Sukses

30 Wisata di Puncak Bogor Paling Populer, Lengkap dengan Harga Tiket Masuk

Liputan6.com, Jakarta Wisata di Puncak Bogor merupakan salah satu tujuan berlibur yang banyak digemari oleh wisatawan. Terletak di area pegunungan yang masuk ke dalam wilayah Kabupaten Bogor dan Cianjur, Jawa barat. Wisata di Puncak Bogor menyajikan keindahan alam dan suasana asri yang cocok untuk menenangkan pikiran.

Tidak hanya menyajikan suasana yang menenangkan, wisata di Puncak Bogor juga menyajikan beragam destinasi wisata menarik dan menyenangkan yang cocok dikunjungi bersama dengan keluarga dan teman, terdapat banyak pilihan liburan yang bisa dipilih untuk menghabiskan waktu liburan yang berharga.

Banyaknya pilihan wisata di Puncak Bogor yang bisa dikunjungi, akan membuat anda tidak bosan untuk menghabiskan waktu liburan ke Puncak Bogor. Berlibur ke Puncak Bogor menjadi salah satu pilihan terbaik untuk mengisi waktu liburan bersama keluarga.

Berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, rekomendasi tempat wisata di Puncak Bogor paling popular, lengkap dengan harga tiket masuknya, Kamis (29/9/2022).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 7 halaman

Wisata di Puncak Bogor Paling Populer

1. Kebun Raya Cibodas

Wisata di Puncak Bogor yang pertama adalah Kebun Raya Cibodas, atraksi paling menarik di sini adalah taman bunga Sakura. Karena iklimnya yang dingin, anda akan dapat melihat bunga sakura berwarna merah muda dan putih di ladang hijau Taman Sakura.

Biaya masuk: Rp 9.000.

 

2. Little Venice Puncak

Little Venice adalah sebuah danau buatan yang didesain semirip mungkin dengan arsitektur dan struktur alam di Venesia, Italia. Di sini, anda dapat mencoba berbagai wahana yang tersedia, mulai dari sepeda kecil untuk anak-anak hingga gondola yang dapat anda dayung sendiri. Jika tidak, nikmati saja pemandangan saat staf gondola mendayung gondola.

Biaya masuk: Rp. 25.000

 

3. Kebun Raya Bogor

Kebun raya Bogor memiliki beberapa taman yang terinspirasi dari berbagai tempat di dunia, seperti Prancis, Mediterania, Jepang dan keindahan lokal, Taman Bali. Namun, daya tarik utama dari tempat ini adalah Labirin Rahasia. Terinspirasi oleh konsep Taman Labirin dan Tembok Troy yang ada berabad-abad yang lalu, Labirin Rahasia menyajikan jalan berliku tanpa akhir yang mengarah ke istana atau tempat magis yang istimewa.

Biaya masuk: Rp. 20.000

 

4. Peternakan Rusa

Didirikan pada tahun 1993, peternakan rusa seluas 5 hektar ini akan memberi anda pengalaman tidak terlupakan. Terletak di desa Buana Jaya, terdapat berbagai jenis rusa di sini, dari Rusa Cheetal, Rusa Bawean dan Rusa Jawa. Disini pengunjung diperbolehkan untuk memberi makan dan bermain dengan rusa, dan juga mengambil beberapa gambar.

Biaya masuk: Rp. 15.000

 

5. Gunung Batu Jonggol

Di ketinggian sekitar 875 meter di atas permukaan laut, Gunung Batu Jonggol menawarkan pengalaman mendaki yang cukup ringan untuk pemula. Meskipun perjalanannya tidak terlalu menantang, pemandangan di atas sangatlah memukau, mengingat anda dapat meilihat keindahan kawasan Jonggol dan Gunung Gede Pangrango dari kejauhan.

Biaya masuk: Rp. 15.000

3 dari 7 halaman

Wisata di Puncak Bogor Paling Populer

6. Gunung Munara Rumpin

Gunung Munara Rumpin memiliki ketinggian 1.119 meter di atas permukaan laut, anda membutuhkan waktu hampir sehari untuk mencapai puncak Munara Rumpin. Jika anda tidak membawa cukup barang untuk membuat anda tetap berenergi, jangan khawatir. Dalam perjalanan, anda akan menemukan kios yang menjual minuman, makanan, dan barang-barang lainnya.

