Sukses

19 Tempat Wisata di Mojokerto yang Cocok Untuk Rekreasi Keluarga

Tempat wisata di Mojokerto yang wajib dikunjungi, sarat nilai sejarah dan budaya.

Liputan6.com, Jakarta Mojokerto adalah salah satu wilayah di Jawa Timur yang memiliki sejarah panjang, di mana pernah berdiri di Nusantara kerajaan terbesar yaitu Majapahit. Selain peninggalan sejarah yang menjadi daya tarik pengunjung, tempat wisata di Mojokerto juga tak kalah indah dan menawan untuk dikunjungi oleh wisatawan. 

Tempat wisata di Mojokerto memiliki destinasi menarik, yang wajib dikunjungi oleh wisatawan saat ingin menghabiskan liburan menyenangkan. Banyak tempat wisata yang bisa dieksplor. Mulai dari wisata alam, wisata edukasi, budaya, sejarah hingga wisata alam yang memiliki panorama indah dan asri.

Bagi Anda yang ingin liburan dengan keluarga, jangan khawatir karena tempat wisata di Mojokerto juga memiliki wahana yang bisa dikunjungi, mulai dari taman, air terjun, kolam rekreasi serta alun-alun yang bisa dikunjungi untuk menikmati indahnya kota Mojokerto. 

Berikut ini tempat wisata di Mojokerto yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (29/9/2022). 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Tempat Wisata di Mojokerto

1. Poetoek Soeko

Tempat wisata di Mojokerto yang wajib dikunjungi saat liburan, serta cocok dijadikan sebagai tempat untuk rekreasi keluarga adalah Poetoek Soeko. Destinasi wisata ini terletak di desa Sukosari, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto.

Sampai sekarang, tempat ini dijadikan sebagai salah satu kawasan kebun dengan luas 7000 meter persegi, dan penuh dengan tanaman bunga matahari. Berada di dataran tinggi membuat pengunjung akan menikmati suasana di tempat wisata ini, sejuk dan juga asri.

2. Petirtaan Jolotundo

Petirtaan Jolotundo adalah tempat wisata di Mojokerto yang berlokasi di lereng Gunung Penanggungan, Desa Seloliman, Kecamatan Trawas. Destinasi wisata ini adalah sebuah bangunan petirtaan yang dibuat zaman Airlangga pada masa Kerajaan Kahuripan. Memiliki panjang: 16,85 m, lebar: 13,52 m dan kedalaman: 5,20 m, tempat ini juga terbuat dari batu andesit yang diparut halus.

Tempat yang merupakan candi ini adalah monumen cinta kasih Raja Udayana untuk menyambut kelahiran anaknya, Prabu Airlangga. Akan tetapi, banyak sumber lain yang juga menyebutkan bahwa candi ini adalah tempat pertapaan Airlangga setelah mengundurkan diri dari singgasana saat digantikan oleh anaknya.

3. Air Terjun Watu Ondo

Selain memiliki tempat yang sarat akan sejarah, Wisata di Mojokerto yang cocok dikunjungi saat liburan adalah Air terjun Watu Ondo yang berada di Taman Hutan Raya Raden Soerojo. Memiliki dua aliran air yang jatuh ke tanah, membuat air terjun ini sekilas terlihat seperti air terjun kembar.

Air terjun pertama berketinggian sekitar 75 meter, sementara air terjun yang kedua sekitar 40 meter saja. Anda juga bisa menikmati pemandangan sekitar yang sejuk dan juga masih asri hingga sekarang. 

4. Air Terjun Dlundung

Wisata di Mojokerto yang wajib dikunjungi saat liburan adalah Air Terjun Dlundung yang memiliki lokasi di Desa Ketapanrame, Kecamatan Trawas. Hal yang menjadi daya tarik tempat wisata di Mojokerto ini tentu saja adalah air terjun di lereng Gunung Welirang.

Kawasan air terjun Dlundung juga dilengkapi dengan bumi perkemahan dan warung-warung yang siap melayani para pengunjung dengan suasana pedesaan yang khas. Saat berada di sini, pengunjung akan menikmati nuansa alam dengan pegunungan nan sejuk juga indah sejauh mata memandang. 

5. PPLH Seloliman Trawas

Wisata di Mojokerto yang sangat cocok dikunjungi serta menjadi tempat rekreasi keluarga yang seru juga menyenangkan adalah Pusat Pendidikan Lingkungan Hidup (PPLH). Tempat wisata di Mojokerto juga merupakan wisata edukasi karena cocok untuk mengenal lingkungan.

Bagi wisatawan yang ingin berkunjung, tempat ini terletak di Desa Seloliman, Trawas, Mojokerto. Selain belajar, tempat ini juga menyediakan beragam fasilitas seperti area outbound, penginapan, pusat kuliner, kamar mandi, yang bisa digunakan oleh pengunjung. 

