Sukses

8 Cara Membersihkan Kotoran Telinga yang Benar dengan Bahan Alami

Liputan6.com, Jakarta Cara membersihkan kotoran telinga perlu diperhatian oleh setiap orang. Pasalnya, kebanyakan orang mungkin masih menggunakan coton bud untuk membersihkan telinganya. Padahal, cara ini malah membuat kotoran semakin masuk ke dalam telinga.

Kotoran telinga atau serumen biasanya berupa gumpalan lunak yang diproduksi kelenjar minyak di liang telinga. Kotoran ini berfungsi untuk melindungi telinga, menangkap debu, menghambat pertumbuhan kuman, serta menjaga agar air tidak masuk ke dalam telinga.

Cara membersihkan kotoran telinga perlu kamu lakukan jika telah menumpuk. Kotoran telinga sebenarnya tidak akan menyebabkan gangguan, jika jumlahnya tidak berlebihan. Namun, bila kotoran telinga telah menumpuk, kamu perlu membersihkannya denganc ara yang benar.

Memasukkan sesuatu ke dalam telinga bukanlah cara yang tepat untuk membersihkan kotoran telinga, termasuk cotton bud. Alasan dokter tidak menganjurkan untuk memasukkan sesuatu ke dalam telinga, karena telinga memiliki mekanisme alami untuk membersihkan dirinya sendiri. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Minggu (2/10/2022) tentang cara membersihkan kotoran telinga.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Cara Membersihkan Kotoran Telinga

Baby Oil

Cara membersihkan kotoran telinga yang benar bisa menggunakan baby oil. Cara membersihkan kotoran telingan ini tentunya sangat mudah dilakukan, apalagi baby oil bisa kamu temukan di warung kelontong terdekat di tempat tinggalmu. Harga dari baby oil ini pun juga cukup murah, sehingga tidak akan menguras kantong. Cara membersihkan kotoran telingan dengan baby oil yaitu dengan meneteskan sedikit saja baby oil tersebut langsung ke dalam telinga. Lalu tutup lubang telinga dengan kain atau benda yang aman selama beberapa menit.

Air Hangat

Cara membersihkan kotoran telinga yang kedua bisa dengan melakukan pembilasan menggunakan air hangat. Terkadang, kotoran telinga bisa keluar sendiri oleh tekanan ringan dari pembilasan air. Cara membersihkan kotoran telinga ini yaitu dengan membeli bola karet lembut yang dibuat untuk membersihkan telinga, dan isi dengan air hangat. Miringkan kepala ke samping dengan handuk tebal atau baskom di bawah telinga. Peras bola karet dengan lembut sehingga air hangat menetes ke telinga. Biarkan air mengalir ke handuk atau baskom.

Kamu juga bisa melakukan cara membersihkan kotoran telinga ini di atas mangkuk, sehingga dapat melihat apakah ada kotoran telinga yang jatuh. Pembilasan ini dapat dikombinasikan dengan salah satu metode yang direkomendasikan sebelumnya. Lakukan pembilasan 5 hingga 15 menit setelah menggunakan baking soda, hidrogen peroksida, atau minyak.

3 dari 4 halaman

Cara Membersihkan Kotoran Telinga

Minyak Zaitun

Cara membersihkan kotoran telinga ini paling aman untuk mengeluarkan kotoran telinga. Celupkan sepotong kapas ke minyak zaitun hangat. Peras untuk mengurangi kelebihan minyak lalu letakkan kapas di telinga. Keluarkan kapas setelah 15 menit. Ulangi cara ini hingga kotoran berkurang.

Cuka Apel

Selain minyak zaitun, cuka apel merupakan resep rumahan yang cukup efektif sebagai cara membersihkan kotoran telinga. Miringkan kepala ke samping kemudian teteskan 2 atau 3 tetes cuka apel dan beri gulungan bola kapas di telinga dan biarkan selama 1 jam. Ulangi proses hingga kamu merasa nyaman.

Minyak Kelapa

Minyak kelapa merupakan bahan yang sangat baik sebagai cara membersihkan kotoran telinga. Kandungan asam lemak pada minyak kelapa bisa membersihkan kotoran telinga. Selain itu, minyak kelapa sangat baik dalam membantu telinga melawan infeksi dan berbagai bakteri.

Cara membersihkan kotoran telinga dengan minyak kelapa, bisa dengan memanaskan sedikit. Kemudian lanjutkan dengan membiarkannya sedikit dingin. Gunakan pipet tetes untuk memasukkan beberapa tetes minyak ke dalam telinga. Lalu, diamkan minyak kelapa selama 5 menit, dan bersihkan menggunakan kain pembersih telinga.

4 dari 4 halaman

Cara Membersihkan Kotoran Telinga

Menggunakan Obat Tetes Telinga

Cara membersihkan kotoran telinga berikutnya tentu saja menggunakan obat tetes telinga. Carilah obat tetes yang mengandung hidrogen peroksida atau jenis peroksida lainnya. Peroksida bekerja dengan baik untuk memecah kotoran telinga. Kemudian aplikasikan cairan tersebut dengan menerapkan langkah berikut:

- Berbaring menyamping: Pastikan telinga yang kamu bersihkan menghadap ke atas dan tambahkan tetes sesuai petunjuk.

- Biarkan larutan pembersih menempel di telinga selama sekitar lima menit. Ini memungkinkan cairan meresap dan melembutkan semuanya.

- Saat duduk, cairan harus keluar bersama dengan kotoran telinga yang terlepas. Siapkan tisu untuk menampung semuanya.

Gliserin

Kamu juga bisa menggunakan gliserin sebagai cara membersihkan kotoran telinga. Tuangkan 2 atau 3 tetes gliserin ke telinga lalu bersihkan dengan kapas. Ulangi sampai telinga bersih.

Minyak Almond

Minyak almond memiliki berbagai kandungan nutrisi seperti vitamin E yang akan baik dalam menjaga kelembapan kulit. Cara membersihkan kotoran telinga dengan minyak almond ini sangat baik untuk melunakkan kotoran telinga yang sudah terlanjur mengeras. Untuk mempraktikkan cara membersihkan telinga ini bisa dengan bantuan pipet tetes, lalu teteskan minyak almond ini ke dalam telinga. Setelah itu, diamkan minyak almond selama beberapa menit, lalu bersihkan kotoran telinga yang muncul dengan kain halus.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.