Sukses

20 Tempat Wisata Sentul Lengkap, Wisata Alam, Taman Bermain hingga Wisata Edukasi

Liputan6.com, Jakarta Liburan tidak harus dilakukan di tempat yang jauh. Beberapa lokasi yang dekat dengan tempat tinggal mungkin malah memiliki daya tarik yang tidak pernah terbayangkan, misalnya saja sejumlah wisata Sentul.

Bagi orang-orang yang tinggal di wilayah Jabodetabek, Sentul jelas bukan lokasi yang jauh untuk dikunjungi. Sentul adalah wilayah yang bisa diakses dalam beberapa jam mengendarai kendaraan pribadi. Selain itu, banyak tempat wisata Sentul yang bisa menjadi opsi menarik untuk menjalani liburan singkat bersama keluarga.

Meski tidak mendapatkan perhatian sebanyak daerah lain seperti destinasi wisata lainnya yang ada di Pulau Jawa, tempat wisata Sentul sebenarnya memiliki daya tarik yang tak kalah menarik dari destinasi wisata lainnya di Pulau Jawa, sebut saja Bandung, Malang, Yogyakarta, dan sebagainya.

Tempat wisata Sentul menyediakan berbagai macam lokasi yang dapat mengakomodasi gaya liburan Anda. Mulai dari wisata alam, taman bermain, wisata edukasi, bumi perkemahan, semuanya tersedia di sejumlah tempat wisata Sentul.

Tempat wisata Sentul juga bisa menjadi pilihan menarik bagi warga yang tinggal di wilayah Jabodetabek yang menginginkan liburan, tapi hanya memiliki waktu luang yang singkat. Berikut adalah rekomendasi tempat wisata Sentul yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (28/9/2022).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 6 halaman

Tempat Wisata Sentul Bertema Alam

1. Gunung Ciung

Tempat wisata Sentul memiliki banyak opsi yang dapat mengakomodasi berbagai macam gaya liburan, salah satunya adalah wisata alam. Salah satu tempat wisata Sentul yang menyajikan nuasa alam yang asri dan sejuk adalah Gunung Ciung.

Gunung Ciung sebenarnya adalah lahan produktif seluas 8 hektar, berupa bukit yang bersebelahan dengan Gunung Pancar dan ditanami banyak tanaman. Lahan itu kemudian dijadikan tempat wisata dan disebut sebagai Gunung Ciung karena banyak hewan, seperti babi hutan.

Pengelola menjadikannya tempat wisata Sentul supaya hewan-hewan tersebut tidak turun dan merusak tanaman. Gunung Ciung menawarkan pemandangan berupa indahnya Gunung Salak dan Kota Bogor. Selain itu, panorama matahari terbenam yang ditawarkan juga begitu memesona. Lokasi Gunung Ciung terletak di Kampung Curug, Desa Bojong Koneng, Babakan Madang, Sentul–Bogor.

2. Goa Agung Garunggang

Tempat wisata Sentul yang bertema alam lainnya juga terdapat pada Goa Agung Garunggang. Goa Agung Garunggang jadi salah satu destinasi yang menawarkan pemandangan yang indah. Untuk sampai ke goa, pengunjung harus berjalan kaki dari tempat parkir. Namun upaya tersebut tidak akan sia-sia karena ada keindahan yang akan menunggu dari pejalanan tersebut.

Selain bagian luar goa yang menawan dengan formasi batuan estetik, bagian dalamnya juga memiliki keindahan yang luar biasa. Bagaimana tidak, banyak monolit di langit-langit gua.

3. Taman Wisata Alam Gunung Pancar

Tempat wisata Sentul bertema alam lainnya bisa Anda nikmati di Taman Wisata gunung Pancar. Gunung Pancar terletak di Desa Karang Tengah, Babakan Madang, Bogor. Biasanya, lokasi ini lebih familiar dengan sebutan Sentul.

Lokasi Gunung Pancar bisa ditempuh melalui melalui Sentul City. Dengan ketinggai 300 sampai dengan 800 mdpl, Gunung Pancar jelas memiliki suasana yang sejuk. Di wisata Sentul ini, pengunjung dapat melakukan berbagai macam kegiatan, mulai dari camping, glamping, outbound, bahkan melakukan sesi foto prewedding.

4. Pemandian Air Panas Gunung Pancar

Masih berada di wilayah Taman Wisata Alam Gunung Pancar, terdapat tempat wisata Sentul lain yang perlu Anda kunjungi. Tempat wisata itu tak lain adalah Pemandian Air Panas gunung Pancar.

Pemandian Air Panas gunung Pancar tentu saja menjadi opsi menarik bagi Anda yang ingin melepaskan ketegangan setalh cukup lama berkutat dengan pekerjaan yang sangat menekan. Tiket masuk ke Pemandian Air Panas Gunung Pancar pun isa dibilang relatif murah. Tarif tiket masuk ke pemandian air panas untuk dewasa Rp 10.000 per orang, anak-anak Rp 3.000 per orang. Sedangkan biaya parkir kendaraan sebesar Rp 5.000 untuk mobil dan Rp 2.000 untuk sepeda motor.

