Sukses

Rizky Billar Dipecat dari Host Dangdut Academy 5 Indosiar, Ini 5 Faktanya

Liputan6.com, Jakarta Kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) yang dialami Lesti Kejora atas suaminya Rizky Billar tengah bergulir. Bersamaan dengan Lesti Kejora yang mencari keadilan, Rizky Billar mulai menerima imbas perbuatannya. Selain tengah terjerat hukum, karier Rizky Billar disebut berada di ujung tanduk. 

Sebelumnya ia menjadi salah satu host yang kerap wara-wiri di stasiun televisi. Salah satunya Dangdut Academy 5 atau DA 5 yang disiarkan oleh Indosiar. Namanya kian melejit usai kerap tampil bareng Lesti Kejora di beberapa program acara televisi.

Atas KDRT yang dilakukan Rizky Billar, tepat pada Selasa (4/10/2022) kemarin Indosiar menyatakan resmi mengeluarkan Rizky Billar dari Host Dangdut Academy 5. 

“Indosiar menjawab pertanyaannya sekaligus mengambil keputusan dengan ini kami umumkan bahwa mulai malam hari ini Rizky Billar tidak lagi menjadi host Dangdut Academy 5,” kata Irfan Hakim lewat konferensi di Indosiar.

Hal itu juga menjadi tindakan langsung usai Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Pusat meminta pihak televisi untuk tidak mengundang para pelaku KDRT di seluruh acara televisi dan radio. Berikut Liputan6.com merangkum faktanya melansir dari berbagai sumber, Rabu (5/10/2022).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 6 halaman

1. Diboikot KPI

Usai pemberitaan kasus KDRT yang dialami Lesti Kejora tersebar, pihak KPI sendiri segera mengambil keputusan. Dalam keterangan resminya, KPI dengan tegas menolak penayangan pelaku kekerasan. Hal itu berlaku untuk penyiaran lewat televisi dan radio.

"Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) meminta kepada semua lembaga penyiaran untuk tidak menjadikan pelaku Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) sebagai pengisi acara atau penampil dalam semua program siaran, baik di televisi dan radio," ujar Nuning Rodiyah, Komisioner KPI Pusat Bidang Kelembagaan dalam keterangan tertulisnya, Jumat (30/9/2022).

 

 

3 dari 6 halaman

2. Upaya Menghapus KDRT

Bagi KPI, seharusnya publik figur menjadi contoh baik bagi masyarakat bukan melakukan kekerasan seperti yang dilakukan Rizky Billar kepada Lesti Kejora akibat dugaan perselingkuhan. 

Oleh karenanya, keputusan itu menjadi alasan Rizky Billar tak lagi ditayangkan lewat televisi maupun radio. Hal ini juga sebagai bentuk penghormatan kepada Hak Asasi Manusia, keadilan dan kesetaraan gender  non diskriminasi dan perlindungan korban.  

"Kami akan berkomunikasi dengan setiap lembaga penyiaran khususnya penanggung jawab program siaran untuk lebih mengambil posisi yang tegas terhadap isu-isu KDRT ini. Harapannya, sikap tegas dari lembaga penyiaran ini, dapat memberikan edukasi positif kepada publik dalam menyikapi kasus-kasus kekerasan, baik itu KDRT ataupun diskriminasi lain," tambah Nuning.

4 dari 6 halaman

3. Diberhentikan dari Host Dangdut Academy 5

Tak heran jika Indosiar segera mengambil tindakan serupa yang diamanatkan Komisi Penyiaran Indonesia. Lewat keterangan resminya. Indosiar selaku penyelenggara ajang Dangdut Academy 5 memutuskan Rizky Billar tak lagi menjadi host di acara tersebut. 

“Berangkat dari peraturan tersebut keputusan komisi penyiaran Indonesia mengenai penutupan ruang untuk semua pelaku KDRT untuk tampil di radio dan televisi dan Indosiar menjawab pertanyaannya tidak sekaligus mengambil keputusan dengan ini kami umumkan bahwa mulai malam hari ini Rizky billar tidak lagi menjadi host Dangdut Academy 5,” kata Irfan Hakim lewat YouTube Indosiar (4/10) kemarin.

Bersamaan, Ramzi juga menyebut, Indosiar mengajak masyarakat Indonesia untuk speak up dan menolak dengan tegas segala bentuk kekerasan. Ia juga menjelaskan berbeda dari konten digital, konten televisi punya aturan tersendiri yang diawasi langsung lembaga penyiaran.

“Kami mau mengajak masyarakat Indonesia untuk berani speak up terhadap segala bentuk kekerasan sekali lagi, Dengarkan menolak dengan segala bentuk kekerasan dalam rumah tangga.

5 dari 6 halaman

4. Indosiar Tempat Awal Lesti dan Billar Bertemu

Melihat titik baliknya, Indosiar memang menjadi sejarah bagi Lesti Kejora dan Rizky Billar pertama kali bertemu. Keduanya terlihat bersama dalam momen ulang tahun Lesti Kejora ke-21 di Indosiar, penyanyi dangdut ini mengungkap kisah di balik pertemuan pertamanya dengan Rizky Billar.

"Dede waktu itu lagi di Bandung, enggak dikasih tahu awalnya, terus ditelepon kreatifnya One Man Show nanya-nanya, 'Boleh enggak ini, ini, soalnya nanti ada Rizky Billar', kata Lesti di acara Konser Ulang Tahun Lesti: Kulepas dengan Ikhlas, di Indosiar, Rabu (5/8/2020).

Hubungan Lesti Kejora dan Rizky Billar mulai terjalin sejak saat itu. Hingga keduanya memutuskan menikah pada 19 Agustus 2021 lalu. 

6 dari 6 halaman

5. Karier Rizky Billar Pasca KDRT Diujung Tanduk

KDRT yang dialami Lesti Kejora ini lantas menjadi bumerang tersendiri bagi Rizky Billar. Tak sedikit yang beranggapan kariernya bakal berada di ujung tanduk. Mengingat KPI sudah resmi memutuskan memberikan himbauan untuk menghentikan penayangan pelaku KDRT.

Rizky Billar juga terlihat hilang dari media sosial pribadinya. Tak menutup kemungkinan berbagai jadwal manggung dan berbagai agendanya terpaksa batal digelar. 

Hingga saat ini dukungan untuk Lesti Kejora masih mengalir. Salah satunya lewat slogan “Stop KDRT L for Lesti L for Love” yang menggema di jagat maya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.