Sukses

Bucin Artinya dalam Bahasa Gaul dan Istilah Kekinian Lainnya

Bucin artinya budak cinta.

Liputan6.com, Jakarta Bucin artinya tentu sudah tidak asing lagi bagi anak muda kekinian. Bucin adalah suatu ungkapan yang kerap kali diucapkan anak muda zaman sekarang. Bucin adalah singkatan dari Budak Cinta, merujuk pada pria atau wanita yang tergila-gila akan cinta.

Sekarang ini, istilah bucin sudah digunakan oleh berbagai kalangan, tidak hanya anak muda. Tidak jarang kamu mendengar istilah ini disebutkan dalam kehidupan sehari-hari. Budak cinta ini tentunya memang merujuk pada siapa saja yang tergila-gila dengan cintanya.

Bucin artinya budak cinta. Kata bucin maupun kata gaul lainnya sering kali digunakan masyarakat saat ini dalam keseharian, terutama dalam aktivitas yang tidak formal. Kamu tidak akan sulit menemukan penggunaan bucin ini di media sosial.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (4/10/2022) tentang artinya bucin.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Artinya Bucin

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), bucin artinya adalah akronim dari budak cinta. Arti bucin adalah budak cinta. Singkatan gaul ini digunakan untuk merujuk pada pria atau wanita yang tergila-gila akan cinta, di mana orang tersebut mau melakukan apapun demi orang yang dia cinta.

Secara umum, bucin artinya adalah singkatan dari “budak cinta” dan pengertiannya mengarah pada orang-orang yang tergila-gila dengan kisah cinta yang sedang dirajutnya. Bucin identik pula dengan perasaan suka yang berlebihan dan tidak terkontrol.

Selama ini bucin condong berkonotasi negatif, padahal tidak demikian. Bucin artinya dalam porsi yang tepat bisa menggambarkan perasaan cinta tulus seseorang. Orang bucin akan menempatkan kebahagiaan orang yang dicinta lebih utama daripada kebahagiaan diri sendiri. 

Bucin tak hanya berlaku di ranah percintaan laki-laki dan perempuan atau sepasang kekasih. Bucin juga berlaku untuk kisah cinta dalam sebuah keluarga. Contohnya seorang ayah yang amat mencintai keluarganya melebihi rasa cintanya pada diri sendiri. Bucin artinya memang bisa digambarkan dengan sederhana.

3 dari 4 halaman

Istilah Gaul Lainnya

- Baper

Baper sering digunakan dalam situasi seseorang menganggap serius setiap perkataan orang. Istilah baper kerap muncul pada pasangan yang sedang PDKT, emosi, atau dalam situasi iba. Baper adalah singkatan gaul yang kepanjangannya adalah Bawa Perasaan. Istilah gaul ini merujuk pada seseorang yang memasukkan ke hati segala ucapan dan tindakan orang lain. Orang yang baper sering menggunakan emosi di tiap momen yang ia lalui.

- Mager

Mager adalah istilah gaul yang merupakan singkatan dari 'Males gerak.' Mager bahkan sudah masuk dalam KBBI, lho. Menurut KBBI mager berarti malas (ber)gerak; enggan atau sedang tidak bersemangat untuk melakukan aktivitas apapun. Mager menggambarkan seseorang yang enggan atau tidak bersemangat melakukan aktivitas apapun. Orang yang mager bisanya malas untuk bergerak dan tidak ingin melakukan apapun.

- Pansos

Pansos merupakan singkatan dari panjat sosial. Pansos dapat diartikan sebagai usaha seseorang dalam melakukan pencitraan diri agar mendapatkan perhatian dan memiliki status sosial yang tinggi.

- Halu

Kata ini adalah kependekan dari halusinasi, yang menggambarkan seseorang dengan khayalan yang tinggi. Halu atau halusinasi adalah pengalaman sensorik yang tampak nyata, namun hal tersebut diciptakan oleh pikiran. Halu dalam bahasa gaul bisa menggambarkan seseorang yang berpikir atau berkata terlalu tinggi tapi tak bisa dibuktikan kebenarannya.

- Kepo

Kepo merupakan singkatan dari knowing every particular object. Dalam KBBI, kepo didefinisikan sebagai rasa ingin tahu yang berlebihan tentang kepentingan atau urusan orang lain. Istilah ini dilontarkan pada orang yang terlalu penasaran terhadap sesuatu.

- Gaje

Gaje adalah singkatan gaul istilah dari gak jelas atau enggak jelas. Gaje menggambarkan situasi dimana keadaan tidak jelas atau tidak menentu. Arti gaje bisa merujuk pada situasi tertentu atau seseorang yang tidak jelas apa maunya.

- Julid

Selain arti kata mager dan gabut, ada banyak istilah kekinian lagi yang wajib diketahui. Salah satunya adalah julid. Dalam KBBI, Julid berarti berarti iri dan dengki dengan keberhasilan orang lain. Julid biasanya berupa komentar negatif yang menyudutkan seseorang.

- Santuy 

Santuy merupakan bahasa gaul dari Santai. Menggambarkan seseorang yang santai menghadapi apapun.

- Japri

Japri adalah singkatan gaul istilah dari jalur pribadi. Biasanya kata japri digunakan seseorang saat saling berkirim pesan secara pribadi, SMS, WhatsApp dan pesan obrolan di media sosial lainnya.

- Receh 

Receh merupakan sebutan untuk guyonan yang kurang lucu tapi bisa bikin tersenyum.

4 dari 4 halaman

Istilah Gaul Lainnya

- Ghosting

Kata Ghosting semakin populer digunakan anak muda Indonesia. Bahkan, tahun lalu istilah ini menjadi salah satu kata yang banyak dicari di mesin pencarian Google di Indonesia. Ghosting bisa berarti hantu yang dapat menghilang secara tiba-tiba.

Arti ghosting dalam bahasa gaul adalah menghilang secara tiba-tiba tanpa kontak sama sekali. Orang yang melakukan ghosting, yang biasanya adalah orang dekat kamu, tiba-tiba menghilang tanpa kabar dan tidak bisa dihubungi lagi. 

- Ngab

Ngab merupakan kebalikan dari Bang. Kata ini memang memiliki makna Bang, yang merupakan kata sapaan untuk kakak laki-laki. Kata ini sering digunakan di media sosial untuk memanggil seseorang.

- Sabi

Sabi merupakan pembacaan Bisa yang dibalik. Kata ini memang memiliki makna Bisa dan cukup sering digunakan di media sosial maupun kehidupan sehari-hari anak muda.

- Kicep

Kicep merupakan kondisi dimana seseorang tidak bisa membalas perkataan lawannya. Di KBBI, kicep diartikan sebagai "diam karena takut atau gelisah."

- Komuk

Komuk adalah singkatan gaul istilah dari kondisi muka. Kata komuk digunakan dalam bahasa kehidupan pergaulan sehari-hari kalangan anak muda untuk menggambarkan kondisi wajah seseorang.

- Mantul

Mantul adalah singkatan gaul istilah dari mantap betul.

- Gercep

Merupakan singkatan dari gerakan cepat. Singkatan ini adalah anjuran untuk melakukan sesuatu hal lebih cepat dari biasanya. Gercep adalah tanggapan yang cepat oleh seseorang terhadap sesuatu.

- Nolep

Kata ini merupakan plesetan dari kata bahasa inggris yatu No Life. Kata ini merujuk pada seseorang yang lebih suka berdiam diri di rumah dan tidak suka bergaul.

Demikian penjelasan tentang bucin artinya dan kata-kata gaul lainnya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.