Sukses

15 Manfaat Daun Binahong Merah untuk Kesehatan, Sembuhkan Luka Hingga Penyakit Otak

Liputan6.com, Jakarta Manfaat daun binahong merah didapat dari kandungannya yang kaya akan Saponin, Atsiri Oil, Alkaloid, Asam Askorbat hingga Antioksidan. Binahong merupakan tanaman yang biasa merambat di tembok atau pagar, daun binahong merah ini mudah ditemui di beberapa negara seperti Korea Selatan, China, Madagaskar, dan Indonesia.

Daun ini juga dikenal dengan nama Heartleaf maderavine madevine karena bentuknya yang menyerupai tanda hati. Tidak hanya bentuknya saja yang menarik perhatian, manfaat daun binahong merah untuk kesehatan juga menarik untuk diketahui.

Untuk bisa mendapatkan manfaat daun binahong merah, biasanya daun ini akan diolah dengan cara direbus atau dijemur dan dikonsumsi ekstraknya. Menjadi salah satu tumbuhan yang dijadikan bahan dasar obat alternatif sejak jaman dulu, manfaat daun binahong merah bisa untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Lebih lengkapnya, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber tentang manfaat daun binahong merah bagi kesehatan. Senin (3/10/2022).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 6 halaman

Manfaat Daun Binahong Merah Untuk Kesehatan

1. Menyembuhkan Luka

Manfaat daun binahong merah yang pertama adalah untuk menyembuhkan luka. Daun binahong mengandung minyak atsiri dan asam askorbat yang dapat membantu menyembuhkan luka. Anda cukup menumbuknya sampai halus lalu mengoleskannya pada luka anda.

Ini dapat membantu Anda menyembuhkan hampir setiap luka. Tapi, jika luka nya agak parah, anda harus menutup luka anda dengan perban setelah anda mengoleskan daun binahong untuk melindungi luka anda dari bakteri. Itulah manfaat daun binahong untuk kesehatan.

 

2. Membantu Menstruasi

Beberapa wanita akan mengalami dismenore ketika memasuki periode menstruasi. Banyak sekali ramuan yang bisa menjadi obat pereda nyeri dismenore, salah satunya yang terbuat dari daun binahong. Daun binahong akan membantu anda menjalani menstruasi dengan lebih nyaman. Ambil 3 lembar daun lalu rebus di dalam air sampai matang.

 

3. Menyembuhkan Disentri

Disentri merupakan salah satu penyakit sistem pencernaan yang perlu disembuhkan. Jika Anda terlalu takut untuk berkonsultasi dengan dokter atau mengonsumsi obat-obatan tertentu, Anda bisa mencoba pengobatan alami. Salah satunya dengan mengkonsumsi ramuan yang terbuat dari daun binahong.

Untuk membuat ramuannya, anda perlu mengambil setidaknya 10 lembar daun binahong lalu merebusnya dalam 2 gelas air. Rebus sampai airnya mengepul agar bisa dibuat untuk 1 gelas saja. Anda harus mengkonsumsinya setidaknya sekali sehari sampai anda sembuh dari disentri.

3 dari 6 halaman

Manfaat Daun Binahong Merah Untuk Kesehatan

4. Perawatan Kulit

Manfaat daun binahong merah bagi kesehatan lainnya adalah untuk merawat kulit. Hal ini karena daun binahong mengandung antioksidan yang dibutuhkan kulit kita agar tetap sehat dan mencegah penuaan. Pukul-pukul sampai halus dan oleskan pada wajah anda. Ini akan membantu anda untuk merawat kulit anda dan bagi mereka yang memiliki lesung pipit, itu akan membantu anda menyembuhkannya.

 

5. Menyembuhkan Wasir

Bagi anda yang menderita wasir, Anda bisa mengonsumsi daun binahong sebagai salah satu pilihan pengobatan anda. Resepnya agak berbeda. Anda harus mengambil setidaknya 16 lembar daun binahong untuk direbus. Rebus dalam 3 gelas air dan tunggu sampai matang. Anda harus meminumnya setiap hari untuk mendapatkan hasil terbaik.

 

6. Meningkatkan Energi Dan Vitalitas

Daun binahong merupakan sumber protein yang baik yang dapat meningkatkan energi kita. Rebus saja dua potongnya di dalam dua gelas air dan konsumsi, maka anda akan mendapatkan energi anda kembali.

Juga, bagi mereka yang memiliki masalah vitalitas, anda dapat mencoba ramuan ini juga. Rebus 3-10 lembar daun binahong dalam dua gelas air sampai mendidih, konsumsi setiap hari, maka anda akan mendapatkan hasil yang anda inginkan.

4 dari 6 halaman

Manfaat Daun Binahong Merah Untuk Kesehatan

7. Menyembuhkan Penyakit Ginjal

Manfaat daun binahong merah berikutnya adalah untuk menyembuhkan penyakit ginjal. Jika anda menderita penyakit ginjal, anda bisa mencoba mengkonsumsi ramuan yang terbuat dari daun binahong. Ambil 10-15 lembar daun binahong dan rebus dalam 1 gelas air. Minumlah tiga kali sehari. Tapi, ingat bahwa ramuan ini hanya untuk rangsangan. Sehingga, Anda tetap perlu mengkonsultasikan penyakit anda ke dokter.

