Sukses

17 Wisata di Tuban untuk Tenangkan Diri, Nikmati Indahnya Alam di Bumi Wali

Berikut adalah rekomendasi 17 tempat wisata di Tuban, mulai dari wisata alam hingga wisata religi.

Liputan6.com, Jakarta Wisata di Tuban mungkin tidak cukup mendapatkan perhatian yang cukup dari para pelancong. Padahal, kabupaten yang ada di Jawa timur ini memiliki tempat wisata yang sangat indah dan layak untuk menjadi salah satu opsi liburan Anda.

Tuban juga dikenal sebagai Bumi Wali, karena banyak makam para wali di sini. Dengan kata lain, beberapa tempat wisata di Tuban akan cocok bagi Anda yang menginginkan gaya wisata religi. Di sini Anda dapat mengenal lebih dalam mengenai bagaimana peran para wali dalam menyebarkan agama Islam di Nusantara.

Jika Anda berpikir bahwa hanya itu saja yang dimiliki wisata di Tuban, Anda salah. Wisata di Tuban juga memiliki banyak pantai yang tak kalah indahnya. Selain itu, wisata di Tuban juga memiliki banyak air terjun yang masih sangat asri.

Yang jelas, jika Anda menginginkan ketenangan dan menjauh dari hiruk-pikuk kota untuk sementara waktu, wisata di Tuban bisa menjadi pilihan menarik.

Dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (6/10/2022), berikut adalah rekomendasi tempat wisata di Tuban, mulai dari wisata alam hingga wisata religi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Wisata Pantai

1. Pantai Remen

Pantai Remen adalah salah satu tempat wisata di Tuban yang sangat populer. Pantai ini menawarkan pesona pasir putih di jalur pantai utara. Pantai ini berlokasi di Desa Remen, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban. Hamparan pasir putih yang melingkar menjorok ke laut memberi keunikan tersendiri dari pantai ini. Pantai Remen baru diresmikan pada tahun 2015 lalu. Pantai ini masih masih bersih dan alami karena dijaga dan dikelola secara mandiri oleh warga setempat.

2. Pantai Sowan

Pantai Sowan adalah salah satu tempat wisata Tuban yang berlokasi di Bogoran, Bogorejo, Bancar, Tuban. Di tepi Pantai Sowan pun terdapat hutan yang luasnya mencapai 32 Hektar. Di pinggir pantai, pengunjung akan menemukan rimbunan pohon Mahoni, Jati, Akacia, Klampis, dan lainnya. Lokasinya berada di perbatasan antara provinsi Jawa Timur dan Jawa Tengah.

Pantai Sowan dikelola oleh Perhutani membuatnya nampak bersih dan terawat. Tak cuma pepohonan, di sini akan ditemukan hewan seperti burung perkutut, Burung kutilang, Burung jalak, Burung gereja, Burung puyuh, Burung kakak tua putih, Burung trucukan, Musang, Trenggiling, hingga Biawak.

3. Pantai Kelapa

Sesuai namanya, di pantai ini terdapat deretan pohon kelapa yang melambai, seolah mengajak untuk bersantai. Pantai Kelapa terletak di Desa Panyuran, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban.

Masih terbilang asri, tak jarang pengunjung berkemah di salah satu tempat wisata di Tuban ini. Wahana outbound seperti flying fox juga tersedia di pantai ini. Tempat ini menjadi andalan untuk rekreasi, berkumpul, atau sekadar bersantai di akhir pekan.

3 dari 7 halaman

Wisata Pantai

4. Pantai Boom

Pantai Boom adalah salah satu wisata di Tuban yang tak kalah populer dibandingkan pantai lainnya. Pantai Boom Tuban terletak di Kelurahan Kutorejo, Kabupaten Tuban. Akses ke pantai ini bisa dibilang mudah karena lokasinya yang tak jauh dari pusat kota Tuban yaitu di sebelah utara Alun-Alun Tuban.

Dulunya Pantai Boom adalah sebuah pelabuhan kuno di masa kejayaan Kerajaan Majapahit. Pantai ini memiliki jalan yang menjorok panjang ke laut, menjadikannya tempat bersantai para pengunjung. Banyak hal yang bisa dilakukan di Pantai Boom ini. Selain menikmati matahari terbit dan tenggelam, pengunjung juga bisa memancing, serta berlayar di pantai menggunakan perahu nelayan.

