Sukses

15 Objek Wisata Semarang Paling Populer, Lengkap Dengan Harga Tiket Masuknya

Liputan6.com, Jakarta Objek wisata Semarang menyajikan berbagai jenis tempat liburan yang mengasyikan. Sebagai objek wisata, Semarang mungkin tidak sepopuler kota Solo dan Yogyakarta, namun ibu kota Jawa Tengah ini menawarkan banyak permata tersembunyi yang tidak akan anda temukan di tempat lain.

Dipengaruhi oleh budaya Tiongkok dan Belanda yang berkembang pesat di Semarang pada masanya. Beberapa objek wisata yang sudah terkenal diantara para wisatawan di antaranya seperti Lawang Sewu dan Kota Lama, menampilkan atraksi wisata sejarah dan keindahan arsitektur yang memukau.

Objek wisata Semarang menjadi tempat yang cocok bagi Anda yang ingin mempelajari keberagaman. Namun selain itu Semarang juga menyimpan banyak objek wisata lain yang sayang untuk dilewatkan. Terbagi menjadi dua bagian, yaitu Semarang Atas dan Semarang Bawah, anda bisa menemukan banyak tempat wisata di sini.

Untuk referensi bagi anda yang akan berlibur ke Semarang, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (5/10/2022). Rekomendasi objek wisata Semarang yang wajib dikunjungi, beserta dengan harga tiket masuknya.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 6 halaman

Objek Wisata Semarang Paling Populer

1.Kota Lama Semarang

Objek wisata Semarang yang pertama adalah kota alam. Inilah pilihan pertama tempat wisata Semarang yang wajib anda kunjungi. Kota Lama telah menjadi tempat favorit masyarakat Semarang dan sekitarnya untuk menghabiskan akhir pekan.

Kota Lama bahkan diklaim sebagai tempat yang tepat bagi mereka yang menyukai fotografi dengan suasana jadul. Kota Lama merupakan pusat perdagangan pada tahun 1920-an ketika Belanda masih menjajah Indonesia. Hebatnya lagi, bangunan-bangunan tua masih berdiri kokoh di kawasan ini.

Tiket masuk: Gratis.

 

2. Kampung Batik Semarang

Kampung Batik Semarang sangat cocok bagi Anda yang suka berbelanja. Jika Anda sedang berada di sekitar, jangan lewatkan tempat wisata belanja di Semarang ini. Di jalan Batik, ini adalah area di mana pengrajin batik di Semarang membuat dan menjual karyanya secara langsung. Beragam Motif Batik Semarang tersedia dengan harga yang sangat terjangkau.

Menariknya, selain menyaksikan proses pembuatan batik, anda juga bisa berfoto di depan dinding yang bergambar lukisan-lukisan indah. Hal ini akan membuat momen liburan anda semakin seru dan menyenangkan, apalagi jika liburan anda ramai dengan keluarga, kerabat, dan teman dekat.

Tiket masuk: Gratis.

 

3.Desa Semilir Eco Park

Semarang memiliki banyak destinasi wisata yang layak untuk dikunjungi; salah satu yang direkomendasikan adalah Dusun Semilir Eco Park. Dusun Semilir Eco Park merupakan destinasi wisata baru di Semarang yang sedang hits. Bentuknya yang seperti stupa raksasa menjadi daya tarik utama tempat ini.

Sesuai dengan namanya, tempat wisata ini menawarkan kesejukan dan kesegaran alam dengan pemandangan yang menakjubkan. Bagi anda yang berencana mengunjungi Semarang, Dusun Semilir Eco Park wajib masuk dalam daftar liburan anda bersama dengan keluarga.

Tiket masuk: Rp 15.000.

3 dari 6 halaman

Objek Wisata Semarang Paling Populer

4. Klenteng Sam Po Kong

Objek wisata Semarang ini adalah kompleks candi bersejarah dengan arsitektur khas masyarakat tradisional Cina dan Jepang. Tempat wisata Semarang mengusung nuansa religi yang cukup kental bagi penganut ajaran Kong Hu Cu.

Dikenal juga sebagai tempat wisata edukasi di Semarang dengan desain arsitektur yang menarik, Klenteng Sam Po Kong wajib masuk dalam daftar wisata anda selanjutnya. Berkunjung ke tempat ini, anda bisa berburu spot foto yang menarik dan instagramable.

