Sukses

Cara Membuat Lilin Aromaterapi Sendiri di Rumah, Mudah untuk Pemula

Liputan6.com, Jakarta Cara membuat lilin aromaterapi bisa kamu praktikkan di rumah. Lilin aromaterapi merupakan pemberi sensasi rileks yang baik dipakai di dalam ruangan. Kamu akan tenang saat menghirup aromanya yang harum.

Cara membuat lilin aromaterapi juga tidak sulit. Kamu cukup mengumpulkan bahan-bahan yang mudah ditemukan dan mengikuti langkah-langkah mudahnya. Jadi, kamu tidak perlu lagi membeli lilin aromaterapi yang telah jadi.

Membuat sendiri lilin aromaterapi juga tentunya lebih menghemat pengeluaran kamu. Apalagi, bahan-bahannya biasanya hanya terdiri dari lilin biasanya dan minyak esensial lainnya. Kamu bahkan bisa menjual lilin aromaterapi yang kamu buat untuk usaha sampingan.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Minggu (2/10/2022) tentang cara membuat lilin.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Bahan-Bahan dalam Membuat Lilin Aromaterapi

Sebelum mengenali cara membuat lilin aromaterapi, kamu tentunya perlu mengumpulkan bahan-bahannya terlebih dahulu. Bahan-bahan ini sangat penting diperhatikan dalam mengikuti cara membuat lilin aromaterapi. Berikut bahan-bahan yang dibutuhan dalam emmbuat lilin aromaterapi:

- Lilin biasa. Sebagai bahan dasar, kamu bisa menyiapkan lilin putih biasa. Siapkan 4 sampai 5 batang.

- Minyak aromaterapi. Untuk memberi aroma, kamu bisa menggunakan minyak aromaterapi atau minyak esensial. Ada banyak macam aroma yang bisa digunakan mulai dari lavender, melati, mawar, green tea, hingga rempah.

- Wadah untuk lilin. Wadah ini berfungsi untuk menempatkan hasil lilin aromaterapi buatanmu. Kamu bisa menggunakan gelas, kaleng bekas, toples, atau mangkok kecil.

- Sumbu. Sumbu sangat penting untuk api dinyalakan. Kamu bisa memanfaatkan sumbu yang ada di lilin biasa. Kamu juga bisa membeli sumbu sendiri sebagai cara membuat lilin aromaterapi.

- Panci dan mangkok. Panci digunakan untuk melelehkan lilin. Lilin nantinya ditempatkan di mangkok dan diletakkan di tengah panci berisi air. Jadi pastikan untuk memilih mangkok yang bisa menghantarkan panas. Hindari menggunakan mangkok plastik karena bisa ikut meleleh.

- Pewarna makanan. Kamu bisa memberi warna untuk lilin aromaterapi dengan pewarna makanan. Namun, cara membuat lilin aromaterapi ini bersifat opsional.

- Tusuk gigi atau tusuk sate. Tusuk ini digunakan untuk memasang sumbu lilin agar tetap berada di bagian tengah.

3 dari 4 halaman

Cara Membuat Lilin Aromaterapi

Cara membuat lilin aromaterapi adalah sebagai berikut:

1. Cara membuat lilin aromaterapi adalah menyiapkan wadah untuk lilin. Sesuaikan panjang sumbu dengan panjang wadah. Ikatkan bagian atas sumbu pada tusuk gigi atau tusuk sate. Tempatkan tusuk gigi di bagian tengah wadah dengan sumbu menjulur di bawahnya.

2. Ambil 4 sampai 5 batang lilin biasa berwarna putih. Hancurkan lilin menjadi potongan-potongan kecil agar lebih mudah dilelehkan. Pisahkan lilin dengan sumbunya.

3. Masukkan ke dalam mangkok. Isi panci dengan air hingga memenuhi setengah panci. Lalu didihkan air.

4. Setelah mendidih, letakkan mangkok berisi lilin di atas air panci. Biarkan mangkok mengapung.

5. Tunggu sampai lilin mencair sambil diaduk. Setelah mencair, tambahkan dua tetes pewarna makanan hingga lilin berubah warna.

6. Matikan kompor, terus aduk lilin.

7. Teteskan minyak aromaterapi sebelum mengeras. Aduk hingga larut. Kamu bisa mengatur jumlah tetesan minyak aromaterapi yang ingin kamu berikan. Biasanya 10 tetes minyak cukup hingga 500 gram lilin.

8. Setelah larut, tuangkan lilin ke dalam wadah yang sudah dipasang sumbu sebelumnya.

9. Diamkan hingga lilin mengeras. Setelah mengeras gunting sumbu tepat di bawah ikatannya dengan tusuk gigi.

10. Lilin aromaterapi siap digunakan.

Itulah cara membuat lilin aromaterapi yang bisa kamu ikut. Kamu bisa menjadikan lilin aromaterapi sebagai usaha atau untuk dijual.

4 dari 4 halaman

Cara Membuat Lilin Aromaterapi Lavender

Kamu juga bisa menerapkan cara membuat lilin aromaterapi lavender yang juga cukup praktis dipraktikkan. Berikut bahan-bahan dan langkah membuat lilin aromaterapi lavender:

Bahan-bahan:

- Paraffin/ beeswax/ potongan lilin

- Benang kasur

- Minyak lavender

- Pewarna/ krayon/ cat minyak

- Panci kecil

- Kaleng bekas

- Gelas kecil transparan

- Tusuk satai, dengan ukuran lebih panjang daripada diameter mulut gelas

Cara membuat lilin aromaterapi lavender:

1. Didihkan air di dalam panci

2. Lelehkan parafin dengan cara memasukan kaleng bekas berisi parafin ke dalam panci air. Jaga agar air tidak masuk dan bercampur dengan parafin.

3. Setelah parafin meleleh, tambahkan potongan crayon atau pewarna secukupnya sesuai dengan seleramu, kemudian aduk menggunakan pengaduk kayu.

4. Siapkan gelas sebagai cetakan, agar benang kasur untuk sumbu lilin tegak dan berada di tengah, ikat di batang lidi dan posisikan di tengah gelas.

5. Setelah parafin, dan pewarna tercampur sempurna, masukkan minyak essensial aroma lavender sekitar 10 tetes lalu angkat kaleng dari panci.

6. Masukkan bahan ke cetakan gelas transparan. Tunggu hingga kering.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.