Sukses

10 Wisata Bedugul yang Menyejukan, Cocok untuk Santai, Edukasi, dan Petualangan

Berikut adalah sejumlah rekomendasi wisata Bedugul, Bali, mulai dari wiata alam, edukasi, dan outbound.

Liputan6.com, Jakarta Seperti layaknya kebanyakan tempat wisata yang wajib, wisata Bedulu merupakan salah satu wilayah yang paling sering dikunjungi ketika berlibur di Pulau Bali. Kondisi geografisnya yang berada di dataran tinggi, membuat wisata Bedugul menawarkan suasana yang kontras dengan pusat kota Denpasar.

Wisata Bedugul cenderung memiliki kesejukan dan wajah Bali yang asri. Di sana ada tiga danau yang sangat ikonik, yang hampir selalu masuk dalam sebuah paket wisata di Bali.

Namun penting untuk diketahui, bahwa Wisata Bedugul bukan sekadar Danau Bedugul saja, melainkan ada banyak tempat wisata lain yang tak kalah menarik. Bahkan banyak di antaranya yang menjadi tempat favorit wisatawan mancanegara.

Berada di dataran tinggi, Wisata Bedugul akan menunjukkan sisi Bali yang eksotis. selain keberadaan tiga danau kembar, Wisata Bedugul juga memiliki area persawahan yang cukup terkenal. Berikut adalah sejumlah tempat wisata Bedugul, seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (5/10/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Tiga Danau Kembar

Danau Beratan

Danau Beratan adalah danau yang paling ikonik di Wisata Bedugul. Danau ini juga sering disebut sebagai Danau Bedugul. Danau ini berada di Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali. Danau ini merupakan salah satu dari tiga danau kembar di Bali dan berada di ketinggian kurang lebih 1239 mdpl. Danau ini merupakan kawah hasil letusan gunung purba.

Di danau ini kamu bisa merasakan sejuknya dataran tinggi dan kilau cahaya matahari yang memantul dari danau. Di Danau Beratan pengunjung bisa melakukan berbagai macam aktivitas di antaranya seperti bersantai di pinggir danau, naik perahu, dan menikmati kuliner khas Bali.

Danau Buyan

Tak jauh dari Danau Beratan, terdapat danau lain hasil letusan gunung api purba. Danau ini adalah Danau Buyan. Danau Buyan berlokasi di Desa Pancasari, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali.

Danau Buyan merupakan satu dari tiga danau kembar di kawasan wisata Bedugul. Danau ini juga terbentuk di dalam sebuah kaldera besar. Danau Buyan diapit oleh dua danau lainnya, yaitu Danau Tamblingan di sebelah barat dan Danau Beratan di timur.

Dari ketiga danau kembar, Danau Buyan merupakan danau yang paling luas. Di antara danau Buyan dan Tamblingan yang terpisahkan oleh hutan sepanjang kurang lebih satu kilometer, terdapat sebuah kolam yang terhubung langsung dengan danau Buyan melalui sebuah kanal sempit. Oleh masyarakat kolam ini dinamakan Telaga Aya.

Danau Tamblingan

Danau terakhir di antara tiga danau kembar di kawasan wisata Bedugul adalah Danau Tamblingan. Danau ini merupakan danau terkecil dibandingkan dua danau lainnya. Danau ini terletak di lereng sebelah utara Gunung Lesung, kawasan Desa Munduk, Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng, Bali.

Danau ini dikelilingi oleh hutan hujan tropis yang masih sangat alami. Danau ini tetap dijaga kelestariannya hingga saat ini. Di sekitar danau ini juga terdapat sejumlah pura yang menyimpan sejarah dan perkembangan peradaban dan kebudayaan Bali.

3 dari 6 halaman

Wisata Budaya

Pura Ulun Danu

Pura Ulun Danu Bratan atau yang juga disebut sebagai Bratan Pura, merupakan sebuah kompleks candi besar di Bali. Kompleks candi ini terletak di tepi barat laut Danau Bratan. Di Pura Ulun Danu terdapat situs-situs bersejarah dari masa Kerajaan Mengwi, mulai dari yang berbentuk artefak serta sarkofagus.

Pura Ulun Danu sebenarnya adalah tempat yang biasa digunakan untuk upacara persembahan kepada Dewi Danu, dewi air, danau dan sungai. Hingga sekarang Pura Ulun Danu masih digunakan sebagai tempat untuk upacara persembahan bagi Dewi Danu. Pura Ulun Danu yang berlokasi di pinggir Danau Bratan terkadang akan tergenang oleh air. Ini yang menjadi daya tarik dari pura ini.

Pasar Candi Kuning

Pergi ke sejumlah tempat wisata Bedugul akan terasa tidak lengkap jika tidak mampir ke Pasar Candi Kuning. Pasar ini merupakan pasar tradisional yang berada di Candikuning, Baturiti, Tabanan, Bali. Di pasar ini kamu bisa menemukan buah dan sayuran segar yang baru saja dipanen dari perkebunan. Buah-buahan yang sering ditemukan di pasar ini adalah stroberi, markisa, dan jambu air.