5. Pantai Cemara

Pantai Cemara adalah salah satu tempat wisata di Tuban lainnya yang jadi pilihan wisatawan. Di Pantai Cemara, pengunjung bisa menikmati hamparan pasir pantai dengan hijaunya pohon cemara yang teduh. Selain itu, di kawasan Pantai Cemara ini ada pusat mangrove yang dapat dikunjungi wisatawan. Jadi pengunjung memiliki banyak alternatif kunjungan di salah satu wisata Tuban ini.

Pantai Cemara memiliki struktur dangkal dan ombak yang relatif tenang. Ini membuat pantai cemara jadi pilihan cocok untuk bermain anak dan keluarga. Pantai Cemara berada di Jl. Tuban-Gresik, Sendang Harjo, Sugihwaras, Kec. Tuban, Kabupaten Tuban.

4 dari 7 halaman

Air Terjun

6. Air Terjun Nglirip

Air Terjun Nglirip adalah wisata di Tuban yang tidak boleh Anda lewatkan. Lokasinya berjarak sekitar 37 km dari Kota Tuban, tepatnya di Desa Mulyo Agung, Kecamatan Singgahan, Kabupaten Tuban.

Air terjun Nglirip memiliki ketinggian sekitar 30 meter dengan air yang sangat deras. Pada musim kemarau airnya berwarna biru tosca yang sangat indah. Tidak mengherankan bila wisata di Tuban ini begitu terkenal dan populer sebagai kunjungan wisata. Keindahan dan kesegaran alamnya akan membuatmu tenang dan nyaman untuk liburan.

7. Air Terjun Gajahan

Air Terjun Gajahan berada di Ngulahan, Tambakboyo, Tuban. Untuk menuju lokasi Air Terjun Gajahan pengunjung perlu menempuh perjalanan sekitar 37 kilometer atau 1 jam, perjalanan dari pusat kota Tuban.

Air terjun ini memiliki panorama bebatuan besar yang eksotis dan masih sangat asri. Air Terjun Gajahan dikelilingi hutan yang hijau dengan udara segar dan menenangkan.

8. Air Terjun Sanggrahan

Air Terjun Sanggrahan adalah wisata Tuban yang bagus dan populer. Air terjun ini berlokasi dekat dengan Pemandian Air Hangat Nganget di Desa Kedung Jambe, Kecamatan Singgahan. Untuk bisa ke sini pengunjung perlu treking sebentar menyusuri sawah, semak serta pepohonan rindang.

9. Air Terjun Wukirharjo

Air Terjun Wukirharjo adalah wisata di Tuban yang berada di Wukirharjo, Parengan, Tuban. Akses menuju air terjun ini cukup rumit, tetapi akan terbayar saat melihat keindahan air terjun dengan hijaunya pepohonan asri.

Air Terjun Wukirharjo dikelilingi tebing berwarna kuning dengan pepohonan hijau yang rimbun. Lokasinya dapat ditempuh kurang lebih 1 jam atau 36 km dari pusat kota Tuban. Meski sulit diakses, air terjun ini tetap dikunjungi wisatawan yang hendak menyaksikan eksotisnya air terjun yang asri ini.

5 dari 7 halaman

Air Terjun

10. Air Terjun Kedung Bonjor

Air Terjun Kedung Bonjor adalah wisata di Tuban yang terletak di Desa Jamprong, Kecamatan Kenduruan, Tuban. Air terjun ini tidak terlalu tinggi dengan ketinggian 5 meter saja.

Air Terjun Kedung Bonjor dikelilingi oleh hutan yang masih sangat sejuk dan segar. Kolam di air terjun ini sangat cocok untuk mandi, berendam atau sekadar bermain air. Air Terjun Kedung Bonjor kerap dijadikan tempat berfoto karena latar belakangnya yang memesona.

11. Air Terjun Bongok

Air Terjun Bongok berada di lokasi terbilang cukup terpencil. Meski demikian, Air Terjun Bongkok memiliki suasana yang tenang dan sunyi khas wisata alam. Di sini juga terdapat 2 air terjun. Di sini, pengunjung dapat bermain air dan bahkan mandi di alirannya. Pemandangan di sekitarnya dapat dinikmati dengan mengambil foto air terjun yang sangat cantik.

Jalan ke wisata Tuban satu ini belum terlalu memadai, sehingga membuat pengunjung harus berusaha sedikit untuk berletih-letih, sebelum mencapai Air terjun Bongok ini. Tetapi setelah sampai, letihmu akan terbayarkan dengan panorama alam yang memesona.

12. Air Terjun Banyu Langse

Air Terjun Banyu Langse berada di Desa Boto, Kecamatan Semanding, Tuban. Air terjun ini menawarkan perpaduan panorama hijaunya pepohonan dan putihnya perbukitan kapur.