3 dari 5 halaman

Tempat Wisata di Mojokerto

6. Air Terjun Surodadu

Tempat wisata di Mojokerto yang wajib untuk dikunjungi saat liburan adalah Air Terjun Surodadu. Perlu diketahui bahwa tempat ini juga memiliki nilai sejarah, di mana dulunya Kawasan Gunung Welirang dijadikan tempat persembunyian bagi serdadu Jepang, sehingga air terjun ini diberi nama “Surodadu”.

Air terjun ini memiliki sumber mata air yang berasal dari kawasan gunung, membuat airnya tampak jernih meskipun diguyur hujan deras. Wisata yang tidak pernah sepi pengunjung ini, memiliki lokasi yang mudah untuk diakses, namun Anda membutuhkan trekking ringan di jalanan yang tidak terjal dan berkelok.

7. Bumi Perkemahan Dlundung

Tempat wisata di Mojokerto yang wajib untuk dikunjungi saat liburan adalah Bumi Perkemahan Dlundung. Destinasi ini memiliki daya tarik berupa suasana alam yang masih sangat asri juga dilengkapi hawa sejuk yang menyegarkan, sehingga bagi siapapun yang berkunjung merasa nyaman dan betah tinggal lebih lama di Bumi Perkemahan Dlundung ini. Jangan khawatir, karena tempat ini memiliki berbagai fasilitas yang memadai telah disediakan oleh pengelola di Bumi Perkemahan Dlundung.  

8. Air Terjun Cuban Canggu

Saat ingin rekreasi yang seru juga menyenangkan bersama keluarga, maka tempat wisata di Mojokerti ini wajib untuk dikunjungi. Tempat ini merupakan air terjun dengan suasana sejuk dan segar. Saat ingin berkunjung ke Cuban Canggu, maka pastikan untuk melakukan olahraga ringan, karena akses menuju lokasi cukup melelahkan. Akan tetapi perjalanan melelahkan yang dilakukan akan terbayar ketika Anda sampai ke air terjun ini.

Bagi wisatawan akan disuguhkan pemandangan yang indah dan berbagai spot foto menarik, juga memiliki mitos yang seringkali dipercaya oleh wisatawan yang berkunjung. Sumber air yang terdapat di sini, diyakini memiliki khasiat “enteng jodoh”.

9. Panorama Petung Sewu

Tempat wisata di Mojokerto selanjutnya ini merupakan tempat yang menjadi rekomendasi menarik untuk dikunjungi, karena menyediakan beragam spot foto yang Instagramable. Tempat ini terletak di lereng Gunung Arjuno, membuat Petung Sewu menjadi panorama alam yang indah dengan suasana asri dan sejuk.

Saat berada di sini, pengunjung bisa melihat keindahan Gunung Welirang serta air terjun yang memanjakan mata. Tempat ini juga memiliki spot foto unik bernama Titanic Spot, di mana menyimpan cerita romantis dalam sebuah film, lengkap dengan layar dan bendera, ruang tamu lengkap. Akan sangat indah jika dikunjungi bersama dengan pasangan. 

 

4 dari 5 halaman

Tempat Wisata di Mojokerto

10. Alun-Alun Mojokerto

Tempat wisata di Mojokerto yang wajib dikunjungi saat liburan adalah Alun-Alun Mojokerto yang terletak di pusat kota, sehingga sangat cocok jika dijadikan sebagai tempat untuk melakukan rekreasi keluarga di akhir pekan. Mulai pagi hari hingga malam hari, tempat ini tidak pernah sepi dari berbagai kegiatan. Saat sore menjelang, alun-alun ini akan ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal, luar daerah untuk menikmati pemandangan Kota Mojokerto. Tersedia berbagai dagangan yang bisa dinikmati oleh pengunjung. 

11. Museum Gubug Wayang

Tempat wisata di Mojokerto yang wajib dikunjungi saat liburan keluarga adalah mengunjungi Museum Gubug Wayang. Museum ini merupakan salah satu museum khusus yang menampilkan seni, budaya, juga etnografi. Perintisan museum ini berawal dari komunitas-komunitas di Pulau Jawa yang serius dalam pelestarian seni dan budaya.

Berawal dari sanggar kemudian berkembang hingga memiliki 12 cabang sanggar membuat Museum Gubug Wayang kemudian menempati sebuah gedung peninggalan Hindia Belanda yang dibangun pada tahun 1912. Tempat ini memiliki berbagai jenis koleksi yang dipamerkan berupa wayang, topeng, terakota, keris, wayang Si Unyil, dan mainan tradisional.

12. Taman Benteng Pancasila

Tempat yang cocok dijadikan sebagai wisata untuk rekreasi adalah Taman Benteng Pancasila. Merupakan tempat wisata di Mojokerto yang tak kalah menarik untuk disambangi. Tempat ini memiliki desain yang memenuhi kebutuhan hiburan warga. Tempat yang merupakan ruang terbuka hijau ini, akan sangat cocok untuk sekedar melepas penat dari rutinitas pekerjaan maupun kegiatan sehari-hari.

