Sukses

5 Manfaat Sabun Pepaya untuk Kulit, Ketahui Juga Efek Sampingnya

Liputan6.com, Jakarta Pepaya adalah salah satu jenis buah yang tumbuh di daerah torpis. Selain rasanya yang nikmat untuk dimakan, pepaya juga memiliki banyak manfaat untuk kecantikan. Bahkan untuk mendapatkan manfaat buah pepaya untuk kecantikan, buah ini bahkan telah dijadikan bahan untuk membuat sabun.

Manfaat sabun pepaya tentu saja diharapkan dapat menyehatkan dan mencerahkan kulit. Bahkan, manfaat sabun pepaya juga dipercaya dapat menyamarkan flek hitam dan bekas jerawat.

Karena dibuat dari bahan alami, manfaat sabun pepaya juga dapat digunakan di seluruh bagian tubuh termasuk wajah. Bahkan manfaat sabun pepaya yang diproduksi dalam bentuk batangan juga dapat diaplikasikan ke wajah.

Namun penting juga untuk memilih produk sabun pepaya yang tepat. Sebab beberapa produk sabun pepaya ada yang mengandung deterjen sintetis dan bahan lain yang dapat mengurangi kelembapan alami kulit Anda.

Sedangkan manfaat sabun pepaya yang dibuat dengan pepaya murni dan bahan alami, dapat memecah protein yang bersifat anti-inflamasi. Berikut adalah sederat manfaat sabun pepaya, seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (4/9/2022).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Kandungan Sabun Pepaya

Pepaya memiliki nutrisi untuk membuat kulit lebih sehat. Sabun pepaya kaya akan vitamin C, antioksidan yang dapat mengurangi pigmentasi tidak teratur dan merangsang produksi kolagen.

Sabun pepaya juga mengandung vitamin A, nutrisi penting lainnya untuk kulit. Vitamin A merangsang produksi sel-sel kulit baru, dan dapat membantu mengurangi bintik-bintik gelap, noda, dan bekas luka.

Manfaat sabun pepaya tidak hanya dapat merangsang pertumbuhan sel kulit baru saja, namun karena dibuat dari bahan alami, sabun pepaya cenderung lebih ramah terhadap kulit. Dengan kata lain, sabun pepaya relatif lebih aman.

Adapun manfaat sabun pepaya antara lain, dapat mengangkat sel kulit mati, mencegah jerawat dan menghilangkannya, meredakan nyeri dan gatal akibat gigitan serangga, serta menghilangkan noda.

3 dari 4 halaman

Manfaat Sabun pepaya

Mengangkat Sel Kulit Mati

salah satu manfaat sabun pepaya adalah mengangkat sel kulit mati. Ini tidak lepas dari peran enzim papain dalam sabun pepaya yang dapat mengangkat sel kulit mati dan memberikan penampilan yang lebih sehat.

enzim tersebut berperan dalam mengangkat sel-sel kulit mati dari permukaan kulit. Meskipun benar bahwa kulit secara alami memperbaharui dirinya sendiri, mengangkat sel kulit mati dengan sabun pepaya secara teratur dapat membuat kulit lebih cerah dan halus. Bisa juga meratakan warna kulit.

Perawatan jerawat

Jika Anda memiliki kulit yang rentan timbul jerawat, manfaat sabun pepaya dapat membantu menghilangkan noda dan mengurangi jerawat.

Sebagai enzim pelarut protein, papain efektif menghilangkan keratin yang rusak. Keratin adalah protein utama pada kulit, namun penumpukan dapat menyebabkan pembentukan jerawat. Manfaat sabun pepaya juga dapat mencegah sel-sel kulit mati menyumbat pori-pori, yang juga dapat mengurangi jerawat.

Mengatasi warna Kulit yang Belang

Jika Anda memiliki bintik-bintik hiperpigmentasi atau jika Anda bermasalah dengan warna kulit yang tidak merata, manfaat sabun pepaya dapat mengatasi hal itu.

Hiperpigmentasi adalah penggelapan atau perubahan warna kulit. Sabun pepaya merangngsang pengangkatan sel-sel kulit mati, yang secara bertahap dapat mengurangi munculnya bercak-bercak hitam, mencerahkan kulit Anda. Manfaat sabun pepaya juga dipercaya membantu mengurangi produksi melanin yang berlebihan.

Pereda Nyeri Akibat Gigitan Serangga

Selain merawat kulit agar tetap sehat, manfaat sabun pepaya juga dapat meredakan nyeri akibat gigitan serangga.

Mengoleskan sabun pepaya pada bekas gigitan serangga atau luka dapat membantu meredakan rasa sakit, gatal, bengkak, dan kemerahan. Ini karena papain dapat mengurangi peradangan dan mempercepat penyembuhan luka.

Selain itu, beberapa racun serangga mengandung peptida, yang merupakan bahan penyusun protein. Papain dapat memecah protein ini, dan menghilangkan iritasi kulit.

Penghilang Noda

Manfaat sabun pepaya tidak hanya dapat membersihkan wajah dan tubuh. Sabun pepaya juga dapat menghilangkan noda pada pakaian.

Sekali lagi, ini karena peran enzim papain yang memiliki kemampuan untuk memecah protein. Dengan enzim papain, sabun pepaya dapat dengan mudah menghilangkan noda telur dan noda berbasis protein lainnya.

4 dari 4 halaman

Efek Samping Sabun Pepaya

Sudah tidak diragukan lagi jika manfaat sabun pepaya sangatlah banyak. Tidak hanya dapat mencerahkan kulit dan mengangkat sel kulit mati, tapi juga dapat meredakan nyeri akibat gigitan serangga. Namun penting juga untuk diketahui, bahwa sabun pepaya juga memiliki efek samping yang perlu diwaspadai.

Dikutip dari Healthline, sabun pepaya bisa tidak cocok untuk semua jenis kulit, terutama orang dengan kulit yang sensitif dan kering. Ini karena kemampuannya dalam pengelupasan kulit, yang juga dapat menimbulkan efek mengeringkan dan mengencangkan kulit. Tetapi menggunakan pelembab wajah yang baik atau lotion pelembab pasti dapat melawan efek ini dan menyeimbangkan tingkat pH pada kulit Anda.

Sebelum menggunakan sabun pepaya untuk pertama kali, uji sabun tersebut pada sebagian kecil kulit. Hentikan penggunaan jika Anda muncul tanda-tanda reaksi alergi, seperti benjolan, bengkak, gatal, atau kemerahan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.