Sukses

Cara Menggunakan Aplikasi PCare BPJS Kesehatan, Pahami Manfaat dan Cara Daftarnya

Liputan6.com, Jakarta Cara menggunakan aplikasi PCare BPJS Kesehatan terbilang sangat mudah untuk diikuti. PCare sendiri merupakan singkatan dari aplikasi Primary Care yang berfungsi untuk memudahkan masyarakat pengguna BPJS Kesehatan dalam mengakses fasilitas kesehatan atau faskes tingkat pertama.

Penting untuk mengetahui cara menggunakan aplikasi PCare BPJS Kesehatan, karena melalui aplikasi ini pengguna BPJS bisa mengakses fasilitas kesehatan seperti daftar kunjungan ke puskesmas, klinik, laboratorium serta daftar pengajuan rujukan untuk pengguna BPJS Kesehatan.

Selain untuk mengakses fasilitas kesehatan PCare juga bisa digunakan untuk memperoleh vaksinasi Covid 19 di tempat layanan kesehatan tersekat. Untuk bisa mendapat semua fasilitas ini, langkah pertama untuk cara menggunakan aplikasi PCare BPJS Kesehatan adalah dengan mendaftarkan diri secara offline di kantor BPJS Kesehatan setempat.

Lebih lengkapnya, berikut ini Liputan6.com rangkum dari laman resmi BPJS Kesehatan, cara menggunakan aplikasi PCare BPJS Kesehatan, serta manfaat dari aplikasi PCare, Selasa (4/10/2022).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 5 halaman

Cara Daftar Aplikasi PCare BPJS Kesehatan

Untuk dapat menggunakan aplikasi PCare BPJS Kesehatan, hal pertama yang perlu dilakukan adalah mendaftarkan diri di kantor BPJS Kesehatan terdekat secara offline, berikut ini langkah-langkah untuk mendaftarkan diri di aplikasi PCare:

1. Kunjungi kantor BPJS Kesehatan terdekat dan daftarkan diri sebagai pengguna PCare

2. Setelah anda teregistrasi, anda akan mendapatkan username dan password

3. Kunjungi laman pcare.bpjs-kesehatan.go.id dan masuk username dan password sesuai data yang teregistrasi tadi

4. Kemudian pilih halaman pelayanan dan lengkapi data pasien yang terdiri dari jenis kunjungan, keluhan pemeriksaan fisik, tekanan darah dan lain sebagainya.

5. Kemudian klik “Simpan”. Lalu, masuk kembali ke entri data, pilih menu “Pelayanan”

6. Silakan mengisi data pelayanan mulai dari kolom terapi dan diagnosis, klik “Simpan”. Entri data sebagai pasien BPJS Kesehatan di faskes tingkat 1 sudah selesai.

3 dari 5 halaman

Cara Menggunakan Aplikasi PCare BPJS Kesehatan

Setelah selesai melakukan pendaftaran di laman resmi PCare, anda dapat langsung menggunakan aplikasi PCare sesuai dengan kebutuhan. Seperti untuk mengakses layanan kesehatan atau mendaftarkan diri untuk bisa mendapat layanan kesehatan, berikut ini langkah-langkahnya:

1. Anda dapat mengunjungi situs dari PCare Eclaim BPJS Kesehatan atau mengunduh aplikasi resmi PCare dari BPJS Kesehatan.

2. Setelah itu login dengan username dan password yang didapat dari mendaftar ke kantor BPJS terdekat.

3. Kemudian masuk ke menu utama PCare, anda tinggal memilih menu ‘pendaftaran’ ataupun ‘pelayanan’. Sesuai dengan kebutuhan

4. Kedua menu tersebut dapat anda manfaatkan untuk mendapatkan beberapa fasilitas dari BPJS Kesehatan. Seperti konsultasi dokter, meminta rujukan berobat, daftar di puskesmas atau klinik dan masih banyak lagi.

5. Menu ‘Pendaftaran’ dapat digunakan untuk anda yang merupakan pasien berobat.

6. Isi nomor BPJS peserta lalu mengklik bagian ‘cari’. Jika Anda adalah pasien faskes dari tempat bekerja, identitas pasien akan muncul secara otomatis.

