Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

18 Tahun

LanjutkanStop di Sini

5 Cara Minum Pil KB yang Benar, Perhatikan Aturan dan Petunjuk Penggunaannya

Liputan6.com, Jakarta Cara minum pil KB yang benar wajib diketahui oleh para wanita. Cara minum pil KB tidak bolah asal-asalan, ada aturannya. Apabila diminum secara sembarangan, maka efektivitasnya dalam mencegah kehamilan akan berkurang.

Pil KB adalah kelompok obat yang digunakan untuk mencegah kehamilan. Cara minum pil KB yang benar bagi pemula perlu diperhatikan aturan dan petunjuk penggunaan. Pil KB ini perlu dikonsumsi secara teratur pada waktu yang sama setiap harinya agark efektif.

Cara minum pil KB terbilang mudah asalkan mengikuti aturan dan petunjuk penggunaannya yang benar. Jika Anda melewatkan minum pil KB selama dua hari berturut-turut, maka dapat meningkatkan risiko kehamilan.

Berikut ini Liputan6.com ulas mengenai cara minum pil KB yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Selasa (4/10/2022).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Mengenal Pil KB

Dilansir dari Myclevelandclinic, pil KB adalah sejenis kontrasepsi yang mengandung hormon yang mencegah kehamilan. Pada umumnya, para wanita setelah menikah akan mengonsumsi pil KB satu kali dalam sehari. Pil KB paling efektif bisa diminum secara konsistem pada waktu yang sama setiap harinya.

Pil KB berpotensi 99% efektif mencegah kehamilan jika Anda meminumnya secara rutin,  artinya Anda tidak lupa meminum pil bahkan untuk satu atau dua hari berturut-turut. Pil KB berguna untuk membantu menjaga kadar hormon agar tidak berfluktuasi. Hormon dalam pil KB mencegah kehamilan dengan cara:

1. Menghentikan atau mengurangi ovulasi (pelepasan sel telur dari ovarium).

2. Mengentalkan lendir serviks agar sperma tidak masuk ke dalam rahim.

3. Menipiskan lapisan rahim sehingga sel telur yang telah dibuahi lebih kecil kemungkinannya untuk menempel.

3 dari 4 halaman

Wanita yang Dilarang Minum Pil KB

Meskipun pil KB ini menjadi alat kontrasepsi yang efektif untuk mencegah terjadinya kehamilan, namun ada beberapa wanita yang dilarang mengonsumsi pil KB adalah sebagai berikut:

1. Memiliki tekanan darah tinggi yang tidak terkontrol dengan baik.

2. Berusia di atas 35 tahun dan merokok.

3. Memiliki riwayat stroke, penyakit jantung, masalah sirkulasi, atau kanker payudara.

4. Mulai menyusui dalam sebulan terakhir.

5. Memiliki komplikasi terkait diabetes seperti nefropati, retinopati, atau neuropati.

6. Baru saja menjalani operasi.

7. Memiliki penyakit liver.

8. Mengalami pendarahan rahim yang tidak dapat dijelaskan.

4 dari 4 halaman

Cara Minum Pil KB yang Benar

Setelah mengetahui apa itu pil KB, anda perlu memahami cara minum pil KB yang benar. Berikut rinciannya:

1. Minum saat hari pertama menstruasi

Cara minum pil KB pertama yang bisa dilakukan adalah mengonsumsinya di hari pertama anda menstruasi. Setelah meminumnya, anda akan langsung mendapat perlindungan. Jadi jika berhubungan intim maka kamu tidak memerlukan alat kontrasepsi cadangan.

2. Mulai cepat

Cara minum pil KB yang berikutnya adalah langsung minum begitu mendapatkan pil KB tanpa menunggu hari pertama menstruasi. Pilihan ini diberikan oleh dokter setelah anda dipastikan sedang tidak hamil. Hormon dalam pil membutuhkan waktu untuk menumpuk di tubuh. Jadi, anda akan memerlukan kontrasepsi cadangan, seperti kondom, selama 7 hari ke depan. Tetapi, metode ini biasanya tidak dianjurkan.

3. Perhatikan petunjuk di balik kemasan

Di balik kemasan pil KB terdapat petunjuk penguunaan dan cara pakai yang dilengkapi dengan nama hari. Dilihat dari sisi jumlah pil, kontrasepsi hormonal ini ada yang berisi 21 pil dan 28 pil. Pada pil KB berisi 28 pil, terdiri dari 21 pil aktif dan 7 pil plasebo yang biasanya warnanya berbeda dengan pil aktif.

Misalnya hari pertama haid adalah Rabu, maka minumlah mulai dari pil yang bertuliskan hari Rabu. Lalu ikuti aturan dan petunjk penggunaan untuk konsumsi di hari-hari berikutnya hingga habis. Tidak terkecuali pil plasebo pada pil KB berisi 28 tablet. Kemasannya dibuat begitu agar anda tidak lupa jadwal serta urutan minum pil KBnya.

4. Apa yang dilakukan jika lupa meminumnya

Segeralah minum pil KB jika telah melewati jadwalnya. Tapi jika jadwal minum pil KB sudah terlewat 24 jam, maka langsung minum 2 pil KB ketika Anda mengingatnya. Jika Anda lupa sudah lebih dari 48 jam, konsumsilah pil KB seperti biasa. Namun ada baiknya Anda melengkapi dengan metode kontrasepsi lain jika jadwal minum pil KB atau tidak berhubungan seksual selama lima hari ke depan. Buatlah alarm pengingat di ponsel anda, agar jadwal minum pil KB tidak terlewat.

5.  Lanjutkan minum pil KB pada siklus berikutnya

Cara minum pil KB yang lainnya adalah melanjutkan minum pil KB pada siklus berikutnya. Ketika semua pil KB sudah habis, maka segeralah melanjutkan pada blister baru untuk siklus berikutnya. Sebab pil KB merupakan kontrasepsi hormonal, maka akan segera subur ketika berhenti mengkonsumsinya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.