Sukses

Viral Aksi Kurir Paket Bantu Korban Penipuan HP Abal-Abal yang Dibeli Online

Liputan6.com, Jakarta Berbelanja online kini sudah mejadi hobi masyarakat zaman sekarang. Prosesnya yang praktis bikin belanja online memang sangat diminati. Meski dianggap mudah, belanja online memiliki tantangan dan memberi rasa khawatir tersendiri bagi pembeli.

Pasalnya jika tidak teliti dan hati-hati, bisa saja seseorang jadi korban penipuan. Seperti penipuan belanja online yang baru-baru ini viral di media sosial. Seorang pengguna TikTok @bagoesvlog, Senin (26/9/2022).

Dalam video tersebut, tampak pria yang diketahui bekerja sebagai kurir mengantarkan paket ke rumah pembeli. Kemudian, ia menanyakan kepada sang ibu soal paket berisi Handphone itu yang ternyata dipesan oleh cucunya.

Namun, bukannya memberikan barang tersebut, kurir itu malah menjelaskan barang itu merupakan penipuan online. Berikut kisah selengkapnya, dilansir Liputan6.com dari akun TikTok @bagoesvlog, Rabu (28/9/2022).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 3 halaman

Kurir Bantu Mengecek HP Abal-Abal

@bagoesvlog

Lagi !!! Penipuan paket isinya HP abal - abal #yfp #fypシ #epyepe #masukberandafyp #pyf #viral #xyzbca #foryou #foryoupage #beranda #ff #foryour #kurirpaket #jnt #jntexpressid #penipuanpaket

♬ suara asli - BAGOES VLOG - BAGOES VLOG

Ketika datang untuk mengantarkan paket, kurir itu sudah curiga terkait paket berisi Hp yang dipesan pelanggan adalah HP abal-abal. Setelah bertemu dengan penerima, sang kurir langsung bertanya terkait paketan yang dipesan dan memastikan barang tersebut.

“Bu, kalo boleh tau ini isinya apa Bu? HP? Ini Hp apa bu kalau boleh tau? Soalnya kan harganya Rp 1.138.500, ini harganya agak mahal Bu, saya kalau boleh tau mau mastiin dulu ini belinya di Shopee. Ibu ada aplikasi Shopeenya?" ucap kurir dalam video TikTok @bagoesvlog.

"Ini nggak boleh dibuka. Nanti kalo ini udah dibuka, udah dibayar ndan bisa dikembalikan,” lanjutnya

Karena HP yang dipesan itu milik cucu sang penerima, kurir tersebut menyarankan bantuan untuk mengecek isi paket. Kurir pun menyarankan ibu-ibu tersebut untuk menghubungi cucunya. Akhirnya melalui bantuan tetangga yang menghubungi cucu ibu itu.

“Aku konfirmasi aja, takutnya kalo isinya nggak sesuai. Tak jelasin dulu sebentar. Itu kalau nggak salah itu HP Cina RAM 12 GB, yang memorynya 512 GB?” tanyanya kurir.

“Boleh saran dari saya ya Mbak, itu HP-nya nggak sesuai Mbak karena sudah banyak kasus penipuan yang membeli HP itu. Daripada rugi, nyesel, harganya kan lumayan. Ini proses return, aku bantuin biar samean tidak kena tipu,” tambahnya.

Kurir tersebut juga memberikan saran kepada korban penipuan HP abal-abal agar membeli HP yang ada di konter-konter saja dengan sesuai uang yang dimilikinya. Kurir itu sangat yakin bahwa HP yang dibeli korban secara online adalah HP abal-abal.

3 dari 3 halaman

Aksinya Menuai Pujian Warganet

Sontak video kurir membantu korban penipuan ini mendapat respon positif. Tak sedikit warganet yang memberikan pujian atas aksi kebaikan yang dilakukannya. Video tersebut menjadi viral dan menuai berbagai komentar, hingga kini telah ditonton lebih dari 28 juta pengguna TikTok.

"baru ngeliat kurir sebaik seperti ini semoga rejeki nya di lancarkan," komentar @Karina

"YAALLAH BAIK BANGET MAS PAKETNYA," komentar @Hardi Hasan

"cerdas,pintar dermawan buat inspirasi kurir lainya..semangat mzee," komentar @mz.aby_mocci

"masyaAllah dimudahkan rezeki untuk mas kurir," komentar @nrhmm_

"terimakasih mas untuk kejujuran nya semoga mas nya dapat rejeki yang berkah aamin," komentar @Rizal Saepudin

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.