Sukses

Arti Masyaallah Tabarakallah Adalah Ekspresi Takjub, Berikut Hikmah dan Cara Jawab

Liputan6.com, Jakarta Ucapan Masyaallah Tabarakallah mungkin tidak terdengar asing bagi kita. Namun apa sebenarnya arti Masyaallah Tabarakallah? Hal ini tentu penting untuk diketahui. Jangan sampai kita hanya bisa mendengar dan mengucapkannya tanpa tahu makna dan artinya.

Secara sederhana, arti Masyaallah Tabarakallah adalah sebuah ekpresi rasa takjub dan kekaguman. Masyaallah Tabarakallah adalah sebuah ekspresi yang dapat diucapkan ketika kita menghadapi berbagai suatu situasi dan kondisi yang membuat kita merasa takjub dan kagum.

Arti Masyaallah Tabarakallah dapat kita ketahui dengan menguraikan artinya masing-masing, yakni arti dari Masyaallah dan arti dari Tabarakallah. Masyaallah sendiri artinya adalah inilah yang dikehendaki oleh Allah. Sedangkan Tabarakallah artinya adalah Allah Maha Berkah.

Untuk lebih memahami arti Masyaallah Tabarakallah, berikut adalah uraiannya berdasarkan sumber-sumber yang dirangkum Liputan6.com pada Senin (3/10/2022).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Arti Masyaallah Tabarakallah

Arti Masyaallah Tabarakallah dapat diketahui dalam situasi seperti apa lafal tersebut diucapkan. Selain itu, arti Allah Maha Berkah juga dapat diketahui dari arti dari setiap ucapan tersebut.

Yang jelas, Masyaallah Tabarakallah adalah gabungan dari dua ungkapan, yakni Masyaallah dan Tabarakallah. Masyaallah sendiri memiliki dua arti, "Inilah yang diinginkan oleh Allah" dan "Apa yang dikehandaki oleh Allah, itulah yang terjadi."

Dikutip dari Muslim.or.id, dalam kitab Tafsir Al Quranul Karim Surat Al Kahfi, Syaikh Muhammad bin Shalih Al ‘Utsaimin menjelaskan bahwa kalimat “Masya Allah” memiliki dua makna, yakni “inilah yang diinginkan oleh Allah” dan “apa yang dikehendaki oleh Allah, maka itulah yang akan terjadi”.

Sementara itu, Tabarakallah merujuk pada kekaguman yang ditujukan untuk segala makhluk ciptaan Allah SWT. Mulai dari manusia, hewan, tumbuhan, dan lain sebagainya. Di dalam Al-Qur’an, arti tabarakallah berarti Maha Berkah, Maha Suci, dan Maha Tinggi. Ibnu Katsir menafsirkannya sesuai arti sebenarnya. Sementara Kementerian Agama Arab Saudi menafsirkan sebagai berkah yang banyak dan luas.

Jika dilihat dari penafsiran, arti tabarakallah tidak tepat ditujukan sebagai ungkapan doa. Ketika mengungkap kekaguman, arti tabarakallah baiknya disandingkan dengan ungkapan MasyaAllah. Bunyinya menjadi masyaallah tabarakallah.

Ketika kedua kata ini disandingkan, artinya akan saling berkesinambungan. Arti masyaallah adalah apa yang dikehendaki oleh Allah SWT, maka itulah yang terjadi. Lalu ketika dilanjutkan dengan tabarakallah, akan menjadi ungkapan kekaguman untuk memuji Allah SWT secara lengkap. Jadi, itulah arti masyaallah tabarakallah.

Dari penjelasan tersebut dapat disimpulkan bahwa secara sederhana, arti MasyaAllah Tabarakallah adalah "Inilah yang dikehendaki Allah, Allah Maha Berkah," yang diucapkan untuk mengekspresikan rasa kagum dan takjub karena Allah telah berkehendak sehingga suatu kondisi seperti terciptanya alam semesta ini terjadi.

3 dari 4 halaman

Menjawab Ucapan MasyaAllah Tabarakallah

Seperti halnya menjawab kalimat tahmid, yang diucapkan seseorang setelah bersin, kalimat MasyaAllah Tabarakallah pun juga perlu mendapatkan jawaban dari seseorang yang memberikan jawaban atau respons. Berikut adalah cara menjawabnya.

