Sukses

12 Manfaat Tape Ketan Bagi Tubuh, Mencegah Diabetes Hingga Melawan Kanker

Liputan6.com, Jakarta Manfaat tape ketan bagi kesehatan diperoleh dari kandungan didalamnya yang kaya akan nutrisi. Mulai dari asam folat, niacin, vitamin E, sodium, potassium, kalsium, mangan, zinc, serat, karbohidrat hingga protein ada di dalam tape ketan. Membuat manfaat tape ketan pun sangat banyak untuk tubuh.

Tape ketan tidak hanya kaya akan nutrisi, namun juga memiliki rasa yang manis dan gurih yang membuat makanan ini menjadi salah satu makanan favorit banyak orang. Merupakan makanan hasil fermentasi, manfaat tape ketan juga termasuk menjaga kesehatan pencernaan.

Namun perlu diingat bahwa, agar manfaat tape ketan dapat didapatkan secara maksimal, jumlah konsumsinya tetaplah harus diperhatikan dan dikontrol. Hal ini karena selain nutrisi, tape ketan juga mengandung alkohol yang mana jika dikonsumsi berlebihan dapat merusak tubuh.

Untuk informasi lebih lengkapnya, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber tentang manfaat tape ketan bagi tubuh. Selasa (4/10/2022).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 5 halaman

Manfaat Tape Ketan Bagi Tubuh

1. Melawan Kanker

Manfaat tape ketan bagi tubuh yang pertama adalah membantu tubuh melawan sel kanker. Kandungan antosianin pada tape ketan memberikan sifat anti kanker. Sebuah studi eksperimental yang dilakukan oleh Third Military University di China menemukan bahwa ekstrak tape ketan yang kaya antosianin berhasil menekan pertumbuhan tumor dan penyebaran sel kanker payudara pada tikus.

 

2. Melindungi Kesehatan Jantung

Seperti yang sudah kita ketahui, kolesterol tinggi merupakan penyebab utama sejumlah penyakit kardiovaskular. Namun kandungan antosianin tape ketan memiliki efek yang signifikan dalam mengurangi kolesterol pada tikus dalam beberapa penelitian.

Aterosklerosis adalah penyakit kardiovaskular di mana arteri tersumbat karena penumpukan plak. Hal ini dapat menyebabkan sejumlah masalah serius lainnya seperti penyakit arteri koroner, stroke, penyakit arteri perifer, atau masalah ginjal. Konsumsi tape ketan terbukti mengurangi penumpukan plak aterosklerotik pada kelinci hingga 50 persen.

 

3. Membantu Mencegah Diabetes

Tape ketan yang dibuat dari beras hitam utuh memiliki bedak yang merupakan gudang serat makanan. Karena serat membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna, ini memastikan gula dalam biji-bijian diserap lebih lama, menjaga kadar gula darah normal.

Dengan demikian, ini membantu mencegah kadar insulin melonjak dan dapat membantu mencegah diabetes tipe 2. Faktanya, dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada tikus, ekstrak beras hitam Thailand yang berkecambah bekerja seperti obat diabetes metformin dan juga mencegah dan mengelola konsekuensi diabetes mellitus.

3 dari 5 halaman

Manfaat Tape Ketan Bagi Tubuh

4. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Manfaat tape ketan yang berikutnya adalah meningkatkan kesehatan pencernaan. Seperti yang kita lihat di profil nutrisi, tape ketan adalah sumber yang kaya serat makanan. Serat makanan ini memastikan anda memiliki metabolisme yang teratur dan mencegah kembung dan sembelit. Selain itu, ini juga dapat membantu mengobati sejumlah gangguan pencernaan lainnya seperti penyakit refluks gastroesofagus, tukak duodenum, divertikulitis, sembelit, dan wasir.

 

5. Membantu Fungsi Otak yang Sehat

Banyak peneliti percaya bahwa stres oksidatif memiliki efek merugikan pada fungsi kognitif. Oleh karena itu, antioksidan seperti anthocyanin yang terkandung dalam tape ketan dapat bekerja untuk mengurangi stres oksidatif ini dan menjaga fungsi otak yang sehat.