 

8. Menyembuhkan Fraktur

Khasiat lain dari ramuan minuman yang terbuat dari daun binahong adalah untuk menyembuhkan patah tulang. Seperti yang sudah kita ketahui, daun binahong mengandung banyak mineral di dalamnya. Ini akan membantu anda yang menderita patah tulang untuk menyembuhkan tulang anda. Tapi, ingat bahwa itu hanya untuk stimulus. anda tetap perlu berkonsultasi dengan dokter.

 

9. Meningkatkan Tekanan Darah

Bagi anda yang tekanan darahnya dalam kondisi rendah, anda tentu harus meningkatkannya. Karena tekanan darah rendah akan membuat tubuh kita lesu. Kita tidak bisa melakukan aktivitas sehari-hari dengan baik dan dalam kasus yang lebih berbahaya, itu akan membuat kita pingsan.

Anda harus meningkatkannya dengan mengonsumsi sesuatu yang mengandung mineral di dalamnya. Salah satunya adalah ramuan yang terbuat dari daun Binahong. Ambil 8 buah dan rebus dalam 2 gelas air. Pastikan untuk mengkonsumsinya setidaknya sekali sehari.

5 dari 6 halaman

Manfaat Daun Binahong Merah Untuk Kesehatan

10. Pasca Operasi

Manfaat daun binahong merah selanjutnya adalah membantu proses penyembuhan pasca operasi. Daun binahong merupakan salah satu ramuan yang dianjurkan bagi mereka yang ingin cepat sembuh setelah melalui operasi.

Setelah operasi, kita kehilangan banyak darah dan energi, oleh karena itu kita perlu mengonsumsi sesuatu yang mengandung protein dan mineral di dalamnya. Daun binahong adalah pilihan yang baik untuk anda. Rebus 20 lembar daun binahong dalam 3 gelas air.

 

11. Meningkatkan Nafsu Makan

Manfaat daun binahong merah bagi kesehatan dari mengkonsumsi daun binahong adalah untuk meningkatkan nafsu makan anda. Untuk mendapatkan manfaat ini cukup rebus 5 lembar daun binahong dalam 2 gelas air. Anda harus meminumnya setidaknya sekali sehari maka anda akan mendapatkan hasil yang baik.

 

12. Menyembuhkan Sakit Perut

Ada banyak jenis sakit perut yang disebabkan oleh banyak faktor. Salah satunya adalah sakit perut yang disebabkan oleh waktu makan yang tidak disiplin. Melewatkan makan akan menyebabkan sakit perut karena sistem pencernaan kita tidak bekerja tepat waktu.

Salah satu cara untuk menyembuhkannya adalah daun binahong. Daun binahong banyak mengandung bahan bagus yang bisa meredakan sakit perut. Tapi, ada baiknya kita mencegah sakit perut seperti ini. Pastikan untuk makan tepat waktu, meskipun kita hanya bisa makan sepotong roti atau apel.

6 dari 6 halaman

Manfaat Daun Binahong Merah Untuk Kesehatan

13. Menyembuhkan Penyakit Paru-Paru

Manfaat daun binahong merah berikutnya adalah menyembuhkan penyakit paru-paru. Paru-paru adalah salah satu organ kita yang memiliki tanggung jawab terhadap sistem pernapasan kita. Terkadang, kita merasa paru-paru kita sakit. Ketika itu terjadi, pastikan untuk merawatnya sesegera mungkin.

Jika rumah sakit atau klinik terlalu jauh dari rumah, anda dapat menggunakan tanaman herbal, hanya jika tanaman herbal ada di sekitar kita. Salah satunya yang mudah kita dapat adalah daun binahong. Ambil 10 buah dan rebus hingga matang. Pastikan untuk mengkonsumsinya setidaknya sekali sehari untuk mendapatkan hasil yang Anda inginkan.

 

14. Menyembuhkan Penyakit Otak

Ada banyak jenis penyakit otak. Salah satunya adalah penyakit otak yang disebabkan oleh kecelakaan. Dalam kecelakaan seperti kecelakaan mobil, ada kemungkinan kepalanya terbentur sesuatu. Terkadang, situasi itu akan mempengaruhi otak kita. Daun binahong akan membantu penyakit otak anda. Ambil 10 buah lalu rebus. Anda harus mengkonsumsinya dua kali sehari. Tapi, itu hanya untuk stimulus. Sehingga anda tetap harus pergi ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

 

15. Mencegah Radikal Bebas

Seperti yang telah kita ketahui, daun binahong mengandung antioksidan di dalamnya yang memiliki tanggung jawab untuk mencegah dan menyembuhkan tubuh kita dari radikal bebas. Radikal bebas adalah suatu kondisi ketika tubuh manusia mengandung senyawa kimia yang melebihi batas.

Tubuh manusia dirancang untuk hanya menerima senyawa alami. Jadi, jika tubuh kita menerima senyawa kimia yang melebihi batas, itu akan mengubah sel-sel sehat kita menjadi sel jahat. Maka dari itu kita perlu mengkonsumsi bahan pokok alami yang mengandung antioksidan di dalamnya. Salah satunya adalah daun binahong.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.