Sukses

5 Manfaat Sistem Informasi Manajemen bagi Perusahaan, Permudah Pelaporan

Liputan6.com, Jakarta Manfaat sistem informasi manajemen sangatlah penting dalam keberlangsungan perusahaan atau bisnis. Sistem informasi manajemen dikenal juga dengan istilah SIM yang berasal dari bahasa Inggris yakni management information system.

Secara umum, pengertian sistem informasi manajemen adalah cara ilmiah untuk mengumpulkan, memproses, menyimpan dan mengkomunikasikan informasi yang berkaitan dengan berbagai kegiatan organisasi ke berbagai tingkat manajemen. 

Manfaat sistem informasi manajemen bagi perusahaan memainkan peran penting dalam organisasi bisnis. Manfaat sistem informasi manajemen bagi perusahaan mampu memberikan informasi yang cepat kepada manajemen. Manfaat sistem informasi yang utama adalah dapat mempermudah segala bentuk pelaporan dalam perusahaan atau bisnis.

Berikut ini Liputan6.com ulas mengenai manfaat sistem informasi manajemen beserta pengertian dan prosesnya yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (30/9/2022).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 5 halaman

Mengenal Sistem Informasi Manajemen

Pengertian sistem informasi manajemen adalah sistem perencanaan bagian dari pengendalian internal suatu bisnis yang meliputi pemanfaatan manusia, dokumen, teknologi, dan prosedur oleh akuntansi manajemen untuk memecahkan masalah bisnis seperti biaya produk, layanan, atau suatu strategi bisnis.

Sistem informasi manajemen digunakan untuk mendukung fungsi operasi, manajemen, analisis, dan pengambilan keputusan dalam sebuah organisasi. Sistem informasi manajemen menggunakan perangkat keras dan lunak komputer. Perangkat ini dipadukan dengan manajeman untuk analisis, perencanaan, pengendalian, dan pengambilan keputusan, dan database.

Dalam ilmu akademis, istilah sistem informasi manajemen berkaitan dengan dukungan dan otomasi pada pengambilan keputusan seperti sistem pakar, sistem pendukung keputusan, serta sistem informasi eksekutif.

3 dari 5 halaman

Pengertian Sistem Informasi Manajemen Menurut Para Ahli

Dikutip dari includehelp.com, terdapat beberapa pengertian sistem informasi manajemen menurut para ahli, diantaranya:

a. Bodnar dan Hopwood

Bodnar dan Hopwood mengartikan sistem informasi manajemen adalah sebagai suatu kumpulan perangkat keras juga perangkat lunak yang dirancang khusus untuk mentransformasikan data, dalam bentuk informasi yang berguna.

b. Ludwig Von Batalanfy

Menurut Ludwig, sistem informasi manajemen merupakan seperangkat unsur yang saling terkait dalam suatu antar relasi di antara unsur-unsur tersebut dengan lingkungan.

c. L. James Havery

Menurut L. James, sistem informasi manajemen merupakan sebuah prosedur logis dan rasional yang digunakan untuk merancang suatu rangkaian komponen yang berhubungan satu dengan yang lainnya. Hal ini juga berfungsi sebagai suatu kesatuan dalam usaha untuk mencapai suatu tujuan yang telah ditentukan.

d. Azhar Susanto

Menurut Azhar Susanto, sistem informasi manajemen adalah prosedur logis dan rasional untuk melakukan atau merancang suatu rangkaian komponen yang berhubungan satu sama lain.

4 dari 5 halaman

Manfaat Sistem Informasi Manajemen

Mengutip dari laman Yourarticlelibrary, terdapat beberapa manfaat sistem informasi manajemen bagi perusahaan adalah:

1. Sebagai perencanaan dan pengendalian

Manfaat sistem informasi manajemen bagi perusahaan adalah untuk perencanaan dan pengendalian manajemen yang efisien dan efektif. Manajemen adalah seni menyelesaikan sesuatu melalui orang lain. Sistem Informasi Manajemen akan berperan dalam menyelesaikan sesuatu dengan memberikan informasi yang cepat dan tepat waktu kepada manajemen.

2. Mempermudah pelaporan

Manfaat sistem informasi manajemen yang lainnya adalah untuk mempermudah segala bentuk laporan perusahaan. Laporan memberikan gambaran tentang kinerja manusia, material, mesin, uang dan manajemen. Laporan menyoroti pemanfaatan sumber daya yang digunakan dalam organisasi.

3. Mengendalikan biaya

Manfaat sistem informasi manajemen bagi perusahaan yang berikutnya adalah untuk membantu dalam mengendalikan biaya dengan memberikan informasi tentang waktu menganggur, perputaran tenaga kerja, pemborosan dan kerugian serta kapasitas surplus.

4. Membantu membuat perbandingan

Dengan membuat perbandingan kinerja aktual dengan standar dan kinerja yang dianggarkan, penyimpangan disampaikan kepada manajemen oleh sistem informasi manajemen bagi perusahaan yang dapat diperbaiki dengan mengambil langkah-langkah perbaikan.

5. Menunjukkan kekuatan manajemen

Manfaat sistem informasi manajemen bagi perusahaan yang lainnya adalah menunjukkan kekuatan manajemen yang menjadi poin kuat organisasi, untuk memanfaatkan peluang yang tersedia.

5 dari 5 halaman

Proses Manajemen

Proses manajemen sendiri didefinisikan sebagai aktivitas-aktivitas sebagai berikut ini:

1. Perencanaan

Formulasi terinci untuk mencapai suatu tujuan akhir tertentu adalah aktivitas manajemen yang disebut perencanaan. Oleh karena itu, perencanaan mensyaratkan penetapan tujuan dan identifikasi metode untuk mencapai tujuan tersebut.

2. Pengendalian

Perencanaan hanyalah setengah dari pertempuran. Setelah suatu rencana dibuat, rencana tersebut harus diimplementasikan, dan manajer serta pekerja harus memonitor pelaksanaannya untuk memastikan rencana tersebut berjalan sebagaimana mestinya. Aktivitas manajerial untuk memonitor pelaksanaan rencana dan melakukan tindakan korektif sesuai kebutuhan, disebut kebutuhan.

3. Pengambilan Keputusan

Proses pemilihan di antara berbagai alternatif disebut dengan proses pengambilan keputusan. Fungsi manajemen ini merupakan jalinan antara perencanaan dan pengendalian. Manajer harus memilih di antara beberapa tujuan dan metode untuk melaksanakan tujuan yang dipilih. Hanya satu dari beberapa rencana yang dapat dipilih. Komentar serupa dapat dibuat berkenaan dengan fungsi pengendalian.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.