Sukses

Tumbuhan yang Berkembang Biak dengan Geragih adalah Arbei, Stroberi, dan Rumput Teki

Liputan6.com, Jakarta Tumbuhan yang berkembang biak dengan geragih adalah stroberi, pegagan, hingga rumput teki. Geragih adalah salah satu cara perkembangbiakan pada tumbuhan. Geragih termasuk ke dalam vegetatif alami. 

Seperti yang telah diketahui, perkembangan tumbuhan dengan cara vegetatif dibagi menjadi dua, yaitu vegetatif alami dan vegetatif buatan. Ada banyak cara tumbuhan untuk berkembang biak dengan vegetatif alami, seperti akar tinggal (Rhizoma), spora, umbi lapis, umbi akar, umbi batang, geragih (stolon), tunas, dan tunas adventif.

Tumbuhan yang berkembang biak dengan geragih adalah arbei, stroberi, kentang, antanan, semanggi, eceng gondok, hingga rumput teki. Tumbuhan-tumbuhan ini biasanya memiliki ciri-ciri yaitu berbuku-buku dan beruas-beruas.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (28/9/2022) tentang tumbuhan yang berkembang biak dengan geragih adalah.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Mengenal Geragih

Tumbuhan yang berkembang biak dengan geragih adalah stroberi, pegagan, hingga rumput teki. Geragih adalah istilah yang disebut juga dengan stolon. Geragih merupakan jenis perkembangbiakan vegetatif secara alami, yaitu perkembangbiakan tanpa melalui kawin secara aseksual yang terjadi tanpa bantunan manusia.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), geragih adalah batang yang tumbuh horizontal di atas permukaan tanah dan menghasilkan tumbuhan baru pada ujungnya. Geragih adalah modifikasi batang yang tumbuh menyamping dan di ruas-ruasnya tumbuh bakal tanaman baru. Geragih adalah cabang batang yang memiliki perubahan bentuk dan penambahan fungsi.

Ciri-ciri geragih adalah biasanya berbuku-buku dan beruas-ruas. Dari ruas-ruas ini akan muncul tunas-tunas yang dapat menjadi tanaman baru. Setelah beberapa waktu tanaman ini tumbuh memanjang dan menjauhi induknya lalu membengkok ke atas membentuk individu baru. Tumbuhan yang berkembang biak dengan geragih adalah arbei, stroberi, kentang, antanan, semanggi, eceng gondok, hingga rumput teki.

Dengan demikian, geragih merupakan alat sintasan bagi spesies untuk mempertahankan kelestariannya. Tumbuhan yang berkembang biak dengan geragih adalah tumbuhan terna, tumbuhan yang batangnya lunak karena tidak membentuk kayu. Geragih adalah alat perbanyakan vegetatif yang biasanya dikembangkan oleh tumbuhan terna. Tumbuhan yang berkembang biak dengan geragih adalah stroberi, pegagan, rumput teki, dan eceng gondok.

3 dari 4 halaman

Perkembangbiakan Vegetatif pada Tumbuhan

Tumbuhan yang berkembang biak dengan geragih adalah stroberi, pegagan, rumput teki, hingga eceng gondok. Seperti yang telah diketahui, perkembangbiakan tumbuhan terdiri dari vegetatif dan generatif. Perkembangbiakan tumbuhan dengan cara vegetatif dibagi menjadi dua, yaitu vegetatif alami dan vegetatif buatan.

Ada banyak cara tumbuhan untuk berkembang biak dengan vegetatif alami, seperti akar tinggal (Rhizoma), spora, umbi lapis, umbi akar, umbi batang, geragih (stolon), tunas, dan tunas adventif.

Perkembangbiakan Tumbuhan dengan Vegetatif Alami

Melansir ayoguruberbagi.kemdikbud.go.id, berikut perkembangbiakan tumbuhan dengan vegetatif alami:

- Akar Tinggal (Rhizoma)

Batang yang tumbuh menjalar dalam tanah atau biasa disebut dengan akar tinggal, akar rimpang, atau akar tongkat. Conton tumbuhan yang berkembangbiak dengan cara ini adalah lengkuas, jahe, kunyit, dan temulawak.

- Spora

Spora adalah inti sel yang berubah fungsi menjadi alat perkembangbiakan. Contoh tumbuhan yang berkembangbiak dengan cara ini adalah tanaman paku. Pada tanaman paku, spora dibentuk pada daun. Spora terletak pada kotak spora (sporangium) yang berkumpul di dalam sorus yang merupakan kumpulan kotak spora. Sorus terletak di tepi bawah daun yang berupa seperti bintik-bintik kecokelatan. Saat sporangium pecah, maka spora akan keluar dan jatuh pada tempat yang cocok. Barulah akhirnya tumbuh tanaman paku yang baru.

- Umbi Lapis

Umbi lapis adalah daun yang berlapis-lapis dan tebal sehingga membentuk seperti batangnya. Pada bagian dasar tumbuh akar serabut. Di antara lapisan-lapisan umbi lapis, terdapat bakal tunas. Jika umbi lapis ditanam, bakal tunas akan tumbuh menjadi tunas, dan tumbuh jadi tanaman baru.

 

4 dari 4 halaman

Perkembangbiakan Vegetatif pada Tumbuhan

- Umbi Batang

Umbi batang adalah batang yang tumbuh di dalam tanah dan digunakan untuk menyimpan cadangan makanan dan membentuk umbi. Jika umbi ditanam, tunas bisa tumbuh dan membentuk tumbuhan baru. Contoh tumbuhan yang berkembangbiak dengan cara ini adalah kentang dan ubi jalar.

- Umbi Akar

Akar pada tanaman yang berkembangbiak dengan umbi akar beralih fungsi menyimpan cadangan makanan. Perkembangbiakan jenis tanaman ini melalui tunas yang tumbuh dari bekas batangnya. Sehingga, untuk mendapatkan individu baru dari tanaman ini hanya perlu menanam bagian tubuh tumbuhan berupa batang. Contohnya adalah wortel, bengkoang, singkong, dan bunga dahlia.

- Tunas

Tunas adalah bagian tumbuhan yang baru muncul dari kecambah atau kuncup yang berada di atas permukaan tanah. Tunas bisa terdiri dari batang, daun muda, calon bunga, atau calon buah. Contohnya adalah pohon tebu, pisang, dan bambu.

- Tunas Adventif

Tunas adventif adalah tunas liar yang tumbuh di luar bagian batang. Biasanya ia tumbuh di tepi daun. Contohnya adalah tumbuhan cocor bebek.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.