Sukses

7 Penyebab Layar TV Bergaris-garis dan Cara Mengatasinya

Liputan6.com, Jakarta Penyebab layar TV bergaris-garis perlu dipahami oleh setiap orang. Pasalnya, masalah ini cukup umum terjadi pada TV sebagian orang. Biasanya, pada TV kamu akan muncul garis hitam atau warna lainnya yang tentunya sangat mengganggu.

Layar TV bergaris-garis tidak selalu menjadi tanda kerusakan yang parah. Bila masalah pada TV tidak terlalu parah, kamu bisa mengatasi dan memperbaikinya sendiri. Namun, bila masalah pada TV sudah terlalu parah, mungkin kamu perlu menghubungi teknisi.

Penyebab layar TV bergaris-garis umumnya adalah karena adanya kerusakan pada panel LCD. Namun, ada berbagai macam kondisi lainnya yang juga bisa membuat TV bergaris-garis. Kamu tentu perlu mengenali penyebabnya sebelum melakukan perbaikan.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (28/9/2022) tentang penyebab layar tv bergaris garis.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Penyebab Layar TV Bergaris-garis

Penyebab layar TV bergaris-garis dapat dipengaruhi oleh beragam faktor. Faktor penyebab layar TV bergaris-garis bisa dipengaruhi kerusakan pada LCD, kondisi kabel, hingga masalah kebersihan. Penyebab layar TV bergaris-garis adalah sebagai berikut:

LCD Rusak

Penyebab layar TV bergaris-garis yang pertama adalah LCD rusak. Kerusakan pada panel LCD karena benturan tentu bisa menimbulkan masalah, yang salah satunya adalah munculnya garis-garis di layar TV. Oleh karena itu, kamu perlu mengganti panel LCD untuk mengatasi masalah ini.

Board T-Con Bermasalah

T-Con adalah singkatan dari timing control, yang berfungsi sebagai kontrol untuk menghidupkan panel TV, sehingga bisa menghasilkan kualitas video yang bagus. Board T-Con bermasalah bisa menjadi penyebab layar TV bergaris-garis selanjutnya. Hal ini terkait dengan kabel flat yang tidak terhubung dengan baik ke board T-Con tersebut. Kamu bisa memeriksanya dengan mengetuk bagian belakang TV sebelah bawah. Mungkin saja garis yang muncul bisa hilang dan layar TV kembali normal. Namun, jika garis di layar TV masih ada, maka kabel flat dari T-Con menuju panel LED mengalami kerusakan. 

Kabel Longgar

Kabel yang longgar juga bisa menjadi penyebab layar TV bergaris-garis. Kabel yang longgar mengakibatkan koneksi menjadi buruk. Hal ini tentunya berkaitan dengan kualitas kabel yang kamu gunakan. Ada kabel yang dapat bertahan berbulan-bulan, bahkan bertahun-tahun. Tapi ada pula kabel yang tidak akan dapat berfungsi selama kamu gunakan karena produksi yang buruk.

3 dari 4 halaman

Penyebab Layar TV Bergaris-garis

Frame TV Berkarat

Penyebab layar TV bergaris-garis berikutnya adalah frame TV yang berbahan logam sudah berkarat. Karat kemudian menjalar menuju T-Con dan menimbulkan garis-garis pada layar TV kamu. Masalah ini biasanya terjadi karena TV diletakkan di area yang lembap.

Menggunakan Lap Basah pada Layar TV

Menggunakan lap basah untuk membersihkan layar TV juga bisa menjadi penyebab layar TV bergaris-garis. Hal ini dapat mengakibatkan lapisan air menjadi menguap ke bagian dalam TV sehingga menimbulkan korslet.

Penumpukan Kotoran atau Debu

Penyebab layar TV bergaris-garis berikutnya adalah adanya tumpukan kotoran atau debu yang mencapai komponen TV. Ketika kotoran atau debu menumpuk di dalam TV, maka hal ini akan menyebabkan panas berlebih pada TV.

TV Menyala Selama 24 Jam Non-stop

TV yang dibiarkan terus menyala 24 jam penuh tanpa henti juga bisa membuat layar televisi memunculkan garis. Penyebab layar TV bergaris-garis ini tentunya perlu diperhatikan lagi bagi kamu yang memiliki kebiasaan ini.

4 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Layar TV Bergaris-garis

Setelah mengetahui penyebab layar tv bergaris-garis, kamu tentunya perlu memahami cara mengatasi dan memperbaikinya. Cara mengatasi layar TV bergaris-garis adalah sebagai berikut:

Mengecek Kabel dan Perangkat Eksternal Lainnya

Jika penyebab layar TV bergaris-garis adalah kabel yang longgar atau rusak, lakukan beberapa langkah pengujian berikut:

- Ambil kabel HDMI atau koaksial, kemudian hubungkan ke port TV.

- Pada saat yang sama, coba gunakan perangkat eksternal lain.

- Jika memiliki Fire Stick, Roku atau hard drive cadangan, uji ini juga di port TV.

Atur Ulang TV ke Pengaturan Default

Kamu juga bisa mengatasi masalah layar TV bergaris-garis dengan melakukan hard reset. Hard reset adalah pengaturan yang dimiliki setiap TV, yang dimaksudkan untuk menghapus semua masalah perangkat lunak di TV. Pengaturan default ini akan mengatasi file yang rusak, kesalahan, atau gangguan dalam sistem, serta menghapus semua data TV, dan semua pengaturan dikembalikan ke pengaturan default.

Hubungi Teknisi Profesional

Ketika hard reset gagal, solusi yang jelas dapat dilakukan adalah menghubungi teknisi profesional. Mungkin saja TV memiliki komponen perangkat keras yang rusak dan memerlukan diagnosis profesional. Biasanya diagnosis akan memberi 2 opsi, yaitu memperbaiki komponen yang rusak atau mengganti perangkat keras yang rusak. Bila kedua opsi tersebut malah membuat kamu mengeluarkan biaya yang lebih banyak, maka sebaiknya kamu membeli TV baru saja.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.