Sukses

Teknologi adalah Ilmu Tentang Tata Cara, Simak Contoh dan Pengertian Ahli

Liputan6.com, Jakarta - Teknologi adalah ilmu yang mengupas tuntas tentang tata cara tertentu. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) menjelaskan teknologi adalah bagian dari ilmu pengetahuan terapan atau praktis. Adanya pengertian teknologi ini berkembang pada abad ke-20.

Merriam Webster pun menjelaskan teknologi dengan definisi yang sama. Pengertian teknologi adalah suatu aplikasi atau penerapan dari sebuah ilmu pengetahuan secara praktis. Penerapan praktis ini dikhususkan pada ruang lingkup tertentu.

Teknologi adalah ilmu yang dikembangkan manusia untuk menciptakan tata cara tertentu, lebih mutakhir dan praktis atau memudahkan kehidupan. Contoh teknologi, hadir dalam bentuk berbagai mesin, alat komunikasi, dan lain sebagainya.

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang teknologi, pengertian teknologi menurut para ahli, dan contoh penerapan teknologi, Jumat (30/9/2022).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 3 halaman

Teknologi adalah Ilmu Tentang Tata Cara

Memahami teknologi adalah bagian dari ilmu pengetahuan terapan. KBBI menjelaskan teknologi adalah metode ilmiah untuk mencapai tujuan praktis. Teknologi menjadi sebuah keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia.

Asal usul istilah teknologi adalah berasal dari bahasa Inggris. Dalam buku berjudul Universal Technological Dictionary oleh George Crabb, istilah teknologi adalah dari kata “technology) yang telah berubah-ubah selama lebih dari 200 tahun terakhir. Sementara sebelum abad ke-20, istilah teknologi sudah tidak lazim dalam bahasa Inggris dan arti teknologi mulai merujuk pada penggambaran atau pengkajian seni terapan.

Teknologi adalah segala yang berhubungan dengan ilmu yang memudahkan kelangsungan hidup manusia. Seperti apa contoh seni terapan dari istilah teknologi yang sekarang?

Dalam buku berjudul Teknologi Informasi dan Komunikasi 1 SMP Kelas VII oleh Y. Maryono B. Patmi Istiana, teknologi memiliki pemaknaan sebagai perkembangan dan penerapan berbagai alat dan sistem untuk menyelesaikan persoalan yang dihadapi manusia khususnya dalam kehidupan sehari-hari. Berasal dari contoh ini, sebenarnya istilah teknologi memiliki arti tata cara.

Teknologi adalah ilmu yang dikembangkan manusia untuk menciptakan tata cara tertentu, lebih mutakhir dan praktis atau memudahkan kehidupan. Teknologi hadir dalam kehidupan manusia dalam bentuk mesin pabrik yang memudahkan kerja karyawan. Teknologi hadir dalam bentuk telepon genggam dan perangkat personal komputer untuk memudahkan komunikasi, serta lain sebagainya.

Ada enam jenis teknologi yang perlu diketahui. Ini jenis-jenis teknologi yang Liputan6.com lansir dari berbagai sumber:

1. Teknologi informasi adalah jenis teknologi yang dapat membantu manusia untuk menyampaikan informasi kepada orang lain dengan cepat dan efektif.

2. Teknologi komunikasi adalah jenis teknologi yang dapat membantu manusia dalam berkomunikasi satu sama lain, di mana mereka saling mengirimkan informasi menggunakan suatu perangkat tertentu.

3. Teknologi pendidikan adalah jenis teknologi yang berhubungan dengan dunia pendidikan, di mana kegiatannya memanfaatkan alat bantu tertentu.

4. Teknologi transportasi adalah jenis teknologi yang membantu manusia untuk berpindah dari satu lokasi ke lokasi lainnya dalam waktu cepat.

5. Teknologi medis adalah jenis teknologi yang berhubungan dengan ilmu kedokteran, di mana kegiatan medis sudah memanfaatkan teknologi medis.