Biaya masuk: Rp. 5.000

 

7. Lake Quarry

Wisata di Puncak Bogor yang selanjutnya adalah Lake Quarry. Lake Quarry merupakan tempat baru yang wajib dikunjungi di Bogor bagi setiap pecinta alam. Perpaduan langit biru, lanskap hijau yang tinggi, dan air yang jernih akan memberi anda pemandangan yang tidak terlupakan.

Biaya masuk: Rp. 2.000

 

8. Pemandian Air Panas Gunung Peyek

Terletak di Gunung Ciseeng yang jarang dijelajahi, Pemandian Air Panas Gunung Peyek menawarkan ketenangan dengan obat jiwa dan raga. Dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit, air hangat pasti akan menghilangkan stres anda sementara formasi kolam yang unik akan membuat anda kagum pada hadiah alam.

Biaya masuk: Gratis.

 

9. Cimory Riverside

Cimory Riverside merupakan restoran yang tidak hanya menyajikan makanan lezat, tetapi juga pemandangan indah yang bisa anda nikmati saat anda menyantap makanan yang disediakan. Dengan cuaca yang sejuk, pemandangan sungai dan makanan yang enak, ini adalah tempat yang tepat untuk bersantai dan hang out

Biaya masuk: Gratis.

 

10. Taman Matahari Puncak

Sebagai taman rekreasi dan pendidikan, Taman Matahari menyediakan petualangan arung jeram bagi para pencari adrenalin. Ada dua jenis arung jeram, yaitu 600m dan 3km. Melakukan petualangan arung jeram di sini cukup mudah, dan untungnya cocok untuk pemula. Medannya tidak terlalu ekstrim dan dengan jarak yang dekat, cukup aman untuk membawa serta anak-anak.

Biaya masuk: Rp. 60.000

4 dari 7 halaman

Wisata di Puncak Bogor Paling Populer

11. Raja Factory Outlet

Bogor sering disandingkan dengan kota Bandung sebagai destinasi belanja. Hal ini dikarenakan factory outlet yang tersedia di kedua kota tersebut Raja Factory Outlet menawarkan barang-barang branded dengan harga yang murah. FO ini juga memberikan diskon musiman yang besar, biasanya selama Ramadhan dan sekitar Natal.

Biaya masuk: Gratis.

 

12. Pura Parahyangan Agung Jagatkartta

Pura Parahyangan Agung Jagatkartta adalah pura Hindu, tempat umat Hindu pergi untuk berdoa dan beribadah. Anda bisa menikmati pemandangan yang mempesona, dengan latar belakang Gunung Salak dan taman-taman indah di sekitar pura. Ini adalah tempat yang sempurna bagi pengunjung untuk tidak hanya belajar lebih banyak tentang budaya Hindu di Parahyangan, tapi juga juga menemukan zen dan ketenangan.

Biaya masuk: Gratis.

 

13. Alun-Alun Surya Kencana

Tempat wisata di Puncak Bogor berikutnya adalah Alun-Alun Surya Kencana. Alun-Alun Surya Kencana adalah sabana dengan luas lebih dari 50 hektar, terletak di ketinggian 2.750 meter di atas permukaan laut. Suhu dan lokasi yang sejuk adalah iklim yang sempurna bagi Edelweiss untuk berkembang.

Biaya masuk: Gratis.

 

14. Rumah Kampung Budaya Sindangbarang

Desa budaya Sindangbarang merupakan desa tertua di Bogor. Di desa budaya ini, banyak hal yang bisa dieksplor dan dinikmati, seperti 8 jenis kesenian Sunda yang telah direvitalisasi dan dilestarikan oleh penduduknya. Selain itu ada juga Bukit Bertingkat yang merupakan situs purbakala peninggalan Kerajaan Pajajaran.

Biaya masuk: Rp. 150.000 untuk paket menginap 1 malam.

 

15. The Jungle Waterpark

The Jungle Waterpark adalah tempat yang indah untuk dikunjungi keluarga, teman, dan bahkan pasangan. Ada banyak pengalaman seru yang menanti, dengan berbagai olahraga air dan aktivitas yang tersedia. Ada Kiddy Pool, tempat anak-anak dapat bermain. Ada juga kolam air panas 40 derajat yang menjadi favorit pengunjung, bersama dengan Leisure Pool di mana orang dapat berendam dan makan di tengah kolam.