7. Lengkapi data yang kosong seperti jenis kunjungannya, keluhan pemeriksaan fisik, tekanan darah, dan lain sebagainya. Setelah itu klik ‘simpan’.

8. Selanjutnya untuk menu ‘Pelayanan’, anda dapat mengklik ‘entri data’ lalu klik menu ‘Pelayanan’ setelah itu anda akan mengisi kolom yang kosong seperti terapi hingga diagnosis.

9. Jika sudah, anda tinggal klik ‘simpan’ untuk kemudian diarahkan ke tempat layanan tersekat.

4 dari 5 halaman

Manfaat PCare BPJS Kesehatan

Dengan penggunaan aplikasi PCare BPJS Kesehatan, diharapkan pasien dan pengguna BPJS Kesehatan bisa mendapatkan sejumlah manfaat, diantaranya adalah:

1. Proses Daftar yang Mudah

Manfaat pertama dari penggunaan PCare BPJS Kesehatan adalah proses daftar layanan kesehatan yang cepat. Dimana cukup dengan memasukkan nomor BPJS, maka pengguna bisa langsung mendapatkan pelayanan medis.

2. Data Pasien Terintegrasi

Dengan melalui aplikasi PCare BPJS Kesehatan, data pasien dapat diakses oleh puskesmas, klinik, atau rumah sakit berikut semua rekam medis dari pasien tersebut, sehingga pasien dapat ditangani dengan cepat dan tepat dalam terapi pengobatan tanpa perlu menunggu konfirmasi dari tempat berobat sebelumnya.

3. Diagnosa Pasien Lebih Cepat

Karena data pasien yang terintegrasi, aplikasi PCare memungkinkan dokter dapat mendiagnosis penyakit pasien dengan lebih cepat. Hal ini sangat membantu para tenaga medis agar bisa segera memberikan tindakan yang sesuai dengan penyakit yang dialami. Selain itu pasien tidak perlu lagi melakukan serangkaian tes atau checkup bila data rekam medis sudah tercatat melalui PCare BPJS Kesehatan.

4. Mendapat Surat Rujukan dengan Lebih Mudah

Untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut di rumah sakit yang lebih besar. Sebelum pasien bisa ke rumah sakit diperlukan surat rujukan dari faskes tingkat 1. Dengan adanya PCare BPJS pasien bisa dengan lebih mudah mendapatkan surat rujukan ke RS. Hal ini disebabkan karena surat rujukan sudah menggunakan sistem online.

5 dari 5 halaman

Manfaat PCare BPJS Kesehatan

5. Sebagai Platform Pendaftaran Vaksin

Manfaat aplikasi PCare lain yang bisa didapat adalah sebagai platform untuk pendaftaran vaksinasi Covid 19. Melalui aplikasi PCare kalian bisa mendaftarkan diri kalian dengan mudah untuk ikut program vaksinasi di tempat pelayanan kesehatan terdekat.

6. Akses Pelayanan Kesehatan Dimanapun

Penggunaan aplikasi PCare mudah dan bisa diakses dimanapun. Cukup dengan handphone dan koneksi internet, pengguna sudah bisa mendaftarkan diri untuk mendapatkan pelayanan kesehatan dimanapun dan kapanpun.

7. Mencari Fasilitas Kesehatan Terdekat

Aplikasi PCare juga memungkinkan penggunanya untuk mencari faskes terdekat dari lokasi pasien saat itu. Sehingga jika suatu saat terjadi kondisi emergensi mendadak, pengguna bisa langsung mendatangi salah satu faskes terdekat agar bisa mendapatkan pelayanan.

8. Mengecek Iuran Bulanan BPJS

Manfaat terakhir aplikasi PCare adalah pengguna dapat mengecek iuran bulanan BPJS Kesehatan mereka. Jadi pengguna BPJS Kesehatan tidak perlu repot-repot untuk mendatangi kantor BPJS untuk bisa mengecek iuran BPJS kalian.

 

Demikian informasi cara menggunakan aplikasi PCare BPJS Kesehatan, beserta dengan cara daftar dan juga manfaat yang bisa didapatkan oleh penggunanya. Semoga bermanfaat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.