Pasar Candi Kuning merupakan tempat singgah wisatawan untuk berbelanja, kulineran, atau sekadar melihat-lihat aktivitas warga Bedugul. Di pasar ini juga banyak yang menjual cenderamata, pakaian, dan pernak pernik khas Bali yang cocok dijadikan oleh-oleh.

4 dari 6 halaman

Wisata Kebun

Kebun Stroberi

Wisata Bedugul yang tak kalah menarik adalah kebun stroberi Bedugul. Tak cuma di pasar, kamu bisa menemukan stroberi segar di Bedugul. Bahkan, di tempat ini pengunjung bisa memetik dan memakan langsung buah-buah stroberi dari kebunnya.

Kebun stroberi Bedugul berada di kawasan dataran tinggi. Maka tidak mengherankan jika tempat wisata Bedugul ini memiliki udara yang sejuk dan sangat asri. Stroberi sendiri merupakan salah satu oleh-oleh khas Bedugul yang banyak dicari wisatawan.

Kebun Raya Bedugul

Kebun Raya Bedugul atau yang juga disebut Kebun Raya "Eka Karya" Bali merupakan salah satu kebun raya terbesar yang ada di Indonesia. Tempat wisata Bedugul ini berada di ketinggian 1.250–1.450 m. Kini Kebun Raya ini menjadi kawasan konservasi ex-situ bagi tumbuhan pegunungan tropika Kawasan Timur Indonesia.

Kebun Raya Bedugul terletak di tengah-tengah Pulau Bali, yakni berada di kaldera bekas gunung berapi. Kebun Raya ini berlokasi di Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali. di Kebun Raya Bedugul, terdapat banyak varian botani seperti anggrek, tumbuhan paku, begonia, kaktus dan koleksi tanaman yang digunakan untuk Upacara Adat Hindu Bali.

Kebun Raya yang terletak di dekat Pura Batu Meringgit ini, telah mengoleksi Tanaman Upacara Adat Hindu Bali mulai dari tahun 1991. Koleksi Tanaman Upacara Adat Bali terdiri dari 580 tanaman yang berasal dari 42 suku, 81 marga dan 130 jenis. Jenis tanaman ini seperti pohon dadap, sirih, pisang, dan paku sayur.

5 dari 6 halaman

Wisata Edukasi dan Petualangan

Secret Garden Village

Secret Garden Village merupakan salah satu destinasi wisata baru di Bali Selatan, tepatnya di Jalan Raya Denpasar – Bedugul KM 36, Tabanan Bali atau di satu jalan menuju wisata danau Bedugul yang legendaris.

Selain memiliki suasana yang sejuk, tempat wisata Bedugul ini memiliki daya tarik berupa bentuk arsitekturnya. Secret Garden Village memiliki bangunan unik yang terinspirasi dari pegunungan yang berada di sekitarnya dan sesuai namanya, pengunjung akan dibawa menjelajah ruang demi ruang yang memiliki keunikan masing-masing.

Secret garden Village sebenarnya merupakan tempat wisata ang mengusung konsep wisata edukasi. Bentuk kegiatan edukasi antara lain Beauty Heritage Museum Tour, Mini Plant, Theatre yang memutar film pendek tentang sejarah kosmetik dan tak kalah menariknya pengunjung akan diajak memasuki area Herborist Beauty Factory Outlet untuk merasakan dan melihat secara langsung produksi produksi Herborist layaknya di pabrik Semarang.

Bedugul Treetop Park

Bagi yang punya jiwa petualang, tidak lengkap rasanya jika tidak mengunjungi tempat wisata Bedugul yang satu ini. Tempat wisata ini tak lain adalah Bedugul Treetop Park. Bedugul Treetop Park berlokasi di Desa Candikuning, Kec. Baturiti, Kab. Tabanan.

Di Bedugul Treetop Park terdapat berbagai macam fasilitas petualangan seperti seven adventure circuit, 72 tantangan permainan, flying fox, dan rafting. Tempat wisata ini sangat cocok untuk dikunjungi bersama keluarga atau bersama teman dan rekan kerja dalam jumlah besar.

Di sini pengunjung bisa memanfaatkan sejumlah fasilitas untuk melakukan outbound atau kegiatan outing perusahaan.

6 dari 6 halaman

Nominasi UNESCO

Jatiluwih

Berlibur di kawasan wisata Bedugul tak lengkap rasanya jika tidak mampir ke Jatiluwih. Jatiluwih merupakan kawasan persawahan yang ditata dengan sistem terasering. Sistem pengairannya pun menggunakan sistem Subak yaitu sistem irigasi tradisional.

Ini adalah tempat wisata Bedugul yang ideal, jika anda menginginkan suasana yang asri dengan pemandangan bentang sawah yang luas. Namun, Jatiluwih tidak sekadar areal persawahan semata. Di sini, pengunjung dapat menikmati pemandangan pura, sungai atau rumah penduduk yang masih sangat sederhana.

Jatiluwih merupakan tempat wisata Bedugul, Bali, yang cukup populer di antara wisatawan mancanegara. Maka tidak mengherankan jika Jatiluwih masuk dalam nominasi situs warisan dunia oleh UNESCO.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.