Tempat yang tidak pernah sepi pengunjung ini juga terdapat banyak pedagang yang menawarkan makanan ringan dan penjaja camilan khas Mojokerto. Taman ini juga memiliki fasilitas untuk anak-anak yang bisa dinikmati adalah mobil battery, odong-odong, kereta kelinci, bermain lampu, menaiki kuda keliling dan masih banyak lagi.

13. Kolam Renang Sekarsari

Tempat wisata di Mojokerto yang wajib untuk dikunjungi adalah Kolam Renang Sekarsari. Tempat ini adalah salah satu destinasi wisata di Kota Mojokerto yang terbilang legendaris. Merupakan tempat pemandian yang berdiri sejak kurang lebih 50 tahun ini, telah dilakukan direvitalisasi dengan ikon menara Tri Bhuwana Tungga Dewi. Bagi pengunjung yang ingin berkunjung, tempat ini terletak di Jalan Empunala, Mergelo, Balongsari, Kec. Magersari, Kota Mojokerto, Jawa Timur.

14. Fresh Green Trawas

Tempat wisata yang wajib dikunjungi saat liburan adalah Fresh Green Trawas yang juga dikenal sebagai “Wisata Mendem Duren”. Sesuai dengan namanya, akan sangat cocok dikunjungi oleh para pecinta durian. Untuk mencapai lokasi wisata di Mojokerto ini membutuhkan waktu sekitar 3 jam perjalanan dari pusat kota Mojokerto. Selain bisa makan durian dengan puas, di sini juga sudah tersedia berbagai fasilitas yang akan membuat liburan makin menyenangkan.

5 dari 5 halaman

Tempat Wisata di Mojokerto

15. Duyung Trawas Hill

Tempat wisata di Mojokerto yang wajib untuk dikunjungi saat liburan adalah Duyung Trawas Hill. Tempat ini merupakan salah satu wisata yang cukup populer, serta sangat cocok dikunjungi bersama keluarga dan anak-anak. Tempat ini terletak di desa Duyung Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur. Pengunjung yang datang juga bisa menikmati berbagai wahana menarik, muulai dari outbound, kolam renang, playground, flying fox, mini zoo, dan masih banyak lagi.

16. Rustic Market Trawas

Rustic Market merupakan tempat wisata di Mojokerto yang cocok dijadikan sebagai tempat tongkrongan, sebab tempat wisata yang dikunjungi ini merupakan sebuah café, yang berlokasi di desa Selotapak, Kec. Trawas, Mojokerto. Tempat wisata di Mojokerto ini semakin populer di media sosial, karena memiliki bangunan dengan desain ala rustic Eropa. Selain itu, tempat ini juga memiliki spot ikonik seperti kincir angin Belanda dan Jam Raksasa Mirip Big Ben di London.

17. Gunung Penanggungan

Selain tempat rekreasi taman, air terjun yang bisa dikunjungi saat liburan, tempat wisata di Mojokerto juga memiliki Gunung Penanggungan yang cocok bagi pengunjung dengan jiwa petualang. Bagi pengunjung yang ingin mendaki, pendakian akan cukup santai di gunung dengan ketinggian 1.653 meter dari atas permukaan laut ini. Waktu yang dibutuhkan hanya tiga hingga enam jam pendakian denga jalur yang cukup mudah untuk dilalui. 

18. Makam KH Ahyat Halimy

Tempat wisata di Mojokero yang wajib untuk dikunjungi adalah Makam KH Ahyat Halimy. Tempat yang merupakn wisata religi ini merupakan tujuan wisata baru di Mojokerto yang bertema religi. Berlokasi di Jalan Wakhid Hasim, tempat ini sangat mudah dicapai dengan berbagai moda transportasi.

KH. Ahyat Halimy, adalah salah satu tokoh besar yang banyak memberikan sumbangsih bagi kehidupan beragama di kota Mojokerto, juga sebagai saksi sejarah perjuangan bangsa Indonesia melawan penjajah. Selama hidupnya, banyak hal yang sudah digagas oleh KH Ahyat Halimy, mulai berdirinya Pondok Pesantren Sabilul Muttaqin, Lembaga Pendidikan SMP-SMA Islam Brawijaya, YPAY Al Ikhlas, dan RS Sakinah.

19. Taman Ganjaran

Taman Ganjaran merupakan salah satu tempat wisata di Mojokerto yang selalu populer serta dikunjungi oleh banyak wisatawan. Lokasi tempat wisata ini berada di Jl. Raya Tretes – Trawas No.88, Slepi, Ketapanrame, Trawas, Mojokerto. Akan sangat cocok jika tempat ini dikunjungi bareng anak-anak atau keluarga. Ini karena di tempat wisata Trawas Mojokerto yang selalu populer ini terdapat wahana bianglala, odong-odong untuk anak-anak, mobil dan motor mini, ATV, berkuda, perahu naga, dan masih banyak lagi.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.