka dapat membantu perkembangan motorik anak dan membuatnya menjadi lebih kreatif.

 

4 dari 5 halaman

Aktivitas di Kebun Wisata Pasir Mukti

- Hidroponik

Selain tersedia wahana permainan untuk anak - anak, bagi Anda orang dewasa tersedia agrowisata yang bisa dinikmati di Kebun Wisata Pasir Mukti. Anda bisa mulai dari pembibitan anggrek, kebun buah, kebun sayur, hidroponik, kolam ikan hingga ke peternakan. Bahkan di sini, pengunjung juga bisa melihat sampai berpraktik, demo dan berbelanja buah dan tanaman. Tempat hidroponik yang ada di Kebun Wisata Pasirmukti memang tidak terlalu besar, namuin memiliki dua green house yang dilengkapi dengan instalasi hidroponik tipe kolam apung dan vertikultur. 

- Kebun Buah

Selain bisa menikmati tanaman hidroponik, tempat ini juga memiliki kebun buah, baik buah yang ditanam pada lahan terbuka maupun ditanam di dalam pot (tabulampot). Jenis buah-buahannya terdiri dari jambu batu, jambu air, belimbing, jeruk kasturi, mangga, matoa, dan masih banyak lagi. Selain itu, bagi pengunjung yang juga hobi bercocok tanam, tempat ini juga bisa berpraktik bercocok tanam berbagai jenis buah, jadi sangat cocok untuk memberian edukasi kepada si kecil untuk memahami cara berkebun sejak dini. 

- Bajak Sawah

Selanjutnya yang bisa pengunjung nikmati saat berada di sini adalah, saling berinteraksi dengan hewan khususnya kerbau atau sapi untuk membajak sawah. Biasanya pengunjung akan dibantu membajak sawah oleh kerbau dengan menaikinya. Perlu diketahui bahwa untuk melakukan hal ini, hanya rutin dilakukan pada akhir pekan atau ketika pengunjung datang secara rombongan. Jadi kalau berkunjung bersama keluarga pada hari biasa, kemungkinan tidak mendapat kesempatan melakukan aktivitas ini.

- Menanam Padi

Kegiatan selanjutnya yang bisa pengunjung nikmati adalah menanam padi. Pengunjung akan diajak untuk menanam padi di ladang sawah yang sebenarnya, layaknya para petani ketika menanami sawahnya dengan padi. Nantinya, pengunjung akan diberikan bibit padi kemudian dibariskan untuk menanam padi tersebut secara bersamaan.

 

5 dari 5 halaman

Paket Kebun Wisata Pasir Mukti

Kebun Wisata Pasir Mukti ini juga memiliki beberapa paket wisata yang bisa dinikmati, diantaranya:

1. Paket Agro Junior dengan harga Rp. 115.000 per orang, di mana pengunjung yang mengggunakan paket ini akan mendapatkan fasilitas tiket masuk, saung pertemuan, Pemanduan Edukatif Agro pintar, Tanam Padi, Bajak sawah, dan Arena kolam lumpur.

2. Paket Agro Adventure dengan harga Rp. 200.000 per orang, di mana mendapatkan fasilitas juga kegiatan yakni tenda camping, tracking, api unggun, naik rakit, tangkas di lumpur, petualangan malah hari. Kemudian tiga kali snack dan nasi kotak. 

3. Selanjutnya tersedia Paket Anak Tani dengan harga Rp. 350.000 per orang yang tersedia untuk anak-anak yang ingin menginap dan belajar mengenai bidang pertanian. Dengan paket ini maka tersedia sarana dan komodasi untuk menginap 2 hari 1 malam, pemandu agro junior, rumah tani, dunia padi, naik rakit, petualangan malam hari, api unggun, sertifikat, prasmanan, snack untuk 3x makan dan minimal 10 anggota.

4. Paket Camping dengan harga Rp. 85.000 per orang untuk anggota minimal 5 orang, serta bisa menikmati sarana yang tersedia, serta memiliki tenda khusus camping dan kotak makan pagi.

5. Paket Ceria dengan harga Rp. 55.000 per orang, di mana paket ini memiliki sarana dan akomodasi seperti tenda, alas terpal, dan makan siang dengan nasi kotak. 

6. Paket Lansia di atas usia 60 tahun dengan harga Rp. 75.000 per orang, namun bisa menikmati fasilitas yang menyenangkan dengan suasana yang jauh lebih santai dan menenangkan. Para lansia ini akan diberikan berbagai macam permainan yang cocok untuk usia mereka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.