Sukses

12 Manfaat Jus Apel Bagi Kesehatan, Cegah Diabetes dan Cocok untuk Diet

Liputan6.com, Jakarta Manfaat jus apel ternyata beragam dan berguna dalam menjaga kesehatan tubuh. Beragamnya manfaat jus apel tersebut tidak lepas dari kayanya kandungan vitamin dan nutrisi penting yang terkandung dalam buah apel.

Apel merupakan jenis buah yang berwarna hijau dan merah ini mempunyai rasa manis. Buah apel sendiri dapat tumbuh subur di negara-negara tropis seperti Indonesia. Makanya sangat mudah menemukan buah apel di pasaran, baik di supermarket maupun pasar tradisional.

Bagi anda yang mungkin bosan mengonsumsi buah apel utuh, tak ada salahnya mencoba buah ini dalam bentuk jus. Meskipun berbentuk jus, manfaat dari apel tidak akan berubah. Manfaat jus apel bagi kesehatan mulai dari mencegah diabetes hingga cocok untuk diet.

Berikut ini Liputan6.com ulas mengenai manfaat jus apel bagi kesehatan yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Selasa (4/10/2022).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 5 halaman

Manfaat Jus Apel bagi Kesehatan

1. Meningkatkan Hidrasi

Manfaat jus apel yang pertama adalah dapat meningkatkan hidrasi dalam tubuh. Jus apel mengandung 88% air yang dapat meningkatkan hidrasi dalam tubuh. Jus apel ini biasanya dikonsumsi bagi mereka yang menderita dehidrasi berlebih, seperti diare.

2. Baik untuk Kesehatan Jantung

Manfaat jus apel yang berikutnya adalah baik untuk kesehatan jantung. Jus apel memiliki senyawa seperti polifenol yang sangat baik untuk kesehatan jantung. Polifenol dapat mencegah kolesterol LDL (jahat) agar tidak teroksidasi dan menumpuk di arteri Anda. Tingkat LDL teroksidasi yang lebih tinggi terkait dengan peningkatan risiko serangan jantung dan stroke.

Satu studi mengamati bahwa ketika orang dewasa yang sehat minum 1 1/2 cangkir (375 ml) jus apel bening setiap hari selama 6 minggu, kolesterol LDL (jahat) mereka 20% lebih tahan terhadap oksidasi dibandingkan dengan awal penelitian. Selain itu, ketika wanita sehat minum 1 1/4 cangkir (310 ml) jus apel bening, aktivitas antioksidan darah mereka meningkat hampir 11% dalam waktu 1 jam setelah minum jus.

3. Menjaga Fungsi Otak

Manfaat jus apel yang berikutnya adalah menjaga fungsi otak. Dalam studi kasus menunjukkan bahwa jus apel dapat menjaga fungsi otak dan kesehatan mental seiring bertambahnya usia. Beberapa perlindungan ini mungkin karena aktivitas antioksidan polifenol yang ditemukan dalam jus. Senyawa tersebut dapat melindungi otak Anda dari kerusakan oleh molekul tidak stabil yang disebut radikal bebas.

3 dari 5 halaman

Manfaat Jus Apel bagi Kesehatan

4. Mencegah Diabetes

Manfaat jus apel yang berikutnya adalah mencegah diabetes. Pada buah apel terdapat kandungan gula yang lebih sedikit dan memiliki serat yang lebih banyak. Selain itu, jus apel juga kaya akan kandungan vitamin B1. Kandungan vitamin B1 tersebut dapat mengatasi kadar gula berlebih yang ada di dalam tubuh.

5. Mengontrol Berat Badan

Manfaat jus apel yang berikutnya adalah untuk mengontrol berat badan. Buah apel memiliki kandungan serat yang sangat tinggi, maka apel ini akan membantu Anda dalam mengontol pola makan. Serat tersebut akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Selain itu, sisa makanan yang belum dikeluarkan bersama feses akan terbantu karena adanya serat ini.

6. Perkuat Tulang dan Gigi

Dengan adanya kandungan vitamin K yang sangat banyak pada buah apel, dapat membantu Anda dalam memperkuat gigi dan tulang. Kulit serta daging dari buah apel juga ternyata memiliki banyak kandungan kalsium. Kalsium tersebut dapat juga salah satu zat yang membantu tulang dan gigi agar lebih kuat. Atau dengan kata lain, Anda akan terhindar dari osteoporosis jika rutin mengonsumsi jus apel.

4 dari 5 halaman

Manfaat Jus Apel bagi Kesehatan

7. Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan vitamin C dan Vitamin A yang ada pada buah apel sangat bermanfaat untuk memelihara kesehatan mata. Selain itu, apel juga memiliki kandungan antioksidan dan fitonutrien yang dapat melawan kerusakan akibat radikal bebas pada retina mata dan juga mampu mempercepat penyembuha luka pada kornea. Dan, kandungan vitamin A tentu akan sangat bermanfaat dalam memperkuat dan meningkatkan ketajaman penglihatan.

8. Mencegah Serangan Asma

Jus apel mengandung senyawa antiradang dan antialergi yang dapat mengatasi gejala dan mencegah serangan asma. Tak hanya itu, kandungan polifenolnya dipercaya dapat meningkatkan kesehatan paru-paru. Dalam sebuah studi kasus dibuktikan, mengonsumsi jus apel secara rutin dapat menjaga fungsi paru-paru.

9. Melawan Alzheimer

Salah satu manfaat jus apel yang dapat dirasakan adalah mampu melawan alzheimer yang dapat mengganggu kemampuan kognitif seseorang. Kandungan quercetin pada apel adalah antioksidan kuat yang melindungi sel-sel otak dari demensia pada hari tua. Selain itu, jus apel juga melindungi sel-sel otak dari stres oksidatif yang berhubungan dengan Alzheimer.

5 dari 5 halaman

Manfaat Jus Apel bagi Kesehatan

10. Mengatasi Sembelit

Manfaat jus apel yang berikutnya adalah mengatasi sembelit. Sembelit terjadi saat usus besar menyerap terlalu banyak cairan. Untungnya jus apel mengandung sorbitol, yakni senyawa yang dipercaya dapat mengatasi sembelit dan melancarkan buang air besar.

11. Membantu Detoks pada Tubuh

Selain memiliki kandungan serat yang sangat banyak, apel juga mampu membantu sistem pencernaan Anda terbebas dari kandungan racun dan zat yang berbahaya. Serat yang terkandung dalam apel bisa mengatasi masalah sembelit. Sehingga, Anda tidak perlu mengonsumsi berbagai obat untuk mengatasi sembelit. Apel juga dapat mencegah terjadinya penyakit kanker usus besar. Dengan kata lain buah apel adalah agen detoksifikasi alami yang sangat aman untuk dikonsumsi.

12. Mencegah Kanker

Flavonoid dan asam fenolat dipercaya dapat mencegah pertumbuhan tumor dan kanker. Kedua senyawa ini ada pada jus apel, sehingga dipercaya dapat mencegah kanker. Dalam sebuah riset yang dilakukan German Research Center, mengonsumsi 1-2 apel per hari dapat menurunkan risiko kanker paru-paru dan usus besar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.