Sukses

8 Gejala Ambeien yang Sering Disepelekan, Perasaan Sering Ingin BAB

Liputan6.com, Jakarta Gejala ambeien dapat dikenali dengan beberapa perubahan bentuk pada anus hingga perasaan sering ingin buang air besar atau BAB. Ambeien merupakan kondisi pelebaran pembuluh darah di sekitar anus.

Mengetahui gejala ambeien dapat menjadi langkah pengobatan sejak awal. Ambeien merupakan penyakit yang umum terjadi pada orang dewasa. Kondisi ini erat kaitannya dengan gaya hidup yang tidak sehat.

Gejala ambeien pada satu orang dengan orang lainnya bisa berbeda-beda. Hal itu tergantung tingkat keparahan ambeien yang diderita. Kondisi ini perlu segera ditangani, supaya tidak menyebabkan rasa sakit.

Berikut ini Liputan6.com ulas mengenai gejala ambeien beserta penyebab dan cara mengatasinya yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Sabtu (1/10/2022).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 5 halaman

Gejala Ambeien

Berikut ini terdapat beberapa gejala ambeien yang dapat anda rasakan, yakni:

1. Munculnya darah segar menetes dari anus saat buang air besar

2. Gatal pada anus

3. Nyeri. Nyeri timbul akibat teriritasinya ambeien akibat bergesekan dengan pakaian atau saat duduk.

4. Nyeri hebat juga dapat timbul bila terdapat pembekuan darah pada ambeien

5. Tampak benjolan lembab di area anus yang berwarna merah muda (lebih terang) dari area sekitarnya

6. Muncul benjolan keluar dari anus pasca buang air besar, benjolan dapat masuk sendiri atau harus didorong terlebih dahulu

7. Pucat, mudah lemas, tidak mudah konsentrasi, bila telah terjadi komplikasi anemia akibat perdarahan yang berlebihan

8. Perasaan sering ingin buang air besar.

3 dari 5 halaman

Penyebab Ambeien

1. Mengejan Saat BAB

Penyebab ambeien yang pertama adalah seringnya mengejan saat buang air besar. Mengejan bisa menimbulkan efek penekanan pada plexus haemorrhoidalis atau pembuluh darah yang mengelilingi rektum dan anus.

Pembuluh darah inilah yang nanti akan merenggang karena mendapat tekanan tinggi dari dalam. Mengejan biasanya dipicu oleh konstipasi atau frekuensi buang air besar yang tidak lancar serta feses yang kering.

2. Makan Makanan Pedas

Makanan yang pedas memiliki banyak zat sehat, termasuk vitamin dan antioksidan. Tapi jika terlalu sering dimakan, makanan ini bisa berdampak buruk. Makan makanan pedas dapat menyebabkan diare. Kelebihan capsaicin, komponen berapi dari cabai pedas dan saus berbasis lada, dapat menyebabkan diare parah. Makanan manis atau pedas, serta makanan yang digoreng berminyak, dapat menyebabkan atau memperburuk diare. Untuk itu, adanya diare dapat menyebkan ambeien.

3. Kurang Minum Air Putih

Tidak minum cukup air dapat menyebabkan ambeien. Dehidrasi dapat menyebabkan sembelit yang dikaitkan dengan pengembangan ambeien. Tidak minum cukup air dapat membuat tinja lebih keras dan membuatnya lebih sulit untuk dikeluarkan, hal ini dapat membuat tinja sulit untuk dikeluarkan. Banyak bahan kimia dalam makanan dapat menyebabkan atau memperburuk gejala gatal dubur yang umum terjadi pada penderita ambeien. Makanan-makanan ini dapat secara langsung mengiritasi usus besar dan anus dan dapat mencakup cokelat, tomat, dan buah-buahan jeruk. Jadi pastikan untuk banyak minum air putih usai makan makanan ini.

4 dari 5 halaman

Penyebab Ambeien

4. Duduk di Kursi Lama

Jika Anda bekerja di depan komputer dan duduk dalam waktu lama, cobalah untuk melakukan peregangan. Duduk dalam waktu lama bisa memberi tekanan pada pembuluh darah. Sehingga membuat otot di pembuluh darah meregang dan membentuk ambeien.

Posisi duduk terlalu lama juga memberi tekanan besar pada otot punggung, leher, dan tulang belakang. Tak cuma duduk, berdiri terlalu lama tanpa istirahat juga dapat mengembangkan ambeien.

5. Duduk di Toilet Lama

Duduk atau jongkok di toilet yang terlalu lama yaitu lebih dari 5 menit setiap kalinya mungkin merupakan ide yang buruk. Saat jongkok atau duduk di toilet, otot-otot panggul secara alami rileks, untuk persiapan buang air besar. Otot anda dikondisikan mengendur ketika duduk di toilet. Ketika ini terjadi, darah mengalir lebih bebas untuk membentuk ambeien.

6. Mengangkat Beban Berlebihan

Berlatih gym dengan angkat beban dapat berdampak buruk bagi pertumbuhan ambeien. Mengangkat benda berat secara berulang dapat menyebabkan ambeien. Ambeien disebabkan ketika pembuluh darah di dekat anus membengkak yang sering terjadi ketika mengejan dan memberikan tekanan berlebihan pada perut.

Mengejan dan menahan napas sambil mengangkat beban dapat menyebabkan pembuluh darah di dekat anus menjadi bengkak. Dengan mendengus dan menahan napas saat mengangkat beban memaksa udara di paru-paru ke bawah, memberi tekanan pada organ-organ internal dan pembuluh darah di dubur.

7. Kekurangan Serat

Makanan yang Anda konsumsi setiap hari dapat berpengaruh pada kondisi kesehatan. Jika Anda mengonsumsi makanan kurang serat, Anda bisa mengalami sembelit. Ketika mengalami sembelit, Anda dapat mengejan dan menahan secara berlebihan dalam upaya untuk mendorong tinja keluar dari tubuh.

Tekanan ini dapat memengaruhi pembuluh darah di dubur dan saluran anal serta akhirnya menyebabkan pembentukan ambeien. Pola makan rendah serat dikaitkan dengan peningkatan risiko untuk mengembangkan ambeien. Serat tidak larut pada makanan membantu mencegah ambeien.

5 dari 5 halaman

Cara Mengatasi Ambeien Secara Medis

Apabila anda mengalami gejala ambeien di atas, segeralah untuk periksa ke dokter. Dokter mungkin akan memberikan rekomendasi pengobatan medis, sepert:

1. Dengan obat ambeien dalam bentuk krim dan obat supositori dapat membantu meredakan gejala-gejala seperti rasa nyeri dan gatal akibat penyakit ambeien

2. Menjalani operasi pengangkatan penyakit ambeien. Operasi angkat ambeien disebut juga dengan hemoroidektomi. Hemoroidektomi adalah cara mengobati penyakit ambeien berat dan kambuhan yang paling efektif. Hemoroidektomi akan mengangkat jaringan berlebih yang menyebabkan pendarahan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.