Biaya masuk: Rp. 65.000

5 dari 7 halaman

Wisata di Puncak Bogor Paling Populer

16. Kebun Teh Gunung Mas

Jika anda ingin melihat bagaimana salah satu ekspor unggulan Bogor ini, pergilah ke Perkebunan Teh Gunung Mas di mana anda akan dikelilingi oleh kebun teh yang indah berwarna hijau zamrud. Terletak di pegunungan, salah satu yang menarik dari perkebunan ini adalah anda dapat berkeliling dengan menunggang kuda yang memberi anda pemandangan lereng perkebunan yang menakjubkan.

Biaya masuk: Rp. 10.000

 

17. Air Terjun Bidadari Cikoneng

Cikoneng adalah kata yang berasal dari Cai yang merupakan bahasa Sunda untuk air dan Koneng adalah kependekan dari Bojong Koneng yang merupakan nama desa di pinggiran Bogor tempat air terjun itu berada. Salah satu daya tarik air terjun ini adalah anda dapat berenang di kolam besar yang terbentuk di dasar dan tepi kolam dikelilingi oleh pantai berpasir kecil yang sangat cocok untuk semua keluarga.

Biaya masuk: Rp. 30.000

 

18. Wisata Istana Bogor

Terletak di sisi barat laut Kebun Raya adalah Istana Bogor yang merupakan nama lain dari Istana Musim Panas Presiden Indonesia. Istana Bogor dulunya merupakan milik mantan gubernur Belanda selama periode kolonial dari tahun 1870 hingga 1940-an. Saat ini hal menarik yang bisa dinikmati adalah halaman rumput besar yang ditutupi oleh rusa dan museum seni kecil yang terdiri dari koleksi pribadi mantan presiden indonesia soekarno.

Biaya masuk: Rp. 15.000

 

19. Gunung Batu

Terletak di Jonggol di barat Bogor, Gunung Batu berarti Gunung Batu dalam bahasa Indonesia dan menawarkan anda kesempatan untuk keluar dan berkomunikasi dengan alam sambil pada saat yang sama menantang diri anda untuk mendaki gunung yang indah. Anda harus tetap memperhatikan bahwa anda harus memanjat dinding batu sekitar setengah jalan menuju puncak dan beberapa lereng di sini terletak pada sudut 90 derajat.

Biaya masuk: Rp. 15.000

 

20. Taman Safari Indonesia

Terletak di Cisarua di Puncak, Taman Safari Indonesia pertama kali dibangun di atas perkebunan teh yang membentang 50 hektar dan kini telah berkembang dalam ukuran dan popularitas untuk mencakup 168 hektar lahan. Di taman, anda akan menemukan safari siang maupun malam dan anda dapat melihat sejumlah besar hewan di lingkungan semi-liar saat mereka berkeliaran di seluruh lahan bergulir di sini.

Biaya masuk: Rp. 200.000

6 dari 7 halaman

Wisata di Puncak Bogor Paling Populer

21. Taman Anggrek

Tempat lain yang bisa anda kunjungi tanpa membayar biaya tambahan adalah Taman Anggrek atau yang dikenal masyarakat setempat sebagai Rumah Anggrek, yang terletak di sudut timur laut Kebun Raya. Kebun Raya Bogor terkenal dengan koleksi anggreknya yang berjumlah 572 spesies. Koleksi tersebut termasuk spesies anggrek terbesar di dunia, Grammatophyllum speciosum. Taman Anggrek dibagi menjadi dua bagian, yaitu rumah kaca dan orchidarium.

Biaya masuk: Rp. 15.000

 

22. Air Terjun Jaksa

Curug Jaksa terletak di dalam area Taman Safari dan berjarak sekitar 300 meter dari tempat parkir. Perlu anda ketahui bahwa jalan menuju air terjun ini cukup terjal. Atau anda juga bisa berjalan kaki sekitar 200 meter ke air terjun dari area Cowboy Show. Air terjunnya sendiri tingginya sekitar 45 meter dan di bawahnya terdapat sebuah kolam kecil.