Sebuah studi yang dilakukan oleh Medical University di Bulgaria menemukan anthocyanin untuk meningkatkan pembelajaran dan fungsi memori pada tikus yang menderita defisit estrogen. Studi lain selama enam tahun yang dilakukan pada 16.000 orang dewasa menemukan bahwa konsumsi jangka panjang makanan kaya antosianin memperlambat laju penurunan kognitif hingga 2,5 tahun .

 

6. Mengurangi Peradangan

Para peneliti di Universitas Ajou di Korea telah menemukan bahwa tape ketan bekerja sangat baik dalam mengurangi peradangan. Studi tersebut menemukan bahwa ekstrak beras hitam yang menjadi bahan dasar tape ketan membantu mengurangi edema dan secara signifikan menekan dermatitis kontak alergi pada kulit tikus. Ini merupakan indikator besar potensi tape ketan dalam mengobati penyakit yang berhubungan dengan peradangan kronis.

4 dari 5 halaman

Manfaat Tape Ketan Bagi Tubuh

7. Membantu Detoksifikasi Hati

Manfaat tape ketan yang selanjutnya adalah membantu detoksifikasi hati. Penyakit hati berlemak, ditandai dengan penumpukan timbunan lemak yang berlebihan di hati. Efektivitas tape ketan dalam mengobati kondisi ini telah diuji pada tikus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas antioksidan ekstrak beras hitam mengatur metabolisme asam lemak dan menurunkan kadar trigliserida dan kolesterol total, sehingga mengurangi risiko penyakit hati berlemak.

 

8. Mengobati Asma

Antosianin yang ditemukan dalam tape ketan dapat efektif dalam mengobati asma. Sebuah penelitian yang dilakukan di Korea menemukan bahwa anthocyanin dapat mengobati dan bahkan mencegah asma dengan mengurangi peradangan di saluran udara dan hipersekresi lendir yang terkait dengan gangguan pernapasan ini pada tikus.

 

9. Membantu Menurunkan Berat Badan

Tape ketan memiliki karakteristik yang penting untuk manajemen berat badan dan penurunan berat badan, karena rendah kalori, rendah karbohidrat, dan tinggi serat makanan. Dengan demikian, tape ketan membuat anda merasa kenyang dan menahan rasa lapar.

Faktanya, sebuah penelitian yang dilakukan di Korea menguji perbedaan penurunan berat badan yang disebabkan oleh nasi putih dan campuran nasi merah dan nasi hitam pada 40 wanita yang kelebihan berat badan dalam 6 minggu. ditemukan bahwa kelompok beras hitam menunjukkan penurunan berat badan secara signifikan dan indeks massa tubuh (BMI) dan persentase lemak tubuh yang lebih rendah daripada kelompok yang mengonsumsi nasi putih.

5 dari 5 halaman

Manfaat Tape Ketan Bagi Tubuh

10. Baik Untuk Mata

Manfaat tape ketan yang masih jarang diketahui adalah kandungannya yang baik untuk mata. Antosianin yang ditemukan dalam beras hitam telah lama diketahui dapat meningkatkan penglihatan. Sebuah penelitian yang dilakukan pada tikus menemukan bahwa anthocyanidins yang diekstrak dari beras hitam sangat efektif dalam mencegah dan mengurangi kerusakan retina yang disebabkan oleh lampu neon.

 

11. Melindungi Dari Tekanan Darah Tinggi

Serat makanan yang kita dapatkan dari beras hitam dan olahannya seperti tape ketan telah ditemukan untuk melindungi kesehatan jantung dengan tidak hanya menjaga tekanan darah normal tetapi juga dengan mengurangi kadar lipid, mengatur berat badan, meningkatkan metabolisme glukosa, dan mengurangi peradangan kronis.

 

12. Merupakan Sumber Antioksidan Yang Kaya

Dalam hal kandungan antioksidan, tidak ada bahan lain yang mendekati beras hitam yang merupakan bahan dasar tape ketan. Dedak (lapisan terluar) dari butiran beras hitam mengandung tingkat antosianin tertinggi yang ditemukan dalam makanan apapun.

Faktanya, ia memiliki kandungan antosianin tertinggi dibandingkan dengan semua varietas gandum utuh lainnya seperti beras merah, beras merah, dan quinoa merah. Anthocyanin ini telah ditemukan untuk melawan kerusakan radikal bebas, mencegah penyakit kardiovaskular dan mengobati infeksi mikroba dan diare.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.