Sukses

Cara Daftar SSCASN BKN dan PPPK 2022, Pahami Langkah-Langkahnya

Liputan6.com, Jakarta Cara daftar SSCASN BKN serta PPPK tahun 2022 kembali dibuka, sehingga masyarakat yang memiliki ketertarikan ingin menjadi bagian dari Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), bisa melalui rekrutmen CASN 2022,.

Cara daftar SSCASN BKN serta PPPK tahun 2022 cukup mudah dilakukan, di mana calon pegawai bisa mendaftarkan diri melalui laman sscasn.bkn.go.id. Untuk saat ini pemerintah segera membuka seleksi Calon Aparatur Sipil Negara atau CASN 2022, khusus untuk Pegawai Pemerintahan dengan Perjanjian Kerja. 

Seperti tahun-tahun sebelumnya, cara daftar SSCASN BKN serta PPPK tahun 2022 bisa dilakukan melalui laman Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara atau SSCASN dengan link https://sscasn.bkn.go.id/.Oleh karena itu, bagi masyarakat untuk segera melakukan pendaftaran, dengan mengikuti syarat serta tahapan yang berlaku.

Berikut ini cara daftar SSCASN BKN serta PPPK tahun 2022 yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (6/10/2022). 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Mengenal SSCASN BKN

Melansir dari situs resmi Badan Kepegawaian Negara, SSCASN atau Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara mencangkup akan situs resmi SSCN, serta pendaftaran ASN dan PPPK baik itu secara nasional sebagai pintu pendaftaran pertama seleksi ASN ke seluruh instansi Pusat maupun Daerah yang memang dikelola oleh Badan Kepegawaian Negara RI

SSCASN atau Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara juga meliputi situs resmi SSCN pendaftaran ASN dan PPPK secara nasional, serta merupakan salah satu pintu pendaftaran pertama seleksi ASN ke seluruh instansi baik Pusat maupun Daerah dan dikelola oleh Badan Kepegawaian Negara RI

SSCASN atau Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara juga meliputi situs resmi Sekolah Kedinasan pendaftaran Perguruan tinggi kedinasan yang memiliki ikatan dengan lembaga pemerintah sebagai penyelenggara pendidikan secara nasional sebagai pintu pendaftaran pertama ke seluruh instansi yang membuka formasi dan dikelola oleh Badan Kepegawaian Negara RI

3 dari 4 halaman

Syarat dan Cara Daftar SSCASN

Adapun cara daftar SSCASN BKN dan PPPK tahun 2022 adalah:

- Anda bisa masuk ke situs https://sscasn.bkn.go.id/.

- Langkah selanjutnya adalah klik registrasi dan masukkan data pribadi berupa:

a. NIK

b. Nomor KK

c. Nama Lengkap

d. Tempat Tanggal Lahir

e. Jenis Kelamin

f. Email dan Nomor HP

g. Password Pertanyaan dan Jawaban Pengamanan

- Langkah selanjutnya Anda bisa mengunggah swafoto dan scan KTP, kemudian masukkan kode CAPTCHA.

- Berikutnya submit dokumen dan kembali ke halaman login.

- Anda bisa melengkapi data pribadi yang masih kosong

- Pilih jenis promasi dan Anda bisa mengupload dokumen, kemudian cek Resume.

- Cetak kartu informasi dan kartu pendaftaran.

Persyaratan yang harus disiapkan oleh calon peserta CPNS dan PPPK 2022:

- Siapkan KTP/Surat Keterangan dari Dukcapil.

- Kartu Keluarga

- Ijazah dan Transkrip Nilai

- Pas Foto dan Swafoto

4 dari 4 halaman

Jadwal Seleksi CPNS dan PPPK 2022

Adapun jadwal seleksi CPNS dan PPPK 2022 yang diumumkan oleh pemerintah melalui Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN), di mana mereka telah menetapkan skema seleksi pendaftaran dan formasi untuk CPNS dan PPPK 2022.  Adapun menurut simulasi jadwal CASN 2022 khusus PPPK, proses pengumuman serta waktu dilakukan pendaftaran akan diselenggarakan mulai tanggal 5 Oktober 2022. Nmaun untuk pendaftaran secara khusus, akan dibuka sampai 26 Oktober 2022. 

Selanjutnya setelah pendaftaran dan seleksi berkas, akan diadakan seleksi administrasi yang rencananya akan berlangsung sejak 5 sampai 1 November 2022, yang kemudian disusul pengumuman hasil pada 2 s.d. 3 November 2022. Bagi para peserta nantinya akan diberi kesempatan untuk menyanggah hasil yang dijadwalkan pada 4 - 6 November 2022. Akan tetapi perlu diketahui bahwa jadwal yang ditetapkan ini masih sementara, dan bisa berubah sewaktu-waktu.

Adapun jumlah formasi untuk kebutuhan, di mana per data 6 September 2022, pemerintah rencananya akan membuka 530.028 formasi. Pembukaan ini juga termasuk total dari kebutuhan instansi pusat dan daerah yang masih-masing membuka sebanyak 90.690 dan 439.338 formasi. Adapun prioritas pemerintah saat ini adalah untuk pemenuhan kebutuhan guru dan tenaga kesehatan secara nasional. Untuk seleksi CASN 2022 yang dilakukan ini, akan menerima sebanyak 319.716 formasi Guru, 92.014 formasi PPPK Tenaga Kesehatan, dan 27.608 formasi PPPK Tenaga Teknis.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.