Tiket masuk: Rp 25.000.

 

5. Benteng Pendem Ambarawa

Benteng Pendem Ambarawa terletak tidak jauh dari Museum Kereta Api Ambarawa, Benteng Pendem Ambarawa menjadi tempat wisata favorit keluarga di Semarang dan sekitarnya. Dinamakan “Benteng Pendem” karena jika dilihat dari desainnya, benteng ini berada di bawah tanah dan dibuat sebagai rumah pertahanan pada saat itu.

Jika anda mencari tempat wisata Semarang gratis, Benteng Pendem Ambarawa adalah pilihan yang tepat. Benteng ini dibangun pada tahun 1834. Hebatnya lagi, benteng tersebut masih berdiri kokoh hingga saat ini. Meski sudah tidak utuh lagi, anda masih bisa melihat sisa bangunan kastil jika menggunakan kamera kesayangan.

Tiket masuk: Gratis.

 

6. Museum Ranggawarsita

Resmi dibuka pada tanggal 5 Juli 1989, Museum Ranggawarsita memiliki koleksi sekitar 59784 koleksi. Ini adalah museum di Semarang yang menyimpan dan memamerkan berbagai warisan budaya dan beberapa benda budaya Jawa Tengah.

Jika Anda bepergian ke Semarang dengan kereta api atau moda transportasi lainnya, Anda bisa turun di stasiun Poncol untuk mengunjungi Museum Ranggawarsita. Museum yang berada di dekat Stasiun Poncol Semarang ini akan memberikan pengalaman dan pengetahuan baru bagi pengunjung.

Tiket masuk: Rp 5.000.

4 dari 6 halaman

Objek Wisata Semarang Paling Populer

7. Pantai Marina

Objek wisata Semarang berikutnya adalah Pantai Marina. Sebelum dijadikan objek wisata, pantai ini dulunya memiliki kolam dan hutan bakau. Kemudian pantai tersebut direklamasi oleh pemerintah setempat menjadi kawasan perbelanjaan, perumahan, dan perkantoran yang terletak di bagian selatan pantai.

Deretan pohon rindang menghiasi pantai yang membuat suasana pantai tidak terlalu panas. Anda juga bisa naik perahu sewaan untuk berkeliling kawasan pantai. Ada juga persewaan ban renang dan mobil balap mainan di kawasan pantai di Semarang ini.

Tiket masuk: Rp 2.000.

 

8. Pantai Tirang

Inilah pantai terindah di kota Semarang yang wajib anda kunjungi. Pantai ini terletak tidak terlalu jauh dari Pantai Marina Semarang, namun pengunjung yang berlibur ke Semarang seringkali melewatkan Pantai Tirang sebagai destinasi wisata. Pantai Tirang tidak kalah indahnya; itu masih cukup menakjubkan.

Berbeda dengan pantai-pantai indah di Semarang lainnya, Pantai Tirang merupakan tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi, terutama bagi yang hobi memancing. Apalagi di sekitar pantai juga terdapat pohon bakau dan terumbu karang yang menjadi penghuni ikan-ikan kecil.

Tiket masuk: Rp 5.000.

 

9. Maron Mangrove Edupark

Objek wisata Semarang yang selanjutnya adalah Maron Mangrove Edupark. Maron Mangrove Edupark merupakan wisata Semarang terbaru yang mulai ramai dikunjungi anak muda. Tidak jauh dari Bandara Ahmad Yani, taman ini menawarkan pengalaman unik bagi para tamu. 

Mangrove yang direndam air laut ditanam di area ini untuk mempercantik jembatan kayu. Itu membuat bidikan anda terlihat lebih menarik. Di tempat wisata ini juga terdapat menara dengan ketinggian sekitar 10 meter. Melalui menara ini, pengunjung dapat melihat pemandangan kota Semarang dengan lebih jelas.

Tiket masuk: Rp 5.000.

5 dari 6 halaman

Objek Wisata Semarang Paling Populer

10. Water Blaster Graha Candi Golf

Water Blaster Graha Candi Golf adalah taman air Semarang yang populer dengan kolam ombak, seluncuran, area bermain anak-anak, tempat makan, permainan, dan beberapa toko souvenir. Wisata Semarang sangat menarik untuk dikunjungi bersama keluarga dan anak-anak.

