Sukses

Cara Daftar Prakerja Gelombang 46, Simak Syarat dan Ketentuannya

Cara mudah dan cepat untuk daftar prakerja gelombang 46.

Liputan6.com, Jakarta Program Kartu Prakerja sekarang dibuka kembali untuk masyarakat, dan kini telah masuk dalam gelombang 46. Bagi anda yang ingin melakukan pendaftaran, cara daftar prakerja gelombang 46 bisa dilakukan melalui website prakerja.go.id. Melalui laman website prakerja.go.id, Anda bisa dianjurkan untuk membuat akun terlebih dahulu apabila ingin mengikuti atau mendaftar dalam program Kartu Prakerja Gelombang

Cara daftar prakerja gelombang 46 bagi yang sudah mendaftarkan diri, untuk bisa menikmati ragam manfaat yang disediakan oleh program ini. Adapun berbagai manfaat antara lain adalah insentif prakerja, hingga beberapa pelatihan-pelatihan yang bisa Anda ikuti.

Program yang digagas oleh pemerintah ini, tentu membantu masyarakat dalam hal ekonomi. Cara daftar prakerja gelombang 46 ini cukup mudah dan aman, karena Anda bisa mengakses langsung lewat aman resmi prakerja.go.id. Siapkan juga dokumen pendukung yang bisa Anda gunakan, seperti KTP, KK, buku rekening dan dokumen persyaratan lainnya. 

Berikut ini cara daftar prakerja gelombang 46 yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (5/10/2022). 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mengenal Kartu Prakerja

Sebelum mengetahui cara daftar prakerja gelombang 46, maka sangat penting bagi Anda mengenal seperti apa Program Kartu Prakerja. Program yang digagas oleh pemerintah ini, merupakan salah satu pengembangan kompetensi kerja yang memang ditujukan untuk para pencari kerja yang memang mengalami pemutusan hubungan kerja, yang memang membutuhkan peningkatan kompetensi.

Melansir dari laman resmi prakerja.go.id, Program Kartu Prakerja bertujuan untuk mengembangkan kompetensi angkatan kerja, juga sebagai salah satu cara meningkatkan produktivitas hingga daya saing angkatan kerja, dalam mengembangkan kewirausahaan.

Cara daftar prakerja gelombang 4 yang berhasil lolos , akan mendapatkan manfaat berupa bantuan pelatihan/pembekalan kompetensi kerja dan/atau kewirausahaan, serta insentif berupa uang yang diberikan secara tunai.

Penerima bantuan prakerja akan mendapatkan paket manfaat bernilai total Rp3.550.000, terdiri dari:

1. Bantuan biaya pelatihan sebesar Rp 1 juta yang dapat digunakan untuk membeli aneka pelatihan di platform digital mitra termasuk SISNAKER.

2. Insentif yang akan ditransfer ke rekening bank atau e-wallet LinkAja, Ovo atau GoPay milik peserta.

3. Insentif pasca penuntasan pelatihan pertama sebesar Rp 600.000 per bulan selama 4 bulan

4. Insentif pasca pengisian survei evaluasi sebesar Rp 50.000 per survei untuk 3 kali survei. 

Program milik pemerintah ini didesain sebagai sebuah produk dan dikemas sedemikian rupa agar memberikan nilai bagi pengguna sekaligus memberikan nilai bagi sektor swasta. Jalan digital melalui marketplace dipilih untuk memudahkan pengguna mencari, membandingkan, memilih dan memberi evaluasi. 

 

3 dari 4 halaman

Syarat Membuat Kartu Prakerja

Adapun syarat yang bisa Anda penuhi ketika ingin mendaftar prakerja gelombang 46 diantaranya adalah:

- WNI berusia 18 tahun ke atas.

- Tidak sedang menempuh pendidikan secara formal.

- Sedang mencari kerja, pekerja/buruh yang terkena PHK, atau pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi kerja, dan pelaku usaha mikro & kecil.

- Bukan penerima bantuan sosial lainnya selama ada dalam pandemi COVID-19.

- Tidak termasuk Pejabat Negara, Pimpinan dan Anggota DPRD, ASN, Prajurit TNI, Anggota Polri, Kepala Desa dan perangkat desa dan Direksi/Komisaris/Dewan Pengawas pada BUMN atau BUMD.

- Untuk setipa penerima bantuan prakerja, maksimal 2 NIK dalam 1 KK yang menjadi Penerima Kartu Prakerja.

4 dari 4 halaman

Cara Daftar Prakerja Gelombang 46

Setelah mengetahui dan memenuhi persyaratan yang telah disebutkan di atas, peserta bisa mendaftar prakerja dengan membuat akun mengikuti langkah-langkah berikut ini.

- Buka situs https://dashboard.prakerja.go.id/daftar kemudian Anda bisa masukkan alamat email dan password dan klik Daftar.

- Langkah selanjutnya Anda membuka email notifikasi yang dikirim dan lakukan verifikasi, dan setelah berhasil daftar akun dan login, Anda akan diarahkan ke laman verifikasi KTP.

- Berikutnya masukan NIK, nomor Kartu Keluarga, dan tanggal lahir kemudian klik Lanjut, lalu Anda bisa lengkapi data diri dan pastikan data yang dimasukkan sudah sesuai.

- Selalu pastikan nama lengkap dan nama ibu kandung yang dimasukkan sudah sesuai, lalu masuk dalam tahapan verifikasi dengan memasukkan foto e-KTP yang dapat diakses melalui browser HP. Jangan lupa perhatikan ketentuan yang tercantum agar proses verifikasi e-KTP berjalan lancar.

- Jika foto KTP Anda sudah sesuai ketentuan klik Kirim Foto e-KTP dan tunggu hingga sistem selesai memverifikasi foto e-KTP yang diunggah.

- Langkah selanjutnya verifikasi foto wajah, seperti verifikasi e-KTP, perhatikan ketentuan yang tercantum agar proses verifikasi berjalan lancar.

- Anda bisa mengambil swafoto (selfie) dengan kamera HP, lalu bisa disesuaikan swafoto (selfie) yang Anda ambil dengan memperhatikan ketentuan.

- Selanjutnya akan muncul tampilan foto yang sudah disesuaikan lalu klik Gunakan Foto, dan jika swafoto (selfie) sudah sesuai, klik Kirim Foto untuk langkah berikutnya.

- Selanjutnya verifikasi nomor handphone, lalu Anda bisa masukkan enam digit kode OTP yang sudah dikirimkan ke nomor HP dan klik Kirim OTP.

- Masukkan kode OTP yang telah dikirimkan via SMS ke nomor HP. Klik Kirim OTP yang kemudian isi Pernyataan Pendaftar sesuai dengan kondisi kamu.

- Berikutnya isi sampai selesai, jika sudah selesai klik Lanjut.

- Bagi pendaftar wajib melakukan Tes Motivasi & Kemampuan Dasar, lalu klik Mulai Tes

- Selanjutnya ikuti seleksi dengan memilih gelombang sesuai dengan domisili lalu klik Gabung, lalu akan muncul konfirmasi pilihan gelombang.

- Bila sudah sesuai, klik Gabung, dan klik juga Saya Menyetujui untuk dapat melanjutkan ke tahap berikutnya.

- Langkah terakhir Anda akan menerima notifikasi kelulusan melalui SMS dan email setelah penutupan gelombang.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini