Sukses

Iqlab Artinya Menukar atau Mengganti, Pahami Hukum dan Cara Membacanya

Liputan6.com, Jakarta Iqlab artinya menukar atau mengganti, iqlab adalah hukum bacaan dalam ilmu tajwid Al-Qur'an yang masuk dalam hukum nun mati dan tanwin. Menggunakan iqlab artinya menganti bunyi nun mati atau tanwin kepada suara mim mati saat bertemu dengan huruf iqlab.

Ilmu tajwid hukumnya adalah fardu kifayah, namun jika sudah mengetahui ilmu tajwid maka mengamalkannya ketika membaca Al-Qur'an hukumnya adalah fardu ain atau wajib. Dengan mengetahui dan mengamalkan hukum bacaan iqlab artinya seorang muslim telah menyempurnakan bacaan Al-Qur'an.

Seperti yang telah dijelaskan diatasi iqlab artinya adalah menukar dan mengganti, lalu bagaimana pengertiannya? Apakah ada aturan khusus dalam membacanya? Dan bagaimana contohnya dalam Al-Qur'an?

Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan ini, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber tentang pengertian dari hukum bacaan iqlab, cara membacanya dan contohnya dalam Al-Qur'an, Rabu (5/10/2022).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 5 halaman

Iqlab Artinya

Iqlab Artinya

Jika diartikan dalam bahasa Arab, iqlab (إقلاب) artinya mengubah atau membalik. Sementara jika diterjemahkan secara istilah, iqlab artinya adalah salah satu hukum tajwid yang pelafalannya dengan menukar bunyi huruf nun sukun atau tanwin menjadi bunyi huruf mim mati disertai dengung dan disamarkan.

Iqlab terjadi jika huruf Baa (ب) datang setelah nun mati atau tanwin, maka pembaca akan mengubah suara menjadi Mim (م), dan akan dibacakan dengan suara antara Idgham dan Ikhfa. Hal ini karena pengucapan yang mudah dari nun mati dan Tanwin dengan mengubahnya menjadi Mim karena Mim dan Ba berbagi titik artikulasi yang sama, dan Mim dan Nun berbagi suara sengau.

Penting untuk memahami iqlab karena manfaat belajar Tajwid sangat banyak. Ini harus menjadi prioritas utama bagi setiap Muslim untuk memberikan waktu dan usaha karena Al-Qur'an diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW melalui malaikat Jibril dengan cara itu.

Pentingnya aturan Iqlab ini karena jika mengucapkan Nun diikuti oleh Baa, akan ada beberapa kesulitan dalam pengucapannya karena jarak keluarnya mereka di mulut. Oleh karena itu, Noon diucapkan sebagai Mim karena Mim dan Ba berada di dekat pintu keluar mereka.

3 dari 5 halaman

Cara Membaca Iqlab

Cara Membaca Iqlab

Bagaimana cara membaca Iqlab? Saat membaca Al-Qur'an, ketika mata tertuju pada huruf Nun atau Tanwin diikuti dengan huruf Baa, penting untuk diingat bahwa itu tidak akan diucapkan tetapi akan diubah menjadi suara Mim Sakinah dengan Ghunnah.

Pembaca tidak harus menutup bibir sepenuhnya dan menekankannya saat mengucapkan Mim, tetapi mengurangi suaranya dengan membuat celah di antara bibir untuk menghasilkan suara Ghunnah.

Dalam iqlab, kesalahan yang banyak terjadi adalah tidak menukar bunyi nun sukun atau tanwin kepada bunyi huruf mim sukun. Sehingga, bacaan tidak mendengung. Yang perlu diperhatikan untuk menentukan iqlab adalah ciri iqlab dalam Al-Qur'an sendiri terlihat dari huruf mim kecil (م) di antara huruf mim (مْ) dan ba' (ب).

4 dari 5 halaman

Contoh Bacaan Iqlab dalam Al Quran

Contoh Bacaan Iqlab dalam Al-Qur'an

Berikut ini adalah beberapa contoh aturan Iqlab Tajwid dalam Al-Qur'an, di mana dapat dilihat bahwa setiap kali Mim kecil terjadi, aturan Iqlab berlaku, dan itu karena Tanween atau nun mati diikuti oleh huruf Baa.

