Sukses

10 Cara Menghilangkan Kutu Beras dengan Cepat dan Mudah, Gunakan Bahan Alami

Liputan6.com, Jakarta Cara menghilangkan kutu beras perlu dipahami agar kualitas makanan kamu tersebut tetap baik. Kutu beras adalah sejenis kumbang kecil yang memakan biji-bijian seperti gandum dan beras. Menyimpan beras dalam jangka waktu yang lama dapat mengundang kutu beras.

Kutu beras adalah hama gudang yang sangat merugikan dan sulit dikendalikan apabila telah menyerang. Apabila kutu beras sudah berada di wadah penyimpanan beras, kamu perlu menghilangkannya segera. Hal ini disebabkan karena beras yang dihinggapi oleh kutu sulit untuk diolah menjadi nasi atau masakan lainnya.

Cara menghilangkan kutu beras tidak begitu sulit dan bisa dilakukan dengan langkah-langkah sederhana. Kamu bisa menggunakan bahan-bahan alami yang kamu miliki di rumah untuk menjaga persediaan beras kembali bersih dan layak dikonsumsi.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (29/9/2022) tentang cara menghilangkan kutu beras.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Kutu Beras

Jemur di Bawah Sinar Matahari

Cara menghilangkan kutu beras yang pertama yaitu dengan menjemurnya di bawah sinar matahari. Cara ini cukup ampuh karena kutu tidak menyukai suhu panas, sehingga menjemurnya di tengah terik sinar matahari dapat menghilangkan kutu beras tersebut.

Cara melakukannya pun cukup mudah, cukup tempatkan beras pada sebuah wadah yang lebar atau nampan. Kemudian jemur di bawah sinar matahari langsung selama beberapa jam atau sampai kutu sudah hilang saja.

Menutup Wadah dengan Kain Basah

Menutup wadah dengan kain basah juga bisa menjadi cara menghilangkan kutu beras yang ampuh. Cara menghilangkan kutu beras ini diyakini ampuh karena kutu beras tidak menyukai area yang lembap.

Untuk menghilangkan kutu di beras, kamu bisa menutup wadah penyimpanan beras dengan kain yang telah dibasahi air sekitar 30 menit atau hingga seluruh kutu menempel pada kain kain basah tersebut. Kalau kutu beras sudah hilang dari wadah penyimpanan, kamu bisa langsung kembali mengolahnya menjadi aneka masakan yang kamu inginkan.

Menggunakan Cabai Merah Kering

Cara menghilangkan kutu beras selanjutnya yaitu dengan menggunakan cabai merah kering. Hal ini karena cabai merah kering memiliki aroma pedas yang kuat.

Selain aromanya benar-benar kuat, cabai merah kering juga tidak akan membusuk. Kamu hanya perlu memasukkan beberapa cabai merah kering ke dalam wadah penyimpanan beras. Setelah itu tunggu semalaman hingga kutu beras menghilang. Jangan lupa untuk memastikan bahwa cabai benar-benar kering saat kamu pakai.

3 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Kutu Beras

Menggunakan Bawang Putih

Cara menghilangkan kutu beras juga bisa menggunakan bawang putih. Aroma bawang putih yang menyengat sudah terbukti ampuh dalam mengusir kutu beras. Cukup siapkan irisan bawang putih, lalu letakkan di permukaan beras yang sudah dihamparkan di tampah atau wadah lainnya.

Menggunakan Cengkeh

Menggunakan cengkeh juga bisa dilakukan sebagai cara menghilangkan kutu beras. Hal ini masih berkaitan dengan aromanya yang tidak disukai oleh kutu. Namun, hal ini berisiko mengubah rasa beras, jadi kamu perlu berhati-hati. Kamu bisa menaruh beberapa cengkeh di mangkuk kecil dan meletakkannya pada butiran beras.

Menggunakan Kayu Manis

Cara menghilangkan kutu beras lainnya yaitu menggunakan kayu manis. Aroma khas yang dimiliki kayu manis juga tidak disukai serangga yang satu ini. Kamu cukup meletakkan beberapa kayu manis ke dalam wadah penyimpanan beras. Agar hasilnya lebih maksimal, kamu bisa menaruhnya selama satu malam penuh atau hingga kutu beras keluar dari wadah.

4 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Kutu Beras

Menggunakan Daun Salam

Daun salam memiliki aroma kuat yang sangat dibenci oleh kutu beras. Jadi, cara menghilangkan kutu beras dengan daun salam ini juga ampuh menjaga beras yang sedang kamu simpan. Dengan begitu, kamu bisa meletakkan beberapa daun salam kering ke dalam wadah penyimpanan beras. Nantinya kutu beras akan menyingkir dengan sendirinya.

Menggunakan Daun Jeruk Nipis

Selain dengan daun salam, cara menghilangkan kutu beras selanjutnya yaitu dengan menggunakan daun jeruk nipis. Hal ini masih terkait dengan daun jeruk nipis yang memiliki aroma cukup kuat dan aroma tersebut tidak disukai oleh kutu yang ada di beras.

Dengan begitu, kamu bisa menghilangkan kutu beras menggunakan daun jeruk nipis. Cara menghilangkan kutu beras dengan jeruk nipis adalah meletakkan beberapa lembar daun jeruk nipis pada wadah penyimpanan beras. Kemudian tunggu beberapa jam hingga kutu pergi dari wadah penyimpanan beras tersebut.

Menyimpan di Lemari Es

Cara menghilangkan kutu beras berikutnya yaitu dengan menyimpannya di lemari es. Kamu bisa mengusir kutu beras dengan menyimpannya di lemari es atau freezer. Cukup dengan menyimpannya selama 3 hari, beras sudah bisa terjaga dari kutu beras. Bahkan, kutu beras yang bersarang di butiran beras juga akan menghilang.

Membilas dengan Air Panas

Membilasnya dengan air panas juga bisa dilakukan sebagai cara menghilangkan kutu beras. Caranya, kamu bisa memasukkan beras yang ingin dimasak ke dalam wadah besar, kemudian siram dengan air panas hingga beras terendam sepenuhnya dengan air panas. Biarkan sebentar, kemudian aduk. Kamu bisa melakukannya hingga kutu beras mengambang di air. Kamu bisa melakukan proses ini selama 2-3 kali.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.