Sukses

5 Pernyataan Kuasa Hukum Rizky Billar, Bantah Lakukan KDRT ke Lesti

Rizky Billar membantah dirinya melakukan tindak KDRT terhadap Lesti Kejora.

Liputan6.com, Jakarta Rizky Billar seharusnya menjalani pemeriksaan terkait laporan dugaan Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) yang dilayangkan oleh istrinya, Lesti Kejora. Ia dijadwalkan menjalani pemeriksaan di Polres Metro Jakarta Selatan pada Kamis (6/10). Sayangnya, ia mangkir dari pemeriksaan tersebut.

Kuasa hukum Rizky Billar, Ade Erfil Manurung mengatakan bahwa kliennya terkena gangguan psikis lantaran maraknya pemberitaan bernada kurang baik di media sosial. Karena itu, polisi menjadwalkan ulang pemanggilan terhadap Rizky Billar untuk dimintai keterangan sebagai saksi pada Kamis, 13 Oktober 2022.

"Dia tidak bisa hadir karena psikisnya terganggu terkait medsos karena menampilkan berita-berita dengan narasi yang kurang baik," kata Ade saat mewakili Rizky Billar di Polres Metro Jakarta Selatan mengutip ShowBiz Liputan6.com, Jumat (7/10).

Selain itu, Ade juga mengungkap beberapa pernyataan yang membantah tudingan bahwa kliennya melakukan KDRT. Salah satunya, ia mengatakan bahwa kliennya tidak sengaja membanting Lesti sehingga terluka.

Berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, beberapa pernyataan dari kuasa hukum Rizky Billar, Jumat (7/10/2022).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Rizky Billar bantah melakukan KDRT

Melalui kuasa hukumnya, Rizky Billar membantah melakukan KDRT. Penasihat hukumnya menyampaikan bahwa tudingan kliennya membanting Lesti Kejora tidak benar. Dia bersama tim penasihat lainnya mengaku telah mengamati rekaman CCTV dan juga penjelasan secara langsung dari Rizky Billar.

Ade menerangkan, kliennya saat itu sedang adu argumen dengan Lesti Kejora. Saat persoalan belum kelar, kliennya memilih pergi ke kamar mandi. Namun, dikejar oleh sang istri.

"Jadi begini. Sebenarnya kalau kata-kata banting-banting itu, itu tidak benar. Dibanting-banting berkali-kali tidak benar. "Dia (Lesti) menarik Rizky Billar, kalungnya sampai putus itu Rizky Billar menepis," ujarnya di Polres Metro Jakarta Selatan pada Kamis (6/10).

Ade melanjutkan, Lesti Kejora terjatuh di lantai kamar mandi. Hal ini diklaimnya sesuai dengan pernyataan Lesti dan juga Rizky Billar. Ia menyebut bahwa Lesti bukan dibanting, melainkan terbanting.

"Saya tanya ke Rizky Billar, saya tanyakan 'apakah benar itu kebanting-kebanting' oh tidak bang 'saya juga tanyakan ke Dede, ke Lesti maksudnya. Lesti bilang bukan 'dibanting' tapi kebanting," lanjut kuasa hukum Rizky Billar.

Sementara itu, Erfil tak berkenan menjawab luka-luka lain pada tubuh Lesti, misalnya, luka bekas cekikan. Erfil berdalih tak mau mendahului penyidik.

3 dari 6 halaman

2. Bantah lempar bola billiard ke Lesti Kejora

Penasihat hukum Rizky Billar juga membantah kliennya pernah mencoba melempar Lesti Kejora dengan bola billiard. Surya menjelaskan berdasarkan versi Rizky Billar. Pengakuan kliennya, hanya gertakan semata.

"Tidak benar itu, tidak pernah bola billiard dilemparkan ke Lesti. Tidak betul-betul mau dilemparkan jadi seperti menggeretak, itu sudah disampaikan Billar tadi," kata Surya Darma Simbolon di Polres Metro Jakarta Selatan pada Kamis (6/10) kemarin.

Sebelumnya, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan, mengungkapkan salah satu tindakan Rizky Billar kepada Lesti Kejora selain melakukan kekerasan. Dia menyebut, Billar pernah melemparkan bola biliard ke arah sang istri. Lemparan meleset sehingga tak mengenai kepala Lesti.

4 dari 6 halaman

3. Rizky Billar jenguk Lesti Kejora di rumah sakit dan bermanja-manja

Kabar terbaru yang diungkap kuasa hukum Rizky Billar adalah hubungan kliennya dan Lesti Kejora sedikit membaik. Bahkan, Adek Erfil Manurung menjelaskan keduanya sudah saling manja-manjaan saat Billar menjenguk Lesti di rumah sakit beberapa hari lalu.

"Yang jelas waktu Billar membesuk Lesti ke rumah sakit, bahkan mereka manja-manjaan. Billar menyuapi istrinya sebagaimana suami istri dan mereka nggak ada masalah sebenarnya. Hanya dibesar-besarkan saja," katanya saat ditemui di Polres Metro Jakarta Selatan pada Kamis (6/10).

5 dari 6 halaman

4. Ada pihak ketiga yang sengaja bikin panas

Lebih lanjut, kuasa hukumnya juga menduga ada pihak yang sengaja memanas-manasi dan memperkeruh masalah ini.

"Begini ya, sudah selesai mereka, sudah damai. Ini diduga ada pihak ketiga mengompori, 'Dilaporkan aja nih anak biar jera'. Itu dugaan kami," ungkapnya.

Hanya saja, ia tidak menyebut secara pasti siapa pihak yang dimaksud. Yang pasti, bukan dari keluarga karena ia meyakini pihak keluarga ingin kedua belah pihak bisa berdamai. 

"Saya nggak tau (yang ngomporin). Kalau keluarga nggak mungkin juga lah. Kan sama-sama tulang punggung, Lesti tulang punggung, Billar tulang punggung, pasti maunya damai-damai saja lah," ujarnya.

6 dari 6 halaman

5. Penundaan pemeriksaan Rizky Billar

Ade Erfil Manurung menerangkan, pihaknya akan menyampaikan surat penundaan pemeriksaan kepada penyidik. Adapun, kliennya meminta pemeriksaan diundur pekan depan.

"Beliau minta penundaan minggu depan. Insyallah minggu depan beliau hadir. Beliau hadir dan kooperatif," ujar dia.

Tak banyak yang disampaikan oleh kuasa hukum Billar. Namun menyoal kasus dugaan KDRT yang dilakukan Billar, sang kuasa hukum menyebut bahwa berita yang beredar selama ini adalah berlebihan.

"Oh itu tidak, itu berlebihan. Walaupun visum ada tapi kan ini belum ada pemeriksaan, kita tunggu lah pemeriksaan minggu depan," katanya lagi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.