Sukses

Daebak Artinya Ekspresi Terkejut, Termasuk Kosa Kata Bahasa Gaul Korea Lainnya

Liputan6.com, Jakarta Penggemar drama Korea mungkin tidak asing lagi dengan percakapan bahasa Korea. Apalagi bagi mereka yang tengah belajar bahasa Korea. Namun mungkin ada sejumlah kosa kata yang membuat penasaran dengan artinya karena tidak pernah diajarkan di buku-buku. Misalnya saja, daebak artinya apa?

Kebanyakan buku yang ditulis untuk mempelajari bahasa korea mungkin tidak akan mengajarkan hal ini. Sebab, daebak artinya adalah sebuah ekspresi terkejut atau heran yang merupakan ragam tidak baku atau bahasa gaul.

Dengan kata lain, daebak artinya adalah kata yang bukan termasuk ragam formal. Maka tidak mengherankan jika kata ini tidak diajarkan di tempat kursus atau buku. Meski demikian, mempelajari bahasa gaul atau cukup penting untuk memahami percakapan sehari-hari dalam bahasa Korea.

Jika Anda belajar bahasa Korea untuk memahami K Pop dan acara TV Korea, Anda akan mendengar lebih banyak kosa kata dalam bahasa gaul lainnya, yang mungkin juga tidak Anda mengerti.

Berikut ini adalah pengertian dari daebak artinya apa, beserta kosa kata lain yang umum diucapkan dan dapat didengar di acara TV, K Pop, dan drama Korea, seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (4/9/2022).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 5 halaman

Kata Seru

Pengertian kata seru atau interjeksi merupakan kata-kata yang digunakan untuk mengungkapkan perasaan batin, misalnya karena kaget, terharu, kagum, marah, atau sedih. Penggunaan kata seru di dalam dialog komik membuat pembaca secara langsung mampu menginterpretasikan gambaran perasaan yang sedang dialami tokoh.

Berikut adalah contoh beberapa kata seru dalam bahasa Korea.

대박 daebak

Daebak artinya adalah keren atau luar biasa. Daebak adalah kosa kata dalam bahasa gaul Korea yang paling umum dan sering digunakan. Daebak adalah kosa kata yang digunakan untuk mengekspresikan kekaguman, keterkejutan, dan rasa heran.

Jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, daebak artinya akan seperti keren, luar biasa, wow, hebat, dan sbeagainya.

Intinya daebak artinya adalah kosa kata yang digunakan untuk mengekspresikan ketika kita merasa takjub atau terkejut dengan sesuatu.

헐 heol

Heola adalah kosa kata dalam bahasa gaul Korea yang fungsinya mirip daebak, yakni untuk mengekspresikan keterkejutan, rasa takjub, heran, dan sebagainya.

Ini tidak hanya dapat mengekspresikan rasa takjub semata, tapi juga rasa terkejut yang membuat seseorang tidak habis pikir.

짱 jjang

Jjang adalah kata seru lainnya dalam ragam bahasa gaul Korea yang digunakan untuk mengekspresikan rasa takjub dan kekaguman pada hal dinilai sangat luar biasa, keren, terbaik, dan sebagainya.

Jjang kadang juga diekspresikan dengan menambahkan kata lain seperti pada 몸짱 momjjang, yang berarti seseorang memiliki fisik yang bagus.

애교 aegyo

Aegyo merupakan kosa kata dalam bahasa gaul Korea yang mengacu pada cara berpakaian dan berbicara spesifik. Cara berpakaian dan berbicara yang dimaksud dengan kata aegyo adalah cara berpakaian dan berbicara yang dianggap lucu dan imut.

Kelucuan dalam bahasa Korea memiliki budayanya sendiri, di mana Anda berbicara dalam aegyo dengan suku kata yang panjang dan tingkah laku yang lucu.

3 dari 5 halaman

Kosa Kata Bahasa Gaul Korea

꿀잼 kkuljaem

Kkuljaem merupakan sebuah idiom yang digunakan untuk mengekspresikan sesuatu yang menyenangkan dan menarik. 꿀 (kkul)berarti "madu" dan 잼(jaem) berarti "selai." Jika diterjemahkan secara harfiah makan akan berarti madu selai. Namun itu merupakan idiom yang berarti sesuatu yang menyenangkan atau menarik.

노잼 (nojaem)

Nojaem merupakan lawan kata dari kkuljaem. Kosa kata ini artinya tidak menarik atau tidak lucu.

화이팅! (hwaiting!)

Kosa kata ini kadang juga ditulis dengan cara 파이팅 (paiting). Kosa kata ini merupakan kata fighting yang berasal dari bahasa Inggris, yang dilafalkan dengan cara Korea.

Ini biasanya digunakan untuk memberikan semangat kepada orang lain, seperti "Berjuanglah dengan baik!", "Berikan segalanya!", "Lakukan yang terbaik!", "Semoga berhasil!", "Kamu bisa melakukannya!" atau "Ayo!"

4 dari 5 halaman

Bahasa Gaul Korea Kekinian

Seperti yang sudah kita ketahui, teknologi berkembang, tren berkembang, bahasa pu berkembang, termasuk bahasa Korea. Dalam bahasa Korea pun bahasa gaul juga berkembang mengikuti trend. Berikut adalah sejumlah kosa kata bahasa gaul Korea, yang akan membuat Anda tampak seperti orang Korea.

오졌다 (ojyeotda) – Ini menyala

실화야 (silhwaya) – Sungguh? Benarkah

안물안궁 (anmul-angung) – Nggak tanya, tidak mau tahu.

어떻게 (eotteoke) – Bagaimana?

세상에 (sesangae) – Apa-apaan ini?

셀카 (selka) – “Selfie”

눈팅 (nunting) – Mengintai atau membaca teks atau mengikuti media sosial tanpa membalas atau berkomentar.

짐 (jim) – “Now” (versi pendek dari 지금, jigeum)

불금 (bulgeum) – Ini mirip ungkapan TGIF (Thank God It's Friday)

맛점 (matjeom) – Makan siang yang lezat.

5 dari 5 halaman

Bahasa Gaul Korea tentang Kesendirian

Beberapa istilah slang baru menjadi lebih populer baru-baru ini karena isolasi akibat pandemi dan rasa kesepian. Yang pertama adalah 쓸쓸비용 (sseul sseul biyong) yang berarti melakukan aktivitas sendirian.

Berikut adalah sejumlah kosa kata bahasa gaul Korea yang menunjukkan rasa kesendirian secara spesifik.

혼족 (honjok): Seseorang yang suka melakukan sesuatu sendirian.

혼밥 (honbab): Makan sendiri

혼코노 (honkono) or 혼놀 (honnol): bernyanyi di tempat karaoke sendiri

혼영 (honyeong): Menonton film di bioskop sendirian.

혼행 (honhaeng): Berlibur sendirian

혼술 (honsool or honsul): Minum sendirian

Demikan adalahs ejumlah contoh kosa kata dalam bahasa gaul Korea, termasuk daebak artinya apa. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.