Sukses

15 Manfaat Buah Kesemek yang Baik Untuk Kesehatan, Kaya Serat dan Nutrisi

Liputan6.com, Jakarta Kesemek merupakan buah berwarna orange atau cokelat kemerahan, dengan rasa yang lezat dan tekstur yang lembut. Selain memiliki rasa yang manis, ternyata ada banyak manfaat buah kesemek yang bisa Anda peroleh untuk kesehatan, mulai dari mata, sistem pencernaan, sistem kekebalan tubuh, hingga dapat menurunkan tekanan darah. 

Manfaat buah kesemek yang baik untuk kesehatan ini kaya akan kandungan serat juga nutrisi baik. Oleh karena itu, dengan mengonsumsi buah kesemek akan membawa dampak baik bagi kesehatan. Kesemek memiliki dua jenis, diantaranya varietas astringent yang mengandung bahan kimia tanaman yang tinggi, juga non-astringent yang juga kaya akan tanin tetapi bisa dimakan dengan mentah.

Manfaat buah kesemek yang baik untuk tubuh, juga bisa dikonsumsi secara mentah, kering atau dimasak. Bahkan buah ini juga digunakan di seluruh dunia untuk membuat  jeli, minuman, pai, kari, hingga puding.

Berikut ini manfaat buah kesemek yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (29/9/2022). 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 5 halaman

Manfaat Buah Kesemek

1. Sarat dengan nutrisi 

Buah kesemek meskipun memiliki ukuran yang kecil, namun buah kesemek juga dikemas dengan sejumlah nutrisi baik untuk kesehatan, karena mengandung kalori, karbohidrat senilai 31 gram, protein, lemak, vitamin, serat, kalium, serta sumber yang baik dari thiamin (B1), riboflavin (B2), folat, magnesium dan fosfor. Buah ini juga rendah akan kalori sehingga mampu menurunkan berat badan, perkembangan janin dan masih banyak lagi. 

2. Antioksidan yang baik 

Manfaat buah kesemek juga bisa Anda peroleh dalam menunjang kesehatan tubuh, dikarenakan buah ini memiliki kandungan senyawa tanaman yang memiliki kualitas antioksidan. Antioksidan akan mencegah atau memperlambat kerusakan sel dengan menangkal stres oksidatif.

Melansir dari laman Healthline, stres oksidatif telah dikaitkan dengan penyakit kronis tertentu, termasuk penyakit jantung, diabetes, kanker, dan kondisi neurologis seperti Alzheimer. Oleh karena itu, dengan mengonsumsi buah kesemek mampu melawan stres oksidatif dan dapat menurunkan risiko penyakit kronis tertentu.

3. Bermanfaat bagi kesehatan jantung

Penyakit jantung merupakan salah satu penyebab utama kematian di seluruh dunia dan berdampak negatif pada kehidupan jutaan orang. Sebagian besar jenis penyakit jantung dapat dicegah dengan mengurangi faktor risiko, seperti pola makan yang tidak sehat. Maka perlu mengonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi, dan buah kesemek adalah pilihan yang tepat.

Kesemek mengandung antioksidan flavonoid, termasuk quercetin dan kaempferol, sehingga hal ini dapat mendukung kesehatan jantung dengan menurunkan tekanan darah, serta mengurangi kolesterol jahat. 

4. Mengurangi peradangan 

Manfaat buah kesemek tidak hanya berfungsi secara baik untuk jantung serta penyakit kronis lainnya, namun buah kesemek juga bisa mengurangi peradangan. Kandungan yang tinggi akan senyawa anti-inflamasi dapat membantu mengurangi peradangan dan menurunkan risiko penyakit. Kesemek merupakan sumber antioksidan vitamin C yang sangat baik, sehingga dapat melindungi sel dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas dan memerangi peradangan dalam tubuh.

 

3 dari 5 halaman

Manfaat Buah Kesemek

5. Kaya akan serat

Ketika di dalam tubuh memiliki terlalu banyak kolesterol, terutama kolesterol LDL, maka risiko penyakit jantung, stroke, dan serangan jantung dapat menyerang sewaktu - waktu. Oleh karena itu, Anda perlu mengonsumsi makanan yang tinggi serat larut, seperti buah-buahan dan sayuran, sehingga mengurangi kolesterol tinggi dengan membantu tubuh mengeluarkannya dalam jumlah berlebih.

Kesemek yang memiliki kandungan serat tinggi telah terbukti menurunkan kadar kolesterol LDL. Serat juga sangat penting untuk buang air besar secara teratur dan dapat membantu mengurangi kadar gula darah yang tinggi. Makanan kaya serat larut seperti kesemek memperlambat pencernaan karbohidrat dan penyerapan gula, yang membantu mencegah lonjakan gula darah.

6. Mendukung penglihatan sehat

Manfaat buah kesemek memiliki banyak kandungan vitamin A dan antioksidan yang sangat penting untuk kesehatan mata. Melansir dari sumber yang sama, satu buah kesemek dapat memberikan 55% dari asupan vitamin A yang direkomendasikan.

Manfaat vitamin A mendukung fungsi membran konjungtiva dan kornea, juga beberpa komponen penting rhodopsin, protein yang diperlukan untuk penglihatan normal.  Kesemek juga mengandung lutein dan zeaxanthin, di mana memiliki antioksidan karotenoid yang kuat, sehingga dapat meningkatkan penglihatan yang sehat.

