Sukses

10 Tempat Wisata di Samarinda yang Paling Hits, dari Sungai Hingga Destinasi Budaya

Tempat wisata di Samarinda terdiri dari sungai, air terjun, pulau, hingga wisata budaya yang unik.

Liputan6.com, Jakarta Tempat wisata di Samarinda bisa menjadi alternatif liburan yang menyenangkan. Ibu Kota Provinsi Kalimantan Timur ini menyajikan beragam destinasi yang menarik. Mulai dari wisata alam hingga wisata modern yang kekinian.

Memiliki kondisi geografis yang berbukit dengan ketinggian yang bervariasi, menjadikan kota Samarinda memiliki tempat wisata yang tak bisa dilewatkan. Mulai dari wisata sungainya yang khas, wisata budaya Suku Dayak, hingga mengunjungi tempat religi ternama di Samarinda bisa jadi pilihan.

Tempat wisata di Samarinda terdiri dari sungai, air terjun, pulau, hingga wisata budaya yang unik. Kamu bisa menjadikan Samarinda tempat untuk berlibur dengan tenang bersama teman-teman maupun keluarga.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (29/9/2022) tentang tempat wisata di Samarinda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tempat Wisata di Samarinda

Tepian Sungai Mahakam

Tempat wisata di Samarinda yang paling terkenal tentunya adalah sungai Mahakam. Sungai Mahakam merupakan aliran sungai yang mengarungi sebagian besar wilayah kabupaten Kutai Kartanegara, Kabupaten Kutai Barat, dan Kota Samarinda. Kamu bisa mengunjungi tepian atau pinggiram Mahakan saat malam hari.

Kawasan Tepian Sungai Mahakam ini sangat bagus dijadikan sebagai tempat berkumpul bersama teman-teman atau keluarga. Apalagi, sepanjang bibir sungai Mahakam sudah disulap menjadi taman yang indah dengan tempat duduk yang nyaman. Sambil menikmati malam di tepian Mahakam, kamu bisa menikmati sajian kuliner seperti jagung bakar.

Menyusuri Sungai Mahakam dengan Kapal

Tempat wisata di Samarinda selanjutnya adalah River Cruise Sungai Mahakam. Wisata sungai ini bertujuan untuk mengajak wisatawan melihat-lihat sungai Mahakam dari dekat dengan menggunakan kapal atau dikenal dengan istilah river cruise. Kamu akan diajak menyusuri sungai Mahakam yang memiliki panjang kurang lebih 920 km. Ketika kamu menaika kapal ini, kamu akan menemukan setidaknya tiga kebudayaan di sini.

Tiga budaya yang bisa kamu jumpai saat menyusuri dengan kapal ini adalah kebudayaan pesisir yang berada di kota Samarinda, kebudayaan kerajaan yang berada di Kutai Kartanegara, dan kebudayaan pedalaman di Kutai Barat hingga ke Mahakam Ulu. Perjalanan ini akan memberikan pengalaman yang berbeda dengan tempat wisata lainnya yang ada di Indonesia.

Air Terjun Pinang Seribu

Tempat wisata di Samarinda selanjutnya adalah Air Terjun Pinang Seribu. Selain wisata alam yang indah, destinasi wisata air terjun ini menjadi rekomendasi ketika berkunjung ke Samarinda. Air terjun ini memiliki bentuk yang unik seperti tatakan anak tangga sehingga air terjun ini bisa pijaki. Namun jika ingin berkunjung sebaiknya datanglah pada saat cuaca mendukung agar medan area tidak terlalu licin dan aman, sehingga kamu juga mandi dengan tenang juga menikmati suasana yang ada.

3 dari 4 halaman

Tempat Wisata di Samarinda

Pulau Beras Basah

Pulau Beras Basah adalah salah satu tempat wisata di Samarinda yang wajib kamu kunjungi. Pulau ini menawarkan panorama alam bawah laut yang memesona. Airnya yang jernih, ombaknya yang tenang, serta pasir putihnya yang lembut membuat pulau ini kerap kali dijadikan arena untuk snorkeling. Pulau Beras Basah terletak di Selat Makassar, Bontang, Kalimantan Timur. Maka untuk menuju ke sana, kamu membutuhkan waktu yang cukup lama sekitar tiga jam dengan kendaraan.