3 dari 6 halaman

Tempat Wisata Sentul Bertema Alam

5. Curug Hordeng

Hordeng berarti adalah tirai penutup jendela. Itulah yang menjadi daya tarik curug ini, yakni memiliki aliran air terjun yang mengalir bak sebuah tirai yang menjuntai, sehingga disebut Curug Hordeng.

Di Curug Hordeng terdapat kolam yang dapat digunakan untuk berenang di bawahnya. Kolamnya pun lebih luas dengan kedalaman antara 2 hingga 2.5 meter. Para wisatawan biasanya memasang hammock di antara pepohonan sambil menghadap ke Curug Hordeng.

6. Curug Putri Kencana

Tempat wisata Sentul yang menawarkan keindahan alam salah satunya adalah Curug Putri Kencana. Curug Putri Kencana berada di kawasan area Sentul City yang berada di kecamatan Babakan Madang.

Curug putri kencana merupakan curug yang memiliki keindahan alami serta udara yang segar, serta memiliki spot foto yang sangat amat bagus. Selain pemandangan alamnya yang masih asri, daya tarik Curug Putri Kencana tentu saja adalah air terjunnya.

Air terjun Curug Kencana memiliki ketinggian sekitar 7 meter, dengan kolam yang cukup dalam sekitar 4 sampai 6 meter. Airnya sangat jernih dan dingin. Namun ketika anda terbiasa, airnya akan terasa sangat segar ketika disentuh.

7. Curug Ciburial

Tempat wisata Sentul dengan daya tarik air terjun lainnya adalah Curug Ciburial. Curug Ciburial memiliki tinggi kurang lebih antara 7 hingga 9 meter. Terdapat kolam yang cukup dalam di depan Curug Ciburial. Saat debit air sedang tinggi, kolam tersebut kedalamannya bisa mencapai 4 hingga 5 meter.

Bagi yang suka berenang, kolam ini menjadi salah satu tantangan tersendiri. Beberapa pengunjung biasanya menantang diri dengan melompat dari batu yang paling tinggi. Untuk berjaga-jaga, warga sudah memasang tali sebagai upaya preventif untuk mencegah hal yang tidak diinginkan.

8. Leuwi Hejo

Leuwi Hejo merupakan tempat wisata Sentul yang memiliki suasana alam yang masih asri. Daya tarik tempat ini adalah aliran air sungainya yang sangat jernih, ditambah dengan aliran air terjun yang menakjubkan.

Untuk sampai di Leuwi Hejo, Anda harus berjalan melalui jalur yang terjal. Meski demikian, seluruh perjuangan Anda akan terbayar tuntas ketika mendapati keindahan alam yang begitu memesona.

4 dari 6 halaman

Wisata Keluarga

9. Sawah Segar Sentul

Tempat wisata Sentul yang selanjutnya adalah Sawah Segar Sentul. Sawah Segar Sentul merupakan restoran yang menawarkan nuansa khas pedesaan dengan dikelilingi hamparan sawah dan pepohonan hijau. Nuansa pedesaan membuat suasana begitu asri, sejuk, dan nyaman, sehingga tempat ini sangat cocok untuk melepas penat dari keramaian kota. Lokasinya berada di Bojong Koneng, Kecamatan Babakan Madang, Sentul, Bogor.

Di area sawah, terdapat tempat duduk dan gazebo yang cocok jadi tempat bersantai. Ada pula jalan setapak yang bisa dilalui untuk mengelilingi sekaligus berfoto-foto di area persawahan. Fasilitas yang ada, di antaranya mushola, area parkir, sampai taman bermain anak.

10. Edensor Hills

Sesuai dengan namanya, wisata Sentul ini memiliki konsep yang bernuansa Eropa. Apalagi jika dilihat dari bentuk bangunannya yang serupa dengan kastil tua di Britania Raya. Edensor Hills sebenarnya adalah villa dan resort yang juga dikunjungi sebagai salah satu tempat wisata di Sentul.

Edensor Hills sangat cocok dijadikan sebagai salah satu tempat staycation di akhir pekan. Jika tidak ingin menginap, kamu juga bisa mampir untuk menyantap beragam kuliner lezat yang ada di tempat ini sembari menikmati pemandangan alam yang indah.

11. Mandapa Kirana Resort

Mandapa Kirana Resort merupakan salah satu tempat wisata yang cocok untuk mengisi waktu libur bersama orang tercinta. Di sini pelancong akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang indah berupa perbukitan disertai dengan udara sejuk sepoi-sepoi khas pegunungan.

Daya tarik utama dari tempat ini adalah, pengunjung akan merasakan sensasi liburan seperti di pulau Dewata Bali. Soal pemandangan dan kesejukan udaranya juga tidak perlu diragukan karena sudah pasti akan membuat Anda merasa nyaman dan betah.

12. Jungleland Sentul

Jungleland Adventure Theme Park atau yang biasa dikenal Jungleland Sentul merupakan salah satu tempat wisata Sentul yang cocok untuk dikunjungi bersama keluarga.