Memiliki wahana air yang beragam, Water Blaster Graha Candi Golf selalu menjadi tempat wisata favorit warga Semarang dan sekitarnya. Setidaknya ada 8 unit wahana air yang wajib anda coba yang akan memberikan pengalaman seru untuk liburan anda.

Tiket masuk: Rp 60.000.

 

11. Wisata Candi Gedong Songo

Candi Gedong Songo adalah candi yang ditemukan pada tahun 1804, dan candi ini memiliki 9 candi lainnya di dalamnya. Dinamakan Candi Gedong Songo karena dalam bahasa Jepang sendiri arti kata “Songo” berarti sembilan. Terdapat 9 bangunan yang tersebar di sepanjang lereng pegunungan Ungaran, kurang lebih 1200 meter di atas permukaan laut.

Berada di ketinggian, Anda akan melihat pemandangan yang indah dan mempesona saat tiba di pura ini. Tempat wisata Semarang ini menawarkan aktivitas seperti mandi air panas dan menunggang kuda. Candi ini merupakan salah satu ikon peninggalan Dinasti Syailendra yang terkenal.

Tiket masuk: Rp 5.000.

 

12. Air Terjun Kali Pancur

Objek wisata Semarang yang memukau lainnya terdapat di desa Nogosaren. Di sana anda akan menemukan air terjun terindah yang akan menyejukan liburan anda selama di Semarang. Terletak di kaki Gunung Telomoyo, Kali Pancur memiliki air terjun setinggi 100 meter yang terletak tepat di depan Rawa Pening Semarang yang menjadi tujuan wisata populer.

Meskipun demikian, anda masih harus berjalan agak jauh dari tempat parkir untuk melihat Air Terjun Kali Pancur. Selain keindahan air terjunnya keberadaan relief batu karang di sekitar objek wisata ini juga menarik untuk diabadikan dengan kamera anda.

Tiket masuk: Rp 5.000.

6 dari 6 halaman

Objek Wisata Semarang Paling Populer

13. Ngarai Coklat

Tak perlu jauh-jauh ke Amerika Serikat untuk melihat keindahan Grand Canyon yang menjadi salah satu destinasi populer secara global. Indonesia juga memiliki Brown Canyon di kota Semarang. Anda bisa melihat tebing-tebing yang menjulang tinggi dan Brown Canyon yang berwarna coklat di Semarang.

Jangan lupa untuk mengabadikan panorama pemandangan yang mewah melalui lensa kamera kesayangan Anda. Brown Canyon merupakan kawasan galian, padas, dan pasir yang diubah menjadi objek wisata dengan pemandangan yang memikat.

Tiket masuk: Gratis.

 

14. Stasiun Pengamatan Lereng Kelir

Objek wisata Semarang yang berikutnya adalah Stasiun Pengamatan Lereng Kelir. Stasiun Pengamatan Lereng Kelir adalah tempat wisata dimana pengunjung dapat berfoto selfie sepuasnya dari ketinggian, dengan pemandangan alam yang indah.

Berada tepat di kaki pegunungan Kelir, tempat wisata di Semarang ini berjarak sekitar 1 jam perjalanan dari pusat kota Semarang. Karena berada di ketinggian sekitar 715 meter di atas laut, pengunjung juga bisa berfoto dengan langit biru dan hijau yang berlatar pemandangan kota Semarang dan Ambarawa.

Tiket masuk: Rp 5.000.

 

15. Lawang Sewu

Lawang Sewu atau yang lebih dikenal dengan bangunan seribu pintu merupakan salah satu landmark kota Semarang. Awalnya dibangun sebagai markas besar Perusahaan Kereta Api Hindia Belanda, bangunan ini kaya akan makna sejarah. Bagi penyuka cerita horor, tempat ini juga akan memberi pengalaman yang menyenangkan.

Selain desain kolonial yang menarik secara estetis, masa lalu Lawang Sewu yang tragis telah menjadikannya daya tarik. Pada tahun 2011 Lawang Sewu diresmikan oleh Ibu Negara Ani Yudhoyono dan dibuka kembali untuk umum setelah renovasi besar-besaran. Sebagai ikon sejarah dan arsitektur kota Semarang, Lawang Sewu tidak boleh dilewatkan.

Tiket masuk: Rp 10.000.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.