Air Terjun Banyu Langse berada tak jauh dari pusat kota Tuban dan memiliki akses yang mudah dijangkau. Di Air Terjun Banyu Langse, pengunjung bisa menikmati 3 pemandangan air terjun sekaligus yang masih sangat asri. Tingginya sekitar 10 meter dengan kedalaman kolam kurang lebih 5 meter.

6 dari 7 halaman

Wisata Religi

13. Gerbang Kepiting Di Kelenteng Kwan Sing Bio

Kelenteng Kwan Sing Bio adalah wisata Tuban yang bagus dan populer yang memang tampak seperti bangunan kelenteng pada umumnya. Didominasi warna merah, kuning dan hijau yang terang pada bangunannya dengan banyak hiasan Naga, lampion, dan lilin berbagai ukuran. Tentu saja bau dupa dan hio yang senantiasa menguat dari dalam kelenteng wisata Tuban yang bagus dan populer ini.

Kelenteng Kwan Sing Bio berada di Jalan Raya R.E. Martadinata, Tuban, Jawa Timur. Cukup mudah menuju ke wisata Tuban yang bagus dan populer ini karena lokasinya yang berada di tepi jalan raya utama jalur Pantai Utara Jawa dengan banyak angkutan umum yang melintasinya.

14.  Makam Sunan Bonang

Siapa sih yang tidak kenal dengan wali sanga? Wali songo merupakan sembilan ulama besar yang menyiarkan agama Islam di tanah Jawa. Di antara sembilan wali tersebut salah satunya adalah Sunan Bonang yang dimakamkan di Tuban.

Makam Sunan Bonang berlokasi di Jalan KH Mustain, Kutorejo, Kabupaten Tuban. Semasa hidupnya, wali dengan nama asli  Raden Maulana Maqdum Ibrahim ini terkenal dengan metode dakwahnya yang menggunakan kesenian, seperti penggunaan wayang dan gamelan.

15. Masjid Agung Tuban

Masjid Agung Tuban merupakan masjid kebanggaan masyarakat Tuban yang telah berdiri sejak masa pemerintahan bupati ketujuh Tuban, Adipati Raden Ario Tedjo.  Masjid ini menjadi simbol kejayaan Islam di Bumi Wali sekaligus menjadi tempat Sunan Bonang menyiarkan Agama Islam.

Masjid Agung Tuban berlokasi di pusat kota Tuban, tepatnya di sebelah barat Alun-Alun Tuban dan berdekatan dengan lokasi wisata religi makam Sunan Bonang.

7 dari 7 halaman

Wisata religi

16. Kompleks Makam Syekh Maulana Ibrahim Asmoroqondi

Syekh Maulana Ibrahim Asmoroqondi merupakan ayah dari Sunan Ampel sekaligus wali tertua di Pulau Jawa. Beliau berasal dari Samarkand, Timur Tengah.

Sebutan Samarkand berubah menjadi Asmoroqondi dikarenakan orang Jawa sulit melafalkannya. Sekitar tahun 1362 Saka/1440 Masehi Syekh Ibrahim Asmoroqondi diperkirakan datang ke Jawa untuk menyiarkan Agama Islam.

Kompleks Makam Syekh Maulana Ibrahim Asmoroqondi terletak di Desa Gesikharjo, Kecamatan Palan, Kabupaten Tuban. Bukti-bukti peninggalan beliau masih tersimpan rapi di kompleks makam tersebut.

Bukti-bukti tersebut di antaranya tiga gapura paduraksa dengan pintu gapura yang terbuat dari pecahan perahu milik Syekh Asmoroqondi, mimbar untuk penyiaran agama islam, dan bedug yang terbuat dari kulit lembu.

Selain itu, juga terdapat sebuah sumur yang diyakini mampu menyembuhkan penyakit dan mihrab lama yang masih terjaga keasliannya.

17. Masjid Aschabul Kahfi Perut Bumi Al Maghribi

Berbeda dengan masjid pada umumnya yang memiliki kubah menjulang tinggi, masjid Aschabul Kahfi terletak di bawah tanah atau di dalam perut bumi. Masjid tersebut berlokasi di Jalan Gedongombo, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban.

Dari luar, Masjid Aschabul Kahfi Perut Bumi Al Maghribi hanya terlihat bagian gerbangnya saja dan seluruh bangunan berada di bawah tanah. Pada mulanya masjid tersebut memang berupa gua alami yang tidak terawat. Hingga akhirnya KH Shubhan memiliki ide kreatif untuk mengubah gua tersebut menjadi tempat ibadah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.