Sukses

Al Fatihah dan Artinya dari Ayat 1 Sampai 7, Lengkap Tafsirannya

Al Fatihah dan artinya berisi pujian dan doa kepada Allah SWT.

Liputan6.com, Jakarta Al Fatihah dan artinya penting untuk diketahui oleh setiap umat muslim. Al Fatihah dan artinya sering dilantunkan dalam salat wajib dan sunnah. Al Fatihah merupakan surat pertama yang mengawali Al-Qur’an.

Al Fatihah dan artinya juga termasuk surat dalam Al-Qur’an yang mengandung doa dan kebaikan sangat besar. Surat ini juga termasuk dalam surat yang paling mulia dalam Al-Qur’an. Membaca surat Al Fatihah dan artinya secara rutin dapat memberikan keutamaan bagi umat Islam.

Al Fatihah dan artinya berisi pujian dan doa kepada Allah SWT. Surat Al Fatihah dan artinya ini memiliki tujuh ayat, masing-masing ayatnya mempunyai makna yang merupakan permohonan atau doa dari manusia.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai Al Fatihah dan artinya ayat 1 hingga 7 yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (29/9/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Mengenal Surat Al Fatihah dan Artinya

Al Fatihah dalam bahasa Arab artinya pembukaan. Surat Al Fatihah dan artinya adalah surah pertama dalam Al-Qur'an. Surah ini diturunkan di Makkah sehingga tergolong surah makiyah dan terdiri dari tujuh ayat. Al Fatihah merupakan surah yang pertama-tama diturunkan dengan lengkap di antara surah-surah yang ada dalam Al-Qur'an.

Surah ini disebut Al Fatihah atau pembukaan, karena dengan surah inilah dibuka dan dimulainya Al-Quran, serta dinamakan Ummul Qur'an atau Ummul Kitab karena merupakan induk dari semua isi Al-Quran. Selain itu, surah ini dinamakan pula As Sab'ul matsaany karena jumlah ayatnya yang tujuh dan dibaca berulang-ulang dalam salat. Surat Al Fatihah dan artinya merupakan salah satu surat yang paling dimuliakan, sehingga menjadi bacaan wajib ketika salat.

3 dari 5 halaman

Bacaan Al Fatihah dan Artinya Ayat 1-7

1. Bismillahirrahmanirrahim

Artinya: Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang,

2. Alhamdulillahi rabbil alamin

Artinya: Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam,

3. Ar-Rahmanir Rahîm

Artinya: Maha Pemurah lagi Maha Penyayang,

4. Maliki yaumiddin

Artinya: Yang menguasai di hari Pembalasan,

5. Iyyaka na’budu wa iyyaka nasta'in

Artinya: Hanya Engkaulah yang Kami sembah, dan hanya kepada Engkaulah Kami meminta pertolongan,

6. Ihdinash shirathal mustaqim

Artinya: Tunjukilah Kami jalan yang lurus,

7. Shirathal ladzina an'amta 'alaihim ghoiril maghdzubi ‘alaihim waladldlallin

Artinya: (Yaitu) jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat kepada mereka; bukan (jalan) mereka yang dimurkai dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat.

4 dari 5 halaman

Tafsiran dari Surat Al Fatihah dan Artinya

Berikut ini terdapat tafsiran dari surat Al Fatihah dan artinya menurut Kemenag RI, antara lain:

1. Al-Fatihah dan artinya ayat 1

Aku memulai bacaan Al-Qur'an dengan menyebut nama Allah, nama teragung bagi satu-satunya Tuhan yang patut disembah, yang memiliki seluruh sifat kesempurnaan dan tersucikan dari segala bentuk kekurangan, Yang Maha Pengasih, Pemilik dan sumber sifat kasih Yang menganugerahkan segala macam karunia, baik besar maupun kecil, kepada seluruh makhluk, Maha Penyayang Yang tiada henti memberi kasih dan kebaikan kepada orang-orang yang beriman.

Memulai setiap pekerjaan dengan menyebut nama Allah (basmalah) akan mendatangkan keberkahan, dan dengan mengingat Allah dalam setiap pekerjaan, seseorang akan memiliki kekuatan spiritual untuk melakukan yang terbaik dan menghindar dari keburukan. Segala puji kita persembhakan hanya untuk Allah semata, Tuhan Pencipta dan Pemelihara seluruh alam.

2. Al-Fatihah dan artinya ayat 2

Segala puji kita persembahkan hanya untuk Allah semata, Tuhan Pencipta dan Pemelihara seluruh alam, yaitu semua jenis makhluk.

3. Al-Fatihah dan artinya ayat 3

Dialah Yang Maha Pengasih, Pemilik dan sumber sifat kasih. Dialah Tuhan Yang menganugerahkan segala macam karunia, baik besar maupun kecil, kepada seluruh makhluk. Allah Maha Penyayang Yang selalu tiada henti memberi kasih dan kebaikan kepada orang-orang yang beriman.

4. Al-Fatihah dan artinya ayat 4

Dialah satu-satunya Pemilik hari Pembalasan dan perhitungan atas segala perbuatan, yaitu hari kiamat. Kepemilikan-Nya pada hari itu bersifat mutlak dan tidak disekutui oleh suatu apa pun.

5 dari 5 halaman

Tafsiran dari Surat Al Fatihah dan Artinya

5. Al-Fatihah dan artinya ayat 5

Atas dasar itu semua, hanya kepada Engkaulah kami menyembah dan beribadah dengan penuh ketulusan, kekhusyukan, dan tawakal, dan hanya kepada Engkaulah kami memohon pertolongan dalam segala urusan dan keadaan kami, sambil kami berusaha keras.

6. Al-Fatihah dan artinya ayat 6

Kami memohon, tunjukilah kami jalan yang lurus, dan teguhkanlah kami di jalan itu, yaitu jalan hidup yang benar, yang dapat membuat kami bahagia di dunia dan di akhirat, serta dapat mengantarkan kami menuju keridaan-Mu.

7. Al-Fatihah dan artinya ayat 7

Yaitu jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat kepadanya, berupa keimanan, hidayah, dan rida-Mu. Mereka itu, seperti dijelaskan dalam Surah an-Nisa' /4: 69, adalah:

1) Para nabi yang telah dipilih Allah untuk memperoleh bimbingan sekaligus ditugasi untuk menuntun manusia menuju kebenaran Ilahi;

2) Siddiqin, yaitu orang-orang yang selalu benar dan jujur, tidak ternodai oleh kebatilan, tidak pula mengambil sikap yang bertentangan dengan kebenaran;

3) Syuhada', yaitu mereka yang bersaksi atas kebenaran dan kebajikan, melalui ucapan dan tindakan mereka, walau harus mengorbankan nyawa sekalipun, atau mereka yang disaksikan kebenaran dan kebajikannya oleh Allah, para malaikat, dan lingkungan mereka; dan

4) Salihin, yaitu orang-orang saleh yang tangguh dalam kebajikan dan selalu berusaha mewujudkannya.

Jalan yang kami mohon itu bukan jalan mereka yang dimurkai, yang mengetahui kebenaran tetapi tidak mengikuti dan mengamalkannya, bahkan menentangnya, seperti sebagian kelompok Yahudi dan yang mengikuti jalan mereka, dan bukan pula jalan mereka yang sesat dari jalan kebenaran dan kebaikan, seperti sebagian kelompok Nasrani dan yang sejalan dengan mereka, sebab mereka enggan beriman dan mengikuti petunjuk-Mu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.