Sukses

Al Huda Artinya Petunjuk, Pahami Makna dan Daftar Nama Lain Al-Qur’an

Liputan6.com, Jakarta Al Huda artinya merupakan salah satu nama lain dari Al-Qur’an. Al-Qur’an adalah kitab suci agama Islam yang berfungsi sebagai petunjuk bagi seluruh umat manusia. Al-Qur’an diturunkan oleh Allah SWT kepada Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Al-Qur’an berisi mengenai pedoman dan petunjuk manusia dalam berkehidupan di dunia maupun di akhirat. Al Huda artinya merupakan salah satu cerminan dari Al-Qur’an yang mana berisi pedoman hidup sesuai syariat Islam, serta berdasarkan hidayah dari Allah SWT.

Al-Qur’an memiliki banyak julukan yang perlu anda ketahui, salah satunya Al-Huda. Al-Huda artinya menjadi suatu hal yang perlu dipahami. Mempelajari dan mengamalkan Al Huda artinya sebagai cerminan Al-Qur’an wajib bagi setiap umat muslim.

Berikut ini Liputan6.com ulas mengenai Al Huda artinya dan nama lain Al-Qur’an lainnya yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Sabtu (1/10/2022).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Al Huda Artinya

Al Huda artinya petunjuk. Kata Al Huda sendiri merupakan bentuk mashdar (kata dasar) seperti At Tuqa dan As Sura, yang secara bahasa bermakna petunjuk, atau petunjuk yang disertai dengan kelemahlembutan.

Al Huda artinya ini sesuai dengan peran dan fungsi Al-Qur’an yakni memberi petunjuk, tuntunan, panduan, pedoman serta arahan bagi seluruh umat muslim. Sebagai petunjuk, Al Huda artinya dalam mencerminkan Al-Qur’an yang berisi pedoman dan petunjuk manusia dalam berkehidupan di dunia maupun di akhirat.

Sebagai petunjuk bagi orang yang bertakwa, sudah sepatutnya Al-Qur'an harus dibaca, dipahami, dan diamalkan sehingga manusia dapat mengikuti petunjuk itu ke jalan yang benar. Keterangan ini juga ditegaskan dalam Surat Al Baqarah ayat 2-4 yang artinya,

“Kitab (Al Quran) ini tidak ada keraguan padanya; petunjuk bagi mereka yang bertaqwa, (yaitu) mereka yang beriman kepada yang ghaib, yang mendirikan salat, danmenafkahkan sebahagian rezki yang Kami anugerahkan kepada mereka. dan mereka yang beriman kepada Kitab (Al Quran) yang telah diturunkan kepadamu dan Kitab-kitab yang telah diturunkan sebelummu, serta mereka yakin akan adanya (kehidupan) akhirat."

3 dari 4 halaman

Daftar Nama Lain Al-Qur’an

1. Al Kitab

Al Kitab merupakan nama lain dari Al-Qur’an yang dijelaskan dalam surat Al Baqarah ayat 2 berikut ini:

Zalikal-kitabu la raiba fih, hudal lil-muttaqin

Artinya: "Kitab (Al-Qur'an) ini tidak ada keraguan padanya; petunjuk bagi mereka yang bertakwa"

2. Al Furqan

Arti Al Furqan adalah pembeda. Penjelasan mengenai nama lain Al-Qur’an ini terdapat dalam surat Al Furqan ayat 1 berikut ini:

Tabarakallazi nazzalal-furqana 'ala 'abdihi liyak?na lil-'alamina nazira

Artinya: Mahasuci Allah yang telah menurunkan Furqan (Al-Qur'an) kepada hamba-Nya (Muhammad), agar dia menjadi pemberi peringatan kepada seluruh alam (jin dan manusia).

3. Ar Rahmah

Ar Rahmah merupakan nama lain Al-Qur’an yang berarti rahmat seperti yang dijelaskan dalam surat Al Isra ayat 82:

Wa nunazzilu minal-qur'ani ma huwa syifa'uw wa ra?matul lil-mu'minina wa la yaziduz-zalimina illa khasara

Artinya: Dan Kami turunkan dari Al-Qur'an (sesuatu) yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang yang beriman, sedangkan bagi orang yang zalim (Al-Qur'an itu) hanya akan menambah kerugian.

4. Ar Ruh

Ar Ruh memiliki arti Roh atau menghidupkan sesuatu. Pengertian dalam hal ini, roh disebut sebagai menghidupkan hati yang telah mati agar lebih dekat dengan Sang Pencipta. Berikut ini terdapat penjelasannya dalam surat Asy Syu'araa ayat 52, berbunyi,

Wa kazalika auhaina ilaika ruham min amrina, ma kunta tadri mal-kitabu wa lal-imanu wa lakin ja'alnahu nuran nahdi bihi man nasya'u min 'ibadina, wa innaka latahdi ila siratim mustaqim

Artinya: "Dan demikianlah Kami wahyukan kepadamu (Muhammad) ruh (Al-Qur'an) dengan perintah Kami. Sebelumnya engkau tidaklah mengetahui apakah Kitab (Al-Qur'an) dan apakah iman itu, tetapi Kami jadikan Al-Qur'an itu cahaya, dengan itu Kami memberi petunjuk siapa yang Kami kehendaki di antara hamba-hamba Kami. Dan sungguh, engkau benar-benar membimbing (manusia) kepada jalan yang lurus." (QS. Asy-Syu'araa: 52)

4 dari 4 halaman

Daftar Nama Lain Al-Qur’an

5. Al-Haq

Al-Haq artinya kebenaran. Nama lain Al-Qur’an ini tertuang di dalam Qur’an surat Al Baqarah ayat 147 yang berbunyi,

Al-ḥaqqu mir rabbika fa lā takụnanna minal-mumtarīn

Artinya: Kebenaran itu dari Tuhanmu, maka janganlah sekali-kali engkau (Muhammad) termasuk orang-orang yang ragu.

6. Asy Syifa

Arti Asy Syifa adalah obat. Maksudnya, Al-Qur’an diturunkan sebagai penyembuh dan penawar bagi umat manusia. Penyakit yang disembuhkan antara lain, seperti sombong, syirik, iri, dengki, dan ragu. Berikut ini terdapat penjelasannya dalam surat Yunus ayat 57, yang berbunyi,

Ya ayyuhan-nasu qad ja'atkum mau'iatum mir rabbikum wa syifa'ul lima fis-suduri wa hudaw wa ramatul lil-mu'minin

Artinya: "Wahai manusia! Sungguh, telah datang kepadamu pelajaran (Al-Qur'an) dari Tuhanmu, penyembuh bagi penyakit yang ada dalam dada dan petunjuk serta rahmat bagi orang yang beriman." (QS. Yunus: 57)

7. Al-Mauizhah dan Al-Bayan

Al-Mauizhah dan Al-Bayan memiliki arti nasehat dan penerangan. Nama lain Al-Qur’an ini tertulis di dalam surat Al-Imran ayat 138 yang berbunyi,

Hāżā bayānul lin-nāsi wa hudaw wa mau'iẓatul lil-muttaqīn

Artinya: Inilah (Al-Qur'an) suatu keterangan yang jelas untuk semua manusia, dan menjadi petunjuk serta pelajaran bagi orang-orang yang bertakwa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.