Taman bermain ini memiliki 36 enam wahana bermain yang akan membuat pengunjung merasakan keseruan yang tak akan terlupakan. jungleland merupakan taman bermain yang memiliki wahana bermain terbanyak di Indonesia.

5 dari 6 halaman

Tempat Wisata Sentul untuk Keluarga

13. Taman Budaya Sentul

Buat Anda yang memiliki jiwa petualang, tempat wisata Sentul yang satu ini mungkin akan sangat menarik, tak lain adalah Taman Budaya Sentul. Menjadi salah satu tempat wisata di Sentul yang populer, Taman Budaya Sentul sering dijadikan untuk tempat outbound.

Tidak hanya itu, Taman Budaya Sentul juga memiliki daya tarik dari sisi budaya yang dapat dilihat dari konsep konsep bangunan hingga konsep Budaya Sunda yang kental.

14. Pasar Ah Poong

Berkunjung ke suatu tempat rasanya kurang lengkap kalau tidak mencicipi makanan khas yang ada di sana. Karena itu, jika berlibur di Sentul, rasanya juga kurang lengkap kalau tidak mampir ke Pasar Ah Poong.

Pasar Ah Poong merupakan tempat wisata yang wajib dikunjungi jika Anda hobi kuliner. Pasar Ah Poong memiliki konsep yang mirip dengan pasar apung di Banjarmasin.

Tempat wisata di Sentul ini menyediakan lebih dari 80 jenis kuliner mulai dari masakan tradisional hingga modern. Selain dapat menikmati berbagai jenis makanan, pengunjung juga dapat menikmati wisata air seperti naik perahu, bebek air, atau bola-bola air.

15. Kampung Wisata Edukasi Sentul Fresh Farm

Setelah disajikan dengan berbagai macam pesona alam di berbagai tempat wisata Sentul, ini adalah gaya liburan yang sangat cocok untuk anak-anak. Sebab, wisata Sentul yang satu ini mengusung konsep wisata edukasi. Tempat wisata ini tak lain adalah Kampung Wisata edukasi Sentul Fresh Farm.

tempat ini memang sengaja dibuka untuk wisata edukasi anak-anak usia TK sampai SMA. Meski demikian, wisata Sentul ini tetap bisa dikunjungi oleh keluarga secara pribadi, namun perlu melakukan reservasi terlebih dahulu melalui telepon. Ini agar pihak agar pengelola dapat mempersiapkan terlebih dahulu segala sesuatunya guna keselamatan pengunjung dan juga ternak.

Di sini, pengunjung bisa melakukan berbagai macam kegiatan di antaranya memberi makan rusa, kelinci, dan juga sapi. Selain itu juga ada edukasi tentang cara memerah susu sapi, serta proses pengolahan susu sapi menjadi yoghurt. Anak-anak juga bisa menunggang anak sapi di sini.

6 dari 6 halaman

Tempat Wisata Sentul dengan Konsep Edukasi

16. Fantasia Sentul

taman wisata Alam Fantasia atau yang biasa disebut Fantasia Sentul berada di Jl. Siliwangi dan tidak jauh dari Taman Budaya Sentul. Fantasia Sentul memiliki berbagai macam wahana permainan yang bisa menjadi hiburan bagi anak-anak.

17. Kampung Agrowisata Sentul

Kampung Agrowisata sentul merupakan wisata Sentul yang menerapkan konsep wisata edukasi yang mengangkat tema go green. Kampung Agrowisata Sentul ini terdiri dari aera sawah, kolam ikan, peternakan sapi, sungai cikeas, serta perkebunan palawija.

Sebagai kawasan wisata yang mengangkat tema Go Green, Kampung Agrowisata Sentul menjadi salah satu destinasi terlengkap buat keluarga. Karena didalamnya terdapat permainan untuk anak-anak juga.

18. Eco Art Park Sentul City

Tempat wisata Sentul yang satu ini juga menawarkan konsep wisata edukasi yang dingun di atas lahan seluas 3.500 meter persegi. Tempat wisata ini mengangkat tema green property yang memperkenalkan dan memberikan pengetahuan mengenai energi. Maka tidak mengherankan jika tempat wesaiat Sentul ini menjadi ikon teknologi.

Di Eco Art park juga terdapat Sculpture Garden, yang terdapat beberapa patung menari, seperti Optimus Prime, Pesumo, dan penyayang hewan.

19. Garuda Farm Sentul

Garuda Farm Sentul merupakan tempat wisata Sentul yang mengusung konsep wisata tematik dengan memadukan rekreasi alam, permainan, camping dan edukasi. Tempat wisata ini berada di Jalan Raya Bojong Koneng, Bojong Koneng, Bogor. Daya tarik utama Garuda Farm Sentul ini adalah wisata peternakan dan pertaniannya.

20. Epic Outbound

Ada tigal utama yang bisa pengunjung lakukan di tempat wisata Sentul ini, yakni outbound, meeting, dan glamping. Untuk outbound, tempat wisata Sentul ini menyediakan sejumlah fasilitas permainan di antaranya, paint ball games, archery, rafting, dan glamping.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.