Sukses

9 Cara Memelihara Kelinci bagi Pemula, Butuh Perhatian Khusus

Cara memelihara kelinci di rumah bagi pemula membutuhkan persiapan dan pengetahuan yang cukup.

Liputan6.com, Jakarta Cara memelihara kelinci bagi pemula dapat dilakukan dengan mudah di rumah. Kelinci merupakan salah satu hewan peliharaan yang populer. Banyak orang yang memelihara kelinci karena lucu dan menggemaskan, apalagi bulunya yang lembut membuat kelinci nyaman dijadikan teman bermain.

Cara memelihara kelinci di rumah bagi pemula membutuhkan persiapan dan pengetahuan yang cukup. Meskipun terlihat mudah, namun kelinci membutuhkan perawatan khusus supaya dapat sehat dan panjang umur.

Cara memelihara kelinci di rumah tidaklah sulit. Bagi anda yang masih pemula perlu untuk mengetahui tentang cara merawatnya dengan baik. Selain itu, cara memelihara kelinci juga membutuhkan ketelatenan dan kesungguhan.

Berikut ini Liputan6.com ulas mengenai cara memelihara kelinci bagi pemula yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (30/9/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Memelihara Kelinci bagi Pemula

1. Siapkan Kandang

Cara memelihara kelinci bagi pemula yang pertama adalah menyiapkan kandangnya. Ada beberapa pilihan untuk memelihara kelinci, bisa dipelihara di luar atau di dalam rumah. Mereka bisa ditempatkan di dalam kandang besar. Jika dikurung, mereka dapat melompat-lompat dengan leluasa, meskipun begitu kelinci tetap harus dikeluarkan dari kandang setidaknya beberapa jam setiap hari untuk berolahraga. Pastikan lokasi kandang kelinci tidak terisolasi dari Anda dan keluarga.

2. Periksa Area untuk Ruang Kelinci

Cara memelihara kelinci bagi pemula yang berikutnya adalah periksa area untuk ruang kelinci. Kelinci membutuhkan ruang untuk berlarian dan berolahraga. Untuk menciptakan tempat yang aman bagi kelinci, Anda perlu memeriksa area tersebut secara menyeluruh, untuk melindungi barang-barang Anda. Sebab, kelinci suka menggerogoti benda-benda yang disekitarnya. Sebaiknya tutupi barang-barang Anda dengan pelindung plastik.

3. Perhatikan Makanan Kelinci

Cara memelihara kelinci bagi pemula yang lainnya adalah memperhatikan makanannya. Kelinci tak hanya makan wortel. Mereka juga punya beragam makanan, salah satunya adalah jerami. Mereka suka jerami yang segar, terutama bayi kelinci. Untuk bayi kelinci sebaiknya diberi jerami jenis alfafa dan kelinci dewasa diberi pakan timothy, grass atau oat. Jaga jerami tetap kering supaya kelinci tetap nyaman. Berikan juga mereka sayuran dan buah-buahan seperti daun kangkung, seledri, apel, papaya dan tomat. Sebab kelinci punya pencernaan yang kompleks, sehingga sangat penting bagi mereka untuk mendapatkan makanan yang tepat. Jangan lupa juga beri mereka air putih secukupnya.

3 dari 4 halaman

Cara Memelihara Kelinci bagi Pemula

4. Menyediakan Air Bersih Untuk Minum

Cara memelihara kelinci bagi pemula yang selanjutnya adalah menyediakan air bersih untuk minum. Semua makhluk hidup tentu perlu minum air untuk menjaga kelangsungan hidupnya, begitu juga dengan kelinci. Anda perlu memastikan persediaan air minum yang bersih dan mengganti air minumnya setiap hari. Bersihkan juga wadah air secara berkala agar mencegah bakteri berkembang biak yang dapat membahayakan kesehatan kelinci.

5. Sediakan Kotak Kotoran

Cara memelihara kelinci bagi pemula yang selanjutnya adalah menyediakan kotak kotoran. Kelinci memiliki kecenderungan alami untuk buang air besar dan air kecil di satu area. Siasati hal ini dengan menyiapkan kotak kotoran berukuran sedang. Siapkan didekat mangkuk makanan atau air dan tempat pakan jerami. Jangan menggunakan serutan kayu dibagian bawah kotak kotoran karena tidak aman untuk kelinci.

6. Siapkan Mainan

Cara memelihara kelinci bagi pemula yang selanjutnya adalah menyiapkan mainan. Kelinci merupakan hewan peliharaan yang bisa mudah bosan. Mereka tidak hanya butuh ruang untuk berolahraga, tapi juga membutuhkan mainan agar menarik minatnya. Misalnya kastil karton sangat bagus karena kelinci menghabiskan berjam-jam untuk mengunyah. Kastil karton memberikan perlindungan yang aman bagi kelinci bila diperlukan.

4 dari 4 halaman

Cara Memelihara Kelinci bagi Pemula

7. Rawat Kelinci Sepenuh Hati

Cara memelihara kelinci bagi pemula yang selanjutnya adalah rawat kelinci dengan sepenuh hati. Kelinci adalah hewan yang bersih secara alami dan sering membersihkan dirinya sendiri. Namun, Anda tetap perlu merawat kelinci secara rutin dan sepenuh hati. Kelinci mengalami siklus berganti bulu beberapa kali dalam setahun. Maka penting untuk menyikat kelinci supaya menghilangkan semua bulu berlebihan. Jika tidak, kelinci Anda bisa menelannya dan mengalami masalah pencernaan yang serius.

8. Bawa ke Dokter Hewan

Cara memelihara kelinci bagi pemula yang selanjutnya adalah rutin membawanya ke dokter hewan. Kelinci merupakan hewan mangsa yang memiliki naluri alami, yaitu menyembunyikan gejala penyakit. Anda harus tetap waspada untuk memastikan kelinci Anda makan, minum, buang air besar, dan kencing secara teratur. Jika Anda melihat adanya perubahan perilaku, sebaiknya segera menghubungi dokter hewan.

9. Menjaga Kebersihan Kelinci

Cara memelihara kelinci bagi pemula yang tak kalah penting adalah menjaga kebersihan tubuh dan kandangnya. Bersihkanlah kandang kelinci setiap minggu. Pastikan kelinci tetap dalam pengawasan saat anda membersihkan kandang. Singkirkan jerami atau serutan kayu kotor dari dalam kandang. Lalu, cuci kandang dengan air hangat bersabun. Bilas bersih dan keringkan. Isi kandang dengan jerami atau serutan bersih.

Selain itu, sikat badan kelinci dengan sikat lembut untuk membersihkan bulunya setiap 1-2 hari. Kelinci tidak perlu dimandikan, kecuali jika benar-benar kotor dan tidak mampu membersihkan diri dengan baik. Bahkan, jika anda memiliki 2 kelinci, anda akan melihat kelinci-kelinci tersebut saling membantu merawat diri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.