7. Diet sehat dengan makanan lezat

Saat Anda ingin melakukan diet sehat, maka mengonsumsi buah kesemek bisa memberikan tambahan nutrisi untuk tubuh. Buah-buahan ini juga bisa menjadi santapan yang lezat, serta nikmat untuk dikonsumsi sebagai camilan sederhana atau digunakan dalam resep lezat. Caranya sangat mudah untuk dilakukan, dengan menambahkan irisan buah kesemek yang dicampur dengan yoghurt untuk sarapan pagi. 

8. Memiliki sifat anti-kanker

Buah kesemek memiliki sifat antioksidan dan anti-kanker yang dapat meningkatkan kemampuan tubuh Anda untuk melawan radikal bebas, serta meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Perlu diketahui bahwa radikal bebas adalah produk sampingan dari metabolisme sel yang dapat mengubah sel sehat menjadi sel kanker dan merusak berbagai sistem organ. Oleh karena itu, ekstrak daun kesemek bisa Anda gunakan sebagai anti-kanker yang baik. Kesemek juga memiliki kadar vitamin C dan A yang tinggi,, flavonoid serta kemungkinan senyawa fenolik yang juga terkait dengan efek anti-kanker. 

4 dari 5 halaman

Manfaat Buah Kesemek

9. Dapat meningkatkan imunitas

Manfaat buah kesemek juga mampu meningkatkan imunitas tubuh, karena memiliki kandungan vitamin C. Kesemek diketahui memiliki salah satu kandungan asam askorbat yang tertinggi di antara buah-buahan lainnya. Melansir dari sumber yang sama, terdapat satu studi yang diterbitkan dalam Journal of Food Quality mencatat bahwa Vitamin C dapat merangsang sistem kekebalan tubuh, serta meningkatkan produksi sel darah putih, yang merupakan garis pertahanan utama tubuh terhadap infeksi mikroba, virus, jamur hingga racun. 

10. Membantu pencernaan

Manfaat buah kesemek juga membantu melancarkan sistem pencernaan, seperti kebanyakan buah-buahan lainnya. Kesemek juga sumber serat yang baik, di mana memiliki hampir 20% serta yang membantu tubuh memproses makanan dengan cara yang lebih efisien. 

Kesemek juga dapat merangsang gerakan peristaltik untuk memindahkan makanan melalui saluran pencernaan, serta dapat meningkatkan sekresi cairan lambung dan tentunya meredakan gejala sembelit. Secara keseluruhan, buah dengan serat tinggi ini, sebagai salah satu pendorong utama sistem pencernaan yang melindungi Anda dari kanker kolorektal dan penyakit serupa lainnya. 

11. Menunda penuaan dini

Kesemek adalah buah yang kaya akan sejumlah vitamin juga mineral, khususnya vitamin A, beta-karoten, lutein, likopen, dan cryptoxanthin. Dengan banyaknya kandungan vitamin ini, berfungsi sebagai antioksidan yang baik bagi tubuh untuk mengurangi stres oksidatif, sehingga tanda-tanda penuaan dini, seperti keriput, bintik-bintik penuaan, kelelahan bisa Anda hindari.  

12. Mengurangi degenerasi makula

Manfaat buah kesemek juga bisa Anda peroleh untuk kesehatan mata. Kandungan serta senyawa dalam kesemek seperti zeaxanthin karotenoid alkohol ditemukan dari vitamin B kompleks membantu meningkatkan penglihatan. Kesemek diketahui dikemas dengan vitamin yang menurut penelitian Dr. Kwak-Wai Lam dan Dr. Paul But, zeaxanthin memiliki hubungan langsung dengan peningkatan kesehatan mata karena perilakunya sebagai zat antioksidan, juga memiliki potensi untuk membantu mengurangi kondisi terkait, seperti degenerasi makula, katarak, dan rabun senja. 

5 dari 5 halaman

Manfaat Buah Kesemek

13. Mengontrol tekanan darah

Manfaat buah kesemek juga baik untuk kesehatan, salah satunya dapat mengontrol tekanan darah. Kandungan kalium yang merupakan mineral lain ini, bertindak sebagai vasodilator, di mana sebagai agen penurun tekanan darah. Kandungan ini sangat memungkinkan untuk meningkatkan aliran darah ke berbagai bagian tubuh, di mana tekanan darah rendah juga dapat membantu mengurangi ketegangan pada sistem kardiovaskular dan mencegah berbagai kondisi terkait jantung. 

14. Mengatur peredaraan darah

Seiring dengan menurunkan tekanan darah, maka manfaat buah kesemek menyediakan tembaga, juga beberapa elemen penting dalam menciptakan sel darah merah baru. Tanpa tembaga, maka akan sangat sulit untuk menyerap berbagai nutrisi penting dalam membuat hemoglobin tambahan. Peningkatan peredaran sel darah merah yang sehat ini, diketahui bermanfaat bagi kesehatan karena memiliki sejumlah alasan, termasuk membantu meningkatkan fungsi kognitif, tonus otot, metabolisme, tingkat energi, serta perbaikan luka. 

15. Meningkatkan aktivitas metabolik

Kesemek juga mengandung unsur vitamin B kompleks seperti piridoksin, asam folat, dan thiamin, yang semuanya dikenal sebagai bagian penting dari berbagai proses enzimatik dan fungsi metabolisme di seluruh tubuh. Dengan kandungan vitamin B, memiliki kombinasi menarik dengan semua vitamin dan mineral penting untuk kesehatan, sehingga mampu memastikan sistem tubuh bisa berfungsi secara efisien dan efektif.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.