Sukses

15 Wisata Bandar Lampung yang Cocok Dikunjungi, Pesona Alam Memukau

Liputan6.com, Jakarta Kota Bandar Lampung terletak di wilayah yang cukup strategis karena merupakan daerah transit kegiatan perekonomian antar pulau Sumatera dan pulau Jawa, sehingga akan sangat menguntungkan bagi pertumbuhan dan pengembangan Kota Bandar Lampung sebagai pusat perdagangan, industri, hingga pariwisata. Dengan pertumbuhan dan pengembangan ini, maka wisata Bandar Lampung memiliki potensi yang besar untuk disambangi wisatawan dari berbagai daerah. 

Dalam sistem perkotaan nasional, Kota Bandar Lampung ditetapkan sebagai Pusat Kegiatan Nasional dengan fungsi utama sebagai pusat pemerintahan provinsi, pusat perdagangan dan jasa regional, pusat distribusi dan koleksi, pusat pendukung hingga jasa pariwisata. Hal ini yang membuat wisata Bandar Lampung sangat cocok dikunjungi saat liburan, karena tersedia fasilitas wisata yang mumpuni.

Wisata Bandar Lampung juga memiliki destinasi yang menarik, mulai daari alam yang indah dan memesona, taman yang sangat cocok dijadikan sebagai tempat untuk menghilangkan penat, perbukitan yang indah, hutan yang masih asri, hingga museum yang menyimpan berbagai koleksi dan peninggalan sejarah.

Berikut ini wisata Bandar Lampung yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (5/10/2022). 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Wisata Bandar Lampung

1. Pantai Mutun

Wisata Bandar Lampung yang wajib Anda kunjungi saat liburan adalah wisata Pantai Mutun. Tempat ini hanya berjarak 10 km dari pusat Kota Bandar Lampung, memiliki pasir putih sejauh mata memandang, membuat siapapun ingin menghabiskan waktu liburan di sini. Panorama alam juga memukau, sehingga Anda bisa seru-seruan dengan aneka water sports, mulai dari kano hingga menaiki banana boat di salah satu tempat wisata di Bandar Lampung ini. Fasilitas yang tersedia di sini juga sangat mumpuni, sehingga pengunjung tak menjadi khawatir. 

2. Teluk Kiluan

Destinasi wisata Bandar Lampung yang tak kalah indah dan memesona adalah Teluk Kiluan. Walaupun jarak yang akan ditempuh cukup jauh dari Bandar Lampung, namun saat berada di sini Anda bisa melihat aktivitas Lumba-lumba, karena pantai ini merupakan surga tersembunyi untuk lumba-lumba. Selain bermain dengan lumba-lumba, pengunjung juga bisa berenang di sebuah laguna cantik yang berada di balik bukit Teluk Kiluan. Jangan lupa untuk mengabadikan momen indah bersama ratusan lumba-lumba yang tersebar di Teluk Kiluan.

3. Pantai Sari Ringgung dan Pulau Tegal Mas

Saat Anda ingin mengunjungi Bandar Lampung, maka tempat wisata yang wajib dikunjungi adalah Pantai Sari Ringgun dan Pulau Tegal Mas. Pantai ini dilengkapi dengan gazebo yangbisa digunakan untuk bersantai sambil menikmati semilir angin sepoi-sepoi, ada juga restoran yang juga menyediakan berbagai kuliner khas yang bisa dinikmati. Salah satu hal unik yang bisa kamu temui di sini adalah keberadaan masjid apung, selain itu Anda bisa sambangi island hopping ke Pulau Tegal Mas yang tidak kalah menakjubkan.

4. Pulau Pahawang

Pulau Pahawang memiliki keindahan alam bawah memukau. Saaat berada di wisata Bandar Lampung ini, Anda bisa menghabiskan waktu dengan Snorkeling dan diving. Pulau Pahawang terbagi menjadi dua yaitu Pahawang Besar dan Kecil, di mana bisa diakses masyarakat umum juga merupakan pulau pribadi. Pahwang Kecil yang masuk dalam kategori pulau pribadi ini, namun pengunjung masih bisa bermain-main di area luarnya, tepatnya di lokasi pasir timbul yang unik.

5. Pulau Tangkil

Saat ingin menghabiskan waktu untuk liburan seru, maka tempat wisata Bandar Lampung yang wajib dikunjungi adalah Pulau Tangkil. Untuk menuju ke lokasi, pengunjung hanya membutuhkan waktu 10 menit perjalanan mengendarai boat. Di Pulau Tangkil ini, kamu bisa melakukan parasailing yang merupakan satu-satunya di Lampung. Memiliki pasir putih sejauh mata memandang juga air pantai yang bening membuat pikiran menjadi segar kemabali. 

 

 

3 dari 4 halaman

Wisata Bandar Lampung

6. Museum Negeri Lampung

Tempat wisata dengan nuansa sejarah yang bisa ditengok adalah Museum Negeri Lampung. Untuk berkunjung, tempat ini terletak di Jl. ZA. Pagaralam, dekat underpass Unila, serta memiliki banyak sekali koleksi benda-benda hasil seni, keramik dari negeri Siam dan negeri Cina dari jaman Dinasti Ming, stempel dan mata uang kuno berasal dari masa penjajahan Belanda. Selain itu, museum ini menyediakan ribuan koleksi mulai dari geologika, biologika, numismatika/heraldika, filoqika, keramologika, seni rupa dan teknologika. Ada juga beberapa peninggalan prasejarah, benda-benda zaman Hindu – Budha, zaman kedatangan Islam, masa penjajahan, dan paska kemerdekaan RI. 

