Sukses

Hyung Artinya Kakak Laki-Laki dalam Bahasa Korea, Ketahui Contoh Penggunaanya

Liputan6.com, Jakarta Hyung artinya adalah panggilan khusus untuk kakak laki - laki, dan orang Korea menggunakan rangkaian kata oppa, hyung, unnie, noona di luar keluarga dekat mereka. Sama seperti Indonesia, orang Korea juga punya julukan atau kata sapaan untuk memanggil orang yang lebih tua.

Bagi Anda yang memang suka dengan tradisi negeri gingseng ini, maka pasti sudah cukup familiar dengan kata hyung dan oppa, di mana dua kata ini memang sama-sama digunakan sebagai kata pengganti 'kakak laki-laki' namun memeliki perbedaan. Hyung artinya kakak laki - laki yang biasanya digunakan oleh pria saat menyebutkan saudara laki - laki, namun untuk saudari perempuan menyebutnya sebagai oppa. 

Hyung, unnie dan noona juga digunakan untuk kerabat jauh yang memang satu generasi denganmu, akan tetapi yang berbeda adalah konsep yang ditentukan oleh silsilah dan bukan oleh kelompok usia. Dalam kasus ekstrim, ada kemungkinan anak dari sepupu ayah Anda bisa lebih tua dari Anda beberapa dekade. Tapi, karena masih dalam generasi yang sama dalam arti silsilah, dia bisa menjadi oppa atau hyung yang artinya kakak laki - laki. 

Berikut ini Liputan6.com merangkum dari berbagai sumber tentang pengertian hyung dalam bahasa Korea, Rabu (5/10/2022). 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 5 halaman

Mengenal Arti Hyung dan Perbedaannya

Perlu diketahui bahwa orang Korea memiliki istilah kekerabatan yang berubah tergantung pada usia dan jenis kelamin relatif, dan yang paling umum digunakan adalah: 

- Noona

- Oppa

- Unnie

- Hyung

- Dongsaeng

Hyung artinya kakak laki - laki ini, akan sangat baik jika Anda memilikinya di Korea, dan akan sangat menyenangkan bagi Anda jika mengetahui budaya secara langsung. Definisi harfiah dari hyung (형 dalam hangul) adalah “kakak laki-laki”, digunakan oleh laki-laki. Tapi, ada juga situasi lain di mana kata ini dapa digunakan.

- Hyung vs. Hyeong

Keduanya memiliki arti yang sama, tetapi "hyeong" adalah ejaan yang benar menurut aturan romanisasi sementara "hyung" lebih akurat menurut bunyi kata. Keduanya baik-baik saja, tetapi kebanyakan orang menggunakan versi "hyung" yang lebih pendek.

 

3 dari 5 halaman

Contoh Penggunaan Kata Hyung

1. Kakak asli

Untuk menekankan bahwa seseorang adalah saudaramu sendiri, maka bisa tambahkan “chin (친)” atau “woori (우리)” sebelum hyung: chin hyung (친형) atau woori hyung (우리형).

2. Kerabat dan sepupu laki-laki

Ketika anda dapat memanggil kerabat laki-laki yang lebih tua seperti sepupu, “hyung”, maka sepupu laki-laki yang lebih tua dalam bahasa Korea adalah “sa-chon hyung (사촌형)”.

3. Teman atau kenalan pria yang lebih tua

Saat Anda ingin untuk menyapa pria yang lebih tua dengan cara yang ramah dengan memanggilnya hyung, maka contohnya adalah (Hyung dari lingkungan)

4. Teman sekelas pria atas

Jika Anda seorang pria di perguruan tinggi, maka bisa memanggil pria yang lebih tua dengan "nama + sunbae (선배 atau senior)", yang netral gender.

Perlu diketahui bahwa hyung kebanyakan digunakan oleh laki-laki saat ini, tapi itu unisex di masa lalu. Bagi wanita yang sudah menikah memanggil istri kakak ipar (istri kakak laki-laki suami mereka), “hyung nim (형님)“. Bagi wanita memanggil unnie atau suami kakak perempuan mereka, "hyung bu (형부)", yang secara harfiah berarti suami hyung. Pria yang memanggil unnie atau saudara ipar istri mereka, bisa dengan menyebutkan "chuh hyung (처형)", yang secara harfiah berarti hyung istri.

