Sukses

AM Artinya Sebelum Tengah Hari, Kenali Bedanya dengan PM Sebagai Penanda Waktu

AM artinya penanda waktu sebelum tengah hari dalam bahasa Inggris.

Liputan6.com, Jakarta AM artinya sebelum tengah hari sebagai penanda waktu. Penggunaan pananda waktu AM dan PM ini berkaitan dengan format waktu 12 jam. Penggunaan waktu dalam bahasa Inggris ini dinyatakan sampai angka 12 saja, tidak ada jam 13.00 ataupun 20.00.

Perbedaan penandaan waktu ini berbeda dengan yang biasa digunakan di Indonesia, yaitu format 24 jam. Format ini memungkinkan kamu mengenal angka hingga 24 pada jam. Jadi, kamu bisa menyebutkan jam 15.00 atau bahkan jam 23.00. 

AM artinya penanda waktu sebelum tengah hari dalam bahasa Inggris. Selain AM, kamu juga perlu mengenali penanda waktu lainnya, yaitu PM. AM artinya sebelum tengah hari, dan PM artinya setelah tengah hari.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Minggu (2/10/2022) tentang arti AM.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Perbedaan AM dan PM

AM artinya sebelum tengah hari atau before midday. Am artinya Ante Meridiem dalam bahasa Latin. Hal ini berbeda dengan PM, yang artinya setelah tengah hari atau after midday. Dalam bahasa Latin yaitu Post Meridiem. Perbedaan AM dan PM tentunya terlihat jelas dari waktu menggunakannya ini.

Sebagai penanda waktu dengan format 12 jam AM dan PM membagi waktu menjadi sebelum tengah hari dan setelah tengah hari. AM artinya digunakan sebelum tengah hari atau before midday, sedangkan PM digunakan setelah tengah hari.

AM artinya penggunaannya berlaku pada jam 00.00-11.59. AM artinya digunakan mulai dari tengah malam, dini hari, hingga pagi menjelang siang tiba. Jadi, AM artinya penanda waktu yang digunakan mulai dari tengah malam hingga pagi hari sebelum siang. Sementara itu, penggunaan PM berlaku pada jam 12.00-11.59 atau 12.00-23.59 (jika menggunakan format 24 jam). Berlaku mulai dari tengah hari (siang), sore, hingga malam tiba.

3 dari 5 halaman

Penulisan AM dan PM Beserta Contohnya

Setelah mengenali perbedaan AM dan PM, kamu juga perlu mengetahui penulisan dari keduanya. Masih banyak orang yang bingung dengan penulisannya karena memang bisa menggunakan beberapa opsi. Berikut beberapa perbedaan AM dan PM dalam penulisannya:

- AM – PM

- am – pm

- A.M. – P.M.

- a.m – p.m

Kamu bisa menuliskannya seperti contoh berikut ini:

7AM (Penulisan dengan huruf kapital tanpa titik dan spasi)

7 AM (Penulisan dengan huruf kapital tanpa titik, tapi dengan spasi)

7 pm (Penulisan dengan huruf kecil tanpa titik, tapi dengan spasi)

7.00 p.m. (Penulisan dengan huruf kecil disertai titik dengan spasi)

7:15 a.m. (Penulisan dengan huruf kecil disertai titik dan titik dua dengan spasi)

9:15 P.M. / 9.15 P.M. (Penulisan dengan huruf kapital disertai titik atau titik dua dengan spasi)

Perbedaan AM dan PM seringkali menimbulkan kebingungan saat penulisan tengah hari atau tengah malam, yaitu tepat pada jam 12. Dalam format 24 jam, kamu bisa menyebutkan 00.00 atau 24.00 untuk tengah malam, dan 12.00 untuk tengah hari (siang).

Namun, hal ini tentunya berbeda dengan format 12 jam. Keduanya ditulis dengan angka 12. Hal ini tentunya membingukan saat memasuki jam 12, apakah kamu harus menggunakan AM atau PM. Oleh karena itu, biasanya digunakan 12 noon untuk menunjukkan siang, dan 12 midnight untuk menunjukkan tengah malam.

4 dari 5 halaman

Tabel AM dan PM

Perbedaan AM dan PM dalam tabel tersebut tentunya dapat membuat kamu lebih paham dengan kedua pembagian waktu format 12 jam tersebut. Kamu juga bisa membedakannya dengan pembagian waktu dengan format 24 jam.

 

5 dari 5 halaman

Contoh Penggunaan AM dan PM dalam Kehidupan Sehari-hari

AM Artinya penanda waktu sebelum tengah hari. Perbedaan AM dan PM akan lebih kamu pahami dengan mengenali berbagai contoh penggunaannya. Berikut beberapa contoh penggunaan AM dan PM pada kehidupan sehari-hari:

Contoh Penggunaan AM dan PM dalam Kehidupan Sehari-hari

1. I wake up every day at 4 AM

2. Mom arrives home at 4 PM

3. My brother goes to school at 6 AM

4. Dad returns from work at 5 AM

5. She drives to the hospital at 8 AM

6. My sister goes to sleep at 9 PM

7. Agus: “Hey, Put! I forgot to wear my watch. Could you please tell me what time is by your watch?”

Putra: “Oh sure, Gus. It is 09:35 AM”

8. Udin: “Hey, Dwi! I forgot to wear my watch. Could you just tell me what time is by your watch?”

Dwi: “Oh sure, Din. It is 3 PM”

9. Putra: What time is it now Din?

Udin: It is 2 PM

10. Dwi: Hey Gus, what time do you go to work?

Agus: I usually go to work at 7 AM

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.