7. Tugu Adipura 

Tugu Adipura atau yang sering dikenal juga sebagai Tugu Gajah merupakan salah satu landmark di jantung kota Bandar Lampung. Tuhu ini memiliki kurang lebih 4 patung gajah di tengah kolam di bagian bawah tugu, di mana berlokasi di perempatan jalan di antara jalan Radin Intan, jalan A.Yani, jalan Jenderal Sudirman dan jalan Diponegoro. Saat berada di sini, Anda akan menikmati kuliner jalanan seperti bandrek dan somay, juga mengabadikan momen indah bersama dengan teman dan keluarga.

8. Vihara Thay Hin Bio

Tempat wisata Bandar Lampung yang wajib dikunjungi saat liburan adalah Vihara Thay Hin Bio. Tempat ini satu kawasan denga Teluk Betung di mana didirikan atas keinginan masyarakat Lampung keturunan Tionghoa. Dinamakan Vihara Kuan Im Thing, karena dalam perjalanannya vihara ini diperluas dan berganti nama menjadi Vihara Than Hin Bio.

9. Monumen Gunung Krakatau

Salah satu destinasi wisata Bandar Lampung tak boleh dilupakan adalah Monumen Gunung Krakatau. Monumen yang merupakan sebuah rambu laut ini, memiliki berat 250kg yang terlempar karena hempasan tsunami setinggi 40 meter akibat letusan Krakatau pada tanggal 27 Agustus 1883. Bagi Anda yang ingin melihat destinasi ini, tempatnya berada di di Jl. W.R. Supratman Telukbetung Bandar Lampung, dan menjadi titik nol kilometer Lampung.

10. Taman Kupu-kupu Gita Persada

Tempat wisata di Bandar Lampung yang wajib dikunjungi adalah Taman Kupu-kupu Gita Persada.Tempat ini bisa menjadi rekomendasi liburan keluarga yang seru dan menyenangkan. Pengunjung juga bisa melihat banyak kupu-kupu dari dekat. Berlokasi di Kecamatan Kemiling Bandar Lampung serta bersebelahan dengan Taman Rusa Tahura Wan Abdul Rahman. Selain itu, tempat ini juga menjadi wisata edukasi di mana Anda bisa belajar tentang siklus kehidupan kupu-kupu dimulai dari kepompong hingga menjadi kupu-kupu.

 

4 dari 4 halaman

Wisata Bandar Lampung

11. Taman Batu Granit Tanjung Bintang

Saat berkunjung ke Bandar Lampung, Anda bisa sambangi Batu Granit di Tanjung Bintang. Batuan granit ini merupakan salah satu bebatuan unik, yang tersusun bertumpuk-tumpuk, sehingga dikenal masyarakat lokal sebagai gunung batu. Jika ingin mengakses hingga puncaknya, kamu akan disuguhkan dengan pemandangan hutan hijau yang rindang dan sangat menyejukkan. Tempat yang memiliki pemandangan ala Afrika ini, terletak di Perkebunan Karet PTPN VII Afdeling Bergen, Purwodadi Dalam, Kecamatan Tanjung Bintang, Lampung Selatan, Lampung.

12. Taman Nasional Way Kambas

Wisata Bandar Lampung satu ini cocok buat pencinta hewan. Taman Nasional Way Kambas merupakan pusat konservasi besar ini menampung setidaknya 300 ekor gajah dan sampai saat ini terus bertambah. Saat memilih untuk bertandang ke sini, Anda bisa diajak langsung untuk berinteraksi dengan gajah. Tempat ini terletak di Lampung Timur dan buka dari jam 8.00 WIB hingga 18.00 WIB. 

13. Kawasan Taman Hutan Raya Wan Abdul Rahman

Wisata di Bandar Lampung dengan nuansa alam yang menyejukkan ada Hutan Raya Wan Abdul Rahman. Tempat ini akan sangat cocok untuk Anda yang mencari ketenangan, atau sekadar healing forest atau bathing forest. Tempat ini juga memiliki banyak spot yang bisa kita kunjungi, serta melihat dan mencoba viewing platform Tahura Wan Abdul Rahman. Tersedia juga beberapa air terjun yang bisa dinikmati oleh pengunjung. 

14. Taman Wisata Lembah Hijau

Destinasi wisata Bandar Lampung yang sudah dikenal oleh banyak orang, berlokasi di area perbukitan sebelah Barat kota Bandar Lampung, Lembah Hijau memberikan sensasi alam yang sejuk seerta asri, sehingga sangat cocok dijadikan sebagai tempat untuk menghilangkan penat. Taman Wisata Lembah Hijau merupakan perpaduan antara taman rekreasi pegunungan dan taman satwa, di mana tersedia cottage, ruang pertemuan, cafe, waterboom, arena outbound, dan wahana-wahana hiburan lain.

15. Pantai Dewi Mandapa, Pesawaran

Wisata di Bandar Lampung yang juga wajib disambangi saat liburan adalah Pantai Dewi Mandapa. Pantai ini cukup populer dan selalu ramai dikunjungi karena keindahan alam, terutama pantainya. Memiliki hamparan pasir putih, serta beberpa dermaga kayu dengan pondok-pondok kecil, ayunan, dan properti lainnya yang bisa dinikmati oleh pengunjung wisata. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.