 

4 dari 5 halaman

Latar Belakang Budaya Hyung

Hyung adalah mereka yang merawat adik laki-laki mereka seperti ayah atau teman yang baik. Akan tetapi kebanyakan hyung bertanya-tanya bagaimana cara mengeksploitasi adik laki-laki mereka, terutama ketika mereka jauh lebih tua atau lebih besar.

- Kata dan Frasa Korea Umum 

Kebanyakan orang tua di Korea akan berpihak pada hyung pada umumnya ketika saudara laki-laki saling berkelahi, meskipun itu tergantung pada keluarga. Namun saat yang sama, orang tua akan lebih memarahi hyung di belakang layar, dengan mengatakan, “Apa yang kamu lakukan sebagai hyung? Tidak bisakah kamu menjaga adikmu? Kenapa kamu tidak bisa menjadi panutan bagi dongsaengmu?”

Seorang saudara akan memahami posisi satu sama lain setelah mereka menjadi dewasa, tetapi mereka tidak pernah tahu sampai saat itu. Jika perasaan pahit atau terkadang kebencian mereka terlalu dalam, mereka mungkin tidak akan pernah bertemu lagi. Namun, hyung bisa menjadi sekutu yang paling dapat diandalkan untuk adik laki-laki di saat krisis seperti ketika mereka diganggu. Sufiks kehormatan "-nim" adalah cara yang paling umum untuk membuat kata kehormatan.

Budaya Tersembunyi

- “Hyung-nim (형님)” dapat digunakan dalam beberapa situasi, ketika Anda benar-benar menghormatinya

- Dalam dialek Gyeongsangdo/Busan, pria menggunakan (hang-nim) sebagai satoori atau (ham) sebagai bentuk singkatnya.

Ketika saudara kembar atau satu tahun lebih muda, mereka tidak ingin memanggil yang lebih tua "hyung". Ini agak diperbolehkan, tetapi mereka masih diharapkan untuk memanggil kakak laki-laki hyung, menurut orang tua dan masyarakat. Ketika perbedaan usia lebih dari satu tahun, tetapi hyung tidak pantas mendapatkan gelar atau sangat tidak disukai oleh dongsaeng, sang adik akan memanggil mereka dengan nama, nuh (너, kamu), ya (야, hei) atau gyae ( , pria itu). 

 

 

5 dari 5 halaman

Peran yang Bisa Dilakukan Hyung

Dalam budaya Korea, sangat memalukan dipanggil oleh adik laki-laki, karena hanya terlihat ketika mereka memang tidak akur sama sekali atau dongsaeng membenci hyung karena pelecehan masa kecil. Hyung juga sama seperti noona, merasa bertanggung jawab untuk menjagamu.

Banyak pria Korea memilih jurusan mereka di universitas berdasarkan rekomendasi dari hyung. Di Korea seorang hyung juga akan membantumu menghadapi pengganggu dan mengajarimu cara bertarung (terutama dengan memukulimu). Memiliki hyung sebagai teman biasanya bagus, karena kamu memilihnya. Hyung akan membawamu ke tempat-tempat keren dan membayar semuanya. Mereka melindungi Anda dari orang lain di sekolah atau bahkan lingkungan kantor. Pastikan untuk menjadi hyung keren yang sama untuk teman-teman yang lebih muda.

Hyung artinya dalam Bahasa Korea seharusnya tidak perlu dipertanyakan lagi, karena kebanyakan pria bergabung dengan militer dan belajar hierarki yang ketat. Anda juga harus mulai dengan membungkuk dan menggunakan bahasa formal saat berinteraksi dengan mereka.

Hyung mudah digunakan karena kebanyakan pria senang dipanggil. Masih bijaksana untuk menghindari memanggil seseorang hyung ketika Anda pertama kali bertemu dengan mereka. Memang cenderung ada hierarki yang lebih kaku ketika memiliki hyung dibandingkan dengan noona, karena wajib militer di Korea.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.