Sukses

Arti Alhamdulillah dan Keistimewaan Mengucapkannya bagi Umat Islam

Liputan6.com, Jakarta Arti Alhamdulillah tentunya sudah tidak asing lagi bagi kebanyakan umat Islam. Apalagi, penggunaan Alhamdulillah sudah dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari oleh setiap muslim. Oleh karena itu, setiap umat Islam wajib memahami maknanya.

Arti Alhamdulillah adalah segala puji bagi Allah SWT. Hal ini berarti bahwa segala kesempurnaan hanya milik Allah saja. Alhamdulillah merupakan pujian yang sempurna yang dapat ditujukan seorang muslim terhadap Allah SWT.

Alhamdulillah dikenal juga sebagai kalimat tahmid. Alhamdulillah merupakan kalimat pujian untuk Allah SWT dan biasanya diucapkan seorang muslim saat mendapatkan rezeki. Hal ini cocok diucapkan untuk mengungkapkan rasa syukur umat Islam atas berkah yang diberikan oleh Allah SWT.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (3/10/2022) tentang arti Alhamdulillah.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Arti Alhamdulillah

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti Alhamdulillah adalah ungkapan untuk menyatakan rasa syukur karena menerima karunia Allah (maknanya ‘segala puji bagi Allah’). Alhamdulillah adalah pengungkapan pujian kepada Allah SWT yang dibaca sebagai rangkaian zikir setelah salat.

Secara bahasa, arti Alhamdulillah adalah segala puji bagi Allah. alhamdulillah atau kalimat tahmid ini adalah kalimat yang ditujukan untuk memuji Allah SWT. Arti Alhamdulillah bahasa berasal dari kata (al) yang mendahului kata (hamd) dipahami oleh ulama dengan arti segala, sedang huruf (lam) yang menyertai kata Allah sehingga diucapkan (lilla'h) mengandung makna pengkhususan bagi-Nya.

Arti Alhamdulillah juga bisa kamu jumpai dalam Al-Qur’an, yaitu pada surat Al-Fatihah ayat kedua. Umat Islam tentunya sudah tidak asing lagi dengan surat Al-Fatihah karena diucapkan setiap kali sholat. Al-Fathihah wajib dilafalkan setiap berdiri dalam sholat. Jadi, kamu tentunya sudah hafal dan paham makna dari kalimat tahmid ini. Pada surat Al-Fatihah ayang kedua ini kalimat Alhamdulillah ditulis secara lengkap, Berikut lafal dan arti alhamdulillah dalam surat Al-Fatihah ayat kedua:

Alhamdulillahirobbilaalamin

Artinya: “Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam,” (QS Al-Fatihah: 2).

3 dari 4 halaman

Keistimewaan Alhamdulillah

Keistimewaan mengucapkan kalimat Alhamdulillah perlu dipahami oleh setiap muslim. Kalimat pujian ini tentunya merupakan wujud rasa syukur seorang hamba, di mana ia sadar bahwa kehidupannya di bumi ini tidak lain merupakan berkah dari Allah SWT. Firman Allah SWT dalam QS. Al Qasas ayat 70, yang artinya;

"Dan Dialah Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) selain Dia, segala puji bagi-Nya di dunia dan di akhirat, dan bagi-Nya segala penentuan dan hanya kepadaNya kamu dikembalikan."

Memahami arti Alhamdulillah dan mengucapkannya secara rutin tentu memiliki keistimewaan tertentu bagi seorang muslim. Berikut keistimewaan mengucapkan kalimat Alhamdulillah:

- Mendapatkan Kenikmatan dan Menjauhi Azab

Keistimewaan arti Alhamdulillah yang pertama adalah seorang muslim akan mendapatkan kenikmatan. Bersyukur merupakan suatu bentuk pengakuan bahwa apa pun yang kamu rasakan saat ini merupakan pemberian dari Allah SWT. Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu memaklumkan,

"Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka pasti azab-Ku sangat berat." (QS. Ibrahim:7)

Jadi, selain mendapatkan kenikmatan, selalu bersyukur dengan mengucapkan Alhamdulillah juga membuat kamu terhindar dari azab Allah SWT yang berat.

- Doa yang Paling Utama

Keistimewaan Alhamdulillah berikutnya adalah sebaik-baiknya doa. Hal ini berarti Alhamdulillah adalah doa yang paling utama. Hal ini sesuai dengan hadits Rasulullah SAW yang berbunyi,

"Dari Jabir bin Abdillah Radhiyallahu ‘anhu ia berkata: Aku mendengar Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, "Dzikir yang paling utama adalah Laa ilaaha illallah dan doa yang paling utama adalah Alhamdulillah." (Hadits hasan, diriwayatkan oleh Tirmidzi).

4 dari 4 halaman

Keistimewaan Alhamdulillah

- Mendapatkan Banyak Kebaikan

Selain menjadi sebaik-baiknya doa, keistimewaan Alhamdulillah juga merupakan sebaik-baiknya perkataan yang Allah pilihkan. Seseorang yang mengucapkan arti Alhamdulillah akan mendapatkan 30 kebaikan dan sebanyak 30 kesalahannya akan dihapuskan.

Pada sebuah hadis, Nabi Muhammad SAW bersabda;

"Sesungguhnya Allah ‘Azza wa Jalla telah memilih empat perkataan, yaitu subhanallah, alhamdulillah, laa ilaaha ilallah, dan allahu akbar. Barangsiapa mengucapkan “Subhanallah” maka akan dituliskan untuknya dua puluh kebaikan dan dihapuskan darinya dua puluh kesalahan. Barangsiapa mengucapkan “Allahu Akbar” maka akan dituliskan untuknya seperti itu pula. Barangsiapa mengucapkan “Laa ilaaha illallah” maka akan dituliskan untuknya seperti itu pula. Dan barangsiapa mengucapkan “Alhamdulillahi Rabbil ‘alamin” dari dalam hatinya, maka akan dituliskan untuknya tiga puluh kebaikan dan dihapuskan darinya tiga puluh kesalahan." (HR. Ahmad).

- Mendapatkan Pahala

Keistimewaan Alhamdulillah berikutnya adalah memberikan pahala untuk seorang muslim yang mengucapkannya. Orang yang mengucap hamdalah dengan ikhlas karena Allah SWT, berarti orang tersebut telah memuji Allah SWT. Allah SWT tentunya akan memberikan pahala kepada orang tersebut. Jika kamu mengucapkan Alhamdulilah yang kedua kali, maka Allah SWT akan menambah lagi pahala baru untukmu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.