6. Teknologi konstruksi adalah jenis teknologi yang berkaitan dengan struktur bangunan. 

3 dari 3 halaman

Pengertian Teknologi Menurut Para Ahli

Apabila sudah memahami pengertian teknologi secara umum dan contoh penerapan teknologi dalam kehidupan sehari-hari, selanjutnya pahami pengertian teknologi menurut para ahli. Ini penjelasan pengertian teknologi menurut para ahli yang Liputan6.com lansir dari berbagai sumber:

1. Pengertian Teknologi Menurut Capra (2004)

Pengertian teknologi adalah salah satu pembahasan sistematis atas seni terapan atau pertukangan. Hal ini mengacu pada literature dari Yunani yang menyinggung mengenai Technologia yang berasal dari kata techne yang berarti wacana seni.

2. Pengertian Teknologi Menurut Poerbahawadja Harahap

Pengertian teknologi adalah pada dasarnya mengacu pada sebuah ilmu pengetahuan yang menyelidiki tentang cara kerja di dalam bidang teknik, serta mengacu pula pada ilmu pengetahuan yang digunakan dalam pabrik atau industry tertentu. Definisi ini tentu saja sangat mengacu pada definisi praktis dari teknologi, yang banyak ditemukan pada pabrik-pabrik dan juga industry tertentu.

3. Pengertian Teknologi Menurut Naisbit (2002)

Pengertian teknologi adalah sebuah benda dan juga objek, serta bahan dan juga wujud yang berbeda dibandingkan dengan manusia biasa.

4. Pengertian Teknologi Menurut Manuel Castells

Pengertian teknologi adalah suatu kumpulan alat, aturan dan juga prosedur yang merupakan penerapan dari sebuah pengetahuan ilmiah terhadap sebuah pekerjaan tertentu dalam suatu kondisi yang dapat memungkinkan terjadinya pengulangan.

5. Pengertian Teknologi Menurut Toynbee

Pengertian teknologi adalah ciri dari adanya sebuah kemuliaan manusia, di mana hal ini membuktikan bahwa manusia tidak bisa hidup hanya untuk makan semata, namun membutuhkan lebih dari itu.

6. Pengertian Teknologi Menurut Gary J. Anglin

Pengertian teknologi adalah penerapan ilmu-ilmu perilaku serta alam dan juga pengetahuan lain dengan secara bersistem serta mensistem untuk memecahkan masalah manusia.

7. Pengertian Teknologi Menurut Read Bain (1937)

Pengertian teknologi adalah pada dasarnya meliputi semua alat, mesin, perkakas, aparat, senjata, perumahan, pakaian, peranti pengangkut dan komunikasi, dan juga keterampilan, dimana hal ini memungkinkan kita sebagai seorang manusia dapat menghasilkan semua itu.

8. Pengertian Teknologi Menurut Ursula Franklin (1989)

Pengertian teknologi adalah suatu cara praktis yang menjelaskan mengenai cara kita semua sebagai manusia membuat segala sesuatu yang berada di sekita sini.

9. Pengertian Teknologi Menurut Djoyohadikusumo (1994)

Pengertian teknologi adalah suatu bidang yang berkaitan erat dengan ilmu sains dan ilmu kerekayasaan atau ilmu engineering.

10. Pengertian Teknologi Menurut Rogers (1994)

Pengertian teknologi adalah suatu rancangan dari langkah instrumental untuk memperkecil keraguan mengenai hubungan sebab akibat dalam mencapai hasil yang diharapkan.

11. Pengertian Teknologi Menurut Saliman dan Sudarsono (1993)

Pengertian teknologi adalah suatu ilmu pengetahuan yang mempelajari mengenai pembangunan dan juga industri.

12. Pengertian Teknologi Menurut Sardar (1987)

Pengertian teknologi adalah sebuah sarana dalam memeceahkan masalah yang mendasar dari setiap peradaban manusia. Tanpa adanya penggunaan teknologi, maka hal ini akan menyebabkan banyak masalah tidak bisa terpecahkan dengan baik dan sempurna.

13. Pengertian Teknologi Menurut Jacques Ellil

Pengertian teknologi adalah keseluruhan metode yang dengan secara rasional mengarah serta memiliki ciri efisiensi dalam tiap-tiap kegiatan manusia.

14. Pengertian Teknologi Menurut Miarso

Pengertian teknologi adalah suatu bentuk proses yang meningkatkan nilai tambah. Proses yang berjalan dapat menggunakan atau menghasilkan produk tertentu, di mana produk yang tidak terpisah dari produk lain yang sudah ada.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.