Biaya masuk: Rp. 25.000

 

23. Air Terjun Nangka

Selain Curug Jaksa, Bogor terkenal dengan banyak air terjunnya. Salah satunya adalah Curug Nangka yang terletak di Taman Nasional Halimun Salak. Ketinggian air terjun ini sekitar 30 meter, namun keunikannya terletak pada cara untuk mencapai air terjun. Setelah melewati 2 air terjun lainnya, anda harus siap basah karena harus berjalan di sungai kecil dengan lebar sekitar 4 meter sekitar 100 meter sebelum anda benar-benar dapat mencapai Curug Nangka.

Biaya masuk: Rp. 22.000

 

24. Air Terjun Daun

Masih di Kawasan yang sama, anda juga bisa mengunjungi air terjun lain yang berada di sepanjang jalan, seperti Curug Kawung dan Curug Daun. Setelah melewati pintu masuk, air terjun pertama yang akan anda datangi adalah Curug Daun. Jarak air terjun ini sekitar 400 meter dari pintu masuk. Ketinggiannya hanya sekitar 6 meter dan dibawahnya terdapat kolam luas yang bisa digunakan untuk berenang.

Biaya masuk: Rp. 10.000

 

25. Air Terjun Kawung

Lebih jauh, anda juga dapat menemukan Curug Kawung yang berjarak sekitar 600 meter dari Curug Daun. Ketinggian air terjun ini sekitar 25 meter. Dikelilingi oleh tanaman hijau dan airnya cukup tenang. Air terjun ini dianggap lebih indah dan banyak pengunjung yang ingin beristirahat sejenak dan berfoto-foto sebelum melanjutkan perjalanan.

Biaya masuk: Rp. 5.000

7 dari 7 halaman

Wisata di Puncak Bogor Paling Populer

26. Taman Rekreasi Mekarsari

Taman Rekreasi Mekarsari terletak di Kecamatan Cileungsi Kabupaten Bogor. Taman ini didirikan sebagai pusat terbesar di dunia yang bertujuan untuk melestarikan keanekaragaman hayati berbagai buah-buahan. Taman ni juga berfungsi sebagai tempat penelitian agronomi dan pemuliaan. Taman ini mencakup area seluas 264 hektar dan terdiri dari buah-buahan, sayuran, dan bunga.

Biaya masuk: Rp. 20.000

 

27. Batu Tulis

Batutulis adalah salah satu objek wisata bersejarah utama di Bogor dan merupakan batu yang bertuliskan dedikasi kepada Sri Baduga Maharaja yang merupakan raja Pajajaran yang akan memerintah di sini dari 1482-1521. Legenda mengatakan bahwa raja mampu melakukan sihir dan batu itu berada di kuil yang lebih kecil yang masih menjadi tempat pemujaan bagi para penyembah.

Biaya masuk: Gratis.

 

28. Telaga Warna

Telaga Warna terletak di cagar alam dekat Kabupaten Bogor dan terkenal dengan keindahan alamnya yang mempesona. Luas keseluruhan kompleks sekitar 5 hektar, sedangkan danaunya sendiri luasnya sekitar 1,5 hektar. Yang paling menonjol dari danau ini adalah warna danau yang selalu berubah, konon total ada 7 warna.

Biaya masuk: Rp. 25.000

 

29. Taman Bunga Nusantara

Taman Bunga Nusantara memiliki beragam koleksi bunga yang indah dan segar, mulai dari tanaman untuk iklim tropis maupun untuk iklim dingin, bahkan tidak hanya bunga yang berasal dari Indonesia, bunga dari seluruh dunia pun ada di sana. Selain menyegarkan mata, kita juga akan mendapatkan banyak wawasan baru tentang bunga.

Biaya masuk: Rp. 50.000

 

30. Curug Kembar

Wisata di puncak Bogor yang terakhir adalah curug kembar. Nama lain dari air terjun Kembar adalah air terjun Ponds Green. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 15 meter dan di bawahnya terdapat kolam yang berwarna hijau. Airnya sangat bersih, selain itu juga terdapat tebing yang menyerupai gua. Air terjun ini berasal dari Sungai Gumawang.

Biaya masuk: Rp. 20.000

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.