1. Ali Imran ayat 160

إِن يَنصُرْكُمُ ٱللَّهُ فَلَا غَالِبَ لَكُمْ ۖ وَإِن يَخْذُلْكُمْ فَمَن ذَا ٱلَّذِى يَنصُرُكُم مِّنۢ بَعْدِهِۦ ۗ وَعَلَى ٱللَّهِ فَلْيَتَوَكَّلِ ٱلْمُؤْمِنُونَ

Arab-Latin: Iy yanṣurkumullāhu fa lā gāliba lakum, wa iy yakhżulkum fa man żallażī yanṣurukum mim ba'dih, wa 'alallāhi falyatawakkalil-mu`minụn

Artinya: Jika Allah menolong kamu, maka tak adalah orang yang dapat mengalahkan kamu; jika Allah membiarkan kamu (tidak memberi pertolongan), maka siapakah gerangan yang dapat menolong kamu (selain) dari Allah sesudah itu? Karena itu hendaklah kepada Allah saja orang-orang mukmin bertawakal.

 

2. Al Alaq ayat 15

كَلَّا لَئِن لَّمْ يَنتَهِ لَنَسْفَعًۢا بِٱلنَّاصِيَةِ

Arab-Latin: Kallā la`il lam yantahi lanasfa'am bin-nāṣiyah

Artinya: Ketahuilah, sungguh jika dia tidak berhenti (berbuat demikian) niscaya Kami tarik ubun-ubunnya.

 

3. Al Mulk ayat 13

وَأَسِرُّوا۟ قَوْلَكُمْ أَوِ ٱجْهَرُوا۟ بِهِۦٓ ۖ إِنَّهُۥ عَلِيمٌۢ بِذَاتِ ٱلصُّدُورِ

Arab-Latin: Wa asirrụ qaulakum awij-harụ bih, innahụ 'alīmum biżātiṣ-ṣudụr

Artinya: Dan rahasiakanlah perkataanmu atau lahirkanlah; sesungguhnya Dia Maha Mengetahui segala isi hati.

 

4. Al Humazah ayat 4

 كَلَّا ۖ لَيُنۢبَذَنَّ فِى ٱلْحُطَمَةِ

Arab-Latin: Kallā layumbażanna fil-ḥuṭamah

Artinya: Sekali-kali tidak! Sesungguhnya dia benar-benar akan dilemparkan ke dalam Huthamah.

5 dari 5 halaman

Contoh Bacaan Iqlab dalam Al-Qur'an

5. Asy Syams ayat 12

إِذِ ٱنۢبَعَثَ أَشْقَىٰهَا

Arab-Latin: Iżimba'aṡa asyqāhā

Artinya: Ketika bangkit orang yang paling celaka di antara mereka,

 

6. Al Balad ayat 2

وَأَنتَ حِلٌّۢ بِهَٰذَا ٱلْبَلَدِ

Arab-Latin: Wa anta ḥillum bihāżal-balad

Artinya: Dan kamu (Muhammad) bertempat di kota Mekah ini,

 

7. At Takwir ayat 9

بِأَىِّ ذَنۢبٍ قُتِلَتْ

Arab-Latin: Bi`ayyi żambing qutilat

Artinya: Karena dosa apakah dia dibunuh,

 

 8. Al Bayyinah ayat 14

وَمَا تَفَرَّقَ ٱلَّذِينَ أُوتُوا۟ ٱلْكِتَٰبَ إِلَّا مِنۢ بَعْدِ مَا جَآءَتْهُمُ ٱلْبَيِّنَةُ

Arab-Latin: Wa mā tafarraqallażīna ụtul-kitāba illā mim ba'di mā jā`at-humul-bayyinah

Artinya: Dan tidaklah berpecah belah orang-orang yang didatangkan Al Kitab (kepada mereka) melainkan sesudah datang kepada mereka bukti yang nyata. 

Iqlab artinya adalah menukar atau mengganti, menjadi salah satu hukum tajwid, penting untuk mengetahui dan memahami bagaimana cara baca iqlab yang baik dan benar. Hal ini untuk menyempurnakan bacaan Al Quran dengan lebih baik lagi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.