Sukses

Cara Bikin Surat Lamaran Kerja dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris

Liputan6.com, Jakarta Cara bikin surat lamaran kerja penting untuk diketahui jika sekarang Anda sedang dalam proses mencari pekerjaan. Menulis surat lamaran kerja yang baik juga dapat meningkatkan peluang Anda untuk diterima sebagai karyawan.

Surat lamaran dibuat untuk menunjukkan minat Anda untuk melamar pada suatu posisi di suatu perusahaan. Surat lamaran berisi informasi yang menjelaskan pelamar profil pelamar kerja sebagai seorang profesional.

Oleh karena itu dalam cara bikin surat lamaran kerja, penting untuk memperhatikan isi surat agar dapat perhatian perekrut. Hal yang paling penting disampaikan dalam surat lamaran adalah kualifikasi dan keterampilan yang relevan dengan posisi yang Anda lamar.

Jangan sampai, kualifikasi yang Anda sampaikan dalam surat lamaran tidak sesuai dengan posisi yang dilamar. Hal ini jelas akan membuat Anda ditolak.

Dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, berikut adalah format surat lamaran yang baik, dan contoh-contoh surat lamaran dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 7 halaman

Format Surat Lamaran Kerja

Seperti halnya dokumen penting lainnya, cara bikin surat lamaran kerja harus mengikuti format yang baik dan benar. Format surat lamaran kerja umumnya terdiri atas nama dan alamat tujuan surat, salam dan pembukaan, profil singkat, pengalaman kerja dan kualifikasi, dan penutup.

Nama dan Alamat Tujuan

Nama dan alamat tujuan yang dimaksud adalh kepada siapa Anda mengirimkan surat lamaran tersebut. Di sini Anda harus menuliskan nama penerima surat dan alamat lengkap perusahaan yang dituju. Selain itu, kamu juga perlu menuliskan tanggal membuat surat lamaran kerja di pjok kanan atas lembar surat.

Jika tidak mengetahui nama HRD perusahaan yang dilamar, kamu cukup mengosongkannya saja, kamu bisa menuliskan dengan Yth. Bapak/Ibu.

Contoh:

 

                                                                                             Yogyakarta, 20 Mei 2022

Kepada                      

Yth. Bapak/ Ibu

HRD PT. Suka-Suka

Jl. Mangkubumi No. 347, Yogyakarta

Salam dan Pembuka

Seperti halnya pada surat-surat dan dokumen penting lainnya, salam dan pembuka merupakan bagian yang penting. Dalam cara bikin surat lamaran kerja

kamu wajib mencantumkan dari mana kamu mendapatkan informasi mengenai lowongan kerja perusahaan yang kamu tuju. Baik dari surat kabar maupun internet, atau teman kamu. Kemudian, sebutkan posisi jabatan pekerjaan yang kamu pilih dalam perusahaan.

Contoh:

Dengan hormat,

Berdasarkan info lowongan pekerjaan yang disebarkan melalui situs Jobstreet, saya bermaksud mengajukan lamaran pekerjaan pada Bapak/Ibu pimpin untuk menempati bagian Account Executive di PT. Suka-Suka.

3 dari 7 halaman

Profil Singkat

Profil singkat adalah data diri pribadi Anda sebagai pelamar kerja. Dalam cara bikin surat lamaran kerja, penting untuk menunjukkan data diri pribadi Anda, mulai dari nama, tempat dan tanggal lahir, serta alamat email dan nomor ponsel yang dapat dihubungi. Jika Anda ingin menulis latar belakang pendidikan, tulis saja latar belakang pendidikan tertinggi kamu.

Contoh:

Nama: Kinapti Ayunda

Tempat, tanggal lahir: Parangtritis, 15 November 1996

Email: ayundak@gmail.com

Telepon: 0813267543210

Pengalaman dan Kualifikasi

Cara bikin surat lamaran kerja yang baik juga harus menjelaskan mengenai pengalaman kerja dan kualifikasi pelamar. Hal ini penting untuk disampaikan agar perekrut memahami keterampilan Anda. Tulis saja keterampilan yang relevan dengan posisi yang Anda lamar. Tulis juga pengalaman kerja yang relevan dengan posisi yang Anda lamar saat ini.

Bagi lulusan baru yang belum memiliki pengalaman kerja, Anda bisa menuliskan pengalaman magan atau organisasi yang yang dapat menunjukkan keterampilan Anda yang relevan dengan posisi yang Anda lamar.

Contoh:

Saya mampu bekerja dalam tim, rasa ingin tahu yang tinggi, serta memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Semasa kuliah, saya aktif berorganisasi Himpunan Mahasiswa Komunikasi yang menjabat sebagai di Hubungan Masyarakat. Posisi yang saya ajukan sesuai dengan minat dan pengalaman saya. Saya percaya bahwa saya akan menjadi anggota yang baik untuk perusahaan.

4 dari 7 halaman

Penutup

Cara bikin surat lamaran kerja selanjutnya adalah penutup. Buatlah sebuah penutup yang manis untuk surat lamaran kerjamu. Jangan lupa untuk mengucapkan terimakasih.

Contoh:

Demikian surat permohonan pekerjaan ini saya buat, besar harapan saya untuk diberi kesempatan mengikuti seleksi wawancara agar saya dapat menjelaskan potensi saya lebih rinci.

Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih

Tanda Tangan dan Nama Lengkap

Terakhir, kamu perlu mencantumkan tanda tangan dan nama. Tanda tangan dan nama lengkap ditulis pojok kanan bawah surat.

Contoh:

Hormat saya,

(Tanda tangan)

Kinapti Ayunda

Lampiran

Hal lain yang tak kalah penting dalam cara bikin surat lamaran kerja, adalah lampiran. Agar perusahaan yang kamu tuju semakin tertarik untuk menerimamu, lampirkan juga hal-hal yang dapat menambah nilai kamu. Tetapi, ada beberapa perusahaan yang juga meminta kamu melampirkan hal lain seperti surat kesehatan, transkrip nilai, dan lain-lain.

Kamu perlu mencermati syarat apa saja yang harus dipenuhi saat kamu akan melamar pekerjaan.

Beberapa hal yang sebaiknya ada sebagai lampiran adalah:

- Pas foto (foto terbaru)

- Daftar riwayat hidup atau CV

- Fotokopi sertifikat kompetensi (kursus atau pelatihan yang pernah kamu ikuti)

- Portofolio

Setelah surat lamaran pekerjaan sudah jadi, jangan lupa untuk membuatnya menjadi bentuk PDF agar lebih mudah untuk diperiksa HRD.

 

5 dari 7 halaman

Cara Bikin Surat Lamaran Kerja yang Menarik

Untuk mendapatkan perhatian HRD, selain menerapkan cara menulis surat lamaran kerja sesuai unsur dan strukturnya, surat juga harus ditulis dengan baik.

Ada sejumlah tips yang penting untuk diterapkan agar surat lamaran kerjamu mendapat perhatian HRD, antara lain sebagai berikut:

a. Menggunakan tata bahasa yang baik dan benar.

b. Format penulisan tersusun rapi dengan bahasa yang tidak bertele-tele.

c. Lengkapi dengan data-data yang dibutuhkan oleh perusahaan tempat kamu melamar kerja.

d. Lampirkan surat pendukung lainnya seperti sertifikat dan lain-lain.

6 dari 7 halaman

Contoh Surat Lamaran dalam Bahasa Indonesia

Setelah mengetahui cara bikin surat lamaran kerja sesuai strukturnya tersebut, kamu tentunya perlu mengenali contohnya. Berikut contoh surat lamaran kerja:

Yogyakarta, 20 Mei 2022

Kepada

Yth. Bapak/ Ibu

HRD PT. Suka-Suka

Jl. Mangkubumi No. 347, Yogyakarta

 

Dengan hormat,

Berdasarkan info lowongan pekerjaan yang disebarkan melalui situs Jobstreet, saya bermaksud mengajukan lamaran pekerjaan pada Bapak/Ibu pimpin untuk menempati bagian Account Executive di PT. Suka-Suka

Nama: Ayunda Kinapti

Tempat, tanggal lahir: Parangtritis, 15 November 1996

Email: ayundak@gmail.com

Telepon: 0813267543210

Saya mampu bekerja dalam tim, rasa ingin tahu yang tinggi, serta memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Semasa kuliah, saya aktif berorganisasi Himpunan Mahasiswa Komunikasi yang menjabat sebagai di Hubungan Masyarakat. Posisi yang saya ajukan sesuai dengan minat dan pengalaman saya. Saya percaya bahwa saya akan menjadi anggota yang baik untuk perusahaan.

Demikian surat permohonan pekerjaan ini saya buat, besar harapan saya untuk diberi kesempatan mengikuti seleksi wawancara agar saya dapat menjelaskan potensi saya lebih rinci.

Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih

Hormat saya,

(Tanda tangan)

Kinapti Ayunda

7 dari 7 halaman

Contoh Surat Lamaran Kerja dalam Bahasa Inggris

Beberapa perusahan yang membutuhkan karyawan dengan keterampilan berbahasa Inggris, mungkin akan menuntut pelamarnya untuk menulis surat lamaran dalam bahasa Inggris. Surat lamaran berbahasa Inggris juga umum digunakan untuk melamar pekerjaan ke perusahaan multinasional. Berikut adalah contoh surat lamaran dalam bahasa Inggris:

 

Surakarta, October 21st 2019

Attention To:

Mr. Joshua N.B. Nababan, S.E.

Resources Manager of PT. ANTEMA (Persero) Tbk Gedung Aneka Tambang

Jl. Letjen TB Simatupang No. 1 Lingkar Selatan, Tanjung Barat

Jakarta 12530, Indonesia

Dear Mr. Joshua N.B. Nababan, S.E., I have read from your advertisement on website (www.lokerbumn.info), October 10, 2019 that your company is looking for employees to hold some position. Based on the advertisement, I am writing to express my interest in applying for a job in your company as Accounting staff.

I am a fresh graduate from Sebelas Maret University Surakarta, Faculty of Economy and Business, majoring in Accounting with a total GPA 3.60 of 4.00. I see myself as a disciplined  person, a hard worker, and I have good time management. I believe I can do my best and give a positive contribution to your company. I interact productively with people from diverse  backgrounds and I can work well, both individually and within a team. I also have an ability to communicate and work well with people on all levels.

I would appreciate the opportunity to meet you, to discuss my qualification and the possibility of  joining your company. My Curriculum Vitae is enclosed along this letter and you may review it for further information. I am looking forward for a possible interview with you, to discuss more about my capabilities

Thank you very much for your attention.

Sincerely yours,

 

Septalia Zazalia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.