Sukses

Izhar Artinya Jelas, Kenali Huruf, Cara Baca, dan Macam-Macamnya

Liputan6.com, Jakarta Izhar artinya perlu dipahami dalam mempelajari ilmu tajwid. Hal ini tentunya sangat penting dimengerti oleh seorang muslim, karena berkaitan dengan ibadah membaca Al-Quran. Tajwid merupakan ilmu untuk mengetahui kaidah dan cara membaca huruf Al-Quran yang baik dan benar.

Membaca Al-Quran dengan tajwid yang benar membuat bacaan kamu terhindar dari kesalahan dan perubahan makna. Mempelajari macam tajwid hukumnya fardlu kifayah, sementara membaca Al Qur'an sesuai tajwid hukumnya fardlu ain.

Izhar artinya jelas atau terang. Izhar merupakan salah satu tajwid, yang masuk ke dalam hukum nun mati dan tanwin. Selain hukum nun mati dan tanwin, masih ada beberapa tajwid yang perlu kamu pelajari.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (6/10/2022) tentang izhar dan artinya.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Hukum Nun Mati dan Tanwin

Izhar artinya dapat kamu pahami dengan mengenali pengelompokannya, apakah termasuk ke dalam hukum nun mati dan tanwin atau hukun mim mati. Sebelum mengenali arti izhar, kamu perlu memahami tajwid hukum nun mati dan tanwin terlebih dahulu.

Tajwid nun mati dan tanwin adalah hukum bacaan nun mati bertemu dengan salah satu huruf yang sudah dibagi dalam beberapa kategori. Hukum nun sukun dan tanwin ada lima macam yaitu, izhar halqi, idgham bighunnah, idgham bilaguhunnah, iqlab, dan ikhfa haqiqi.

- Izhar halqi. Izhar halqi adalah hukum bacaan apabila nun mati atau tanwin bertemu dengan salah satu huruf izhar halqi. Izhar artinya jelas dan halqi sendiri berarti tenggorokan. Adapun huruf-huruf yang dimaksud yaitu Alif, Ha','Ain, Ha', Ghain, Kha'. Cara membaca nun sukun ketika bertemu huruf tersebut adalah terang, jelas dan pendek, bunyi suaranya tetap jelas, tidak samar, dan tidak mendengung.

- Iqlab. Iqlab adalah suatu hukum bacaan Alquran yang terjadi apabila nun mati atau tanwin bertemu dengan satu huruf saja yaitu huruf Ba'. Di dalam bacaan ini, bacaan nun mati atau tanwin tidak lagi dibaca sebagai nun atau tanwin berubah menjadi bunyi huruf mim.

- Ikhfa Haqiqi. Pengertian ikhfa adalah menyamarkan, hukum bacaan ini berlaku apabila huruf nun mati atau tanwin bertemu dgn huruf-huruf ikhfa yaitu Ta', Tsa’, Jim, Dal, Dzal, Zay, Sin, Syin, Sod, Dhod, Tha', Zha, Fa', Qof, Kaf. Jika bertemu dengan huruf-huruf tersebut maka nun mati atau tanwin tersebut harus dibaca samar atau antara bacaan Izhar dan bacaan Idgham.

- Idgham Bighunnah. Idgham bighunnah adalah hukum bacaan yang melebur dan disertai dengungan atau yang berarti memasukkan salah satu huruf nun mati atau tanwin ke dalam huruf sesudahnya dan lafal dari idgham bighunnah tersebut haruslah mendengung jika bertemu empat huruf yaitu Nun, Mim, Wau, Ya'.

- Idgham Bilaghunnah. Idgham Bilaghunnah artinya melebur tanpa dengung atau maksudnya memasukkan huruf nun mati atau tanwin ke dalam huruf sesudahnya tanpa disertai suara yang mendengung. Hukum bacaan tersebut berlaku jika nun atau tanwin bertemu huruf Lam dan Ra'. Meskipun demikian hukum ini tidak berlaku apabila nun mati atau tanwin serta huruf tersebut tidak ada dalam satu kata.

3 dari 4 halaman

Hukum Mim Mati

Hukum bacaan mim mati adalah macam tajwid yang didasarkan pada pertemuan mim mati dengan huruf tertentu. Ada tiga macam hukum mim mati yaitu ikfa syafawi, izhar syafawi, dan idgham mimi.

- Ikfa Syafawi. Ikhfa syafawi dibaca dengan cara samar-samar pada bibir dan juga dengan didengungkan. Ikhfa syafawi berbeda dengan ikhfa haqiqi. Perbedaannya adalah ikhfa syafawi bukan nun mati yang bertemu dengan huruf ikhfa melainkan huruf mim mati yang bertemu dengan huruf ba'.

- Izhar Syafawi. Hukum bacaan ini berlaku apabila huruf mim mati bertemu salah satu huruf hijaiyyah selain huruf mim dan huruf ba'. Izhar Syafawi harus dilafalkan dengan jelas pada bibir sambil menutup mulut.

- Idgham Mimi. Idgham mimi atau idgham mutamasilain ini sangat mudah diingat yakni ketika huruf mim mati bertemu dengan huruf mim dan cara melafalkan bacaannya tersebut adalah membaca huruf mim rangkap secara mendengung.

4 dari 4 halaman

Izhar dan artinya

Secara bahasa, izhar artinya jelas atau terang. Izhar artinya menjelaskan atau menerangkan bacaan. Selain itu, izhar artinya juga berkaitan dengan melafalkan huruf-huruf izhar tanpa disertai dengan dengung. Izhar artinya salah satu hukum nun mati atau tanwin bertemu dengan huruf hijaiyah yang telah ditetapkan, dalam hal ini berkaitan dengan izhar halqi. Sementara itu, izhar artinya merujuk pada izhar syafawi bila berkaitan dengan mim mati bertemu dengan huruf yang telah ditetapkan

Macam-Macam Izhar

Izhar Halqi

Izhar halqi adalah hukum bacaan apabila nun mati atau tanwin bertemu dengan salah satu huruf izhar halqi. Izhar artinya jelas dan halqi sendiri berarti tenggorokan. Adapun huruf-huruf yang dimaksud yaitu Alif atau Hamzah, Kha','Ain, Ha', Ghain, Ha'. Cara membaca nun sukun ketika bertemu huruf tersebut adalah terang, jelas dan pendek, bunyi suaranya tetap jelas, tidak samar, dan tidak mendengung.

Izhar Syafawi

Hukum bacaan ini berlaku apabila huruf mim mati bertemu salah satu huruf hijaiyyah selain huruf mim dan huruf ba'. Cara baca Izhar Syafawi harus dilafalkan dengan jelas pada bibir sambil menutup mulut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.