Jawaban Masyaallah

Saat mendengar masyaallah terucap dari seorang muslimin, maka hendaknya kamu memberikan respon dengan ucapan yang baik. Balasan yang dapat diucapkan oleh seorang muslim saat mendengar Masyaallah adalah dengan istilah berikut:

"Wafiika barakallah"

Artinya:

Semoga Allah memberkatimu juga.

Masyaallah tabarakallah artinya sama-sama merupakan pujian terhadap kuasa Allah SWT. Maka hal tersebut semakin memperjelas bahwa seorang manusia bukanlah makhluk yang sempurna tanpa karunia dan berkah dari Allah SWT atas segala sesuatu dan kemampuan akal pemberian-Nya.

Jawaban Tabarakallah

Saat mendengar tabarakallah dari orang lain, hendaknya umat Islam juga memberikan tanggapan dengan ucapan yang baik pula. Balasan ucapan yang tepat untuk tabarakallah adalah:

“Jazakallah khair”

Jazakallah khair adalah sebuah ucapan yang berarti Allah SWT akan membalasmu dengan kebaikan.

Ucapan lain yang juga dapat menjadi balasan dari istilah tabarakallah adalah:

“Barakallah fii”

Artinya: semoga Allah memberkahimu.

Kedua kalimat tersebut juga sama-sama memiliki doa dan pujian yang dipanjatkan kepada Allah SWT. Hal tersebut dapat bermakna bahwa umat Islam bukanlah makhluk yang sempurna tanpa karunia dan berkah dari Allah SWT atas kemampuan serta akal manusia.

4 dari 4 halaman

Hikmah Mengucapkan MasyaAllah Tabarakallah

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, arti MasyaAllah Tabarakallah adalah inilah yang dikehendaki Allah, Allah Maha Berkah. Itu merupakan bentuk ekspresi pada apa yang Allah kehendaki sehingga membuat kita merasa taknjub dan kagum.

Selain sebagai bentuk ekspresi kekaguman dan rasa takjub, kalimat MasyaAllah Tabarakallah juga dapat menghadirkan hikmah bagi yang mengucapkannya ketika merasa takjub dan kagum.

Syaikh Abdul Aziz bin Baz mengatakan, “disyariatkan bagi orang mukmin ketika melihat sesuatu yang membuatnya takjub hendaknya ia mengucapkan ‘Masya Allah‘ atau ‘Baarakallahu Fiik‘ atau juga ‘Allahumma Baarik Fiihi‘ sebagaimana firman Allah SWT dalam QS Al-Kahfi Ayat 39:

“Dan mengapa kamu tidak mengatakan waktu kamu memasuki kebunmu "maasyaallaah, laa quwwata illaa billaah (sungguh atas kehendak Allah semua ini terwujud, tiada kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah). Sekiranya kamu anggap aku lebih sedikit darimu dalam hal harta dan keturunan.”

Mengucapkan masyaallah akan menjauhkan manusia dari sifat dengki dan iri lantaran pemberian yang begitu melimpah di kehidupannya di dunia kepada orang lain. Padahal, dengki merupakan sifat manusia yang tidak disenangi oleh Allah SWT.

Maka, dengan mengucap dan memahami arti masyaallah, manusia menjadi lebih tenang sebab semua pemberian Allah SWT dapat sewaktu-waktu juga terjadi di dalam kehidupan kita. Sebaliknya, semua pemberian Allah yang telah ada di dalam hidup kita juga dapat diambil sewaktu-waktu tanpa disadari.

Mengucap tabarakallah disebut dapat menjauhkan manusia dari sifat dengki hingga takabur atau sombong. Sebab, Allah SWT memang tidak menyukai hamba-Nya yang memiliki sifat dan sikap sombong terhadap apa yang menjadi miliknya.

Maka dengan mengucap dan memahami arti tabarakallah, manusia yang memiliki kelebihan hingga dirinya pun merasa terkagum akan selalu mengingat akan kuasa Allah SWT atas hidupnya. Ia tak lebih dari seorang hamba Allah SWT yang sewaktu-waktu dapat merasakan kehidupan yang berbalik dengan keadaannya saat ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.