Namun saat tiba di pulau ini, kamu akan menemukan pemandangan alam yang sangat memesona. Di pulau ini kamu bisa melakukan beberapa kegiatan laut pada umumnya seperti melihat terumbu karang, menemukan biota laut yang beragam, dan bintang laut yang menggemaskan. Kegiatan lain yang bisa kamu lakukan selain snorkeling adalah dengan bermain banana boat.

Desa Budaya Pampang

Bila kamu penasaran dengan kota Samarinda pada zaman dulu, kamu bisa mengunjungi Desa Budaya Pampang. Di desa ini kamu bisa mempelajari sejarah dan budaya adat Dayak. Tempat wisata di Samarinda ini menawarkan pembelajaran tentang budaya adat Dayak. Rumah adat Suku Dayak ini sangat unik dikarenakan memiliki ukiran khas yang tidak dimiliki suku lainnya.

Desa yang dihuni oleh Suku Dayak Kenyah ini biasanya akan mengadakan pertunjukan seni di lamin atau gedung pertemuan desa. Pertunjukan ini tidak berlangsung setiap hari, melainkan ada hari-hari tertentu saja. Buat kamu yang penasaran dan ingin mencoba merasakan bagaimana menjadi warga Suku Dayak, kamu bisa menyewa pakaian adat untuk berfoto dengan Atar atau nama rumah suku tersebut. Di Desa Budaya Pampang ini juga menyediakan tempat penjualan oleh-oleh berupa souvenir khas Suku Dayak yang sangat cocok buat dijadikan oleh-oleh.

Air Terjun Tanah Merah

Tempat wisata di Samarinda berikutnya adalah Air Terjun Tanah Merah, yang menawarkan pemandangan alam yang sangat indah dan memesona. Kamu bisa menyusuri sungai dengan kapal untuk melihat keindahan air terjun yang keluar dari bebatuan.

4 dari 4 halaman

Tempat Wisata di Samarinda

Kampung Tenun Samarinda

Samarinda memiliki kain tenun yang sangat khas karena memiliki corak kotak-kotaknya yang indah. Kalau kamu ingin menjadikan kain tenun ini sebagai oleh-oleh untuk sanak saudara, kamu bisa langsung datang ke Kecamatan Samarinda Seberang, tepatnya di Kampung Baqa dan Kampung Masjid.

Tak hanya membeli kain yang sudah jadi, tetapi kamu juga bisa melihat proses pembuatannya secara langsung di tempat wisata di Samarinda ini. Proses pembuatan kain ini masih sangat tradisional dengan menggunakan alat tenun non-mekanis yang disebut dengan Gedokan. Kamu juga memiliki kesempatan untuk mencoba membuat kain tenun sendiri, tetapi harus dengan pendampingan ahlinya.

Samarinda Islamic Center

Samarinda memiliki masjid yang sangat ikonik yaitu Masjid Islamic Center Samarinda. Bagi wisatawan yang berkunjung ke Samarinda, seperti menjadi sebuah keharusan untuk mengunjungi tempat wisata religi ini. Hal ini dikarekan masjid ini memiliki desain arsitektur yang konon diilhami dari arsitektur Hagia Sophia di Turki. Menariknya lagi, tempat wisata di Samarinda ini memiliki menara utama tunggal setinggi 99 meter yang dimana merupakan jumlah dari Asmaul Husna. Serta ada enam menara dengan ukuran yang lebih kecil yang melambangkan jumlah rukun iman.

Pulau Kumala

Tempat wisata di Samarinda selanjutnya yaitu Pulau Kumala. Berlokasi di Tenggarong Kutai Kartanegara, Pulau Kumala cukup identik dengan warga Samarinda. Hal ini tidak terlepas karena adanya jembatan penyeberangan yang mendekatkan dua kota ini. Pulau Kumala juga memiliki beragam jenis atraksi wisata, mulai dari jet coaster, kereta gantung, gokar, komedi putar, dan kereta api mini yang akan mengantarkan kamu mengelilingi area wisata sekitar

Air Terjun Berambai

Air Terjun Berambai merupakan tempat wisata di Samarinda yang tidak boleh terlewatkan. Pasalnya, tempat ini menawarkan suasana yang tenang dan air yang sejuk bagi para pengunjung. Selain itu, pemandangan alam hijau di sekitar air terjun juga sangat rimbun dan indah dengan udara yang sejuk. Lokasinya berada di Sempaja Utara, Samarinda Utara, Kota Samarinda, Kalimantan Timur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.